10 Rekomendasi Cat Tembok yang Menjadikan Rumah Anda Semakin Berkilau

10 Rekomendasi Cat Tembok yang Menjadikan Rumah Anda Semakin Berkilau

Rumah boleh memiliki desain yang berbeda, unik, dan keren. Tapi, bila tidak ditopang dengan warna dari cat yang berkualitas, maka semuanya akan menjadi sia-sia saja. Oleh karena itu, agar rumah Anda semakin berkilau dan bersinar, simak dulu rekomendasi cat tembok pilihan BP-Guide berikut ini, yah.

Warna Cat Rumah Ternyata Bisa Menunjukan Karakter Pemilik Rumah Tersebut

Pilihan warna rumah dapat mewakili perasaan atau karakter dari pemilik rumah. Karena apa pun dapat diungkapkan dengan warna dan tak selalu harus secara lisan. Setiap warna memiliki karakter yang berbeda-beda, sehingga setiap warna rumah akan mewakili perasaan dari dari penghuni rumahnya.

Tips Memilih Cat Tembok

Pilih Warna Cat Rumah Berdasarkan Mood


Setiap ruangan memiliki fungsi yang berbeda-beda, Anda tinggal menyesuaikan warna dengan setiap ruangan yang berbeda tersebut. Misalnya, ruang tidur harus terasa nyaman agar kita bisa tidur nyenyak sehingga warna biru bisa dipilih karena bisa menimbulkan ketenangan. Warna oranye yang cerah bisa diterapkan pada ruang makan agar bisa menimbulkan nafsu makan dan kenikmatan saat makan.

Pelajari Arti-arti Warna

Pengetahuan tentang warna juga dapat mempermudah Anda dalam memilih warna cat rumah. Konsep hue dan saturation dapat Anda pelajari untuk memperdalam pengetahuan tentang warna.

Hue adalah warna, seperti merah, biru dan lainnya. Nilai hue tergantung dari terang dan gelapnya warna tersebut. Sedangkan saturation menunjukkan tingkat dominasi hue, intensitas pada warnanya. Saturation bisa berupa kombinasi yang menghasilkan gradasi atau hanya satu warna saja.

Ikuti Lingkaran Warna untuk Mendapatkan Warna Cat Rumah yang Bagus

Bingung memilih perpaduan warna cat rumah? Anda bisa mengikuti lingkaran warna, cara ini akan membantu Anda dalam mendapatkan cat rumah yang bagus dan sesuai. Mendapatkan kombinasi warna menggunakan lingkaran warna juga dilakukan oleh para desainer interior yang andal. Lingkaran warna akan membantu Anda mendapatkan kombinasi warna gelap dan terang yang serasi.

Uji Warna Pilihan Anda

Setelah memilih warna yang Anda sukai, ujilah warna-warna pilihan Anda dengan menggunakan papan poster yang ditempelkan pada dinding rumah Anda. Atau Anda bisa mengujinya dengan cara mengujinya dengan mengecat langsung ke salah satu dinding agar mendapatkan gambaran dari warna yang Anda inginkan.

Perhatikan Pencahayaan

Warna ruangan rumah Anda juga harus disesuaikan dengan pencahayaan. Untuk mengetahui warna yang cocok dengan pencahayaan rumah Anda, Anda bisa mengujinya pada light boxes yang biasanya tersedia di toko cat. Fungsi pengujian warna adalah untuk mengetahui warna asli dari cat yang Anda pilih.

Lampu di rumah Anda juga harus Anda pertimbangkan dalam memilih warna. Jika lampu dalam ruangan Anda adalah lampu pijar, cahayanya akan menonjolkan warna-warna hangat dan kuning sedangkan lampu pendar akan menghasilkan tone warna biru.

Beberapa Merek Cat Tembok yang Populer di Indonesia

Nippon Paint

Sumber gambar blibli.com

Nippon Paint adalah perusahaan cat dari Jepang yang telah didirikan sejak 1881 oleh Jujiro Moteki. Perusaan cat ini adalah salah satu pabrik cat terbesar ketujuh di seluruh dunia berdasarkan pendapatannya.

