Ini Dia 10 Aksesori Kucing yang Perlu Kamu Miliki ketika Memelihara Kucing

Ini Dia 10 Aksesori Kucing yang Perlu Kamu Miliki ketika Memelihara Kucing

Memiliki kucing tentu menjadi hal yang menyenangkan bagi para pencinta kucing. Namun untuk merawatnya tak boleh dilakukan dengan cara sembarangan. Kamu perlu memberi aksesori yang dapat digunakan kucing untuk membuat mereka nyaman. Untuk tahu apa saja perlengkapannya, simak terus artikel ini sampai tuntas!

Sebelum Memelihara Kucing, Kamu Perlu Memiliki Aksesori Kucing Sebagai Pendukungnya

Sumber gambar condo.ca

Kucing memang hewan yang menggemaskan. Tak heran banyak orang yang gemar memeliharanya sebagai teman bermain di dalam rumah. Tapi ternyata ketika kamu memutuskan untuk memelihara seekor hewan ada banyak hal yang harus kamu pertimbangkan terlebih dahulu.

Komitmen adalah salah satu hal terpenting ketika kamu sudah memutuskan hendak memelihara kucing atau binatang peliharaan lainnya. Kamu harus berkomitmen penuh terhadap kenyamanan dan keamanan kucing peliharaanmu. Jadi kamu harus rutin memberinya makan, membawanya ke dokter, mengajaknya bermain, merawat bulunya, dan masih banyak lagi hal-hal yang harus dilakukan saat memelihara kucing.

Jadi pastikan dulu kamu sudah melakukan riset dan banyak bertanya-tanya mengenai kucing kepada orang lain yang lebih berpengalaman, ya.

Tak ketinggalan adalah aksesori untuk kucing. Nah, benda-benda ini dibutuhkan bukan cuma buat mempercantik si kucing tapi juga untuk kenyamanannya ketika berada di rumahmu. Jadi kamu juga tak boleh melupakan aksesori-aksesori ini demi kebahagiaan kamu dan kucing kesayanganmu.

Aksesori Penting yang Wajib Kamu Miliki Sebelum Memelihara Kucing

Kandang Kucing

Sumber gambar www.amazon.com

Untuk beberapa orang, memelihara kucing berarti bebas berinteraksi di mana pun dan kapan pun dengan hewan menggemaskan ini. Akan tetapi ada juga orang yang memelihara kucing tapi tidak ingin kucingnya tidur bersamanya, jadi diberikanlah kandang kucing.

Ukuran kandang kucing tentunya harus disesuaikan dengan ukuran kucing peliharaanmu, dan pastikan di dalamnya bisa dimasukkan tempat makan dan minumnya. Meskipun kamu suka membiarkan kucingmu berkeliaran bebas dalam rumah, kandang kucing ini sebenarnya sangat diperlukan.

Kandang portable atau pet cargo ini akan sangat bermanfaat ketika kamu harus membawa kucingmu bepergian seperti ke dokter atau ke salon. Atau jika kamu terpaksa menitipkan kucingmu kepada pet shop, pet cargo ini juga bisa digunakan.

Tempat Makan dan Minum

Sumber gambar www.catster.com

Kenapa tempat makan dan minum kucing harus dipisahkan? Hal ini untuk mencegah makanan menjadi basah dan minuman tidak kotor tercampur makanan. Karena jika makanan tercampur air akan mudah bau dan membuat kamu serta kucingmu tidak nyaman.

Biasakan untuk memberikan piring dan tempat minum khusus untuk kucing. Jangan gunakan bekas piring makanmu sebagai tempat makannya. Atau sebaliknya jangan sampai kamu salah menggunakan piring kucingmu untuk tempat makananmu. Hal ini untuk menjaga kesehatan kalian berdua.

Jenis tempat makanan dan minuman dari keramik atau stainless steel biasanya lebih direkomendasikan bagi kucing.

