Buat Semua Orang Terkesima dengan Akuarium Buatanmu dan Hias dengan 10 Hiasan Ini

Buat Semua Orang Terkesima dengan Akuarium Buatanmu dan Hias dengan 10 Hiasan Ini

Mendesain akuarium itu gampang-gampang susah. Tergantung pada selera masing-masing ingin menghiasnya seperti apa. Berikut ini adalah benda-benda yang wajib ada agar akuariummu semakin memikat hati.

Maraknya Akuarium Dijadikan Sebagai Pemanis Ruangan

Rumah berdesain minimalis akan semakin indah apabila dihias dengan akuarium. Selain berguna untuk menampung ikan yang cantik, akuarium dengan tampilan unik akan memberikan kesan tersendiri dalam diri Anda, seperti rasa kepuasan dan ketenangan jiwa.

Tidak hanya berguna sebagai penghias ruang dan perabot rumah, akuarium memiliki manfaat untuk kesehatan. Sebuah penelitian menyatakan bahwa memandang ikan berenang dalam akuarium selama sepuluh menit dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan detak jantung yang berlebihan.

Aktivitas ini juga bisa membantu untuk mengurangi stres, kecemasan, ketegangan otot, depresi, frustrasi, dan meningkatkan perasaan tenang. Efek terapi kecil ini juga tak terbatas pada perbaikan kesehatan mental saja, kebiasaan makan dan pola perilaku penderita Alzheimer juga akan mengalami perubahan kearah positif setelah melihat ikan berenang di dalam akuarium.

Selain menjadi tempat untuk hidup dan berkembang biak ikan, akuarium juga menjadi identitas kehidupan yang mewakili habitat asli ikan. Difungsikan sebagai penghias ruangan, akuarium bisa dijadikan sebagai ajang penyaluran hobi. Meskipun secara fisik akuarium hanya bersifat sebagai sebuah wadah, ternyata akuarium punya filosofi dan manfaat yang cukup penting bagi kehidupan Anda lho.

Tips Merawat Akuarium Hias

Periksa Suhu Air

Sumber gambar www.shopyourway.com

Mendesain akuarium layaknya habitat asli ikan hias akan membuat ikan bebas, gampang beradaptasi, dan tak mudah stres. Samakan suhu air dengan tempat asli ikan hias tinggal sebelumnya. Sesuaikan suhu air untuk mempertahankan usia ikan hias hingga sepuluh hingga dua puluh tahun.

Anda bisa menyesuaikan suhu air antara 22 derajat Celsius hingga 28 derajat Celsius, hindarkan juga dari sinar matahari langsung dan lokasi yang dekat dengan radiator. Idealnya suhu air untuk ikan adalah 24-25 derajat Celsius, semakin jarang suhu berfluktuasi, semakin baik pula untuk ikan Anda.

Anda dapat menggunakan heater untuk menstabilkan suhu air, matikan ketika suhu meningkat dan nyalakan kembali ketika suhu air menurun. Heater juga berguna untuk mengurangi populasi jamur dan bakteri, serta menyembuhkan ikan dari berbagai penyakit. Alat ini dapat Anda pakai ketika ikan hias mulai mogok makan dan sakit, ketika sudah kembali sehat heater tak diperlukan lagi.

Heater memiliki manfaat yang sangat besar untuk merawat jenis ikan yang memerlukan perawatan khusus. Hal ini mengacu pada tempat ikan hias berasal sehingga berguna untuk memanaskan air sesuai dengan temperatur air pada tempat asalnya, begitu juga sebaliknya. Tempat asal ikan yang berbeda-beda membuat heater sangat berguna untuk merawat serta memberikan daya tahan tubuh ikan tertentu.

