10 Rekomendasi Printer Terbaik dan Praktis untuk Segala Kebutuhan (2019)

10 Rekomendasi Printer Terbaik dan Praktis untuk Segala Kebutuhan (2019)

Kebutuhan ATK ternyata bukan hanya kertas atau pena, tetapi alat cetak juga sangat penting, seperti printer. Bisa dikatakan bahwa printer sangat diperlukan untuk urusan kantor. Keuntungannya lagi bahwa printer tidak hanya digunakan untuk mencetak dokumen saja, tetapi juga bisa untuk memenuhi kebutuhan kantor yang lain.

Printer Merupakan Perangkat Penting untuk Keperluan Dokumentasi

Kehadiran printer dalam dunia teknologi mampu memberikan banyak manfaat bagi manusia. Hal ini dikarenakan printer mampu mencetak dokumen yang berisikan teks, gamba,r ataupun kombinasi keduanya. Selain itu, printer juga dapat dipergunakan untuk menggandakan dokumen, memindai, ataupun mengirimkan data. Fungsional dari printer tersebut menggabungkan prinsip dan fungsi mesin fotokopi, pemindaian, serta faksimili.

Jenis-jenis Printer dengan Berbagai Fungsi

Printer Inkjet

Sumber gambar dimensidata.com

Printer inkjet merupakan jenis printer modern yang bekerja dengan cara menyemprotkan tinta pada kertas dengan membentuk pola karakter ataupun grafik tertentu. Printer jenis ini mempunyai beragam kelebihan, terutama lebih mudah, mencetak lebih cepat, praktis, dan bersih dengan harga tinta yang lebih murah. Namun, hasil cetakan dari printer ini tidak bisa cepat kering jika tidak digunakan dalam waktu lama. Apabila Anda menggunakan tinta tye die untuk printer ini, hasil cetakannya juga mudah pudar.

Printer LaserJet

Sumber gambar dimensidata.com

Printer laserjet merupakan kolaborasi dari teknologi laser dan xerographic technology yang ada pada mesin fotokopi. Cara kerja dari printer jenis ini hampir sama dengan mesin fotokopi dengan fokus pada output digital.

Printer laserjet memiliki beragam keunggulan, seperti kualitas cetakan yang lebih bagus, kemampuan mencetak lebih cepat, awet, tahan air, tinta tidak mudah luntur, serta cocok dengan bermacam-macam jenis kertas. Meskipun begitu, printer ini tidak dapat menghasilkan kualitas foto maksimal, sehingga terkadang cetakan berwarna kabur.

Printer Dot Matrix

Sumber gambar dimensidata.com

Printer dot matrix paling sering ditemui di banyak tempat. Jenis printer ini bekerja dengan cara menggunakan kepala cetak yang isiannya berupa kumpulan dari jarum besi. Printer dot matrix mempunyai beragam kelebihan, seperti harga lebih murah serta dapat mencetak grafik dan gambar lebih baik. Meskipun begitu printer jenis ini memiliki kelemahan, yaitu kualitas karakternya kurang baik.

Printer LED

Sumber gambar cbsistatic.com

Printer LED/LCD memproses cetakan dengan menggunakan light emitting diode sehingga menghasilkan kualitas cetakan berupa teks dan gambar lebih baik. Printer jenis ini termasuk dalam kategori baru, tetapi menerapkan mekanisme kerja dan teknologi yang mirip dengan printer laser.

Printer Plotter

Sumber gambar 4.bp.blogspot.com

Printer plotter atau disebut juga dengan wide format printing adalah jenis printer yang dipergunakan untuk keperluan dan kebutuhan khusus. Jenis printer ini sangat tepat untuk mencetak pada media outdoor, media dengan ukuran sangat besar, ataupun media lainnya. Media yang dimaksud adalah banner, spanduk, kartu nama, poster, ID Card, brosur ataupun selebaran. Printer plotter terkenal memiliki kualitas PPI dan DPI yang sangat tinggi, sehingga mampu memberikan ketajaman pada gambar dan bisa bertahan lama.

3D Printer

Sumber gambar lynda.com

3D Printer merupakan printer yang mampu mencetak desain dengan cara digital untuk menghasilkan produk nyata. Hasil cetakan dari printer ini tidak hanya dapat dilihat, namun juga dipegang dan mempunyai volume. Jenis printer ini tidak menggunakan tinta, namun plastic molten wax dengan campuran material lain untuk membentuk objek tertentu. Cara kerja dari printer ini menggunakan data dalam format 3 dimensi atau yang biasa disebut dengan computer aided design (CAD).

