Cat Ulang Rumah Agar Terkesan Baru, Ini Rekomendasi Cat Tembok Terbaik untuk Anda di 2020!

Cat Ulang Rumah Agar Terkesan Baru, Ini Rekomendasi Cat Tembok Terbaik untuk Anda di 2020!

Mengecat ulang tembok menjadi pilihan banyak orang untuk membuat rumahnya terkesan baru kembali. Namun, agar hasilnya tetap baik dan tahan lama, maka Anda membutuhkan cat yang terbaik. Sebelum itu, yuk simak tips dan rekomendasi dari BP-Guide berikut ini.

Mengecat Ulang Rumah Dapat Membuat Tampilan Rumah Jadi Lebih Berbeda

Jika tampilan rumah Anda sangat kusam dan usang, tentunya akan jarang ada tamu yang ingin bertamu. Tampilan rumah yang kusam dan usang mungkin dikarenakan cat rumah Anda telah pudar, kotor karena noda dan berjamur. Anda perlu mengecat ulang rumah Anda.

Mengecat ulang rumah tidak hanya membuat tampilan rumah Anda menjadi lebih menarik, tetapi juga dapat membuat tampilan rumah Anda menjadi fresh seperti baru. Anda harus mengecat ulang rumah Anda secara berkala agar tampilan rumah Anda tetap menarik.

Kita Bisa Mengecat Tembok Rumah Sendiri Tanpa Perlu Memanggil Tukang

Mengecat tembok rumah adalah pekerjaan yang tidak terlalu sulit. Anda tidak perlu repot-repot menggunakan jasa tukang, karena pekerjaan ini sebenarnya bisa Anda kerjakan sendiri. Meskipun tidak terlalu sulit, namun pekerjaan ini membutuhkan kerapian dan ketelitian.

Jika Anda mengecatnya dengan asal-asalan, bukannya menjadi lebih indah, tetapi tampilan rumah Anda malah menjadi lebih kusam dan tidak menarik.

Tips Penting Sebelum Memulai Mengecat Tembok Rumah Sendiri

Persiapkan Ruangan Sebelum Proses Pengecatan

Sebelum mengecat ruangan, Anda perlu mempersiapkan kondisi ruangan terlebih dahulu agar tidak mengganggu proses pengecatan. Jika memungkinkan, kosongkan ruangan terlebih dahulu agar wilayah kerja Anda semakin luas.

Jika tidak memungkinkan, Anda bisa menggeser perabot terlebih dahulu ke tempat yang jauh dari dinding yang akan dicat. Kemudian tutup setiap perabotan dengan kain atau kertas, agar tidak terkena percikan cat yang tumpah atau yang tercecer.

Persiapkan Permukaan Dinding

Sumber gambar www.lifull-jasa.id

Sebelum menumpahkan cat ke dinding, Anda harus membersihkan terlebih dahulu permukaan dinding. Agar cat dapat menempel dengan sempurna ke dinding, jangan sampai ada sedikit pun kotoran yang menempel di dinding sebelum dinding dicat.

Selain itu, Anda juga harus memastikan agar permukaan dinding juga kering. Jika basah, cat juga akan sulit menempel. Jika dinding Anda ada retakan atau lubang, lebih baik perbaiki terlebih dahulu, karena dapat membuat pengecatan menjadi tidak rata.

Memilih Cat Tembok yang Tepat

Setelah ruangan dan dinding telah siang untuk dicat, langkah selanjutnya adalah memilih cat tembok yang sesuai. Anda perlu menyesuaikan cat tembok dengan dinding mana yang akan Anda cat. Karena dinding interior dan dinding eksterior membutuhkan jenis cat yang berbeda.

Dilihat dari bahan dasarnya, cat terbagi menjadi dua, yaitu cat yang terbuat dari minyak dan cat yang terbuat dari air. Cat yang terbuat dari minyak memiliki daya tahan dan daya rekat yang tinggi, namun lama keringnya. Sedangkan cat yang memiliki bahan dasar air lebih cepat kering dan tidak memiliki bau, namun memiliki daya tahan yang lebih rendah.