Periksa dengan Rutin Fungsi Filter dan Lampu

Sumber gambar aquaticmag.com

Perawatan ikan yang hidup di kolam dan akuarium memiliki sedikit perbedaan terutama dalam hal pencahayaan. Letak akuarium yang biasanya di dalam ruangan membuatnya sulit terkena sinar matahari. Hal ini membuat akuarium diberi lampu ultraviolet yang berguna untuk menjaga kesehatan ikan dan memperindah tampilannya.

Kebutuhan cahaya dalam akuarium sangat bergantung pada jenis ikan. Beberapa jenis ikan tak membutuhkan banyak cahaya, misalnya ikan neon tetra. Memiliki tubuh yang menyala seperti neon, ikan yang satu ini biasa hidup di tempat yang gelap dan tak banyak memerlukan cahaya.

Selain cahaya, ikan hias harus hidup dalam tempat yang memiliki arus air sesuai dengan habitat aslinya. Hal ini akan berpengaruh pada sistem pernapasan, sistem peredaran darah dan sistem ekskresi ikan supaya tetap berfungsi dengan baik.

Penggunaan filter air yang bisa menyembur dan mengalirkan ikan akan membantu sirkulasi air untuk ikan. Anda harus menempatkan batu atau karang pembatas di depan semburan arus filter itu.

Kalau Perlu Tambahkan Pupuk Cair

Di dalam akuarium biasanya Anda akan menempatkan tanaman hias supaya tampilan akuarium Anda makin cantik dan segar. Untuk memeliharanya, Anda harus mencukupi kebutuhan nutrisi menggunakan pupuk khusus untuk tanaman. Aneka pupuk untuk tanaman hias akuarium dijual di pasaran, cukup sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Lebih dikenal dengan nama aquascape, tanaman akuarium harus diberi pupuk cair khusus. Apabila jenis tanaman yang ada dalam akuarium Anda tak memiliki sistem akar pada substrat, maka gunakanlah pupuk cair yang mudah larut dan terserap oleh daun pada tanaman.

Salah satu bahan organik yang bisa dijadikan pupuk untuk aquascape adalah limbah air cucian beras. Pemakaian pupuk organik yang satu ini bisa menggantikan pupuk anorganik seperti TCL dan KCL pada tanaman hias.

Air cucian beras memiliki kandungan yang berguna sebagai penyuburan tanaman dan media alternatif pembawa bakteri Pseudomonas fluorescens, yaitu mikroba yang berperan dalam pengendalian patogen penyebab penyakit karat dan memicu pertumbuhan tanaman.

Nutrisi yang terkandung dalam air cucian beras sangat meilmpah. Mulai dari karbohidrat berupa sari pati 85-90%, protein glutein, selulosa, hemiselolsa, gula, dan vitamin terkandung di dalamnya. Cukup semprotkan air cucian beras secukupnya, jangan sampai berlebihan karena akan berpengaruh pada tatanan biologis aquascape.

Selain pupuk organik, Anda juga bisa menggunakan produk pupuk cair utuk tanaman hias, yaitu Macro+ dan Micro+. Kedua pupuk ini memiliki manfaat dan khasiat yang berbeda sehingga Anda harus memastikan kebutuhan tanaman sebelum membelikannya pupuk cair yang tepat. Anda juga harus tahu bagaimana cara pemberian yang tepat untuk aquascape yang Anda miliki.

Lakukan Perawatan pada Media Filter Biologi

Terdapat dua jenis filter yang biasa dipakai untuk akuarium maupun kolam, yaitu filter mekanik dan filter biologi. Filter mekanik merupakan filter pendukung filter biologi yang rentan terhadap sumbatan dan kotoran sehingga Anda harus rajin membersihkannya. Filter biologi merupakan filter alami yang dilakukan oleh bakteri anaerob dalam mengurangi senyawa beracun dalam air.

Siklus nitrogen atau nitrifikasi yang ada dalam filtrasi biologi memiliki urutan yang cukup rumit. Dimulai dari amonia yang berasal dari kotoran ikan diuraikan menjadi nitrit oleh bakteri Nitrosomonas, kemudian nitrit diuraikan menjadi nitrat oleh Nitrobacter.

