10 Rekomendasi Mesin Pompa Air Berkualitas untuk Memperlancar Suplai Air Bersih

10 Rekomendasi Mesin Pompa Air Berkualitas untuk Memperlancar Suplai Air Bersih

Mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari-hari tentu tak sulit jika Anda memiliki mesin pompa air yang sesuai dengan kedalaman sumur dan fungsinya. Simak tips memilih pompa air plus rekomendasi pompa air tepat pilihan BP_Guide berikut ini!

Mesin Pompa Air yang Mempermudah Mendapatkan Air Bersih

Sumber gambar www.homedepot.com

Banyak dari orang Indonesia yang masih sangat bergantung pada keberadaan sumur sebagai sumber air bersih, maka tak heran jika kemudian pompa air menjadi benda yang hampir bisa ditemukan di tiap rumah, di bagian mana pun di Indonesia.

Memang pemerintah sudah menyediakan air PAM yang lebih praktis, namun kebutuhan air bersih yang memang sangat penting kemudian membuat banyak orang memilih memiliki sumur air di rumahnya masing-masing dan menggunakan pompa untuk menyedot air.

Tips Memilih Pompa Air

Kedalaman Air

Sumber gambar www.dailyvoice.co.za

Sebelum memilih pompa air, hitung dulu berapa kedalaman sumur air tanah yang Anda miliki. Karena kedalaman sumur akan berpengaruh pada daya pompa yang dibutuhkan dan cara pemasangannya. Untuk memastikannya, biasanya Anda bisa menanyakannya kepada tukang sumur atau teknisi pompa yang akan memasangkan pompa di rumah Anda.

Jenis Pompa

Sumber gambar www.tokopedia.com

Sebelum membeli pompa, kenali dulu berbagai jenis pompa yang ada. Misalnya, untuk kedalaman air yang kurang dari 7 meter, Anda bisa memilih pompa untuk sumur dangkal. Di atas 7 meter, Anda baiknya menggunakan pompa tipe semi jet pump, dan jika di atas 10 meter, Anda bisa menggunakan pompa air jet pump.

Selain itu ada pula jenis pompa otomatis dan manual. Pompa otomatis akan secara sigap menyedot air saat tangki Anda kosong, sementara pompa manual harus dihidupkan terlebih dahulu jika memang hendak menyedot air.

Voltase

Sumber gambar www.youtube.com

Daya listrik pompa juga jadi hal yang harus Anda ketahui, karena hal ini akan mempengaruhi tagihan listrik Anda tiap bulannya. Perhatikan daya listrik ini jika ingin membeli pompa. Untuk menghemat, ada baiknya Anda memilih pompa yang biasa, jadi Anda bisa mengatur sendiri kapan pompa harus menyala, dan Anda bisa menghemat penggunaan listrik dan air.

Suara

Sumber gambar www.frogproducts.com

Suara dari pompa biasanya bukan jadi hal penting ketika memilih membeli pompa, tapi demi kenyamanan, cobalah memilih pompa dengan suara yang halus dan tak mengganggu. Karena bisa jadi bukan Anda yang terganggu tapi tetangga atau orang di sekitar Anda yang merasa bising dengan bunyi pompa.

10 Rekomendasi Mesin Pompa Air

SANYO Pompa Sumur Dangkal PWH236

Sumber gambar blipompa.co.id

Produk satu ini bisa dibilang merupakan produk andalan untuk pompa, yakni Sanyo Pompa Sumur Dangkal PWH 236 C. Sesuai dengan namanya, pompa ini dikhususkan untuk sumur dangkal yang kedalamannya tak lebih dari 9 meter. Pompa ini membutuhkan daya listrik 125 watt, dan mampu mendorong air hingga 30 meter. Pompa ini juga mampu menyedot air 50 liter per menit.

Pompa dari Sanyo ini dijual seharga Rp 680.000 di Tokopedia, dan Anda bisa mendapatkan garansi satu tahun setelah pembelian pompa.

SANYO Pompa Sumur Dangkal PH236AC

Sumber gambar tokopompaonline.com

Masih dari Sanyo, kali ini adalah Pompa Air Sanyo PH 236AC/ Pompa Sumur Dangkal yang membutuhkan kapasitas listrik 200 watt dengan daya sedot kuat. Pompa ini memiliki daya hisap 9 meter dan daya dorong maksimal 30 meter. Selain untuk menyedot air di sumur juga bisa jadi pompa pendorong jika tekanan air di rumah Anda kurang.

Pompa Air Sanyo PH 236AC /Pompa Sumur Dangkal dijual seharga Rp 748.000 di Tokopedia. Harga ini hanya berlaku untuk kawasan Jabodetabek saja.

SANYO Pompa Sumur Dangkal PH137AC

Sumber gambar www.tokopedia.com

Produk rekomendasi terakhir dari Sanyo adalah Pompa Sumur Dangkal Sanyo PH-137AC yang menyedot listrik sebanyak 125 watt. Untuk daya hisap sendiri pompa ini mampu mencapai kedalaman 9 meter dan daya dorong hingga 18 meter. Pompa ini juga mampu menghisap hingga 25 liter per menit.

Dengan garansi satu tahun, Anda bisa menemukan produk ini di Tokopedia seharga Rp 569.000.

