Mau Tahu Tren Tanaman Hias di Tahun 2018? Ini Dia 9 Rekomendasinya agar Rumahmu Tampak Cantik dan Segar

Mau Tahu Tren Tanaman Hias di Tahun 2018? Ini Dia 9 Rekomendasinya agar Rumahmu Tampak Cantik dan Segar

Tanaman hias adalah salah satu dekorasi rumah yang tak bisa diremehkan begitu saja. Kalau ingin rumah tampak lebih hijau dan asri, kamu bisa simak tips dan rekomendasi tanaman hias yang sedang ngetren dari BP-Guide berikut!

Tanaman Hias, Dekorasi Hijau yang Bisa Mempercantik Rumah

Sebagai tempat tinggal kita, rumah bisa saja dihias sesuai selera supaya bisa menonjolkan kepribadian pemiliknya. Kamu bisa mempercantik rumah kamu dengan mengganti warna cat rumah supaya lebih kekinian. Selain itu bisa juga menghias rumah dengan aneka ornamen cantik yang disesuaikan dengan tema rumahnya.

Cara lain yang dapat dilakukan untuk mempercantik tampilan rumah adalah dengan memakai tanaman hias. Membeli beberapa tanaman hias dan menatanya di beberapa sudut rumah akan membuat pemandangan rumah jadi berbeda. Selain tampak lebih asri, rumah akan terlihat lebih indah.

Tentu saja, kamu tak bisa langsung pergi ke toko bunga dan bibit lalu asal saja membeli tanaman hias. Ada beberapa hal yang wajib kamu tahu dalam memilih tanaman hias, dan BP-Guide telah merangkumnya untuk kamu. Selanjutnya, intip juga deretan tanaman hias yang bisa kamu beli untuk dipajang di rumah, ya.

Cara Jitu Memilih Tanaman Hias untuk Rumah Kamu

Perhatikan Kelembapan Tanaman Hias

Sebelum membeli tanaman hias, pastikan kamu tahu kondisi dari tanaman tersebut. Kamu wajib tahu tingkat kelembapan yang dibutuhkan tanaman hias untuk bertahan lama. Tingkat kelembapan adalah kemampuan udara untuk mengikat air. Makin lembap udara, maka kadar airnya makin tinggi.

Biasanya tanaman lebih cocok dengan udara dengan kandungan air yang cukup. Nantinya, tingkat kelembapan air akan berpengaruh pada kemampuan tanaman untuk menguapkan air dari daun. Jika kelembapannya stabil, maka tanaman akan bisa mengontrol kandungan air dalam batang dan organ tanaman lainnya.

Pilih Tanaman Sesuai Intensitas Cahaya Matahari

Sumber gambar www.thespruce.com

Pemilihan tanaman hias juga bisa didasarkan pada posisi rumah kamu. Ada rumah yang mendapat banyak sinar matahari di pagi hari dan hanya mendapat sedikit sinar di siang dan sore hari. Ada juga rumah yang mendapat sinar matahari pagi sedikit saja namun menjelang sore mendapat sinar matahari yang banyak. Hal ini tentu akan mempengaruhi pemilihan tanaman hias yang akan kamu beli.

Kamu bisa memilih tanaman hias jenis pakis jika kamu tinggal di tempat yang minim asupan cahaya. Tanaman ini akan membuat udara menjadi lebih bersih karena pakis dapat menyerap polusi udara.

Sementara jika rumahmu memiliki intensitas cahaya matahari sedang, kamu bisa menanam begonia dan tanaman wijaya kusuma. Untuk tempat yang memiliki kondisi asupan cahaya terang, kamu bisa menanam aneka sukulen seperti kaktus hingga pohon ara.

Letakkan di Tempat yang Sesuai

Sumber gambar www.miraclegro.com

Membeli tanaman hias memang terkadang membutuhkan perhatian ekstra. Jika tak dirawat sesuai kebutuhan tanamannya, maka tanaman akan cepat mati. Kita pasti tak mau rugi dong jika membeli tanaman lalu cepat layunya.

Maka dari itu, kamu perlu memperhatikan tempat meletakkan tanaman tersebut. Kamu harus tahu tanaman apa saja yang sebaiknya diletakkan di dalam rumah dan tanaman apa saja yang sebaiknya diletakkan di luar ruangan. Lokasi tempat tanaman juga bisa sangat menentukan kelangsungan hidup tanaman tersebut.