BP-Guide merekomendasikan produk cat Nippon Vinilex Cat Dinding-Putih 25 kg. Cat ini memiliki bahan dasar dari resin kopolimer vinyl akrilik yang berkualitas tinggi. Keunggulan dari cat ini adalah tahan lama dan tahan disikat sebanyak 1200 kali. Warna catnya antipudar dan cepat kering serta antijamur. Bisa diaplikasikan untuk interior ataupun eksterior yang terbuat dari asbes, batako, beton, papan, dan mortar. Cat Nippon Vinilex ini bisa Anda dapatkan di Blibli dengan harga Rp 543.000.

Jotun

Sumber gambar blibli.com

Jotun adalah perusahaan cat terkemuka dari Norwegia yang didirikan oleh Odd Gleditsch pada tahun 1926. BP-Guide merekomendasikan Jotun Jotaplast Cat Tembok. Cat tembok dari Jotun ini memiliki bahan pengikat akrilik termodifikasi. Cat ini memiliki keunggulan yaitu mudah diaplikasikan, antijamur, cepat kering, dan memiliki harga yang ekonomis. Anda bisa mendapatkan cat ini di Blibli dengan harga Rp 525.000.

Decolith

Sumber gambar bukalapak.com

Decolith adalah merek cat tembok peraih penghargaan "Satria Brand Award" sebagai merek tembok pilihan konsumen untuk area Jawa Tengah. Salah satu produk dari cat Decolinth adalah DECOLITH Cat Tembok Interior 25Kg SUPER WHITE. Cat tembok ini adalah satu-satunya cat tembok yang memiliki bahan dasar full acrylic. Bahan dasarnya juga terbuat dari air yang bebas timbal dan merkuri, sehingga ramah lingkungan.

Keunggulan dari cat Decolith ini memiliki daya sebar yang luas, sehingga wilayah yang dicat lebih luas. Daya tutupnya sangat baik, serta lapisannya tidak mengapur. Anda bisa mendapatkan cat Decolith ini dengan harga Rp 526.000 di Tokopedia.

Aquaproof

Sumber gambar blibli.com

Aquaproof adalah merek lokal yang memiliki kemampuan yang mumpuni dalam mengatasi kebocoran. Salah satu produk yang BP-Guide rekomendasikan untuk Anda adalah Aquaproof Bahan Bangunan - Hijau 20 Kg. Cat ini memiliki bahan dasar polimer yang kedap air, sehingga dapat menghindari pelapukan pada dinding rumah. Fitur anti bocornya dari campuran polimer thixotropic yang menjadi pelapisan yang andal.

Keunggulan dari cat tembok Aquaproof ini adalah memiliki daya lekat kuat, elastis, tidak berbahaya, dan mudah digunakan. Selain itu juga elastis, tahan cuaca, tahan lama, tidak menetes, dan antiretak. Anda bisa mendapatkan cat ini di Blibli dengan harga Rp 830.000.

Dulux Catylac

Sumber gambar blibli.com

Dulux Catylac adalah merek cat dari Inggris yang telah memiliki kantor cabang di berbagai belahan dunia. Di Indonesia, cat Dulux dapat mengambil hati masyarakat, sehingga menjadikannya salah satu cat favorit di Indonesia. Salah satu produk Dulux yang BP-Guide rekomendasikan adalah Dulux Catylac Interior Tinting Marigold Cat Tembok 20 L.

Cat tembok Dulux ini menggunakan teknologi chroma-bit yang menghadirkan warna yang cerah pada dinding Anda. Cat ini tidak menggunakan bahan merkuri, sehingga tidak berbahaya bagi kesehatan lingkungan. Anda bisa mendapatkan cat ini di Blibli dengan harga Rp 600.000.

Paragon

Sumber gambar bukalapak.com

Paragon adalah cat produk lokal yang diproduksi oleh PT Pabrik Cat Tunggal Djaja Indah (PT TDI) yang berdiri sejak 1963. Salah satu produk cat Paragon yang direkomendasikan BP-Guide adalah Cat Paragon pail 30 kg putih. Cat ini memiliki daya tutup yang sangat baik dengan warna putih yang benar-benar putih. Anda bisa mendapatkan cat Paragon ini di Tokopedia dengan harga Rp 495.000.

