Ingin Melakukan Facial di Rumah? Jangan Lupa Siapkan 9 Peralatan Ini, Ya!

Ingin Melakukan Facial di Rumah? Jangan Lupa Siapkan 9 Peralatan Ini, Ya!

Wanita dengan segudang kegiatan biasanya tak sempat melakukan facial treatment di klinik atau salon. Namun sebaiknya facial dilakukan secara rutin demi memiliki wajah yang bersih dan glowing. Walaupun begitu, bagi kamu yang tidak sempat, bisa juga melakukan aktivitas facial di rumah dengan peralatan yang mendukung. Apa saja peralatannya? Yuk, dibaca artikel ini sampai tuntas!

Facial Sangat Penting bagi Kulit untuk Menghilangkan Sel Kulit Mati, Membuat Wajah Lebih Halus, dan Meremajakan Kulit

Sumber gambar www.rd.com

Perawatan kulit wajah sangat perlu untuk dilakukan. Kulit wajah terpapar debu dan kotoran serta sinar UV setiap hari. Belum lagi kulit wajah wanita yang setiap hari juga dilapisi make up sehingga pori wajah tertutup. Semua itu membuat sel kulit mati bertumpuk dan jika dibiarkan bisa menimbulkan aneka masalah kulit seperti jerawat dan komedo.

Karenanya kita sangat membutuhkan facial wajah secara teratur. Manfaat dari facial adalah untuk meremajakan kembali sel kulit. Wajah jadi halus dan mulus karena sel kulit mati dan kotoran wajah terangkat sempurna. Wajah kamu bisa lebih cerah dan bercahaya karena kotoran penyumbat pori sudah dikeluarkan.

Membersihkan wajah dengan cara facial memang bisa memberikan hasil yang maksimal. Namun tentu saja itu jika dilakukan dengan cara yang benar. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum facial, lho. Simak penjelasan BP-Guide mengenai hal ini dan juga rekomendasi peralatan untuk facial yang wajib kamu miliki, ya.

Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Facial

Jangan Lakukan ketika sedang Berjerawat

Sumber gambar journal.sociolla.com

Wajah berjerawat jelas bikin kita tak percaya diri. Kala jerawat muncul banyak di wajah tentu kita ingin menghilang saja dari muka bumi. Ingin rasanya segera mengenyahkan jerawat dalam waktu semalam namun tentu hal itu mustahil dilakukan.

Meski sangat sebel dengan jerawat, hindari memencet dan menekan jerawat, ya. Memencet jerawat untuk mengeluarkannya hanya akan membuat bekas jerawat.

Karenanya kala berjerawat sebaiknya jangan melakukan facial. Kondisi kulit yang memang sedang berjerawat tak boleh terkena sentuhan atau pijatan berlebihan. Biarkan sampai peradangan mereda baru boleh lakukan facial.

Tahan dengan Rasa Sakit

Sumber gambar beautynesia.id

Facial adalah serangkaian proses untuk menghilangkan komedo dan juga sel kulit mati. Prosesnya adalah dengan banyak pemijatan pada wajah. Sementara untuk proses pengeluaran komedo, memang perlu ditekan kuat sehingga rasanya sedikit sakit.

Kamu wajib betah rasa sakit kala komedo dikeluarkan. Rasanya memang kurang nyaman kala bagian berkomedo dipencet paksa. Jika tak betah, kamu bisa pilih facial di klinik kecantikan yang perawatannya sudah memakai alat vakum penyedot komedo yang tak akan menimbulkan rasa sakit.

Lakukan di Dokter atau Klinik Kecantikan yang Tepercaya

Sumber gambar www.aaynaclinic.com

Melakukan facial memang bisa dilakukan di berbagai salon kecantikan. Kamu bisa ke salon langganan kamu atau ke klinik kecantikan. Memang untuk ke klinik kecantikan biasanya memerlukan biaya lebih mahal namun percayalah bahwa hasilnya juga berbeda, lho.

Sebaiknya memang melakukan facial di tempat yang sudah terpercaya. Dokter atau terapis yang menangani pasti lebih mengerti akan kondisi kulit kamu. Maka sebaiknya pasrahkan saja pada ahlinya. Kualitas obat atau alat pada klinik kecantikan lebih bisa dipercaya dibanding dengan salon yang biasa dan belum begitu terpercaya.

Sebaiknya Dilakukan dengan Rutin

Sumber gambar www.webmd.com

Facial memang sangat diperlukan untuk kulit wajah kita. Yang ingin wajah sehat berseri, selain dengan memakan aneka makanan bergizi dan menghindari lemak jahat, memang sewajarnya harus melakukan facial. Saat aneka makanan bergizi merawat dari dalam, facial akan melakukan perawatan dari sisi luar.