Tips Memilih Cat Tembok Tepat Untuk Tembok Rumah

Pilih Cat Tembok yang Sehat

Cat yang Anda pilih akan menempel di dinding dalam waktu yang lama. Maka dari itu, Anda harus memilih cat tembok yang sehat. Banyak produk cat tembok yang mengandung merkuri.

Bahan kimia berbahaya ini dapat membuat Anda dan keluarga terserang ganguan pernapasan, kerusakan pembuluh darah, penurunan kecerdasan otak, kanker, alzheimer, gangguan saraf hingga penyakit jantung.

Kemudian hindari pula cat yang mengandung logam berat, seperti lead, cadmium, dan chromium. Kandungan tersebut sangat berbahaya untuk kesehatan jika terhirup.

Memiliki Nilai Ekonomis

Sebelum memutuskan untuk mengecat rumah, Anda juga perlu mempertimbangkan biaya yang Anda butuhkan dan berapa biaya yang Anda miliki. Perhitungan biaya dapat membuat Anda bisa memastikan bagian mana yang dicat terlebih dahulu.

Tanpa perhitungan biaya yang baik, bisa saja rumah Anda belum tercat seluruhnya. Perhitungan nilai ekonomis juga dapat membuat Anda dapat menghemat biaya dengan memilih cat yang memiliki harga yang lebih murah.

Pilih Cat Tembok dari Merek Terpercaya

Jika Anda masih bingung dalam memilih cat tembok yang berkualitas, Anda bisa mensurvei terlebih dahulu cat tembok merek apa yang paling banyak dipakai oleh orang. Bertanya terlebih dahulu kepada orang lain dapat membuat Anda terhindar dari cat tembok yang tidak berkualitas.

Tanyalah teman-teman Anda yang baru saja mengecat rumahnya, apa saja kelebihan dan kekurangan dari cat yang mereka pilih. Memilih cat tembok dari merk yang telah terpercaya merupakan pilihan yang paling aman.

Rekomendasi Cat Tembok Terbaik untuk Rumah Jadi Lebih Indah

Puffin Paint Insect Guard

Puffin Paint Insect Guard 25 kg adalah cat tembok interior yang telah bersertifikat dan lulus test suv-sud Singapore, HSE England, IPB Indonesia.

Tidak hanya dapat membuat rumah Anda menjadi kembali seperti baru, tetapi cat ini juga dapat menjauhkan rumah Anda dari berbagai macam serangga, seperti nyamuk, lalat, kecoa, semut dan serangga lainnya.

Cat yang memiliki daya sebar 1 kg = 12 m persegi per lapis ini maksimal dicampurkan air sebanyak 20 persen untuk hasil yang maksimal.

Harga Rp. 448.000-1.250.000

Lenkote Sunguard

Lenkote Sunguard 2,5 L adalah cat tembok yang terbuat dari bahan superior acrylic yang diformulasikan untuk semua tembok. Cat yang menggunakan nature guard technology ini memiliki daya tutup yang sempurna.

Cat yang anti lumut dan jamur ini juga dapat membuat debu dan kotoran untuk tidak menempel. Bahannya yang tanpa merkuri membuat cat sangat aman untuk Anda dan juga keluarga.

Harga Rp. 220.000-269.000

Dulux Easy Clean

Dulux Easy Clean 2,5 L adalah cat tembok berkualitas tinggi yang dirancang khusus untuk interior. Cat yang terbuat dari bahan dasar air ini sangat cepat kering dan mudah untuk dibersihkan.

Dibekali dengan kidproof teknologi yang dapat membuat semua noda yang menempel di dinding dapat dibersihkan dengan mudah. Dinding Anda akan selalu bersih dan indah dalam waktu yang lama.

Harga Rp. 178.000-1.848.000

Cat Tembok Aires

Cat Tembok Aires 5 kg adalah cat tembok yang berkualitas tinggi dari Avian. Cat ini memiliki daya sebarnya yang luas dan daya tutupnya yang maksimal. Cat dapat juga menempel ke berbagai macam tempat seperti tembok, beton, panel GRC, eternit dan lain sebagainya.

