10 Cara Terbaik Merawat Kulit dengan Masker Alpukat

10 Cara Terbaik Merawat Kulit dengan Masker Alpukat

Manfaat yang berlimpah pada alpukat menjadikan buah ini baik untuk kesehatan dan juga kecantikan. Yuk, intip 10 resep membuat masker alpukat di artikel ini. Perawatan dengan bahan alami tentu lebih baik, lho!

Alpukat, Buah Kaya Manfaat Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Tak heran jika alpukat disebut-sebut sebagai buah kaya manfaat. Kandungan yang terdapat pada buah berwarna hijau ini sangat baik bagi kesehatan. Alpukat mengandung protein, lemak bermanfaat, vitamin, mineral, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu banyak orang tua yang mewajibkan anak mereka untuk mengkonsumsi alpukat.

Namun tahukah kamu? Tidak hanya bagus untuk kesehatan, alpukat juga sangat baik bagi kecantikan. Mengandung banyak vitamin dan mineral, alpukat sangat ampuh dalam mengatasi masalah kulit. Sehingga jangan heran jika aneka produk kecantikan yang ada di pasaran memakai buah yang satu ini sebagai salah satu bahan yang digunakan.

Jadi untuk kamu yang lebih suka perawatan dengan bahan alami, kamu harus mencoba di rumah perawatan menggunakan alpukat. Seperti misalnya membuat masker alpukat.

Membuat Masker Alami dengan Memadukan Alpukat dan Bahan Lainnya

Alpukat mengandung aneka vitamin dan mineral. Seperti misalnya beta karotin, kalium, zinc, folat serta vitamin B6. Kamu juga bisa mendapat vitamin C pada alpukat yang sangat baik untuk perawatan wajah, yaitu mencerahkan wajah dan mengurangi kulit kusam.

Manfaat kecantikan dari alpukat bisa kamu dapatkan dengan membuat masker wajah. Masker dari alpukat ini sangat banyak manfaatnya, lho. Kamu bisa mencampur alpukat dengan aneka bahan alami lain yang sangat mudah kamu dapatkan. Tak perlu mahal dan pastinya ampuh membuat kulit kinclong.

Khasiat Masker Alpukat Bagi Kecantikan

Seperti manfaat bagi kesehatan, alpukat juga sangat baik bagi kecantikan. Kandungan yang terdapat pada alpukat sangat bermanfaat bagi kulit. Terlebih lagi karena merupakan bahan alami, membuat alpukat dipercaya banyak orang sebagai bahan perawatan kulit. Khususnya bagi yang memiliki kulit sensitif.

Nah, penasaran apa saja manfaat dari alpukat untuk kecantikan? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Menghaluskan Permukaan Kulit

Tidak hanya mengandung vitamin C yang baik bagi kulit, alpukat juga banyak mengandung vitamin E yang sangat baik untuk menghaluskan dan juga melembabkan kulit wajah. Dengan menggunakannya sebagai masker, alpukat dapat membantu proses regenerasi kulit karena lemak baik yang terkandung pada alpukat akan membuat kulit terasa lebih kencang dan terlihat awet muda.

Mencerahkan Kulit Wajah

Alpukat juga dapat mencegah terjadinya penuaan dini, lho! Kandungan aneka vitamin pada alpukat akan menutrisi kulit lebih baik. Wajahmu akan terasa lebih cerah dan sehat setelah menggunakan masker alpukat. Namun tentunya kamu perlu melakukan perawatan dengan masker alpukat secara rutin agar hasil lebih maksimal.

Mengatasi Kulit Kering dan Kusam

Kulit wajah kering dan kusam? Kalau begitu coba perawatan menggunakan masker alpukat. Buah yang satu ini bisa melembabkan wajah sehingga tak ada lagi wajah yang terlihat pecah dan juga terasa gatal. Untuk membuat maskernya pun sangat mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan alpukat dengan madu untuk dapat menutrisi kulit dan membuat kulit tak lagi kusam.