Sesampainya pada tahap tersebut, proses nitrifikasi sudah selesai. Untuk mengurangi nutrisi yang tersisa, seperti nitrat dan fosfat bisa dilakukan dengan menambah filter kimia, mengganti air sebagian, memberi tanaman penyerap nutrisi, menyediakan filter untuk denitrifikasi dimana pada proses ini bakteri yang berperan adalah bakteri anaerob.

Untuk merawat media filter biologi, Anda harus mencuci dan membilas medianya menggunakan air akuarium. Hindari bahan kimia maupun air panas, cukup gunakan siraman air maupun merendamnya dalam akuarium. Periksalah substract-nya juga, pastikan tak terjadi pemadatan dan bersihkan juga baling-baling pada pompa filter.

Filter biologi memiliki banyak manfaat untuk ikan maupun akuarium Anda. Tanpa filter biologi, air kolam maupun akuarium tak akan terlihat jernih. Tak hanya itu saja, ikan-ikan akan lebih mudah mati karena filter biologinya yang tak terawat.

Periksa Parameter Air Akuarium

Keberhasilan pemeliharaan ikan ditentukan oleh airnya. Pemeliharaan air perlu dilakukan supaya ikan bisa hidup dengan baik, oleh sebab itu Anda perlu parameter akuarium. Beberapa parameter yang kerap digunakan dalam akuarium, antara lain adalah kesadahan, GH, KH, alkalinitas, pH, temperatur, dan karbondioksida terlarut.

Parameter air akan mengatur setiap faktor dalam akuarium yang akan berpengaruh pada kesehatan ikan dan tanaman air di dalamnya. Air dari kucuran keran biasanya tak memiliki parameter yang layak untuk akuarium sehingga Anda perlu menyesuaikannya dengan jenis ikan dan tanaman yang hidup di dalamnya. Perhatikan parameter akuairum, mulai dari pH, KH, GH dan parameter lainnya.

Berbagai Jenis Hiasan Akuarium yang Bisa Anda Gunakan

Batu Karang

Sumber gambar www.pinterest.com

Akuarium laut memang memiliki tampilan yang sangat indah dan enak dipandang. Kesannya yang elegan dan mewah membuat Anda akan betah memandangnya. Penggunaan hiasan pasir dan batu karang dalam akuarium air tawar bisa dibilang sangat umum. Meskipun demikian, apabila Anda mengambil pasir dan batu karang dari laut, hilangkan dahulu kadar garam yang ada di dalamnya.

Penggunaan batu karang dalam akuarium dapat memengaruhi kualitas air. Hal ini akan berakibat buruk pada pertumbuhan tanaman dan ikan yang ada di dalamnya. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa membeli batu karang khusus siap pakai untuk akuarium Anda.

Batu karang jahe atau karang laut untuk aquascape dan akuarium bisa Anda beli secara online dalam kemasan satu kilogram. Batu karang hiasan gravel akuarium tersebut bisa dijadikan filter sebagai rumah bakteri anaerob pengurai amonia menjadi nitrat. Batu ini juga mengandung peninggi pH alami yang cocok untuk jenis ikan cichild supaya sehat dan warnanya makin terlihat indah. Anda bisa membelinya di Bukalapak dengan harga Rp 8.000/kg.

Kayu Bakau

Sumber gambar www.pinterest.com

Tampilan aquascape akan makin terlihat indah dengan dekorasi tambahan berupa kayu di dalamnya. Selain mempercantik tampilan akuarium, kayu ini bisa digunakan sebagai media pertumbuhan tanaman air.

Bukan sembarangan kayu atau driftwood melainkan kayu bakau yang sudah dihilangkan getahnya sehingga tak akan membuat air dalam akuarium menguning. Apabila Anda sudah membeli kayu khusus untuk akuarium, Anda bisa merebusnya terlebih dahulu sebelum memasukkannya dalam akuarium untuk mengeluarkan getahnya.