Tempat Tidur

Sumber gambar awesomestuff365.com

Walaupun kucing bisa tidur di mana saja, ia tetap membutuhkan tempat tidurnya sendiri yang empuk dan nyaman baginya. Dengan memberikan tempat tidur ini, kamu bisa mengajarinya untuk tidak tidur di sembarang tempat.

Tempat tidur kucing ini mudah didapatkan di berbagai pet shop yang menjual kebutuhan hewan peliharaan. Modelnya pun bermacam-macam dari mulai yang sederhana hingga yang lucu dan canggih sampai dilengkapi dengan pemanas.

Atau jika kamu punya banyak waktu luang dan keterampilan menjahit, kamu bisa membuat sendiri tempat tidur lucu untuk kucing kesayanganmu.

Tempat Menggaruk

Sumber gambar www.etsy.com

Benda satu ini sangatlah penting jika kamu ingin memelihara kucing dan tak ingin furnitur di rumahmu cepat rusak. Scratching post atau papan garuk ini memang dibutuhkan oleh kucing, karena mereka punya kebiasaan untuk menggaruk kukunya. Jika tidak ada papan ini, salah-salah kaki meja, kursi, atau sofa di rumahmu lah yang akan jadi korbannya.

Kamu bisa membeli scratching post ini di pet shop, atau kamu bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan papan yang sudah tak terpakai lalu kamu belit menggunakan tali tambang yang agak kasar.

Peralatan Kebersihan

Sumber gambar www.aspca.org

Menjaga kebersihan binatang peliharaan adalah hal yang wajib untuk dipikirkan. Ada beberapa benda yang harus disiapkan untuk menjaga kebersihan kucing dan rumahmu. Yang pertama adalah litter box yakni kotak untuk kotoran kucing. Biasanya kotak ini akan diisi oleh pasir zolite yang praktis dan mudah untuk dibersihkan. Selain itu peralatan kebersihan lainnya adalah sisir, gunting, pemotong kuku, sampo kucing, dan sikat.

Tentu saja kamu tetap bisa memandikan kucingmu di salon, tetapi akan lebih hemat jika kamu punya peralatannya di rumah dan memandikannya sendiri. Lalu kamu juga harus rutin menyikat bulu kucing, agar bulunya tetap halus dan berkilau.

Pilihan Aksesori Kucing yang Pas untuk Kamu yang Ingin Pelihara Kucing

Lanjarjaya Auto Pet Feeder Tempat Makan & Minum Anjing dan Kucing

Sumber gambar www.lazada.co.id

Lanjarjaya Auto Pet Feeder Tempat Makan & Minum Anjing dan Kucing ini merupakan jenis otomatis yang langsung mengisi makanan ketika makanan di mangkuk sudah habis, begitu pun sebaliknya. Jadi kamu tak perlu repot sering-sering mengisi mangkuk makanan peliharaanmu.

Kapasitas tempat makan ini juga cukup besar yakni 1,6 L dan bisa juga digunakan untuk tempat minuman. Jenis tempat makanan seperti ini paling cocok digunakan di dalam kandang berukuran besar dan digunakan bagi peliharaan yang kerap ditinggal pemiliknya seharian. Jadi kamu tak perlu takut kucingmu kelaparan.

Produk ini bisa kamu temukan di Lazada dengan harga Rp 21.000 saja.

Kalung Kucing/Aksesori Kucing/Aksesori Hewan

Sumber gambar www.tokopedia.com

Tak lengkap rasanya jika kucing peliharaanmu tak diberikan kalung dengan nama dan lonceng sebagai pemanisnya. Jika kamu menginginkan kalung seperti itu, kamu bisa langsung mencari Kalung Nama Kucing Anjing di Tokopedia. Produk ini bisa kamu pesan terlebih dahulu agar bisa disesuaikan dengan desain yang kamu mau.

