Tips Waspada Terhadap Kosmetik Skin Care Berbahaya dan Rekomendasi 10 Produk yang Aman

Tips Waspada Terhadap Kosmetik Skin Care Berbahaya dan Rekomendasi 10 Produk yang Aman

Mendambakan wajah flawless seperti selebriti idolamu? Boleh-boleh saja, tetapi jangan sampai kamu terjebak memakai kosmetik skin care yang berbahaya, ya. Bukannya punya wajah dewy yang mulus, bisa-bisa kulit wajahmu terkontaminasi zat yang malah merusaknya. Simak yuk, tips dan rekomendasi kosmetik skin care yang aman dari BP-Guide!

Tuntutan Tampil Sempurna Membuat Produk Kosmetik Skin Care Laris Manis

Make up menjadi salah satu kebutuhan wanita untuk mendapatkan penampilan maksimal. Mulai dari foundation, concealer, bedak, lipstik sampai make up mata, jadi atribut penting yang dapat mencerahkan keseluruhan penampilan perempuan.

Untuk mendapat hasil make up yang mulus dan flawless, tentu kamu harus pula memperhatikan kesehatan kulit. Make up akan lebih mudah diaplikasikan pada kulit yang sehat dan merawat kecantikan kulit sama saja dengan menjaga pesona alami wajah.

Pada saat ini, kehadiran produk skincare sudah menjamur dan muncul dalam banyak bentuk. Bagi kamu yang masih awam, mungkin saja bingung karena produk skincare juga memiliki banyak jenis yang berbeda tahap juga penggunaan.

Jangan Pilih Produk Kosmetik Skin Care Sembarangan

Menjaga kulit wajah tetap sehat sangat penting. Oleh sebab itu, kamu perlu cermat dalam membaca label dan jeli mengenali produk kecantikan yang baik serta tak berbahaya.

Dunia kecantikan diwarnai berbagai macam produk mulai dari yang berkualitas tinggi sampai yang sangat rendah atau abal-abal. Produk terakhir inilah yang harus kamu hindari karena dapat mengakibatkan rusaknya jaringan kulit.

Marak beredar produk skincare berbahaya dengan klaim berlebihan saat promosi produknya. Biasanya, produk abal-abal mengandung zat berbahaya seperti merkuri dan hydroquinone. Kedua kandungan ini pada mulanya mungkin membuat wajah terlihat cerah tapi seiring waktu, akan merusak jaringan kulit. Umumnya ditandai dengan pengelupasan juga tekstur kulit yang jadi sangat kering.

Tips Mengenali Kosmetik Skin Care yang Dapat Membahayakan Kecantikan Anda

Lalu, bagaimana cara agar bisa terhindar dari produk kosmetik dan skincare berbahaya? Kamu bisa simak beberapa tips berikut ini.

Tak Mengantungi Izin BPOM

Sumber gambar e-bpom.pom.go.id

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) adalah lembaga yang bertugas mengawasi legalitas dan menetapkan standar keamanan untuk obat serta makanan yang kamu konsumsi.

Produk skincare dan kosmetik yang aman biasanya telah terdaftar di BPOM karena telah lulus uji laboratorium dan sejenisnya. Untuk menandai komsetik atau produk skincare tak aman, kamu bisa mengecek apakah merek atau brand produk tersebut terdaftar pada situs BPOM dengan mengamati nomor daftar yang ada pada label.

Bila produk skincare atau kosmetik telah lulus BPOM, langkah yang harus kamu ambil berikutnya adalah tes alergi karena bisa saja produk yang kamu gunakan tidak cocok di kulit meski teruji klini dan dinyatakan aman.

Warna Krim Mengkilap

Beberapa tahun terakhir, industri kecantikan Indonesia sempat digemparkan dengan terbongkarnya produksi kosmetik abal-abal dari bahan berbahaya. Ironisnya, merek atau brand yang terungkap ternyata banyak dipakai dan disukai sebagian masyarakat.

