10 Tanaman Cantik untuk Dekorasi Rumah Idaman Anda

10 Tanaman Cantik untuk Dekorasi Rumah Idaman Anda

Punya rumah idaman tentu impian semua orang, apalagi jika bisa mengisinya dengan segala pernak-pernik atau dekorasi agar tampilan rumah makin istimewa dan Anda makin betah tinggal di dalam rumah. Salah satu cara agar rumah tampak indah dan asri adalah mengisi rumah dengan tanaman hijau beraneka macam yang selain bisa menyejukkan suasana rumah pastinya juga bisa membuat Anda senang untuk melihatnya.

Dekorasi Rumah Bukan Hal yang Terlalu Sulit, Kok!

Siapa saja pastinya ingin tinggal di rumah yang nyaman dan indah. Ketika menempati sebuah rumah tentu kita ingin mendekor rumah sesuai dengan selera kita supaya rumah jadi lebih nyaman ditinggali. Namun terkadang kita membeli rumah atau membangun rumah yang ternyata kurang cocok dengan dekor yang kita inginkan.

Jika sudah begini maka tentu saja yang bisa dilakukan adalah menghias rumah dengan aneka ide dekorasi supaya rumah jadi lebih cocok dengan selera Anda. Manfaatkan berbagai bentuk ruangan dan kondisi rumah untuk memunculkan ide dekorasi. Dan hal ini sebenarnya tak terlalu sulit dilakukan kok.

Membuat rumah tampak makin menarik dengan dekorasi tak selalu harus mahal. Kita hanya butuh kreativitas tanpa batas untuk mewujudkannya. Nah bersama BP-Guide mari segera menciptakan apa saja yang baik untuk mendekor rumah.

Hiaslah Rumah dengan Suasana Alam, Misalnya dengan Bunga

Ya, mudah saja untuk menciptakan suasana alami dan asri di hunian kita dengan beragam tanaman. Anda bisa pilih aneka tanaman hias baik yang hanya berupa dedaunan atau berupa bunga hias.

Mendekor rumah dengan tanaman hias akan menjadikan rumah terlihat asri dan sejuk. Beraneka tanaman hias ini bisa Anda letakkan pada taman depan atau juga bisa diletakkan dalam rumah bergantung dari jenis tanamannya.

Menghias rumah dengan aneka tumbuhan bisa membuat rumah berkesan teduh dan adem. Sementara aneka bunga hias akan mempercantik rumah dengan warna-warni indahnya.

Tips Menata Ruang Tamu dengan Bunga Hias

Pakailah Vas Bunga

Mari kita mulai dengan penataan rumah dengan bunga hias. Anda bisa memilih untuk mempercantik sudut-sudut ruangan dengan memberi bunga hias yang diletakkan dalam vas. Ini tentu bisa bikin rumah jauh lebih berwarna.

Anda bisa meletakkan bunga dalam vas di ruang tamu maupun ruang makan. Hal tersebut bisa menambah unsur kesegaran dan keindahan rumah. Apalagi jika Anda memilih vas yang unik atau berwarna-warni, pastinya akan menambah cantik ruangan Anda.

Perhatikan Penempatan

Bunga memang bisa jadi hiasan paling pas untuk ruang tamu dan ruang lainnya. Tak lain memang karena aneka warnanya yang menarik. Anda tak perlu bingung untuk menyesuaikan warna bunga dengan konsep ruangannya. Semua bunga dan warna cocok untuk konsep gaya apa saja.

Namun, pada dasarnya Anda wajib memperhatikan posisi penempatannya. Jangan sampai Anda salah menempatkannya lalu merusak keindahan bunga tersebut. Letakkanlah vas bunga pada meja makan atau pojok ruangan supaya terlihat menawan.

Perhatikan Suhu Ruang Tamu

Saat menata suatu ruang dengan bunga pastikan Anda mengetahui suhu ruang tersebut. Dengan demikian Anda bisa mencocokkan bunga apa yang paling pas untuk diletakkan disana. Salah memilih bunga bisa bikin bunganya cepat layu karena tak sesuai dengan kondisi ruangannya.