Shimizu Pompa Sumur Dangkal PS 135 E

Sumber gambar www.klikteknik.com

Pompa air otomatis merupakan pompa yang bisa mendeteksi tangki air Anda. Jika tangki kosong, maka pompa akan otomatis menyala dan mengisi tangki kembali, dan pompa akan padam setelah air penuh. Jika Anda tak ingin repot untuk menyalakan pompa tiap kali butuh air, maka jenis pompa otomatis sangat cocok untuk Anda.

Mungkin Anda bisa mencoba Pompa Air Sumur Dangkal Shimizu PS-135 E yang memiliki daya hisap 9 meter dan daya dorong 33 meter. Kapasitas listrik dari pompa ini adalah 125 watt yang tentunya juga memiliki ketahanan hingga mampu menyala bahkan untuk 24 jam nonstop. Pompa ini dapat Anda beli dari Tokopedia seharga Rp 476.000.

Sebagai tip untuk menjaga pompa agar tetap awet, adalah dengan memasangnya di tempat yang tak terkena hujan dan sinar matahari langsung. Hal ini untuk menjaga mesin agar tetap kering dan tidak terjadi korslet yang bisa berbahaya.

Shimizu Pompa Sumur Dalam PC 268 BIT

Sumber gambar www.tokopedia.com

Untuk pompa manual dari Shimizu, maka produk Shimizu Pompa Air Sumur Dalam PC-267 BIT adalah jawabannya. Produk ini memiliki daya hisap sedalam 30 meter dengan kemampuan jet pump. Jadi daya hisapnya juga kencang, dan daya dorongnya juga maksimal.

Kapasitas listrik dari pompa ini adalah 250 watt. Untuk mendapatkannya, Anda bisa mencari pompa ini di Lazada seharga Rp 1.554.000.

Shimizu Pompa Sumur Dangkal PS 226 BIT

Sumber gambar tokopompaonline.com

Shimizu juga memiliki tipe pompa sumur dangkal yang non otomatis yakni Pompa Air Sumur Dangkal Shimizu PS-226 BIT ( Non Otomatis ). Pompa ini punya kapasitas listrik 200 watt. Suaranya pun halus dan ketahanan mesinnya juga terjamin baik. Pompa ini bisa Anda beli dari Lazada seharga Rp 900.000.

WASSER Pompa Sumur Dangkal PW 131 E

Sumber gambar www.tokopedia.com

Tak seperti Shimizu atau Sanyo yang banyak beriklan di televisi, Wasser mungkin kurang populer. Namun masalah kualitas tak perlu dipertanyakan lagi. Seperti Wasser Pompa Sumur Dangkal PW-131 E yang punya kapasitas listrik 125 watt, daya hisap maksimal 9 meter, dan daya dorong mencapai 26 meter. Pompa non otomatis ini bisa Anda dapatkan dari Tokopedia seharga Rp 389.000.

WASSER Pompa Semi Jetpump PW 251 EA

Sumber gambar www.bukalapak.com

Wasser Pompa Semi Jetpump PW-251 EA Bermutu adalah pompa yang diperuntukan untuk sumur dangkal. Dengan daya hisap 11 meter dan mampu menghasilkan debit air hingga 40 liter per menit. Untuk konsumsi daya, pompa ini membutuhkan 250 watt. Sangat cocok untuk digunakan dalam rumah atau lokasi proyek bangunan yang membutuhkan daya air besar.

Pompa ini bisa Anda temukan di Tokopedia seharga Rp 1.333.000.

WASSER Pompa Sumur Dalam PC 380 EA

Sumber gambar www.indotrading.com

Wasser Pompa Sumur Dalam PC-380 EA merupakan pompa otomatis yang cocok digunakan pada sumur dengan kedalaman lebih dari 10 meter. Soal kemampuan mesin tentunya tak perlu ditanyakan lagi, karena pompa ini terbuat dari material yang tangguh, tahan panas, dan tahan karat.

Pompa dari Wasser ini punya kapasitas listrik 373 watt dengan daya hisap dan daya dorong yang mencapai 40 meter. Bahkan pompa ini mampu menghisap air hingga 90 liter per menit. Pompa ini bisa Anda temukan di Tokopedia seharga Rp 1.724.000.

WASSER Pompa Sumur Dangkal PW 225 E

Sumber gambar www.monotaro.id

Wasser juga memiliki produk pompa untuk sumur dangkal yakni Wasser Pompa Sumur Dangkal PW-225 E yang memiliki daya hisap 9 meter dan daya dorong hingga 31 meter. Kapasitas listrik yang dibutuhkan oleh pompa ini adalah 220 watt. Pompa ini bisa Anda beli dari Tokopedia seharga Rp 840.000.

From our editorial team

Pertimbangkan Kualitas saat Memilih Mesin Pompa AIr

Untuk mendapatkan air bersih, Anda tentu membutuhkan bantuan mesin pompa air untuk mengalirkan ar dari dalam sumur atau mata air. Untuk mendapatkan air bersih yang berkelanjutan, ada baiknya jika Anda memilih mesin pompa air yang berkualitas dan tahan lama. Tidak ada salahnya juga jika Anda memilih mesin pompa air keluaran merek ternama seperti yang direkomendasikan di atas.