Ketidaktahuan sebagian wanita akan kosmetik berbahaya menjadi salah satu penyebab utama selain harga jual kosmetik yang murah. Sebenarnya, untuk mendeteksi produk abal-abal ini cukup mudah asal kamu jeli dan teliti.

Tekstur krim produk berbahaya biasanya terasa lengket dengan warna mencolok. Warna biasanya putih mengilap atau kuning. Kadang-kadang, disamarkan dengan warna yang lain. Ini disebabkan oleh kandungan merkuri yang memiliki sifat logam.

Campuran Tidak Merata

Sumber gambar cambon.id

Langkah selanjutnya, kamu bisa mencermati campuran krim. Pada produk skincare atau kosmetik berbahaya umumnya memiliki campuran yang tidak rata. Warna terlihat mencolok karena menggunakan pewarna tekstil, bukan pewarna khusus produk kosmetik.

Bau Menyengat

Bau produk skincare berbahaya pada umumnya tajam serta menyengat. Hal ini untuk menyembunyikan bau khas logam merkuri yang sulit dinetralkan. Produk kecantikan yang aman biasanya memiliki wangi lembut, samar, hingga tak beraroma dan biasanya berasal dari kandungan seperti bunga, buah, atau bahan lain yang digunakan.

Terasa Perih dan Panas saat Digunakan

Umumnya, wanita yang tertarik dengan produk skincare murah tergiur oleh iming-iming hasil cepat. Banyak dari mereka merasa puas setelah memakai suatu produk setelah melihat perubahan warna kulit di wajah dalam hitungan hari.

Padahal, bisa saja perubahan ini justru mengindikasikan hal berbahaya. Produk skincare yang aman memerlukan waktu dan umumnya beradaptasi dengan kulit, sedang produk kosmetik atau perawatan berbahaya akan “memaksa” kulit untuk berubah dengan cepat.

Pada saat diaplikasikan, krim abal-abal biasanya terasa perih serta panas. Kamu bahkan bisa merasakan sensasi terbakar karena menurut kabar, salah satu bahan dalam produk krim berbahaya adalah soda api yang biasa digunakan untuk deterjen.

Berhati-hatilah jika produk yang kamu gunakan memberi efek negatif seperti ini. Lebih baik segera hentikan pemakaian agar kulit tetap sehat dan aman.

Waspada Kandungan Berbahaya Ini dalam Kosmetik Skin Care Anda

Selain mengenali ciri-ciri produk skincare berbahaya, ada baiknya kamu juga mengetahu zat apa saja yang berbahaya bagi kulit.

Hidroquinon

Sumber gambar ddottopdotf.blogspot.hk

Hidroquinon adalah zat pemutih yang sering digunakan dalam pengobatan pigmentasi kulit. Zat ini bekerja dengan menghambat aktivitas enzim tirosinase yang merangsang pembentukan melanin yang bisa menyebabkan munculnya kusam dan flek pada wajah.

Pada uji coba, zat ini memang dapat menghilangkan spot hitam pada wajah tapi jika digunakan secara berlebihan, justru membawa dampak negatif. Efek minus tersebut seperti iritasi kulit.

Merkuri

Sumber gambar eskayvie.com

Tak kalah seram, zat yang juga disebut air raksa dengan rumus kimia Hg ini banyak ditemukan dalam produk skincare berbahaya. Merkuri termasuk ke dalam jenis logam dan sering dijumpai di bebatuan, biji tambang, air, tanah, dan udara. Zat ini telah dilarang ada dalam produk kecantikan di Indonesia.

Umumnya, produk dengan zat merkuri memang bisa membuat wajah tampak mulus tapi jika dipakai dalam jangka waktu lama, akan mengendap di bawah lapisan kulit. Warna kulit kemudian dapat berubah menjadi biru kehitaman dan jika sudah parah, bisa memicu terjadinya kanker.

Asam Retinoat

Sumber gambar www.slideshare.net

Berhati-hatilah jika produk skincare yang kamu gunakan memberi rasa kering berlebihan dengan sensasi terbakar. Hal ini bisa saja disebabkan oleh asam retinoat yang sudah masuk ke dalam daftar zat berbahaya.