Tips Memilih Printer yang Bagus dan Praktis

Untuk membeli printer, Anda harus pintar memilih agar memperoleh printer yang bagus dan awet. Oleh sebab itu, Anda harus benar-benar memperhatikan tips memilih printer yang tepat agar tidak salah pilih.

Sesuaikan Jenis Printer dengan Kebutuhan

Untuk membeli printer, Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan pemakaian. Anda dapat memilih printer jenis deskjet apabila hanya digunakan untuk mencetak dokumen word atau excel biasa dalam jumlah sedikit. Selain itu, printer ini memiliki perawatan yang cukup mudah dan mampu bertahan lebih lama. Apabila Anda membutuhkan printer yang mampu mengerjakan berbagai macam, sebaiknya pilihlah printer multifungsi dengan tipe laser dan tinta berwarna.

Pilih Printer Multifungsi

Printer multifungsi dapat menjadi pilihan Anda apabila dipergunakan untuk memproses berbagai macam cetakan. Jenis printer ini menggabungkan fungsi printer, fotokopi, scan, dan faks menjadi satu. Printer multifungsi sering menjadi pilihan banyak orang karena dapat menghemat pengeluaran, ruang, bahkan mampu menghemat listrik.

Pastikan Bergaransi Resmi

Dalam rangka membeli printer sebaiknya wajib memperhatikan garansi resmi dari distributornya yang ditunjukkan dengan adanya kartu garansi resmi. Selain itu, usahakan memilih printer yang berjangka waktu garansi lama untuk berjaga-jaga apabila printer mengalami kerusakan.

10 Rekomendasi Printer untuk Kebutuhan Anda

Canon PIXMA G2000

Sumber gambar bukalapak.com

Printer Canon Pixma G2000 menawarkan kualitas cetakan terbaik dengan harga terjangkau. Jenis printer ini menerapkan teknologi tanki tinta dalam printer sehingga membuat tampilan menjadi lebih rapi dan minimalis. Selain itu, botol tinta dari printer ini mampu mencetak sekitar 7.000 halaman sehingga tidak perlu mengisi tinta berkali-kali. Printer Canon Pixma G2000 termasuk dalam golongan multifungsi karena tak hanya dapat dipergunakan untuk printer, melainkan scanner dan photo copy.

Printer Canon Pixma G2000 mempunyai desain sederhana, berbobot 5,8 kg dengan dimensi 445 x 330 x 163 mm. Dalam pemakaian normal printer ini menyerap daya listrik sebesar 11 watt, sedangkan pada status stand by mengonsumsi daya sebesar 0,3 watt. Printer ini tersedia dalam warna hitam yang dapat Anda beli di Bukalapak dengan harga Rp 1.780.000.

HP Deskjet GT 5810

Sumber gambar bhinneka.com

Printer HP DeskJet GT 5810 merupakan printer all in one printer yang sangat tepat untuk kantor berskala kecil. Printer ini diklaim lebih hemat dan kompatibel dengan cartridge HP GT51 dan GT52 yang mampu mencetak hitam putih sebanyak 5.000 lembar ataupun 8.000 lembar untuk warna. Jenis printer ini menerapkan prosesor dengan kecepatan 360 MHz yang mampu mencetak secara cepat.

Printer HP DeskJet GT 5810 tak hanya dapat berfungsi sebagai printer saja, tetapi juga photo copy dan scanner. Anda dapat membelinya di bhinneka.com dengan harga Rp 2.250.000.

Epson L385

Sumber gambar tokopedia.com

Printer Epson L385 dirancang khusus untuk mencetak dalam volume tinggi dengan hasil kualitas cetakan yang tajam dan jelas. Printer ini dilengkapi sistem tangki tinta asli dari Epson dengan desain botol ujungnya dipatenkan yang dapat memudahkan Anda dalam isi ulang tinta. Jenis printer ini mampu mencetak dokumen Anda secara nirkabel.

Printer ini memiliki fitur Epson Connect yang terdiri dari Epson iPrint yang dapat memindai ke perangkat pintar, Epson Email Print untuk mencetak email, dan Remote Print Driver yang dapat kompatibel dengan printer Epson lain untuk mencetak melalui internet. Selain itu, printer ini memberikan garansi sampai 2 tahun atau sebanyak 30.000 cetakan. Anda dapat membeli produk ini di Tokopedia dengan harga Rp 2.850.000.