Gunakan Pot yang Cantik untuk Mempermanis

Sumber gambar www.ambius.com

Tanaman hias memang bisa jadi dekorasi interior yang apik. Maka tak ada salahnya jika kamu juga memilih pot yang cantik sebagai wadah tanamannya. Ini akan memberi nilai plus pada ruangan karena kesan artistiknya bertambah,

Meski demikian, ingat untuk menyesuaikan besar tanaman dan juga besar potnya. Sesuaikan ukurannya agar tanaman bisa berkembang biak dengan baik. Kamu bisa juga berkreasi membuat pot dari aneka barang bekas seperti mug dan lainnya untuk memberi kesan yang manis.

Berbagai Jenis Tanaman Hias yang Sedang Tren di Masyarakat

Monstera

Sumber gambar greenerynyc.com

Tanaman hijau akan memberi kesan adem di mata. Suasana sekitar pun terkesan lebih sejuk kala ada tanaman hijau. Jangan lewatkan untuk memiliki beberapa tanaman hijau di rumah, seperti misalnya monstera. Daunnya unik dengan beberapa lubang yang membentuk sangat artistik secara alami. Tanaman ini mampu meningkatkan kualitas udara berkat produksi oksigen terutama pada malam hari.

Tanaman Hias Monstera bisa kamu beli di toko online. Tanaman ini akan dikirim dan dikemas dalam karton tebal dan diawasi ketahanannya. Saat pembelian, tanaman ini ukurannya 40 hingga 50 cm. Dapatkan di Tokopedia seharga Rp 40.000.

Bunga Krisan

Sumber gambar bhinekashop.id

Krisan adalah bunga cantik sejuta pesona yang bisa kamu pajang di rumah untuk mempercantik rumah. Hadir dengan banyak warna memikat dan aromanya juga wangi. Merupakan keluarga Asteraceae, krisan ini asalnya dari daratan Eropa Timur Laut dan Asia. Bunganya bisa kamu petik dan diletakkan dalam vas dan bisa bertahan 2 minggu lamanya.

Tanaman Hias Bunga Krisan Mix 5 Warna ini bisa dibeli secara online. Cocok ditanam di dataran rendah dan dataran tinggi. Saat membeli bibit, ukurannya adalah kisaran 20 hingga 25 cm. Ditanam dalam pot berdiameter 20cm, namun bisa juga ditanam di tanah. Kamu bisa membelinya di Lazada dengan harga Rp 165.000.

Kalatea

Sumber gambar www.bukalapak.com

Kalatea juga menjadi rekomendasi kami untuk tanaman hias di rumah. Keunikan terletak pada daunnya yang memiliki aneka warna dan juga motif. Kamu bisa meletakkannya di dalam rumah, karena tanaman ini merupakan jenis tanaman indoor. Bisa untuk mempercantik rumah dan juga bisa menjadi penyejuk ruangan tempatnya diletakkan.

Bibit Tanaman Hias Calathea Dark Star ini bisa kamu miliki. Tanaman dengan tinggi 30 hingga 40 cm ini cocok untuk ditanam dalam pot. Bisa dibudidayakan di daerah dataran rendah maupun daerah dataran tinggi. Selain itu, tanaman ini juga membutuhkan sinar matahari rendah. Kamu juga tidak akan kesulitan saat merawat bunga kalatea. Dapatkan di Bukalapak dengan harga Rp 28.000.

Kaktus

Sumber gambar www.amazon.co.uk

Banyak orang malas memelihara tanaman karena ribet perawatannya. Tapi ada kok, tanaman hias yang simpel dan mudah perawatannya. Misalnya saja kaktus yang tergolong tanaman hemat air. Sebagai tanaman gurun, kaktus tak butuh banyak disiram. Daya tahannya juga kuat di berbagai lingkungan ekstrem.

Tanaman Kaktus Brown Ball bisa kamu lirik sebagai pilihan. Kamu bisa hias meja atau sudut ruangan dengan produk yang satu ini. Tak perlu terlalu sering disiram, tanamannya bisa tumbuh dengan baik pada tempat dengan intensitas cahaya matahari rendah. Dapatkan tanaman ini di Shopee dengan harga Rp 22.000.

Sirih Gading

Sumber gambar graceandthorn.com

Tanaman sirih gading adalah salah satu tanaman hias yang bisa bikin mata jadi adem kala memandangnya. Berkesan asri, tanaman ini bisa dirambatkan. Tak ribet perawatannya, tanaman ini mudah untuk berkembang biak. Lebih dikenal dengan nama Devil's Ivy, tanaman ini paling invasif pertumbuhannya karena bisa menutupi permukaan tanah dengan cepat.

