10 Resep Masker Tomat Alami yang Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah untuk Menjaga Kecantikan Kulitmu

10 Resep Masker Tomat Alami yang Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah untuk Menjaga Kecantikan Kulitmu

Tomat punya banyak manfaat untuk kesehatan kulit, lho. Untuk merawat kulit terutama wajah, kamu bisa coba berbagai resep masker tomat rekomendasi BP-Guide berikut yang mudah dibuat di rumah. Yuk, intip resepnya!

Tomat Bermanfaat untuk Memelihara Kesehatan Tubuh dan Merawat Kecantikan Wajah

Tomat adalah buah yang kaya akan berbagai nutrisi penting. Di dalamnya terdapat vitamin A, C, dan K serta lycopene. Hal ini membuat tomat memiliki banyak khasiat untuk kesehatan seperti melancarkan dan menyehatkan sistem pencernaan, mencegah kanker, mempertajam penglihatan, serta memperindah dan memperkuat rambut.

Sumber vitamin K di dalam tomat mampu mencegah pengeroposan tulang. Sedangkan zat lycopene yang terdapat di dalamnya dapat membantu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak serta menghambat penuaan dini.

Itu sebabnya, tomat sangat baik dimakan setiap hari. Bahkan, sebaiknya kamu memakan minimal lima biji tomat setiap harinya.

Tomat juga bermanfaat untuk memelihara kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Oleh karena itu, tomat bisa dijadikan masker wajah. Jadi kamu bisa terlihat cantik tanpa perlu ke salon.

Manfaat Tomat untuk Kesehatan Kulit

Buah yang satu ini tak bisa disepelekan begitu saja. Meski mudah didapat dan harganya murah, tomat punya berbagai manfaat untuk merawat kecantikan wajah. Berikut ini beragam manfaat tomat untuk kesehatan kulit.yang bisa kamu ketahui.

Mencerahkan Kulit

Tomat sangat berkhasiat untuk mencerahkan kulit wajah. Di mana dengan menggunakan masker tomat, maka sel kulit wajah yang telah mati akan terangkat dan wajah menjadi bersih bercahaya.

Mengecilkan Pori-pori

Seringkali saat berada di luar ruangan membuat wajah terkena debu dan polusi. Untuk yang memiliki pori-pori wajah besar, ini tentu menjadi masalah, karena debu kotoran tersebut akan masuk ke dalam wajah dan membuat wajah mudah berjerawat. Perawatan wajah dengan masker tomat akan membantu untuk mengecilkan pori-pori pada wajah.

Mengatasi Jerawat

Tomat juga mengandung vitamin A dan C. Dengan kandungan ini, tomat tidak hanya dapat mengatasi jerawat, namun juga menghilangkan noda hitam pada wajah.

Mengatasi Kulit Berminyak

Bila kamu memiliki tipe kulit wajah berminyak, maka rajinlah merawat kebersihan kulit. Bila tidak, maka minyak akan terkumpul dengan sel kulit mati dan kotoran, sehingga menjadi komedo. Di sinilah masker tomat dengan kandungan vitamin A, vitamin C, dan asam amino di dalamnya dapat membantu mengatasi kelebihan minyak pada kulit wajahmu.

Menghaluskan Kulit

Bila mendambakan kulit wajah yang sehat alami, halus, dan lembut, tentu masker tomat bisa mewujudkannya. Bahkan, kandungan vitaminnya bermanfaat untuk membuat wajah terlihat awet muda.

10 Masker Tomat Ini Patut Kamu Coba

Kamu ingin merawat kecantikan wajah dengan menggunakan tomat? Tidak sulit membuat masker tomat. Cukup sediakan waktu beberapa menit saja. Yuk, coba dulu cara yang diberikan oleh BP-Guide berikut ini.

Masker Tomat Sederhana

Membuat masker tomat sederhana sangat mudah. Bahannya pun hanya menggunakan sebuah tomat matang. Yuk, lihat cara membuatnya!

  • Cuci bersih tomat dan potong agar menjadi dua bagian.
  • Oleskan irisan tomat tersebut secara merata pada wajah dan tunggu sekitar 15 menit.
  • Bilas dengan air bersih. Agar mendapatkan hasil maksimal, masker ini bisa kamu gunakan rutin setiap malam sebelum tidur

Masker Tomat dan Susu

Cara berikut ini juga tidak rumit. Kamu membutuhkan 1 btomat segar. Namun, agar kulit lebih mulus, kamu bisa tambahkan susu murni secukupnya.