Fuji Xerox M115W

Sumber gambar blibli.com

Printer Fuji Xerox M115W merupakan printer multifungsi yang tak hanya dapat dipergunakan untuk mencetak, tetapi juga photo copy dan scan. Printer ini mempunyai beragam fitur spesial yang dapat dioperasikan, seperti mencetak dalam mode Toner Save, mencetak header footer dari dokumen, manual booklet printing, ataupun mencetak watermark. Jenis printer ini memiliki kemampuan untuk mencetak dengan kualitas tinggi dalam kecepatan mencapai 20 ppm. Anda dapat membeli printer ini di Blibli dengan harga Rp 1.720.000.

HP LaserJet Pro M102A

Sumber gambar shopee.com

HP Laserjet Pro M102A adalah printer yang dirancang efisien, hemat energi,dan kompatibel dengan beragam perangkat mobile. Printer ini didukung dengan kartrid Jet Intelligence Toner yang memungkinkan untuk mencetak dokumen dalam jumlah banyak di waktu singkat dengan kecepatan cetak mencapai 22 ppm. Selain itu, printer jenis ini secara otomatis mampu langsung menyala ketika akan dibutuhkan dan secara otomatis mati ketika lama tidak dipergunakan. Anda dapat membelinya di Shopee dengan harga Rp 1.099.000.

Brother MFC-J200

Sumber gambar bukalapak.com

Printer Brother MFC-J200 merupakan printer multifungsi yang dapat dipergunakan untuk mencetak, memindai, fotokopi, faks, ataupun faks PC. Printer ini dilengkapi dengan katrid Ink Benefit dan jaringan nirkabel yang memungkinkan untuk mencetak secara optimal. Selain itu, jenis printer ini dapat meminimalkan kerusakan pada kepala cetak sekaligus menghemat biaya perbaikan dan dapat meningkatkan daya tahan alat berat. Anda dapat membeli printer ini di Bukalapak dengan harga Rp 2.691.000.

Canon Pixma iP2770

Sumber gambar blibli.com

Printer Canon Pixma iP2770 merupakan printer yang menggabungkan antara kualitas dan kecepatan. Hal ini akan menghasilkan cetakan teks yang jelas dan tajam serta warna yang awet tahan lama. Anda dapat mencetak foto tanpa batas tepi, hanya dalam waktu kurang lebih 55 detik. Printer ini dapat Anda beli di Blibli dengan harga Rp 675.000.

Epson L805 WiFi

Sumber gambar tokopedia.com

Printer Epson L805 WiFi adalah printer ideal dengan dilengkapi sistem tangki enam warna yang tepat untuk mencetak foto. Hasil cetakan dari printer ini sangat tajam, jelas, mengagumkan dan mampu mencetak dalam jumlah besar. Jenis printer ini terkenal berkualitas baik, andal, dan tetap hemat energi. Selain itu, printer yang menerapkan fitur wireless printing ini dapat diakses dimana pun dan kapan pun. Anda dapat membeli printer ini di Tokopedia dengan harga Rp 3.799.000.

Canon Pixma MX497

Sumber gambar shopee.com

Printer Canon Pixma MX497 merupakan printer all in one praktis, ringkas, dan serba guna yang dilengkapi dengan kapabilitas WiFi serta fitur auto document feeder. Printer ini mampu bekerja tak hanya mencetak, namun juga memindai, fotokopi, sekaligus faks. Anda dapat membeli printer ini di Shopee dengan harga Rp 1.180.000.

HP DeskJet Ink Advantage 2135

Sumber gambar lazada.com

Printer HP DeskJet Ink Advantage 2135 merupakan printer multifungsi yang dapat menghasilkan cetakan berkualitas tinggi. Printer ini dapat dipergunakan tak hanya untuk mencetak, tetapi juga untuk memindai dan fotokopi. Selain itu, jenis printer ini sangat praktis, efisien, dan stylish sehingga dapat membuat penampilan meja kantor Anda semakin cantik. Printer HP DeskJet Ink Advantage 2135 menggunakan tipe tinta HP 680 hitam sedangkan untuk warna memakai HP 680 tri color. Anda dapat membeli produk ini di Lazada dengan harga Rp 598.500.

From our editorial team

Pilih Printer Berkualitas untuk Hasil Cetak yang Maksimal

Hasil cetakan dokumen yang bagus tentu saja memberikan kesan yang lebih baik. Hal itu tentu saja didukung oleh alat cetak yang berkualitas. Printer yang memiliki kualitas baik dapat memberikan hasil yang maksimal dan membuat dokumen terlihat lebih rapi.