Wajah Kering Bukan Halangan untuk Tampil Cantik! Coba Saja 10 Pilihan Bedak dan Kosmetik untuk Kulit Kering dari BP-Guide Ini!

Wajah Kering Bukan Halangan untuk Tampil Cantik! Coba Saja 10 Pilihan Bedak dan Kosmetik untuk Kulit Kering dari BP-Guide Ini!

Punya kulit wajah yang kering memang jadi masalah untuk sebagian orang. Kalau kamu adalah salah satunya, tak perlu khawatir karena BP-Guide punya tips dan rekomendasi kosmetik khususnya bedak untuk kulit kering yang bisa jadi alternatif perawatan wajah. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Selain Kulit Berminyak, Wanita Juga Risih dengan Kulit Kering

Sumber gambar drreedward.com

Rasa percaya diri bisa dimulai dengan penampilan yang oke. Ini tidak selalu berkaitan dengan tata rias atau gaya busana yang dikenakan. Memiliki kulit wajah yang segar dan sehat juga bisa jadi tahap awal untuk kamu membangun kepercayaan diri.

Namun, masalah kulit wajah yang bermacam-macam dan bisa datang silih berganti terkadang jadi dilema tersendiri. Bukan cuma kulit berminyak yang digadang-gadang jadi masalah dan penyebab timbulnya jerawat, kulit kering pun bisa jadi problem yang harus segera diatasi.

Meski terlihat tidak separah kulit berminyak, nyatanya kulit kering juga punya kekurangannya sendiri. Kulit yang terlampau kering dapat mengelupas dan menyebabkan tata rias sulit menempel dengan baik. Selain itu, kulit yang terlalu kering juga rawan akan luka dan jerawat.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kulit Menjadi Kering

Lama Berada di Ruangan Ber-AC

Sumber gambar theairmanac.com.au

Bekerja dengan kantor atau lingkungan berpendingin ruangan mungkin terasa sangat nyaman. Tapi, jika kamu tidak mengenakan pelembap wajah, maka kulit muka akan menjadi kering karena tingkat kelembapan ruangan yang tipis.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa menerapkan beberapa hal seperti cukup minum air putih, memakai pelembap wajah dan makan makanan yang bernutrisi.

Sering Terpapar Sinar Matahari

Berlaku sama dengan bekerja dalam lingkungan berpendingin ruangan. Kamu yang bekerja outdoor atau sering beraktivitas di luar ruangan pun harus hati-hati. Paparan sinar matahari yang lewat dari jam sembilan pagi umumnya sudah tidak baik untuk kulit. Sinar UVA dan UVB yang terpancar bisa merusak kulit.

Akibat dari paparan sinar matahari ini dapat menjadikan kulit menjadi kusam dan terbakar. Untuk mengatasinya, jangan lupa gunakan sunblock saat berada di luar.

Kamu juga bisa merawat kulit wajah dengan masker sesuai tipe kulit kering. Atau bisa juga mengenakan gel lidah buaya yang memberi efek sejuk dan mendinginkan kulit setelah beraktivitas di luar seharian.

Kulit Tidak Cocok dengan Produk Kosmetik

Sumber gambar www.thehealthsite.com

Hobi berganti-ganti skincare atau makeup? Hati-hati karena hal ini bisa jadi penyebab kulit kering. Apalagi jika ternyata kamu tidak cocok menggunakan berbagai macam produk dan dengan cepat beralih pada brand lain.

Kulit yang kering cenderung sensitif terhadap produk perawatan terlebih jika produk tersebut mengandung acid yang tinggi. Kandungan ini dapat memicu kulit menjadi lebih kering dan dapat menjadikannya terkelupas.

Maka, kamu dianjurkan memilih produk dengan vitamin E atau jojoba oil yang bisa memberikan kelembapan agar kulit tidak semakin kering. Tunjang dengan mengompres kulit menggunakan air dingin dan kamu bisa menuang beberapa tetes minyak esensial seperti rose, sandalwood dan ylang-ylang.