Usahakan bunga tetap mendapat sinar matahari meski dalam ruangan. Selain itu usahakan suhu ruangannya pada saat malam hari bisa lebih rendah dari suhu normal. Dengan demikian bunga bisa jadi lebih tahan lama di dalam ruangan.

Jangan Terkena Sinar Matahari Langsung

Untuk bunga yang diletakkan dalam ruangan usahakan untuk tak terkena sinar matahari secara langsung. Ini supaya daun tanaman tak mudah layu karena panasnya. Boleh saja terkena sinar matahari namun secara tak langsung.

Anda wajib perhatikan kelembapan udara dalam ruangan juga. Lalu cek ujung dari tanaman atau bunga yang Anda letakkan dalam ruangan. Letakkan tanaman atau bunga dalam vas atau pot yang diisi kerikil basah. Ini bisa membuat air yang menguap ke atas dari permukaan kerikil basah menciptakan kelembapan pada bunga itu sendiri.

Inilah 10 Jenis Tanaman Hias yang Cocok Sebagai Hiasan Rumah

Lidah Buaya

Sumber gambar www.shopee.id

Kalau Anda berminat menghias rumah dengan tanaman hias, bisa deh coba yang satu ini. Lidah buaya yang juga dikenal dengan nama aloe vera ini rupanya tak hanya unik akan bentuknya juga saja loh. Dengan duri di sepanjang pinggiran daunnya, tanaman satu ini dikenal memiliki banyak manfaat.

Tanaman ini mudah dirawat dan bisa dipakai untuk menyembuhkan luka. Tanaman juga bisa dipakai untuk menyuburkan rambut serta menjaga kesehatan tiap helai rambut.

Tanaman ini mampu membunuh zat-zat kimia seperti benzene dan formalin yang berbahaya di udara. Tanaman ini cocok untuk tanah gembur dengan tambahan kompos. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari sepanjang hari dengan penyiraman sekali sehari.

Letakkan tanaman ini di ruang tamu minimalis dengan memilih tanaman yang masih kecil dalam pot kecil.

Anda bisa membeli lidah buaya secara online. Ada Lidah Buaya Jumbo yang dijual di Shopee seharga Rp 25.000. Tanaman ini tingginya 30 cm dan cocok untuk iklim pada dataran rendah sampai tinggi. Untuk potnya disarankan memiliki diameter lebih dari 25 cm.

Tanaman Jenis Palem

Sumber gambar www.bukalapak.com

Palem bisa jadi hiasan rumah yang tak kalah menarik. Ukurannya memang relatif besar sehingga akan jadi sangat mendominasi ruangan jika tak diletakkan dengan benar. Maka dari itu sebaiknya menaruhnya pada pot besar dan bisa ditaruh di pinggir pintu dalam ruang.

Tanaman satu ini perawatannya mudah jadi tak perlu susah untuk mengurusnya. Bunga dan buahnya kecil namun bisa jadi penyaring udara yang baik. Anda bisa pilih untuk meletakkannya dekat furnitur kayu untuk menyerap racun dari cat.

Uniknya lagi ada kepercayaan bahwa tanaman satu ini bisa membawa keberuntungan bagi pemiliknya.

Anda bisa mendapatkan tanaman ini di toko online. Tanaman Hias Palm Sikas ini bisa diperoleh di Bukalapak. Tanamannya dibanderol pada harga Rp 55.000. Cocok untuk dataran rendah dengan kebutuhan sinar matahari sepanjang hari. Untuk ukuran pot sebaiknya memiliki diameter 30 cm. Tanaman butuh disiram sehari sekali dengan pemupukan sebulan sekali.