Membuat Rambut Berkilau

Tak hanya untuk kulit, ternyata alpukat juga sangat bermanfaat bagi rambut! Seharian berada di bawah sinar matahari pastinya membuat rambut mudah kusam. Ini artinya rambut kamu perlu lebih banyak diberi nutrisi. Kamu bisa menggunakan alpukat sebagai masker rambut, karena kandungan zat antioksidan pada alpukat dapat membuat rambut lebih kuat. Kandungan minyak alami dan protein yang tinggi pada alpukat juga sangat ampuh untuk membuat rambut terlihat lebih berkilau.

Mencegah Penuaan Dini

Bahan alami yang banyak mengandung karotenoid sangat bermanfaat dalam mencegah penuaan kulit. Karotenoid dapat membuat wajah terlihat awet muda. Manfaat yang sangat berguna, bukan?

Nah, alpukat adalah salah satu buah yang banyak mengandung karotenoid, lho! Alpukat juga sangat direkomendasikan untuk menjaga kesehatan kulit karena mengandung lutein tinggi yang mampu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan sinar matahari. Kulit juga bisa terlindung dari radiasi yang dapat membuat kulit lebih cepat menua.

10 Resep Masker Alpukat untuk Kecantikan

Setelah membahas manfaat-manfaat alpukat bagi kecantikan, sekarang saatnya BP-Guide memberikan resep masker alpukat yang sangat mudah dibuat. Bahkan hampir semua bahan yang terdapat pada resep di bawah ini dapat mudah kamu temukan di rumah. Yuk, simak resep masker alpukat di bawah ini. Dan jangan lupa untuk mencoba resepnya di rumah, ya!

Masker Alpukat dan Susu Murni

Susu murni mengandung banyak manfaat dan khasiat untuk tubuh. Dan tentu saja, susu murni juga sangat baik untuk kulit. Perpaduan susu dan alpukat akan membantu mencerahkan kulit wajah, lho. Coba resep ini, yuk! Cara membuatnya pun sangat mudah.

Campurkan alpukat yang sudah dihaluskan dengan 2 sendok makan susu cair. Kemudian oleskan masker pada wajah yang sudah dibersihkan, dan diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas wajah dengan air hangat hingga bersih. Gunakan masker secara teratur agar hasil lebih maksimal.

Masker Alpukat dan Tomat

Kesal karena kulit wajah berminyak sekaligus kering? Tahukah kamu, kulit dapat menghasilkan minyak berlebih saat kulit wajah mengalami dehidrasi. Pada saat mengalami ini kamu bisa mencoba masker kombinasi tomat dan alpukat yang sangat ampuh mengurangi minyak pada wajah, namun juga mampu melembapkan kulit.

Cara membuat masker yang satu ini pun sangat mudah. Kamu hanya perlu menghaluskan tomat dan alpukat, lalu oleskan pada seluruh wajah. Diamkan sekitar 30 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Masker Alpukat dan Madu

Kandungan alpukat sangat baik untuk memperlambat proses penuaan dini dan juga antiinflamasi yang bisa mengurangi peradangan jerawat. Sedangkan madu ampuh sebagai anti bakteri sekaligus antiseptik alami. Kombinasi kedua bahan ini sangat baik untuk memulihkan kulit kering dan mengelupas.

Untuk membuat masker ini, campurkan alpukat yang telah dihaluskan dengan sesendok makan madu. Setelah itu oleskan masker pada wajah, lalu diamkan kurang lebih selama 30 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat hingga bersih.

Masker Alpukat dan Minyak Almond

Kamu mengalami rambut rontok? Kalau begitu coba masker yang satu ini, deh. Kombinasi minyak almond dan alpukat dapat menyuburkan rambut sekaligus juga dapat mencegah kerontokan rambut. Jika digunakan secara teratur masker alpukat dan minyak almond ini dapat melebatkan rambut.

Blender halus alpukat dan 2 cangkir santan, lalu tambahkan 3 sendok makan minyak almond. Kemudian oleskan masker pada rambut hingga merata dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu bersihkan rambut menggunakan sampo. Untuk hasil maksimal, gunakan masker ini 2 kali dalam sebulan.

Masker Alpukat dan Yoghurt

Selain baik untuk pencernaan, yoghurt juga sangat dianjurkan untuk merawat kecantikan kulit wajah. Kandungan pada yoghurt dapat mengencangkan, melembabkan, dan juga mengencangkan kulit wajah.