Lakukan dengan rutin supaya hasil yang didapat juga lebih maksimal. Efek dari facial memang hanya sekitar 30 hari. Maka paling tidak sebulan sekali kamu wajib melakukan facial. Dengan demikian kulit sehat dan cantik berseri tanpa kulit mati.

Berbagai Peralatan yang Diperlukan untuk Melakukan Facial di Rumah

Pembersih Muka

Sumber gambar www.olay.co.id

Kamu bisa juga lho, melakukan facial di rumah sendiri. Tentu ada banyak peralatan facial yang kamu butuhkan. Salah satunya adalah pembersih muka. Ini merupakan alat dasar untuk melakukan facial sederhana di rumah.

Pembersih muka banyak jenisnya dari yang bentuk gel maupun sabun. Untuk yang mukanya berminyak bisa gunakan pembersih gel atau sabun. Ini karena kelebihan minyak pada wajah bisa dibuang dengan sempurna.

Sementara untuk yang memiliki kulit normal dan cenderung kering sebaiknya memakai pembersih muka berbahan susu pembersih. Ini karena dalam susu pembersih disertai pelembap yang membuat kelembapan kulit terjaga.

Olay Total Effects 7 in 1 Foaming Cleanser bisa jadi pilihan kamu. Pembersih wajah ini bisa dipakai harian. Mengandung busa dan ampuh meremajakan kulit. Memiliki 7 in 1 manfaat anti-aging. Mencegah tanda penuaan dan mampu menghilangkan kotoran serta membuat wajah lebih muda dan bercahaya.

Bisa dipakai semua jenis kulit dan mudah dipakai. Tinggal keluarkan sedikit lalu tambah air dan gosok hingga berbusa. Usap pada wajah sambil dipijat lalu bilas air hingga bersih. Produk tersedia di Tokopedia dengan harga Rp 50.000.

Kuas

Sumber gambar www.bukalapak.com

Saat facial, sudah tentu kita juga butuh mengaplikasikan masker atau krim lain pada wajah. Untuk mempermudah proses pengolesan supaya merata, kamu bisa memakai kuas. Tentu kuasnya khusus untuk wajah dan bukan kuas untuk melukis, ya.

Ada Terlaris Kuas Masker Warna untuk kamu. Kuas ini memiliki bulu yang lembut sehingga nyaman bergesekan dengan kulit. Kuas ini gagangnya berwarna bening. Masker jadi lebih mudah untuk dioleskan. Produk bisa dibeli di Bukalapak dengan harga Rp 10.000.

Masker

Sumber gambar www.tokopedia.com

Facial akan lebih lengkap jika kamu juga memoleskan masker pada wajah. Masker akan membuat wajah lebih kencang dan halus. Masker juga bisa membuat wajah lebih segar dan kembali ternutrisi.

Khasiat lain yang terkandung pada masker bergantung dari kandungan dalam masker itu sendiri. Pilihlah masker sesuai dengan kebutuhan kulit wajah kamu, ya.

Masker BioAqua Black Mask ini bisa jadi pilihan kamu. Masker ini teksturnya cair sehingga bisa langsung diaplikasikan pada wajah. Jika sudah kering, masker bisa langsung diangkat. Produk ini ampuh mengangkat sel kulit mati dan juga bisa membersihkan kotoran pada pori wajah.

Bisa menutrisi kulit wajah dan membuatnya terasa lebih nyaman. Produk ini bisa mempercepat metabolisme pada wajah dan ampuh memperlambat proses penuaan kulit wajah. Bisa dipakai rutin 1 hingga 2 kali seminggu. Produk bisa dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 18.200.

Scrub

Sumber gambar www.imgrumweb.com

Produk peralatan facial lain yang tak kalah penting untuk kamu miliki adalah scrub. Ini merupakan exfoliator alias pembersih muka berupa butiran yang ampuh menggosok kulit wajah agar debu dan kotoran dalam pori keluar.

Hindari menggosok wajah terlalu keras kala memakai scrub. Pakailah produk dengan scrub ini hanya sekali seminggu atau dua kali seminggu supaya kulit tak mudah rusak.

Queen Helene Oatmeal & Honey Scrub ini bisa kamu coba sebagai exfoliator. Produk ini hadir dalam kemasan 170 gram. Bisa dipakai untuk kulit normal cenderung kering. Mengandung oatmeal yang menenangkan dan madu yang menyehatkan kulit. Bisa juga meningkatkan tingkat retensi kelembapan kulit wajah. Produk ini membuat kulit segar, halus, dan sehat. Bisa dibeli di Lazada dengan harga Rp 140.000.

Alat Pencari Komedo

Sumber gambar forum.detik.com

Komedo sudah jelas sangat menyebalkan, ya. Jika ada banyak bintik komedo di wajah, kamu pasti ingin segera mendapat solusi untuk mengusirnya supaya tak balik lagi.