Sirih gading bisa kamu pilih sebagai tanaman hias karena bisa bermanfaat juga untuk kesehatan. Tanaman ini mampu menghilangkan polutan dalam ruangan seperti senyawa formaldehida, xilena, dan benzena.

Produk yang satu ini bisa ditempatkan di dalam rumah atau di luar rumah. Mudah dirawat, tanamannya bisa diletakkan dalam pot diameter 20 hingga 30 cm. Jangan lupa untuk memberinya pupuk NPK 30 hari sekali. Kamu bisa membelinya di Bibito Online dengan harga Rp 40.000.

Siklok

Sumber gambar www.worldmarket.com

Tanaman hias berupa daun memang cocok untuk menghias taman. Rumah seakan jadi lebih asri jika ada pojok taman yang penuh dedaunan. Kamu bisa lirik siklok untuk jadi tanaman hias pilihanmu. Bentuk daunnya menyerupai pedang dengan warna kekuningan di tepinya dan hijau pada bagian tengah.

Tanaman ini tahan terhadap sinar matahari seharian. Perawatannya juga mudah karena kamu hanya perlu menyiramnya tiap pagi.

Tanaman Siklok (Agave Attenuata) ini bisa dibeli secara online. Tanaman ini bisa ditanam di antara batu-batuan. Cocok juga untuk ditanam pada sekitar pohon. Produk ini paling cocok pada daerah dengan iklim dataran rendah maupun dataran tinggi. Silakan membeli tanaman ini di Bukalapak dengan harga Rp 42.000.

Daun Kuping Gajah

Daun kuping gajah memiliki nama ilmiah Anthurium crystallinum. Tanaman hias ini seringkali dijumpai di halaman rumah. Dinamakan seperti itu karena daunnya mirip seperti telinga gajah yang lebar dan besar.

Tanaman Kuping Gajah Putih bisa kamu pilih menjadi tanaman hias di rumah. Dengan warna dasar hijau muda, tulang daunnya berwarna putih. Tanaman dikembangbiakkan dengan memakai biji, stek batang, atau pun pemisahan rumpun.

Hindarkan dari paparan sinar matahari langsung karena akan menyebabkan daun layu. Untuk perawatannya cukup siram 2 kali sehari dan letakkan di tempat yang teduh. Dapatkan tanaman ini di Bibit Online dengan harga Rp 55.000.

Spider Plant

Sumber gambar mashtalegypt.com

Spider plant adalah tanaman hias yang peletakannya bisa dengan cara digantung. Tanaman ini berasal dari Afrika Selatan dan begitu mudah untuk dibudidayakan. Ciri khasnya adalah daunnya panjang dan juga rimbun. Daunnya memiliki warna hijau atau strip kuning dan strip putih. Perawatan tanaman ini begitu mudah, bisa ditanam dalam pot dan diletakkan dalam rumah dan bisa juga diletakkan di luar rumah.

Tanaman Spider Plant bisa kamu beli secara online. Produk yang satu ini sangat kuat meski terik matahari menyengat. Cocok ditanam di daerah dataran rendah maupun dataran tinggi. Untuk media tanamnya bisa memakai pot diameter 20 hingga 30 cm. Dapatkan di Bibit Online dengan harga Rp 20.000.

Lidah Mertua

Sumber gambar davenportgarden.com

Selain bisa membuat lebih asri dan segar, tanaman bernama lain Sansevieria ini mampu menyerap bahan beracun seperti karbondioksida hingga formaldehyde dan trichloroethylene. Mudah dirawat, tanaman ini bisa tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari.

Tanaman Sansevieria Tombak ini tergolong tanaman sukulen asli dari negara Angola. Memiliki daun dengan ketebalan sekitar 3 cm dan dapat tumbuh tinggi mencapai sekitar 100 hingga 200 cm. Bisa ditanam pada pot dengan diameter 5 hingga 10 cm. Dapatkan di Bibit Online dengan harga Rp 75.000.

From our editorial team

Ketahui Cara Merawat Tanaman Hias dengan Baik

Selain memilih tanaman hias yang tepat, agar tetap cantik dan segar, kamu harus tahu cara merawat tanaman hias tersebut. Ketahui waktu terbaik untuk menyiram tanaman dan intensitas cahaya yang dibutuhkan. Bila perlu, beri pupuk pada tanaman agar tetap subur dan tidak layu meskipun diletakkan dalam ruangan.

Tag