Cara membuatnya pun sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan setengah alpukat matang yang sudah dihancurkan. Kemudian campur alpukat dengan 1 sendok makan madu dan 1 sendok makan yoghurt. Aduk rata lalu oles pada wajah dan leher. Biarkan hingga 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Masker Alpukat dan Oatmeal

Siapa sangka jika oatmeal tak hanya dikenal sebagai makanan yang bernutrisi untuk kesehatan, namun juga sangat baik untuk kulit. Dengan mencampurkan oatmeal dan alpukat, kamu akan mendapatkan masker alami wajah yang berfungsi untuk melembabkan kulit.

Membuat masker ini pun sangat mudah, kok. Siapkan setengah cangkir oatmeal lalu seduh menggunakan air hangat, namun pastikan tidak membuat campuran yang terlalu encer. Kemudian campurkan oatmeal dengan alpukat yang sudah dihaluskan. Setelah itu oleskan pada wajah, kemudian tunggu selama 15 menit. Lalu bilas hingga bersih dengan air hangat.

Masker Alpukat dan Minyak Zaitun

Minyak zaitun dikenal sebagai bahan yang paling baik untuk melembabkan dan memperbaiki kulit kering. Alpukat sendiri adalah sumber asam oleat dimana zat ini dapat mengurangi LDL dan menaikkan HDL. Padanan dua bahan ini ampuh menjauhkan kulit wajah dari masalah keriput dan kulit kasar. Kenakan masker ini 3 kali seminggu agar kulit wajah kembali lembap.

Cara membuatnya pun sangat mudah, yaitu siapkan alpukat yang sudah dihaluskan kemudian campur dengan 3 sendok makan minyak zaitun. Aduk rata kedua bahan lalu oleskan pada wajah hingga kering. Setelah itu cuci bersih wajah menggunakan air hangat.

Masker Alpukat dan Putih Telur

Putih telur mengandung enzim yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Sedangkan kandungan proteinnya dapat memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Magnesium putih telur juga dapat membuat wajah lebih bersinar. Jika dikombinasikan dengan alpukat, maka masker ini ampuh menstimulasi aktivitas sel kulit sehingga dapat membuat kulit lebih lembab tanpa minyak berlebih.

Siapkan putih telur dari 1 butir telur, 1/4 buah alpukat yang dihaluskan, 1 sendok teh susu cair dan 1 sendok madu. Aduk rata semua bahan, kemudian oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas hingga bersih menggunakan air hangat.

Masker Alpukat dan Jeruk Nipis

Tahukah kamu? Jeruk nipis juga dapat dipakai sebagai masker wajah. Kandungan asam amino pada jeruk nipis sangat baik untuk kulit. Jika dikombinasikan dengan alpukat yang memiliki kandungan minyak esensial alami, maka kamu akan mendapatkan masker yang dapat mencerahkan kulit.

Campurkan setengah buah alpukat yang sudah dihaluskan dengan 1 buah air jeruk nipis. Aduk rata kedua bahan lalu oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan. Tunggu selama 30 menit lalu bilas menggunakan air dingin. Gunakan masker 2 kali seminggu untuk perawatan maksimal.

Masker Alpukat dan Lada Merah

Sumber gambar tokopedia.com

Lada merah jika dicampurkan alpukat bisa jadi masker yang sangat efektif, loh. Kombinasi keduanya sangat baik untuk menghilangkan noda hitam dan juga mengencangkan kulit. Selain itu kulit juga menjadi lebih halus.

Campur 1/2 buah daging alpukat yang dihaluskan dengan 1 sendok teh lada merah. Aduk rata kedua bahan dan oleskan pada wajah, kemudian diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas lalu pijat wajah dengan minyak almond.

From our editorial team

Perawatan Bahan Alami Lebih Baik

Tak sedikit wanita yang menginginkan kulit putih bersih secara instan. Bahkan sekarang ini banyak produk di pasaran yang mengaku dapat menghasilkan kulit putih secara cepat, namun malah berakibat fatal pada penggunanya. Ingat, kamu harus selalu waspada pada produk yang bekerja secara cepat. Karena bisa saja kandungan pada produk tersebut tidak aman dan juga sangat keras.

Tag