Kamu wajib memiliki alat pencari komedo sebagai peralatan facial kamu di rumah. Umumnya alatnya berbahan stainless steel dan bisa membantu kita untuk menekan pori di sekitar komedo sehingga komedo bisa dikeluarkan.

Facial Pore Cleaner Pembersih Komedo ini merupakan alat yang wajib kamu miliki. Produk ini bisa membersihkan pori dan mencegah komedo balik lagi. Bisa menghilangkan minyak berlebih dan juga lebih higienis.

Alat ini mudah dipakai karena kamu tak lagi perlu memencet hidung kala membersihkan komedo. Mudah dibersihkan dan bisa dibawa ke mana saja. Produk membutuhkan sebuah baterai AA. Bisa dibeli pada harga Rp 74.400 di Lazada.

Bando Kain

Sumber gambar shopee.co.id

Ada lagi nih, yang kamu perlukan supaya facial jadi makin mudah dilakukan. Kamu butuh bando kain yang fungsinya untuk menahan rambut supaya tak jatuh ke bagian muka kala kamu sedang merawat muka kamu. Produk bando kain ini biasanya lembut dan nyaman dipakai. Nah, untuk produknya kamu bisa lirik di bawah ini.

Facial Headband Bando mandi ini bisa kamu pilih. Bando kain ini bisa dipakai kala mandi atau bisa juga kamu kenakan kala sedang facial sendiri.

Produk ini bisa menjaga rambut bagian depan agar tidak terkena muka. Melindungi rambut supaya tak basah dan juga supaya membersihkan muka lebih leluasa tanpa terhalang rambut. Produk ini elastis melar dilengkapi perekat portable. Bisa dibeli di Bukalapak dengan harga Rp 6.800.

Toner

Sumber gambar www.orami.co.id

Toner juga sangat dibutuhkan kala facial. Keberadaan toner sama pentingnya dengan keberadaan susu pembersih.

Toner biasanya dipakai usai memakai cleansing milk sehingga wajah tak lengket dan terasa segar. Face toner juga berfungsi untuk meringkas pori dan mengecilkan kembali usai kotoran bersih terangkat. Toner berbasis air dan bahan aktif lainnya yang ampuh membersihkan kulit wajah.

Wardah Hydrating Toner bisa kamu lirik sebagai pilihan. Produk dalam kemasan 150 ml ini ampuh mengangkat sisa-sisa cleanser dengan sempurna dari kulit wajah. Dilengkapi formulasi khusus sehingga kulit terhidrasi dengan sempurna. Ada Witch Hazel dan Aloe Vera Extract membuat kulit makin sehat. Bisa dibeli di Orami dengan harga Rp 21.500.

Cleansing Milk

Sumber gambar glamwow.id

Kalau dalam keseharian kamu mengenakan make up, maka jelas kamu butuh membersihkannya dengan rutin setiap hari. Bersihkan maksimal dengan cleansing milk, ya. Cleansing milk ini merupakan krim yang ampuh bersihkan sisa make up sehingga wajah jadi lebih bersih. Sisa make up dan minyak terangkat, wajah juga jadi lebih bersih.

Wardah Hydrating Cleanser ini cocok untuk kamu. Produk dalam kemasan 150 ml ini bisa membantu membersihkan sisa pembersih di wajah. Produk ini memberikan efek nyaman juga segar di kulit wajah. Tanpa membuat kulit kering dan bisa menyeimbangkan PH kulit wajah. Bisa dibeli di Orami dengan harga Rp 21.500.

Serum

Sumber gambar glamwow.id

Maksimalkan facial kamu dengan memakai produk berupa serum. Produk satu ini berguna untuk menutrisi kulit dan bikin wajah jadi lembut dan kenyal. Bisa cepat meresap ke dalam kulit apalagi jika wajah dalam keadaan bersih.

Wardah Hydrating Facial Serum ini bisa kamu pilih. Produk ini bisa membantu mengurangi kelebihan minyak karena ada active astringent untuk meringkas pori. Dengan witch hazel extract, seaweed extract, dan vitamin E sehingga kulit lebih lembap dan sehat. Produk ini bisa dibeli 5 botol dalam satu paketnya dengan harga Rp 40.000 di Tokopedia.

From our editorial team

Berikan Perawatan Terbaik untuk Kulit Wajahmu

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, kamu perlu melakukan treatment tersebut secara rutin. Lengkapi peralatan facial kamu dengan rangkaian pelengkap tadi, dijamin kegiatan facial kamu akan semakin asyik dan menyenangkan. Ikuti secara benar apa saja yang harus dihindari dan dilakukan kala melakukan facial di rumah, ya. Karena tidak semua orang cocok dengan produk tertentu, kamu juga boleh mengganti produk perawatan yang sesuai dengan kondisi kulit kamu dengan kegunaannya yang sama.