Avitex

Sumber gambar bukalapak.com

Avitex adalah perusahaan cat yang berdiri pada tahun 1962 dan beroperasi pada tahun 1978. Perusahaan ini didirikan Soetikno Tanoko kemudian menjadi PT Avia Avian. Salah satu cat Avitex yang menjadi rekomendasi BP-Guide adalah Cat Tembok Avitex 25KG.

Cat yang memiliki daya tutup terbaik ini sangat mudah diaplikasikan, mudah dicuci, dan cepat kering. Selain itu, cat ini juga tahan pudar dan varian warnanya banyak dan menarik. Anda bisa mendapatkan cat tembok ini di Rumah Air Rp 455.525.

No Drop

Sumber gambar indosupergrosir.com

No Drop adalah merek cat yang memiliki sifat elastis untuk menjadi cat pelapis yang antibocor. Salah satu produk yang menjadi rekomendasi BP-Guide adalah No Drop Cat Anti Bocor Warna (20 Kg). Cat pelapis anti bocor ini memiliki banyak keunggulan, seperti kedap air, sangat tahan cuaca, elastis, tahan lama, dan dekoratif. Anda bisa mendapatkan produk ini di Bukalapak dengan harga Rp 740.000.

Envitex

Sumber gambar www.cwabali.com

Envitex adalah perusahaan cat di bawah PT. Indaco Warna Dunia yang beroperasi di Jakarta. Cat dekoratif ini memiliki bahan dasar air dan pelarut organik, sehingga sangat aman digunakan. Salah satu produk Envitex yang direkomendasikan oleh BP-Guide adalah Cat Tembok Envi 25 Kg. Cat tembok ini memiliki permukaan yang halus dan mudah dibersihkan dengan air.

Dapat melapisi permukaan tembok dan plafon yang terbuat dari beton, plaster, fiber, triplex, maupun kayu. Keunggulan dari cat ini adalah tidak berbau dan daya tutup catnya baik. Anda bisa mendapatkan cat Envitex ini di Tokopedia dengan harga Rp 575.000.

Propan

Sumber gambar bukalapak.com

Propan adalah produk cat dibawah PT Propan Raya I.C.C yang telah beroperasi sejak tahun 1979 dan didirikan oleh DR. Hendra Adidarma Dipl. Chemiker. Salah satu produk dari Propan yang direkomendasikan BP-Guide adalah PROPAN DI400 Decorcryl Cat Tembok - White 20L. Cat tembuh berwarna putih ini memiliki bahan dasar acrylic emulsion dengan kandungan VOC atau Volatile Organic Compound yang rendah.

Keunggulan cat Propan ini adalah tidak berbau, antilumut, dan jamur serta dapat dicuci. Tidak hanya itu, cat ini memiliki daya tutup yang baik dan ketahanan warna yang baik. Keunggulan selanjutnya adalah tidak mengandung logam berat, tidak memercik, dan daya sebar luas. Anda bisa mendapatkan cat Propan ini di Blibli dengan harga Rp 1.040.000.

Tutorial Mengecat Tembok Sendiri

Sumber gambar nikifour.co.id

Mengecat rumah sendiri tidak perlu menyewa pekerja, karana Anda sendiri bisa mengecatnya sendiri. Tidak hanya membuat Anda puas dengan hasil kerja tangan Anda sendiri, tetapi mengecat rumah sendiri juga membuat Anda mendapatkan hasil yang Anda inginkan sesuai selera.

Cara mengecat rumah sendiri sangatlah sederhana, pertama Anda harus membersihkan dinding terlebih dahulu. Kemudian tutup retakan pada dinding dengan dempul bila ada retakan. Kemudian Anda bisa memulai mengecat dinding, pada bagian-bagian yang kecil, gunakanlah kuas kecil agar lebih detail. Agar lebih mudah gunakanlah roller agar warna rata. Setelah tertutup semua, Anda bisa mengulanginya lagi jika ingin mendapatkan warna yang lebih tajam.

From our editorial team

Mengecat Rumah Sendiri, Jadikan Rumah Menjadi Rumah Impian

Anda bisa melakukan pengecatan sendiri di rumah untuk hasil terbaik. Tentunya, dengan mengikuti arahan dari BP-Guide di atas yah. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menjadikan rumah Anda menjadi rumah impian dengan warna yang memukau.

Tag