Kayu bakau sangat cocok digunakan sebagai media tanam aquascape. Kandungan taninnya yang cukup tinggi dan cabangnya yang sedikit dan runcing membuatnya sangat pas untuk akuarium. Sebelum memasukkannya dalam akuarium, jangan lupa untuk merebusnya terlebih dahulu.

Salah satu rekomendasi kayu bakau untuk akuarium datang dari Tokopedia. Kayu ini sangat cocok dijadikan dekorasi pohon dalam aquascape atau akuarium. Tak perlu merebusnya kembali, karena kayu bakaunya sudah siap pakai.

Kayu yang ditawarkan oleh seller Tokopedia ini sudah melalui proses perendaman yang sangat lama sehingga tak membuat air akuarium berubah warna menjadi kecokelatan. Memiliki cabang yang kuat dan kokoh, kayu ini dipotong dengan layout yang mudah diatur setelah diletakkan dalam akuarium Anda.

Kayu bakau untuk akuarium ini bisa Anda dapatkan secara online di Tokopedia dengan harga Rp 30.000.

Mainan Plastik

Sumber gambar www.banggood.com

Mirip dengan ekosistem dalam tangki yang berisi banyak komponen yang saling berinteraksi membuat akuarium lebih dari sekadar wadah ikan. Digunakan oleh bangsa Romawi dan Mesir, akuarium awalnya digunakan sebagai penyimpanan persediaan ikan.

Pada zaman Dinasti Song, Tiongkok, ikan mas mulai dipelihara dalam bejana keramik besar. Penangkaran secara selektif juga sudah dimulai oleh bangsa ini sejak 2000 tahun yang lalu.

Sekarang ini akuarium memiliki banyak manfaat. Selain menjadi tempat memelihara ikan, akuarium bisa memberi kepuasan dan ketenangan jiwa. Pemberian banyak dekorasi sesuai selera bisa Anda lakukan dalam akuarium. Salah satu hiasan yang paling sehing digunakan adalah mainan plastik.

Mainan plastik dekoratif dari Shopee ini terdiri dari 10 buah mainan yang mampu menciptakan tampilan akuarium yang indah dan lebih hidup. Terdiri dari hiasan ikan buatan, mainan ini memiliki ekor yang bisa bergerak dan berpindah dari satu sisi ke sisi lain sehingga terlihat berenang bersama ikan lainnya.

Hiasan ikan plastik ini dapat mengapung dalam air yang mengalir. Memiliki lukisan dengan detail besar dan kualitas yang realistis, dekorasi ikan ini memiliki ukuran 3.5-4 cm. Dalam setiap paket pembeliannya, Anda akan mendapat 10 buah mainan plastik berbentuk ikan. Anda bisa membelinya di Shopee dengan harga Rp 21.800/paket.

Batu Berwarna

Sumber gambar www.tokopedia.com

Selain batu karang, dekorasi alami yang kerap kali dipakai dalam akuarium adalah kerikil atau bebatuan kecil. Hiasan yang satu ini dinilai mampu memberi kesan natural dan mudah dibersihkan, cukup dicuci dengan air bersih saja.

Banyak manfaat yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan dekorasi kerikil dalam akuarium. Hiasan ini berguna sebagai penjernih air, misal batu karang atau cangkang kerang. Kandungan kapur yang ada di dalamnya mampu menyeimbangkan kadar pH dalam air akuarium.

Berbeda dengan tawas yang memiliki manfaat untuk menjernihkan air, bebatuan tak akan membuat ikan maupun tanaman di dalamnya mati seperti ketika menggunakan tawas dalam akuarium. Hal ini membuat tawas lebih sering digunakan untuk menjernihkan air dalam kolam renang.