BPOM telah mengeluarkan setidaknya sekitar 1.243 jenis bahan yang dilarang dalam penggunaan kosmetik, termasuk asam retinoat. Oleh sebab itu, kamu sebaiknya teliti membaca label kemasan produk skincare dan pastikan produk yang kamu pilih tidak mengandung zat ini.

Pewarna Merah K3 dan Merah K10

Sumber gambar www.slideshare.net

Kamu mungkin kerap melihat angka-angka yang menyerupai kode pada label kemasan produk skincare atau kosmetik. Jangan disepelekan karena ternyata angka dan huruf ini melambangkan zat atau kandungan yang ada di dalam produk.

Seperti bahan pewarna Merah K.3 (Cl 15585) dan Merah K.10 (Rhodamin B) serta Jingga K.1 (Cl 12075). Zat-zat ini berbahaya karena merupakan zat warna sintetis yang biasanya digunakan sebagai pewarna kertas.

Zat tersebut bersifat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker. Rhodamin B sendiri jika terkonsentrasi tinggi dapat mengakibatkan kerusakan hati. Seram, bukan? Untuk itu, tidak ada salahnya mencermati daftar bahan yang terkandung dalam produk sebelum membeli agar kamu terhindar dari bahan berbahaya.

Jangan Sampai Anda Terjebak, Sebaiknya Belilah Kosmetik Skin Care yang Jelas Tepercaya

Hindari membeli produk skincare dan kosmetik yang terlalu murah. Jangan pula tergiur dengan produk KW dari kosmetik ternama yang ternyata berbanding terbalik kualitasnya dari produk asli. Kamu bisa merawat kulit sehat dan cantik dengan produk kecantikan berikut ini.

Ristra

Sumber gambar www.tokopedia.com

Noda hitam bekas jerawat memang bisa membuat jengkel. Walau terlihat sepele, nyatanya banyak wanita gerah karena noda-noda imut ini mengurangi estetika wajah. Untuk menghindari jerawat berlebih sendiri, kamu bisa menghindari makanan yang terlalu banyak mengandung lemak, cukup minum air putih setiap hari dan makan makanan bergizi seimbang.

Untuk mengusir spot hitam yang membandel, pastikan kamu memakai produk skincare aman seperti Ristra Spot Brightening Cream ini. Krim yang sudah terdaftar di BPOM ini dapat membantu memudarkan flek hitam di wajah dan tetap menjaga kulit agar tetap lembap. Harganya cukup terjangkau yakni Rp 86.500 dan bisa dipesan melalui Lazada.

La Tulipe

Sumber gambar beautynesia.id

Untuk produk kosmetik, kamu tentu harus mencari yang aman. Produk abal-abal meski menggoda dengan warna cantik dan harga murah, tapi menawarkan risiko besar. Apalagi jika kulit kamu cenderung sensitif, kamu perlu ekstra hati-hati saat memilih produk kecantikan yang akan digunakan.

Buat kamu yang suka dengan make up, La Tulipe menghadirkan beberapa produk yang praktis untuk dibawa bepergian seperti La Tulipe Travel Pallete berikut ini. Terbagi dalam beberapa warna netral yang bisa kamu kombinasikan sesuka hati, produk ini terdiri dari dua lipstik, satu blush on, satu two function cake dan empat eye shadow.

La Tulipe Travel Pallete memiliki dua varian yakni European Beauty dan Asian Beauty yang dibanderol dengan harga Rp 165.000 di Lazada atau konter La Tulipe terdekat.

Innisfree

Sumber gambar kinimall.co.id

Suka dengan tampilan kulit wanita Korea? Contek treatment mereka dengan produk berbasis bahan natural seperti Innisfree. Produk ini menghadirkan serangkaian skincare yang jadi bestseller dan digemari oleh banyak konsumen.