Sirih Gading

Sumber gambar www.shopee.co.id

Anda juga bisa jadikan sirih gading sebagai tanaman hias pilihan untuk dekor rumah. Tanaman ini keren untuk digantung indoor. Batangnya merambah dengan daun lebar bercorak putih. Tanaman bisa bertahan pada temperatur sejuk dengan sedikit cahaya matahari.

Tanaman satu ini memiliki manfaat juga selain sebagai hiasan. Sirih Gading mampu menyerap racun-racun dari berbagai polutan di udara. Taruh saja pada vas transparan atau gelas kaca transparan yang sudah diisi air. Mudah dirawat dan tanaman akan tumbuh subur meskipun dengan media tanamnya seadanya.

Tanaman hias Sirih Belanda Variegata alisa Sirih Gading ini bisa dibeli di Shopee pada harga Rp 30.000. Wajib disiram 2 kali sehari, tanaman ini berukuran 40 cm saat ini. Dipupuk memakai NPK sebulan sekali. Tanaman ini baiknya ditanam pada ukuran diameter pot 30 cm.

Bunga Lili

Sumber gambar www.shopee.co.id

Lili yang cantik pastinya sangat cocok untuk menghiasi rumah Anda. Letakkan pada kamar dan tempatkan di tempat dimana ada arah datangnya sinar matahari. Bunga lili juga bisa Anda letakkan juga di tepi jendela.

Tanaman indoor ini sudah tak diragukan lagi bisa mempercantik ruangan. Bunganya cantik dengan warna yang elok sehingga bikin ruangan lebih menyenangkan. Uniknya tanaman ini bisa menyaring formalin dan zat VOCS yang biasa didapatkan pada cat dan pembersih ruangan.

Tanaman mampu tumbuh baik meski kurang cahaya. Tanaman Hias Calla Lily yang dapat dibeli di Shopee pada harga Rp 25.000. Tanaman ini bisa tumbuh di daerah dataran tinggi dengan kebutuhan sinar matahari sepanjang hari. Tanaman ini akan berbunga beberapa kali dalam sebulan. Butuh disiram sekali sehari, tanaman ini hendaknya ditanam pada pot berdiameter 30 cm.

Lidah Mertua

Sumber gambar www.edukanal.com

Lidah mertua atau yang dikenal dengan snake plant ini juga sangat tenar sebagai hiasan dalam rumah. Tanaman ini daunnya tegak menjulang dan memiliki tekstur keras dengan ujung runcing. Tanaman ini bisa hidup dengan sedikit ari dan sedikit cahaya matahari.

Tanaman ini mudah dirawat dan hanya butuh sekali penyiraman dalam satu hari. Lidah mertua bisa menyerap polutan pada ruangan sehingga udara di dalam ruang akan terasa lebih bersih. Tanaman bisa menyegarkan ruangan dengan luas sampai 100 meter kubik.

Anda bisa membeli tanaman Lidah Mertua putih ini di Shopee. Tanaman ini dijual pada harga Rp 46.000 dengan satu paket berisi 4 batang daun.

Kaktus Bunga

Sumber gambar www.shopee.co.id

Kaktus juga kerap kali jadi hiasan indoor yang cantik. Aneka jenis kaktus hadir untuk membuat ruangan Anda jadi lebih menarik. Dari kaktus mini sampai dengan kaktus bunga semuanya bisa jadi primadona tanaman indoor.

Kaktus bisa tumbuh tanpa air dalam waktu lama. Cocok ditanam di daerah iklim sedang sampai tropis. Tanaman ini bisa diletakkan di ruang tamu untuk hiasan meja. Bisa juga diletakkan di ruang kerja atau kamar.

Tanaman Kaktus Hias Souvenir ini tersedia di Shopee dengan harga Rp 10.000. Produk ini dijual pada ukuran 8 cm tergantung stoknya. Dalam satu kilogramnya bisa muat hingga 20 pieces.