Rekomendasi Batu Hias Warna Aquarium 400grm datang dari Tokopedia. Memiliki berat 400 gram, hiasan batu warna ini berfungsi untuk mempercantik akuarium. Tersedia dalam berbagai warna, Anda bisa mencantumkan pilihan warna saat memesannya. Pilihan warna yang tersedia antara lain: merah, hijau, kuning, hitam, dan putih.

Anda bisa memesan batu hias warna untuk akuarium ini di Tokopedia dengan harga Rp 5.000/pcs.

Tanaman Aquascape

Sumber gambar www.tokopedia.com

Tak hanya berfungsi untuk meningkatkan nilai estetika saja, tanaman hias akuarium atau lebih dikenal dengan nama tanaman aquascape bisa berguna sebagai sarana pemantau situasi dan mutu air. Sederhananya, apabila tanaman hidup sehat berarti kualitas airnya bagus sehingga ikan dapat berkembang biak dengan baik, begitu juga sebaliknya.

Salah satu aquascape yang punya pertumbuhan sedang dan ketinggian yang rendah adalah Dwarf Baby Tears. Memiliki daun yang kecil, tumbuhan ini bisa jadi alternatif tanaman dalam akuarium. Hemianthus Callitrichoides merupakan tanaman yang perlu cahaya yang cukup banyak, meskipun demkian tumbuhan ini juga bisa beradaptasi pada kondisi cahaya menengah.

Konsumsi cahaya yang cukup banyak akan membuat karbondioksida larut, serta subtrat kaya nutrisi bisa memberikan hasil berupa pertumbuhan yang baik pada tanaman ini.

Aquascape rekomendasi untuk Anda adalah Ricardia atau Mini Phelia. Tanaman ini termasuk jenis lumut yang akan memberi kesan liar pada hardscape yang Anda tanam. Memiliki perawatan yang mudah, tanaman ini dijual menjadi salah satu favorit untuk kejuaraan aquascape.

Dijual dalam kemasan plastik zip dengan ukuran 5 cm x 3 cm, Mini phelia cukup mengikat media seluas 20 cm x 10 cm. Anda bisa mendapatkan tanaman ini di Tokopedia dengan harga Rp 15.000.

Lampu

Sumber gambar www.tokopedia.com

Memegang aspek yang sangat penting bagi akuarium, pencahayaan haruslah Anda perhatikan. Intensitas cahaya yang masuk pada akuarium berguna bagi penerangan sekaligus membantu pembentukan warna sisik dan sirip ikan hias. Biasanya tubuh ikan akan berwarna pucat kusam apabila jumlah cahayanya kurang.

Lampu menjadi salah satu alternatif cahaya pengganti yang terbaik untuk akuarium. Anda dapat memilih lampu berwarna merah cerah, neon hijau redup, putih atau merah muda untuk menerangi akuarium Anda.

Perbedaan warna lampu akan mempengaruhi pertumbuhan makhluk hidup di dalamnya, misalnya lampu warna merah akan membantu pertumbuhan sisik dan merangsang tumbuhnya tanaman dalam akuarium. Anda bisa menambahkan alat pengatur suhu untuk menjaga temperatur air dalam akuarium.

Untuk menjaga suhu air tetap stabil, Anda tak perlu menyalakan lampu akuarium selama 24 jam penuh. Penerangan akuarium bisa dilakukan selama 8-10 jam/hari.

Lampu rekomendasi untuk akuarium adalah Lampu LED 25 Luckiness dari Tokopedia. Lampu ini sangat cocok untuk akuarium berukuran 30-40 cm. Sellernya menyediakan tiga variasi warna lampu, yaitu biru, hijau, dan merah. Jangan lupa menuliskan pilihan warna saat Anda memesannya. Tak perlu khawatir akan pengiriman lampunya, karena seller akan memberikan packing pipa pvs untuk melindungi lampunya.