Salah satunya adalah Super Volcanic Clay Mousse Mask. Masker ini mengandung micro clay mousse yang dapat membantu menghilangkan debu juga minyak berlebih sampai ke pori-pori. Tak hanya itu saja, butiran scrub dengan AHA dan BHA juga membantu mengangkat sel kulit mati plus menyamarkan garis halus di wajah.

Produk ini dapat dibeli melalui strore resmi Innisfree, Shopee dan Kinimall dengan harga berkisar Rp 233.200. Untuk hasil yang maksimal, jangan lupa bubuhkan The Green Tea Seed Sebum yang akan menghidrasi kulit dan menjaga kelembabannya. Produk ini dapat dipesan melalui Kinimall dengan harga Rp 255.000.

Biokos

Sumber gambar www.kompasiana.com

Mencari produk yang bebas paraben dan alkohol? Kamu patut coba rangkaian skincare dari Biokos. Inovasi dari Martha Tilaar Innovation Centre ini menghadirkan produk pencerah yang aman bagi kulit. Terbuat dari bahan-bahan alami yang diproduksi teknologi canggih, Biokos Derma Bright Intensive Serum dapat membantu kamu mendapat kulit sehat bercahaya yang diidamkan.

Wanita yang sudah mencoba pun mengaku senang dengan produk ini karena teksturnya yang ringan dan dapat mengurangi hiperpigmentasi alias timbulnya spot hitam di wajah. Produk ini dibanderol dengan harga Rp 349.900 dan untuk pemesanan, kamu bisa mengunjungi situs biokos.com.

Laneige

Sumber gambar www.sephora.com

Kulit sehat jadi dambaan banyak wanita karena mereka tetap bisa tampil percaya diri meski tanpa make up. Kulit lembap dengan permukaan halus tentu dapat didukung dengan produk skincare yang tepat.

Kamu bisa mencoba Laneige Water Bank Essence ini. Sesuai dengan namanya, produk yang dibintangi Song Hye Kyo dalam iklannya ini mampu memberi rasa lembap dengan hasil dewy di wajah. Bagi kamu yang punya kulit super kering, ada baiknya menjajal skincare dari Laneige ini. Harganya berkisar sekitar Rp 460.000 di Luxola.

Viva Skin Food

Sumber gambar femaledaily.com

Produk murah tidak selalu murahan dan dengan hadirnya brand lokal yang mampu memberi produk skincare berkualitas, rasanya tidak ada alasan lagi bagi kamu untuk melirik produk berbahaya.

Jika kamu punya kulit cenderung kering dan mencari produk skincare ramah kantong, Skin Food dari Viva Cosmetics ini bisa jadi jawaban yang oke. Harganya hanya Rp 7.500 untuk tiap 22 gram. Mudah ditemukan di supermarket terdekat, produk ini dapat melembabkan kulit yang kering.

Kandungan vitamin E dan vitamin A dalam Skin Food membantu kulit untuk beregenerasi. Viva Skin Food ini bisa jadi produk treatment top to toe buat kamu karena aman digunakan di wajah hingga kaki. Untuk kamu yang punya kulit berminyak, dianjurkan memakai tipis-tipis karena konsistensi krim ini sudah cukup tebal.

Wardah

Sumber gambar www.blibli.com

Serum jadi salah satu produk skincare penting yang sebaiknya kamu miliki. Produk ini dapat membantu krim perawatan bekerja lebih baik juga memberi hasil lebih maksimal. Saat kamu membeli serum, usahakan agar produk serum dengan krim perawatan berasal dari brand yang sama agar hasilnya bisa lebih memuaskan.

Nah, jika kamu penggemar berat produk kecantikan wajah, lengkapi skincare dengan Wardah C-Defense Serum with Vitamin C ini. Dapat dipakai sebelum tidur atau bahkan sebelum mengaplikasikan make up karena serum ini cepat menyerap di kulit serta tidak terasa lengket. Pesan sekarang melalui Sociolla atau kunjungi store resmi Wardah dengan harga Rp 78.000.

