15 Tips Kesehatan untuk Menjaga Kecantikan Rambut dan Organ Intim Wanita yang Wajib Anda Ketahui

15 Tips Kesehatan untuk Menjaga Kecantikan Rambut dan Organ Intim Wanita yang Wajib Anda Ketahui

Tak hanya menjaga kecantikan, wanita juga mesti bisa menjaga kesehatan tubuhnya. Jika tubuh sehat, maka aura kecantikan pun mudah terpancar. Yuk, simak beberapa tips kesehatan yang wajib dilakukan para wanita yang telah dirangkum BP-Guide berikut ini!

Kesehatan Adalah Aset yang Sangat Berharga

Dalam hidup manusia, kesehatan adalah hal yang paling berharga. Mengapa demikian? Sebanyak apa pun uang yang kita dapatkan, tidak akan bisa membeli kesehatan. Untuk apa memiliki harta melimpah tetapi sakit-sakitan. Jika kesehatan terganggu, kehidupan pun akan ikut terganggu. Oleh karena itu, menjaga kesehatan adalah wajib bagi setiap manusia.

Kaum Wanita Harus Menjaga Kesehatan Tubuh, Apalagi Rambut yang Sering Bermasalah

Sumber gambar thebeautybean.com

Bagi seorang wanita, merawat kesehatan dan keindahan rambut adalah hal yang utama. Keindahan rambut menjadi daya tarik tersendiri bagi wanita di mata kaum adam. Bagi pria sendiri, rambut yang tertata rapi akan memberi nilai tambah buat mereka.

Jika bagi wanita rambut bisa membuat penampilan semakin berkelas dan menarik, maka bagi kaum pria rambut bisa membuat penampilan mereka semakin gagah.

5 Tips Menjaga Kesehatan Rambut Secara Alami

Shampoo dari Lidah Buaya dan Alpukat

Sumber gambar www.atlantialoe.com

Berbicara tentang merawat rambut, tentu tidak bisa dipisahkan dari lidah buaya. Kandungan antibakteri dan berbagai vitamin serta mineral dalam lidah buaya mampu merawat kecantikan rambut dan kulit.

Selain lidah buaya, Anda bisa menggunakan alpukat sebagai masker rambut. Alpukat juga memliki manfaat yang sama dengan lidah buaya, yaitu melembabkan rambut. Cara membuatnya pun sama, tinggal mengganti lidah buaya dengan alpukat.

Cara Membuat Masker Lidah Buaya

  • Ambil 2 buah lidah buaya segar, lalu cuci bersih.
  • Kupas kulitnya, lalu ambil gel-nya saja.
  • Anda bisa menambahkan madu, lalu aduk sampai merata.
  • Pastikan gel lidah buaya hancur dan mengeluarkan lendir.
  • Simpan di dalam lemari es selama 1 jam.
  • Gunakan masker rambut saat mandi di sore hari.
  • Oleskan secara merata ke seluruh rambut, diamkan selama 15 menit.
  • Lalu bilas rambut hingga bersih dengan air.
  • Selanjutnya Anda bisa menggunakan sampo dan kondisioner seperti biasa.

Jus Daun Seledri

Sumber gambar brightside.me

Bagi wanita yang bermasalah dengan rambut rontok, daun seledri bisa menjadi solusi tepat untuk mengatasi masalah ini. Kandungan alami dalam daun seledri antara lain adalah antibakteri, vitamin, mineral, antioksidan, dan protein.

Cara Membuat Jus Seledri

  • Siapkan 10 helai daun seledri, lalu cuci hingga bersih.
  • Haluskan daun seledri dengan cara ditumbuk atau diblender dengan sedikit air.
  • Cuci rambut terlebih dahulu tanpa menggunakan shampoo, lalu oleskan masker rambut seledri secara merata.
  • Diamkan selama 1 jam agar masker meresap dengan sempurna.
  • Lanjutkan dengan keramas menggunakan sampo seperti biasa.