LED 25 Luckiness bisa Anda pesan secara online di Tokopedia dengan harga Rp 30.000.

Pasir

Sumber gambar www.ebay.com

Meskipun terlihat seperti pasir pada umumnya, pasir dalam akuarium yang baik adalah pasir yang berasal dari sungai maupun perairan tawar lainnya. Pasir yang berasal dari laut memiliki kandungan garam mineral yang tinggi sehingga akan membuat tanaman aquascape layu kemudian mati.

Pilihlah pasir yang butirannya tak terlalu kecil, agar pasir tak larut dan membuat air dalam akuarium menjadi keruh. Pasir yang terlalu besar akan terlihat seperti pecahan kerikil, jadi pilihlah butiran pasir dengan ukuran sedang.

Substrat yang padat dari pasir akan menyebabkan perputaran gas menjadi terhambat. Substrat pasir yang terlalu besar juga tak terlalu baik dalam nilai estetika serta mengakibatkan tanaman air mudah lepas dan mengambang. Pupuk dasar yang diberikan juga akan mudah teraduk dan terurai dalam air.

Salah satu jenis pasir yang bisa digunakan untuk akuarium adalah pasir silika atau kuarsa (SiO2). Pasir tersebut memiliki fungsi untuk menghilangkan kandungan lumpur atau tanah, serta sedimen pada air minum maupun air tanah PDAM atau air gunung pada industri pengolahan air.

Rekomendasi pasir silika untuk akuarium Anda bisa dibeli di Tokopedia. Dengan berat satu kilogram, pasir ini memiliki warna putih dengan tekstur yang halus sehingga sangat cocok sebagai media tanam, air terjun aquascape, dan aneka desain lainnya. Anda bisa mendapatkannya secara online dengan harga Rp 7.500/kg.

Batu Kristal / Akrilik

Sumber gambar id.aliexpress.com

Untuk memaksimalkan penyaringan air dalam akuarium, penggunaan pompa filtrasi saja tidaklah cukup. Pompa ini berfungsi untuk menyedor air dalam akuarium untuk disaring di dalam kotak penyaring yang kemudian dikeluarkan ke dalam akuarium. Ada juga beberapa orang yang menyaring air untuk akuarium menggunakan kapas saja.

Hal tersebut tidaklah cukup. Anda bisa menggunakan pasir, batu kerikil, dan media penyaring lainnya seperti serabut tanaman, kelereng, dan busa untuk menyaring air dalam akuarium. Kerikil memiliki rongga bulir yang dapat menyaring kotoran. Biasanya kotoran akan menempel pada rongga bulir tersebut sehingga akuarium Anda akan terjaga kebersihan airnya.

Batuan dalam akuarium memiliki kegunaan lain, yaitu sebagai stomata dan klorofil, layaknya sebuah pohon. Nah, hiasan akuarium berikut ini merupakan batu akrilik kristal transparan yang sangat cocok untuk mempercantik dekorasi dan desain akuarium Anda. Terbuat dari akrilik, batu ini memiliki ukuran rata-rata 2.5 cm x 1.8 cm. Sebanyak 200 batu akrilik bisa dijadikan dekorasi dalam akuarium berukuran 40 cm x 20 cm.

Shopee menawarkan batu akrilik akuarium dengan berat 113 gram. Berisi 50 batu akrilik, Anda bisa membelinya secara online dengan harga Rp 12.975.

Udang

Sumber gambar redcherryshrimp.net

Para penggiat aquascape pasti tahu kepopuleran udang hias. Selain bisa membersihkan Algae, hewan ini bisa mempercantik aquascape karena motif dan warnanya yang sangat indah.

Indonesia sendiri merupakan salah satu negara di Asia yang diperhitungkan karena penggiat udang hias. Udang hias air tawar asal Asia akan hidup dengan baik dalam kondisi air dengan keasaman/pH sebesar 6,8 pH-8 pH. Apabila pH-nya lebih rendah, bisa membuat udang stres. Kesadahan air berkisar antara 3 dkh-15 dkh sedangkan suhunya sekitar 14°C – 30°C.