Pada kalung ini akan dipasangkan liontin yang bertuliskan nama, nomor telepon, dan alamat pemilik kucing. Kamu juga bisa memilih bentuk liontin, apakah bulat, hati, atau bentuk kepala kucing. Selain itu bisa dipilih juga warna yang paling kamu sukai. Harga dari kalung nama ini adalah Rp 17.000.

Selain itu, kamu juga bisa mencari kalung untuk kucing peliharaanmu di Bukalapak dengan tali yang warna dan panjang pendeknya bisa disesuaikan dengan keinginanmu. Harga dari kalung ini juga tak terlalu mahal, yakni hanya Rp 17.000.

Terakhir adalah Kalung Kucing Motif Polos dengan Bell Warna-Warni yang dijual di Lazada. Tali kucingnya bisa diipanjangkan hingga 35 cm. Bahan talinya juga lembut, jadi kamu tak perlu khawatir kucingmu merasa tidak nyaman. Kalung kucing ini dijual seharga Rp 15.000.

Pet Zoom Self Cleaning Brush Sisir Kucing dan Anjing

Sumber gambar www.blibli.com

Pet Zoom Self Cleaning Brush adalah sisir kucing dan anjing yang dapat membantumu menjaga bulu peliharaanmu tetap halus dan berkilau. Sisir ini juga memiliki kemampuan otomatis untuk merapikan dan memijat. Jadi selain bisa membuat kucingmu tampak semakin cantik, juga bisa membuatnya makin sehat.

Pet Zoom Self Cleaning Brush ini bisa kamu beli di dua toko online. Di Blibli kamu bisa membelinya seharga Rp 77.700, sementara di Tokopedia kamu bisa mendapatkannya dengan harga Rp 45.000.

Serokan Kucing/Pasir Kucing/Aksesori Kucing/Serokan Pasir

Sumber gambar www.tokopedia.com

Produk satu ini wajib kamu punya untuk membantumu membersihkan kotoran kucing peliharaanmu. Tentunya kamu tidak mau mengotori tanganmu kalau harus membersihkan kotoran kucing, makanya kamu perlu Serokan Pup Kucing/Serokan Pasir Kucing ini.

Ada enam pilihan warna yang bisa kamu sesuaikan dengan litter box atau tali kucing kamu, jadi seluruh aksesori kucingmu akan terlihat senada. Serokan cantik ini bisa kamu beli di toko online Bukalapak dijual seharga Rp 11.000.

Set Pakaian/Rompi+Strap Leher Mesh Warna Pink Lembut Adjustable,untuk Anjing/Kucing

Sumber gambar shopee.co.id

Ketika kamu punya hewan peliharaan, tentunya kamu sesekali ingin membawanya berjalan-jalan ke taman atau sekitaran rumahmu, bukan? Nah, meskipun kucing bukanlah hewan seperti anjing yang gemar berjalan-jalan, tapi mereka tetap harus aktif, jadi sesekali cobalah bawa kucingmu berkeliling kompleks atau mengunjungi taman di sekitaran rumahmu.

Untuk memudahkanmu berjalan-jalan bersama kucing kesayanganmu, coba gunakan Set Pakaian/Rompi+Strap Leher Mesh Warna Pink Lembut Adjustable, untuk Anjing/Kucing, yang merupakan satu set pakaian untuk hewan dan tali kekang untuk menggiring mereka selama berjalan-jalan. Material pakaiannya terbuat dari katun yang lembut, dengan warna pink dan merah yang cantik.

Aksesori kucing satu ini bisa kamu beli di Shopee dengan harga Rp 42.750.

Unipet Sisir Anjing dan Kucing Stainless Dog Cat Grooming Comb - Merah Hitam - S

Sumber gambar www.lazada.co.id

Satu lagi aksesori untuk mempercantik kucingmu, terutama jika kamu memiliki kucing bulu panjang, karena Unipet Sisir Anjing dan Kucing Stainless Dog Cat Grooming Comb ini bisa digunakan untuk mengangkat bulu mati, membuat bulu tampak bersinar hingga bisa menyisir kutu.