Ciri-ciri Kulit Wajah yang Kering

Kulit Sering Terkelupas

Sumber gambar www.treatcure.org

Beberapa wanita masih bingung menentukan apakah kulitnya termasuk tipe berminyak, normal atau malah cenderung kering. Sebenarnya, ada beberapa ciri mudah. Jika kamu sering menemukan kulit wajah terkelupas dan terasa gatal, bisa jadi kamu memiliki tipe kulit kering.

Terkelupasnya kulit wajah sebaiknya tidak dianggap sepele. Mengelupasnya kulit wajah disebabkan oleh hilangnya epidermis alias lapisan kulit teratas dan hal ini bisa menjadikan kulit terasa tidak nyaman.

Selain itu, kulit yang kering dan kasar juga akan membuat makeup sulit menempel sempurna sehingga dapat mengganggu penampilan.

Kulit Wajah Kasar, Kusam, dan Sedikit Bersisik

Sumber gambar www.livestrong.com

Selain mengelupas, kulit yang cenderung kering atau sangat kering juga bisa muncul dengan tampilan bersisik dan kusam. Tentunya, hal seperti ini mengganggu penampilan dan bisa menurunkan rasa percaya diri kamu.

Kulit yang terlalu kering sehingga terlihat retak adalah ciri kulit yang tidak sehat. Berbagai faktor seperti suhu rendah dan cuaca terlalu terik bisa jadi penyebabnya. Kulit yang terlalu kering juga rentan terluka dan terasa gatal-gatal. Oleh sebab itu, segera tangani jika wajah kamu memiliki ciri-ciri seperti ini.

Pori-pori Kulit Hampir Tidak Terlihat

Sumber gambar www.express.co.uk

Kulit manusia memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah detoksifikasi melalui keringat yang keluar lewat pori-pori. Jika pori-pori tersumbat, maka masalah wajah pun akan bermunculan seperti komedo atau jerawat misalnya.

Kulit yang kering cenderung tidak memiliki pori-pori yang kasat mata. Hal ini tidak bisa selalu dikatakan baik mengingat fungsi pori-pori yang cukup penting bagi wajah. Pori-pori yang tersumbat justru akan memicu berbagai masalah dan untuk menyiasatinya, kamu bisa melakukan beberapa treatment.

Kamu bisa melakukan penguapan wajah untuk membuka pori-pori agar kulit wajah bisa mengeluarkan minyak dan keringat.

Salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan di rumah adalah dengan menuang air panas dan dekatkan wajah pada uapnya. Biarkan selama beberapa menit dan bisa kamu lanjutkan dengan mengenakan masker. Lalu bilas dengan air hangat dan tutup dengan air dingin untuk menutup pori-pori kembali.

Terdapat Bercak Merah dan Meradang pada Kulit Wajah

Sumber gambar pinkycloud.com

Penggunaan produk skincare berbahaya juga dapat mengakibatkan kulit menjadi sangat kering. Hentikan pemakaian produk jika kamu mendapati gejala seperti rasa terbakar, kulit terkelupas dan muncul ruam yang menyebabkan rasa gatal.

Dermatitis atopic adalah salah satu yang dikhawatirkan muncul dari kulit kering. Gejala ini terlihat pada kulit yang pecah-pecah dan kemerahan karena peradangan di permukaan kulit. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan krim atau obat. Jika berlanjut semakin parah, kamu dianjurkan pergi ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

10 Bedak dari Merek Ternama ini Cocok untuk Kulit Kering

Sumber gambar thebeautylookbook.com

Memilih produk kosmetik yang tepat dengan jenis kulit bisa membantu kamu terhindar dari berbagai masalah kulit wajah. Bedak, yang jadi salah satu tata rias andalan pun harus kamu cermati dengan baik. Jika kamu memiliki kulit wajah cenderung kering, berikut beberapa bedak yang cocok untuk kamu gunakan.

Etude House BB Magic Pact

Sumber gambar www.mask38.com

Brand satu ini mulai booming seiring perkembangan Hallyu Wave atau Gelombang Korea di Tanah Air. Menjadi salah satu brand penyedia kosmetik dan skincare, Etude House menyediakan bedak yang cocok untuk kamu pemilik kulit wjaah kering.

Etude House BB Magic Pact, mengandung ekstrak kamomil yang memiliki fungsi antiinflamasi dan aman untuk kulit sensitif. Selain itu memiliki kandungan talc, oil and wax free menjadikan bedak ini mampu melapisi kulit kamu dengan baik. Hasilnya, wajah akan terlihat lembut dan halus. Bisa dipesan melalui makeup-indo.com dengan harga mulai dari Rp 168.000 hingga Rp 500.000.

Wet N Wild CoverAll Pressed Powder

Sumber gambar www.amazon.com

Banyak dari kamu yang belum pernah mendengar brand Wet n Wild? Brand asal Amerika ini mengusung produk kosmetik yang berdasar pada cruelty free. Berbasis di Los Angeles, Wet n Wild memulai karir di kancah dunia kecantikan dengan meluncurkan produk lipstik dan cat kuku di tahun 1979.

Brand yang sudah banyak mendapat penghargaan ini juga memanjakan kamu yang punya kulit kering dengan menghadirkan Wetn Wild CoverAll Pressed Powder. Tersedia dalam beberapa pilihan shade seperti fair, fair/light dan light.

Bedak ini punya keunggulan yang bisa memberi tampilan akhir lembut dan bercahaya pada wajah. Bisa diperoleh melalui marketplace Tokopedia atau Hanstell dengan harga Rp 79.900.

Inez Precious Powdery Cake

Sumber gambar www.pusatkosmetik.com

Pencinta produk kosmetik lokal? Jangan ketinggalan Inez Precious Powdery Cake ini. Produk yang dibuat oleh PT. Kosmetikataman Super Indah pada tahun 1998 di Singosari Malang ini diperkaya dengan ekstrak mulberry yang bisa menyamarkan noda hitam.

Tak cuma itu, bedak dengan kandungan vitamin A dan E juga bisa membantu kulit tetap lembap dan tak kering. Cocok digunakan untuk kamu yang banyak beraktivitas di luar ruangan karena diperkaya dengan SPF 15. Bisa dipesan melalui Shopee dengan harga Rp 57.000.

Wardah Exclusive Two Ways Cake

Sumber gambar www.blibli.com

Bagi muslimah, memilih produk kosmetik menjadi sedikit tricky. Selain jeli mencari produk yang sesuai dengan jenis kulit, kamu juga dianjurkan memilih brand yang menjamin halal dalam tiap produknya. Sebagai brand berkualitas, kamu bisa menjatuhkan pilihan pada Wardah.

Untuk tata rias ringan yang aman bagi kulit kering, kamu bisa memilih Wardah Exclusive Two Ways Cake seharga Rp 80.000 ini. Kombinasi bedak dan foundation ini bisa membantu kamu menutup rona wajah tidak rata.

Selain itu juga mampu menutup noda bekas jerawat yang menghalangi penampilan. Tersedia dalam lima shades seperti coffee beige, sandy beige, light beige, sheer pink dan natural, produk ini bisa diperoleh melalui Lazada.

MAC Lightiful Powder Foundation

Sumber gambar www.tokopedia.com

Jadi incaran para pecinta kosmetik, brand MAC alias Make-Up Art Cosmetics ini didirikan di Toronto, Canada. Setelah Frank Tsokan dan Frank Angelo merasa frustrasi oleh kurangnya produk tata rias yang memuaskan. Diluncurkan pada tahun 1984, kini MAC menjadi salah satu brand incaran dengan banyak produk yang bisa bikin wanita jatuh cinta.

Salah satunya adalah MAC Lightiful Powder Foundation. Bedak padat dengan kandungan SPF 25 ini bisa mencegah kulit wajah dari efek negatif sinar UVA dan UVB. Membantu tampilan wajah terkaver dengan baik, kamu bisa mendapatkan produk ini di Tokopedia atau Naniyoung seharga Rp 280.000.

Make Over Perfect Cover Two Way Cake

Sumber gambar www.sociolla.com

Sudah jadi rahasia umum jika bahan organik memiliki efek yang baik bagi kulit dengan sedikit dampak negatif. Kamu hanya perlu memilih bahan organik yang sesuai dengan jenis kulit. Kini, banyak produsen kosmetik yang memadukan bahan-bahan alami ke dalam produknya.

Make Over Perfect Cover Two Way Cake adalah salah satu yang bisa kamu pilih. Mengandung minyak alami seperti minyak dari biji jojoba, minyak kacang kedelai, minyak alpukat serta minyak kacang makademia yang dapat membantu kulit mengunci kelembapan.

Ekstrak kamomilnya pun menjaga keseimbangan produksi sebum pada wajah sehingga menjadikan kulit terlihat lebih segar. Pesan melalui Lazada dengan harga Rp 146.000.

Laneige BB Cushion SPF 50+ PA+++

Sumber gambar www.blibli.com

Brand yang digawangi Amore Pacific dan berdiri pada tahun 1994 ini menjadi pilihan banyak wanita karena kualitasnya. Laneige yang berarti “salju” dalam bahasa Perancis. Menghadirkan produk skincare yang mampu melembapkan kulit wajah dan merevitalisasi kulit dengan baik.

Kini, kamu pun bisa tampil menawan dan bebas rasa kering dengan menggunakan Laneige BB Cushion SPF 50+ PA+++. Krim BB sebagai base makeup ini bisa mendukung kamu tampil dengan wajah lebih cerah dan juga lembap. Kandungan Optimal Mineral Waternya bisa menyejukkan kulit dan memberi tampilan akhir bebas kilap minyak. Bisa diperoleh melalui Shopee dengan harga Rp 448.000.

Emina City Chic CC Cake

Sumber gambar www.cosmogirl.co.id

Jika kamu mencari bedak yang sudah satu paket dengan foundation, kamu bisa memilih Emina City Chic CC Cake. Ditujukan bagi remaja dan remaja dewasa berusia sekitar 15-25 tahun. Produk ini mengandung minyak apricot yang membantu merehidrasi dan menutrisi kulit.

Tersedia dalam empat warna seperti peach, meringue, butterscotch dan latte. Bedak ini mudah diaplikasikan pada kulit wajah dan tahan lama. Cocok digunakan sehari-hari dan dapat diperoleh melalui Sociolla dengan harga Rp 44.000.

Laura Mercier Smooth Finish Foundation Powder

Sumber gambar www.amazon.com

Brand ini diluncurkan pada tahun 1996 oleh Laura Mercier, yang telah bekerja dengan berbagai majalah mode kenamaan seperti Vanity Fair, Glamour W dan InStyle. Ketenaran dan keberhasilannya membawa wanita yang dibesarkan di Provence ini bekerja sama dengan sejumlah artis ternama seperti Madonna dan Sarah Jessica Parker.

Produk dari brand Laura Mercier telah mendapatkan banyak penghargaan. Salah satu yang bisa kamu pilih adalah Laura Mercier Smooth Finish Foundation Powder. Telah teruji secara dermatologis dan tahan hingga delapan jam. Bedak ini mampu memberi kamu tampilan matte yang lembut dan halus pada wajah. Pesan melalui Tokopedia dengan harga Rp 720.000.

La Tulipe Transparent Face Powder

Sumber gambar review.soco.id

Tak kalah dengan bedak padat, kamu juga bisa memilih bedak tabur yang ringan di kulit wajah. Untuk produk berkualitas, kamu bisa memilih La Tulipe Transparent Face Powder.

Tersedia dalam shades transparent, rachel dan sutan. Bedak ini akan memberi hasil akhir yang segar dan terlihat seperti lapisan tembus pandang nan lembut. Cocok bagi kamu yang tidak suka dengan makeup berat. Bisa diperoleh melalui situs bootiq.co.id seharga Rp 52.000.

From our editorial team

Jangan Lupa Gunakan Pelembap dan Jangan Sembarangan Pilih Kosmetik untuk Kulit Kering!

Kulit yang kering cenderung lebih mudah teriritasi dan mengelupas. Untuk menjaga kesehatan kulit, kamu yang memiliki jenis kulit kering harus sering-sering menggunakan pelembap. Gunakan pelembap yang aman untuk kulit sebelum mengggunakan makeup dan jangan lupa pilih kosmetik seperti bedak yang juga mengandung pelembap serta tak menyebabkan iritasi pada kulit. Perhatikan kandungan kosmetik sebelum kamu membelinya ya!

Tag