Cuka Sari Apel dan Air Hangat

Sumber gambar www.leaf.tv

Cuka apel dapat digunakan untuk mencegah ketombe pada rambut. Selain itu, bahan alami ini juga berkhasiat menyehatkan kulit kepala dengan mencegah infeksi kulit, menyembuhkan gatal gatal, dan melancarkan sirkulasi darah. Tidak hanya itu, cuka sari apel juga bisa mengatasi masalah rambut rontok.

Cara menggunakan cuka apel untuk merawat rambut sangat mudah, yaitu dengan membilas rambut menggunakan cuka sari apel setiap selesai keramas. Campurkan 1/2 sendok makan cuka apel dengan 1 gelas air. Bilas rambut dengan cuka apel, lalu bersihkan dengan air bersih.

Minyak Almond

Sumber gambar m.dailyhunt.in

Kandungan vitamin E pada minyak almond mampu merawat kesehatan kulit kepala dan mengatasi berbagai masalah rambut. Dua masalah utama rambut yang bisa diatasi dengan minyak almond antara lain masalah rambut rontok dan kasar.

Cara menggunakannya juga cukup mudah yakni dengan memijat kulit kepala dengan minyak almond selama 45 menit. Biarkan selama semalaman, lalu bilas hingga bersih keesokan harinya.

Konsumsi Makanan yang Sehat

Sumber gambar blog.viviscal.com

Rambut bisa menjadi ukuran kesehatan, terutama bagi wanita. Kurangnya asupan gizi bisa langsung berdampak pada kerontokan rambut. Inilah yang menyebabkan rambut sering rontok saat diet. Jika ingin punya rambut sehat, lebat dan hitam, perbaiki dulu pola makan Anda.

Rambut yang tidak mendapatkan nutrisi tidak bisa menjadi rambut yang sehat. Jenis makanan yang baik untuk kesehatan rambut antara lain adalah ikan salmon, telur, yoghurt, kacang-kacangan, daging, sayur, dan buah.

Tak Hanya Rambut, Anda juga Perlu Menjaga Kesehatan Organ Intim

Rambut bukan satu-satunya bagian tubuh yang perlu dirawat. Kesehatan organ intim juga tidak kalah pentingnya. Di sanalah tempat bakteri bisa berkembang biar dengan mudah. Baik pria maupun wanita harus memperhatikan kebersihan organ intimnya.

Bukan hanya terbebas dari penyakit, kesehatan organ reproduksi diperngaruhi oleh pola hubungan seksual yang sehat dan tidak adanya masalah pada kesuburan. Bersihkan organ intim secara benar dan menyeluruh setiap kali selesai buang air kecil dan buang air besar.

10 Tips Kesehatan Menjaga Organ Intim Wanita

Hindari Memakai Sabun

Sumber gambar discovermagazine.com

Menggunakan sabun untuk membersihkan vagina bukanlah solusi yang tepat. Sabun pembersih memiliki pH yang berbeda dengan organ intim wanita. pH dalam sabun vagina terlalu tinggi sehingga membunuh bakteri baik yang bermanfaat. Untuk mencegah vagina mengeluarkan bau tidak sedap, bersihkan dengan air sampai bersih setiap mandi dan buang air.

Jangan Menggunakan Parfum

Sumber gambar www.tv3.ie

Selain sabun, jangan pernah menyemprotkan parfum ke bagian vagina. Kandungan alkohol pada parfum akan mengganggu keseimbangan pH dan membuatnya rentan iritasi.

Demikian juga kalau Anda membersihkannya dengan tisu basah. Bahan kimianya akan menyebabkan vagina menjadi sangat kering. Membersihkan vagina dengan cara alami menggunakan air adalah yang paling aman.

Jagalah Kebersihan Saat Menstruasi

Sumber gambar m.dailyhunt.in

Saat menstruasi, wanita harus menjaga kebersihan vagian dengan baik karena pada masa itu bakteri dalam vagina jauh lebih banyak..