Cobalah rutin menyisiri bulu kucingmu minimal dua hari sekali untuk memastikan bulunya tetap berkilau dan mencegah terjadinya bulu rontok akibat bulu mati yang tidak dibersihkan. Berhati-hatilah saat menyisir kucing peliharaanmu, lakukan dengan perlahan untuk memastikan ia tidak tertusuk sisir dan seluruh bulu mati bisa benar-benar terangkat.

Produk sisir ini bisa kamu beli di Lazada hanya dengan Rp 25.000.

Mylo Peax Tempat Tidur Hewan - White new

Sumber gambar www.blibli.com

Bingung mencari tempat tidur lucu untuk kucing kesayanganmu? Coba kamu lihat dulu produk satu ini, Mylo Peax Tempat Tidur Hewan. Ranjang portable untuk kucing atau anjing ini dibuat dari bahan rotan sintetis yang ringan jadi mudah untuk dibawa kemana-mana, dan mudah untuk dibersihkan.

Di dalamnya terdapat tempat tidur empuk, di mana kucingmu bisa beristirahat. Bentuk dari tempat tidur ini juga lucu jadi cocok sekali ditaruh di dalam rumahmu. Jika kamu tertarik, silakan membelinya di Blibli seharga Rp 500.000.

Dasi Kupu-kupu Anjing Kucing Hewan Kalung Anjing Kalung Aksesori Pet

Sumber gambar www.tokopedia.com

Siapa sih, yang tidak gemas melihat kucing dengan dasi kupu-kupu lucu? Pastinya kamu mau, kan, kucingmu terlihat imut, nah, sekarang kamu bisa memberikannya Dasi Kupu-Kupu Anjing Kucing Hewan Kalung Anjing Kalung Aksesoris Pet. Kalung hewan peliharaan ini berbentuk dasi kupu-kupu yang lucu dengan lonceng sebagai pemanisnya. Pastinya kucingmu akan terlihat jauh lebih lucu dengan kalung satu ini.

Kalung ini dijual di Tokopedia yang menjualnya dengan harga Rp 42.050.

Paket Litter Box [Size : M], Litter Scoop, dan Pasir Wangi [Repack 2kg]

Sumber gambar www.tokopedia.com

Jika kamu mencari litter box untuk kucingmu, alangkah baiknya kamu membeli produk Litter Box M Serokan Pasir dan Pasir Wangi Repack 2 kg. Sesuai dengan namanya, produk ini terdiri atas satu paket yakni litter box, pasir, dan serokan untuk membersihkan kotorannya. Ukuran boksnya pun bermacam-macam, bisa kamu sesuaikan dengan ukuran kucing peliharaanmu.

Kamu bisa mendapatkan produk ini di Bukalapak seharga Rp 91.500.

Uwitan Rotan Playhouse Cat Kandang Kucing

Sumber gambar www.blibli.com

Jika kamu masih mencari tempat tidur kucing berbentuk lucu, cobalah melihat Uwitan Rotan Playhouse Cat Kandang Kucing. Tempat tidur kucing ini memiliki bentuk seperti kepala kucing. Materialnya terbuat dari rotan yang kuat dan tahan lama. Di bagian dalamnya ada bantal empuk dimana kucing kesayanganmu bisa beristirahat.

Tentunya dengan bentuk dan desainnya yang unik, tempat tidur satu ini cocok untuk diletakkan di pojok ruangan. Jika kamu tertarik silakan membelinya di Blibli seharga Rp 343.750.

From our editorial team

Jaga Kebersihan Rumahmu dengan Aksesori Kucing

Lengkapi kebutuhan kucingmu dengan aksesori lucu rekomendasi dari BP-Guide, ya. Pelengkap ini pasti akan membuat kucing kamu betah berada di rumah. Pastikan kamu dapat mendidik mereka agar dapat menggunakan peralatannya dengan benar. Hal tersebut juga bertujuan untuk menjaga kebersihan rumahmu.

Tag