Jangan lupa, maksimalkan tampilan cerah wajahmu dengan Wardah C-Defense DD Cream with Vitamin C seharga Rp 30.000 sebagai base make up, plus Wardah Lightening Two Way Cake Light Feel dengan harga Rp 50.000. Cocok untuk kamu yang berkulit eksotis dan bertekstur ringan, produk-produk ini dapat diperoleh melalui store resmi Wardah atau melalui Sociolla.

Martha Tilaar

Sumber gambar www.milkmochi.com

Brand yang sudah berdiri sejak tahun 1981 ini menghadirkan sederet produk kosmetik dan skincare yang cocok untuk wanita Indonesia. Kualitasnya pun tak kalah dengan produk luar negeri yang sedang happening.

Produk kecantikan Martha Tilaar ini pun terbilang sangat terjangkau. Sudah lolos BPOM dan aman bagi kulit, produk skincare Martha Tilaar sudah bisa diperoleh mulai dari belasan ribu saja. Bahkan, untuk lima produk seperti Biokos Vital Nutrition Daily Moisturizer, Sariayu Alas Bedak, Sariayu Alas Bedak Energizing Aromatic, Sariayu Bedak Padat SPF 15 dan Sariayu Bedak Tabur bisa diperoleh hanya dengan total Rp 119.500 saja di Sociolla!

Bagaimana? Sudah tidak tertarik dengan produk abal-abal lagi, bukan?

Etude

Sumber gambar serenachew.wordpress.com

Penggemar K-Pop dan drama Korea mungkin sudah tidak asing lagi dengan brand ini. Etude mulai menarik perhatian penikmat produk kecantikan di Indonesia seiring meledaknya Hallyu Wave alias Gelombang Korea. Kini, banyak beauty blogger dan vlogger yang ramai memberikan ulasan juga jatuh cinta dengan produk Etude.

Salah satu yang difavoritkan adalah Etude House Precious Mineral Any Cushion Limited Edition. Tahan hingga delapan jam dengan hasil akhir yang dewy, kamu bisa memperoleh produk ini di Etude Recipe seharga Rp 240.000. Kelebihan cushion ini adalah mudah dipalikasikan dan diratakan pada wajah, juga tidak menggumpal.

Mazaya

Bagi kamu muslimah yang sangat berhati-hati dalam memilih produk kecantikan dan skincare, coba lirik Mazaya. Brand kosmetik halal ini memiliki sederet produk yang terdiri dari Anti Aging Series, Anti Acne Series, Whitening Series, Decorative, Eye Treatment, Hair Care hingga Complementary Series.

Keunggulan produk skincare Mazaya sendiri karena mengandung astaxanthin. Zat ini berasal dari sari ganggang hematococcus pluvialis dan memberi warna alami pada produk Mazaya. Aman bagi kamu yang punya kulit sensitif terhadap bahan kimia keras.

Selain itu, astaxanthin juga berfungsi sebagai anti-oksidan serta membantu menyamarkan noda hitam. Zat kaya manfaat ini terkandung pula dalam Mazaya Moisturizer berteknologi Aquadrop dan dapat melembapkan kulit tanpa membuatnya jadi berminyak. Dapat dipakai pada siang dan malam hari juga sebelum memakai make up, produk ini dibanderol dengan harga Rp 25.000 di Tokopedia.

Tak hanya terjangkau, setiap kamu membeli produk Mazaya, secara tidak langsung kamu juga telah berdonasi Rp 2.000 ke kaum dhuafa yang disalurkan melalui Yayasan Anak Immortal juga beberapa institusi independen. Bagaimana? Tentunya kepuasan batin kamu juga jadi maksimal, bukan?

From our editorial team

Gunakan Perawatan Kosmetik Skin Care dengan Teratur untuk Hasil yang Maksimal

Karena kosmetik-kosmetik aman rata-rata membutuhkan waktu lebih lama, maka kamu harus lebih bersabar untuk merasakan manfaatnya. Gunakanlah secara teratur dan tertib. Meski tidak langsung membuat kulit flawless, tetapi lebih baik daripada menggunakan produk abal-abal yang berbahaya, kan.