Bunga Gerbera atau Daisy

Sumber gambar www.tokopedia.com

Bunga daisy bisa Anda jadikan hiasan dekor rumah untuk bikin rumah jadi lebih menawan. Gerbera ini memiliki 2000 kultivar dengan bentuk yang bervariasi. Untuk warnanya pun beragam mulai dari pink sampai ungu atau merah dan putih.

Tanaman hias satu ini terbilang bisa menyehatkan, karena bunganya mampu menyaring udara menjadi lebih bersih. Terlebih lagi tanaman bisa menyingkirkan microgram polutan yang terdapat dalam ruangan.

Bunga ini bisa dibeli di toko online seperti Tokopedia. Ada Gerbera Malaysia 5 bunga yang dijual dengan harga Rp 125.000. Produk ini beratnya 1 kilogram dan akan dikirim kala bunganya masih kuncup.

Tanaman Philodendron

Sumber gambar www.shopee.co.id

Philodendron banyak dipilih untuk jadi dekorasi dalam rumah. Daunnya unik karena bentuknya seperti hati. Tanaman ini tergolong tanaman rambat dengan tangkai daun pendek. Umumnya tanaman akan tumbuh rimbun sehingga secara keseluruhan tampak kompak.

Tanaman hias gantung ini cocok untuk menghias dinding rumah karena dapat tumbuh dengan cepat. Tanaman mampu memberikan sensasi yang estetika secara natural. Tanaman unik ini menyerap racun dalam ruangan.

Tanaman Hias Philodendron Bipinnatifidum ini bisa jadi pilihan Produk dijual di Shopee pada harga Rp 35.000.

Bunga Seruni

Seruni atau lebih dikenal dengan krisan bisa jadi hiasan yang apik dalam rumah. Memiliki aroma wangi menyenangkan dengan kelopak berwarna indah. Pastinya selain bisa bikin indah ruangan, tanaman ini juga memiliki manfaat loh.

Tanaman ini hadir dalam aneka warna yang menarik dari pink sampai kuning. Seruni bisa menetralkan udara dari unsur-unsur yang merugikan tubuh manusia.

Coba saja beli seruni pada toko online Shopee. Produk dibanderol pada harga Rp 40.000. Tanaman akan berbunga pada beberapa bulan tertentu. Ukuran tanamannya 40 cm saat pengiriman. Produk ini wajib disiram sekali sehari dan dipupuk NPK sebulan sekali.

Spider Plant

Sumber gambar www.shopee.co.id

Tanaman spider plant juga bisa jadi pilihan untuk dekor indoor. Tanaman ini memiliki banyak daun ramping yang menjuntai ke bawah seperti kaki laba-laba. Daunnya memiliki corak putih atau kuning sehingga membuatnya sangat cantik.

Tanaman ini di luar negeri dikenal dengan nama hens plant karena unik dan bisa tumbuh lebih dari satu. Uniknya spider plant memiliki daya serap yang tinggi terhadap racun. Selain itu, menjadi tanaman penyaring udara yang baik sehingga tak heran jika menjadi tanaman hias favorit banyak orang.

Spider Plant bisa dibeli di Shopee dengan harga Rp 22.000.

Infografik berikut ini bisa Anda cermati untuk menambah informasi. Bahkan, tips-tips lain bisa didapatkan pula di Instagram BP-Guide lho!

bpguide_id
instagram.com
From our editorial team

Belajar Menyayangi Makhluk Hidup Lewat Tanaman

Apabila Anda memiliki buah hati yang masih kecil, tanaman hias dalam rumah bisa jadi salah satu cara untuk mengajarkannya rasa kasih sayang pada makhluk hidup. Ajari anak Anda merawat tanaman, bagaimana menyiraminya, memberinya pupuk, atau bahan mengajak tanaman berbicara. Karena berdasarkan banyak penelitian, tanaman yang diajak berbicara biasanya akan tumbuh lebih subur. Karena bagaimanapun tanaman adalah makhluk hidup yang bisa bertumbuh dan terkena manfaat dari rasa kasih sayang.