Sering seringlah mengganti pembalut saat dirasa sudah penuh dan tidak nyaman. Sebelum mengganti pembalut, bersihkan organ intim dengan air terlebih dahulu. Menjaga kebersihan celana dalam juga sangat penting, yaitu dengan mencucinya menggunakan air hangat.

Pakailah Celana Dalam Katun

Sumber gambar m.dhgate.com

Memilih bahan celana dalam yang tepat bisa mempengaruhi kesehatan vagina. Pilih celana dalam berbahan katun yang memudahkan vaguna untuk bernapas. Katun akan menghentikan penyebaran bakteri dan mengurangi risiko infeksi pada vagina. Untuk menjaga kesehatan vagina, sebaiknya hindari menggunakan celana dalam saat tidur.

Gunakan Pakaian Longgar

Vagina adalah area yang sangat rawan ditumbuhi banyak kuman dan bakteri jahat. Bakteri lebih mudah tumbuh di daerah yang lembab. Oleh karena itu gunakan pakaian yang longgar dengan menghindari penggunaan celana jeans ketat yang menyulitkan vagina untuk bernapas.

Mencukur Rambut Kemaluan

Bulu atau rambut kemaluan bisa menjadi sarang tumbuhnya kuman dan bakteri. Cukurlah bulu kemaluan minimal 1 bulan sekali untuk mencegah bakteri bersarang di vagina. Namun pastikan Anda mencukur bulu kemaluan dengan alat yang bersih dan cara yang benar. Cukur secara satu arah, berlawanan dengan arah tumbuhnya rambut.

Lakukan Senam Kegel

Sumber gambar www.healthable.org

Senam kegel adalah olahraga yang melatih otot panggul bagian bawah. Banyak manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari senam kegel, termasuk menambah kenikmatan seksual. Otot-otot yang dilatih dalam senam ini adalah otot bawah rahim, kantung kemih, dan usus besar.

Konsumsilah Makanan yang Baik untuk Vagina

Sumber gambar www.verywell.com

Untuk menjaga kesehatan vagina, menjaga asupan gizi seimbang adalah hal penting. Perbanyak minum air putih dan konsumsi minuman probiotik seperti yogurt untuk meningkatkan kesehatan vagina. Makanan yang menyehatkan untuk vagina selain yogurt adalah air putih, Buah dan sayuran segar yang kaya serat. Makanan tersebut akan mencegah pertumbuhan bakteri jahat dalam vagina.

Membersihkan Organ Intim Setelah Berhubungan Seksual

Hubungan intim meningkatkan risiko penularan bakteri, terutama pada wanita. Wajib hukumnya untuk membersihkan vagina setelah berhubungan seksual.

Setelah melakukan aktivitas seks, vagina menjadi lebih sensitif terhadap virus dan bakteri, sehingga mudah terkena penyakit menular seksual. Bersihkan vagina dengan air hangat dan handuk lembut.

Usap dari Belakang ke Depan

Cara membersihkan vagina yang benar adalah dengan mengusapnya dari arah belakang (anus) ke depan (vagina). Hal ini untuk mencegah bakteri dari anus masuk ke vagina.

Cukup dengan air saja, tidak perlu menggunakan sabun karena pH nya justru membunuh bakteri baik dalam vagina. Lakukan ini sekali saja, jangan mengusap-usap beberapa kali karena akan membuat bakteri semakin berkembang biak.

From our editorial team

Jangan Lupa Jaga Kesehatan Tubuh Setiap Hari!

Menjaga kesehatan tubuh termasuk kesehatan rambut dan organ intim adalah salah satu hal yang mesti dilakukan para wanita jika ingin tampil cantik. Jika selama ini Anda hanya fokus merawat bagian tubuh terutama wajah saja, Anda harus bisa mengimbanginya dengan merawat bagian tubuh lain. Tak ada salahnya kalau Anda juga berinvestasi pada produk kecantikan alami untuk merawat rambut dan organ intim supaya lebih sehat dan cantik. Selamat mencoba!

Tag