Cat tembok yang terbuat tampa mengandung merkuri ini sangat aman untuk kesehatan Anda dan keluarga. Tersedia dalam berbagai pilihan warna, seperti avocado, azure, buttermilk, candy, canary, green tea, grand ocean, leafy, sweet blue, dan white.

Harga Rp. 40.000-52.500

Mowilex Emulsion Weathercoat Tinting Cat Tembok 20 L

Mowilex Emulsion Weathercoat Tinting Cat Tembok 20 L adalah cat tembok eksterior yang diformulasikan dengan bahan khusus bermutu tinggi.

Cat yang memiliki ukuran 20 L (kaleng) ini memiliki daya sebar hingga 12 - 14 m2/liter. Cat tersedia dalam berbagai macam pilihan warna sehingga dapat memberikan perlindungan dan keindahan warna yang dapat bertahan lama.

Harga Rp. 1.740.000-2.646.000

Cat Tembok Envi

Cat Tembok Envi 5 kg adalah cat tembok yang dapat membuat permukaan dinding Anda menjadi halus dan mudah dibersihkan.

Cat yang memiliki daya tutup yang sangat baik ini dapat menempel di berbagai jenis permukaan, seperti beton, fiber, triplex hingga kayu.

Cat juga tidak berbau dan memiliki aroma yang wangi, sehingga tidak membuat Anda risih saat proses pengecatan.

Harga Rp. 120.000-162.000

Propan DW500 Decorshield Cat Tembok Eksterior

Propan DW500 Decorshield Cat Tembok Eksterior adalah cat tembok eksterior yang dapat melindungi tembok rumah Anda hingga 6 tahun. Warnanya tetap cerah, meskipun terkena sinar UV dan perubahan cuaca setiap hari.

Cat yang terbuat dari bahan emulsi acrylic ini dapat menempel di berbagai jenis permukaan, seperti batu bata, plasteran semen, beton, panel GRC dan bahan yang lainnya. Catnya juga tidak mudah kotor dan tahan terhadap alkali.

Harga Rp. 1.799.000-3.275.000

Cat Tembok Property

Cat Tembok Property 5 kg adalah cat tembok bermutu yang dilengkapi dengan resin emulsion yang larut di dalam air. Cat yang memiliki daya tutup yang baik ini diperkuat dengan pigmen dan bahan baku pembantu lain yang terpilih.

Keunggulan dari cat tembok Property ini adalah anti bakteri, mudah dibersihkan, tahan pudar dan memiliki aroma apel yang segar. Bahannya juga tidak mengandung timah dan merkuri, sehingga sangat aman untuk keluarga Anda.

Harga Rp. 107.100-138.000

Cat Tembok No Drop 20 kg

Cat Tembok No Drop 20 kg adalah cat pelapis anti bocor yang memiliki sifat elastis dan kedap air, sehingga dapat menghindari rumah Anda dari kebocoran saat musim hujan. Cat ini juga bisa berfungsi sebagai produk dekoratif karena mempunyai 23 pilihan warna menarik.

Cat yang sangat tahan cuaca ini dapat menempel di berbagai permukaan, seperti tembok kamar mandi, tembok samping rumah, seng, wuwungan, atap, talang dan atap beton.

Harga Rp. 818.000-1.045.000

Cat Tembok Decolith

Cat Tembok Decolith 25 kg adalah cat tembok dan plafon yang terbuat dari bahan dasar full acrylic. Bahan dasarnya adalah air dan bebas merkuri, sehingga sangat aman untuk kesehatan Anda dan keluarga.

Cat tembok yang memiliki banyak warna ini dapat membuat hunian Anda tampil lebih segar dan ceria. Cat yang memiliki daya tutup optimal ini tidak akan mengapur.

Harga Rp. 480.000-485.000
From our editorial team

Cat Tembok dengan Kualitas Baik, Tawarkan Ketahanan Warna yang Mengagumkan

Anda tentu mesti menggunakan cat tembok berkualitas baik untuk mendapatkan ketahanan warna yang lebih lama. Memilih cat yang kurang baik, membuat warna lebih cepat luntur. Jadi, apabila Anda ingin menjadikan rumah semakin cerah dan berwarna, cat yang direkomendasikan BP-Guide di atas bisa Anda pertimbangkan.

Tag