Salah satu udang hias yang cukup populer adalah Udang Red Cherry. Jenis udang air tawar ini berasal dari famili Caridina dari Taiwan. Memiliki warna merah transparan yang cantik, Red Cherry dapat hidup hingga 2 tahun. Red Cherry merupakan jenis udang pemakan alga serta menyukai ekosistem berupa tanaman serta rumput.

Terdapat perbedaan warna yang cukup mencolok antara Red Cherry jantan dan betina. Udang jantan Red Cherry mempunyai warna lebih menyala serta berukuran lebih kecil dibandingkan udang betina.

Tokopedia merawarkan preorder udang hias jenis Red Cherry. Dijual per 100 ekor, Anda bisa memesannya dengan cara mengontak seller. Memiliki fungsi yang sangat mernarik, mulai dari membersihkan debu, algae, dan jenis kotoran lainnya, udang hias ini bisa jadi alternatif menarik buat akuarium.

Udang hias Red Cherry bisa Anda pesan secara online di Tokopedia dengan harga Rp 75.000.

Ikan

Sumber gambar www.loaches.com

Selain digemari di Indonesia, ikan hias Botia sudah terkenal hingga mancanegara. Termasuk dalam famili Cobtidae, ikan Botia memiliki jenis yang cukup beragam, antara lain: ikan Botia Badut, Botia Morleti, dan Botia India. Ikan Botia asli Indonesia adalah Botia Macan dan Botia Badut.

Sekarang ini banyak sekali ikan Botia yang diekspor dari Indonesia. Ikan Badut atau Choromobotia macrachantus digemari banyak pencinta ikan karena bentuknya yang bulat memanjang dan agak pipih ke samping sehingga terlihat sangat lucu.

Tak hanya itu saja, ikan ini tak memiliki sisik dan bentuk mulutnya agak ke bawah sehingga terlihat seperti torpedo dengan empat pasang antena atau sungut di atasnya. Ikan ini biasanya memiliki warna kuning cerah dengan tiga garis lebar warna hitam.

Habitat asli ikan Botia adalah perairan jernih dengan batuan di bagian dasarnya. Hidup sebagai ikan nokturnal, ikan Botia lebih mudah ditangkap di malam hari. Sekarang ini, ikan Botia menjadi ladang bisnis ikan hias karena warna dan keindahannya yang banyak diminati.

Ikan hias paling populer di Indonesia adalah ikan Guppy. Setelah ikan Cupang, Guppy menjadi ikan hias yang mudah ditemukan di akuarium-akuarium rumahan. Bentuk tubuh ikan Guppy seperti layaknya seorang wanita yang mengenakan rok. Terbilang imut, ikan Guppy memiliki ukuran rata-rata 2.5 cm.

Ikan Guppy Neon bisa Anda beli secara online di Tokopedia. Dengan motif mozaik, ikan Guppy ini sangat cocok menjadi koleksi tambahan aquascape Anda. Ikan tersebut tersedia dalam dua pilihan gender, yaitu jantan dan betina. Ikan Guppy ini dijual dengan harga Rp 1.450/ekor. Pesan secara online di Tokopedia.

From our editorial team

Lakukan Perubahan jika Bosan dengan Suasana Akuarium

Biasanya orang cenderung mudah bosan dengan isi akuariumnya. Ini bisa disiasati dengan mengubah settingan akuarium beberapa bulan sekali. Dengan menambah tanaman baru, suasana akuarium akan lebih indah. Belum lagi, jika ternyata ada ikan yang berhasil bertelur dan menghasilkan anak. Tentu ini akan menambah semarak. Jika bosan dengan ikan, bisa tambahkan dengan udang air tawar dan siput.

Tag