  • Setelah dicuci bersih, tomat kemudian dihaluskan.
  • Ampas tomat dipisahkan dari sarinya. Kemudian campur sari buah tomat dengan susu dan aduk hingga rata.
  • Oleskan secara merata ke wajah dengan menggunakan kapas atau kuas. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air bersih.
  • Agar mendapat hasil yang maksimal, gunakan rutin setiap hari selama satu minggu.

Masker Tomat Halus

Untuk masker yang satu ini, kamu hanya butuh 2 buah tomat yang segar saja. Haluskan tomat hingga lembut. Oleskan secara merata ke seluruh wajah. Diamkan sekitar 20 menit dan bilas dengan air bersih. Gunakan secara rutin untuk hasil maksimal.

Masker Tomat dan Mentimun

Kamu juga bisa mengombinasikan tomat dengan mentimun. Mentimun dapat membuat wajah lebih segar. Cukup sediakan satu buah tomat dan satu buah mentimun saja. Haluskan tomat terlebih dahulu, kemudian haluskan pula mentimun secara terpisah. Campurkan keduanya dan aduk rata. Gunakan pada wajah dan leher secara merata selama 20 menit kemudian bilas dengan air dingin.

Masker Tomat, Jeruk Nipis, dan Gula Merah

Untuk resep satu ini, kamu harus mencampurkan sebuah buah tomat dengan gula merah secukupnya dan sari buah jeruk nipis. Perpaduan ini akan membuat kulit wajahmu lebih sehat dan bercahaya.

  • Setelah tomat dicuci bersih, kemudian dihaluskan.
  • Campurkan tomat tadi dengan gula merah dan air jeruk nipis, aduk hingga tercampur rata.
  • Oleskan pada wajah dan leher, tunggu sekitar 25 menit. Kemudian cuci dengan air bersih.
  • Lakukan secara teratur untuk hasil yang maksimal.

Masker Tomat dan Kentang

Selain tomat, kentang juga kaya akan vitamin dan mineral. Untuk itu, kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal jika membuat masker dari keduanya. Siapkanlah 1 buah tomat segar dan 1 buah kentang yang telah dikupas untuk membuat masker ini.

  • Haluskan tomat. Kemudian rebus kentang hingga lunak dan haluskan.
  • Campurkan keduanya hingga merata. Kemudian oleskan pada wajah dan tunggu sekitar 20 menit. Bilas dengan air dingin.

Masker Tomat, Lemon, dan Oatmeal

Untuk membuat masker lainnya, siapkan sebuah tomat, 2 sdm oatmeal, dan sebuah lemon yang sudah diperas airnya. Berikut cara membuatnya.

  • Haluskan tomat hingga lembut. Campurkan oatmeal dan sari lemon, kemudian aduk hingga rata.
  • Oleskan pada wajah dengan hati-hati. Jangan sampai terkena hidung dan mata.
  • Diamkan selama 20 menit. Bersihkan.

Masker Tomat dan Madu

Madu juga sangat bagus untuk membantu pertumbuhan sel kulit. Untuk itu kamu bisa mencampurkan sebuah buah tomat segar dengan 1 sendok makan madu. Yuk, disimak caranya!

  • Haluskan tomat yang telah dicuci.
  • Campurkan tomat dengan madu dan aduk rata.
  • Oleskan pada wajah dan tunggu sekitar 20 menit. Bilas dengan air hingga bersih.

Master Tomat dan Yoghurt

Tomat juga sangat bagus jika dikombinasikan dengan yoghurt untuk mengatasi kulit wajah kering. Kamu hanya butuh sebuah buah tomat segar dan 1 sendok makan yoghurt. Yuk, mulai membuatnya dengan cara berikut ini.

  • Cuci tomat dan haluskan.
  • Campurkan tomat dengan yoghurt dan aduk hingga rata.
  • Oleskan pada wajah dan leher hingga merata dan tunggu sekitar 20 menit. Kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Masker Tomat dan Maizena

Resep terakhir, kamu bisa mengombinasikan tomat dengan maizena. Sebelum mencoba, siapkan dahulu sebuah tomat segar dan 1 sendok makan tepung maizena.


  • Cuci tomat hingga bersih dan haluskan.
  • Tambahkan maizena dan aduk hingga rata.
  • Oleskan pada wajah dan leher secara merata. Tunggu sekitar 20 menit dan bilas hingga bersih.
From our editorial team

Masker Tomat Alami untuk Kamu yang Ingin Tetap Cantik Natural

Merawat kecantikan wajah juga bisa kamu lakukan sendiri di rumah dengan menggunakan bahan alami seperti tomat. Pilih tomat yang masih segar dan pastikan kamu menggunakan bahan lain yang cocok dengan jenis kulitmu supaya khasiat dan efeknya makin terasa. Lakukan perawatan dengan masker tomat secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba!