Kurangi Produk Pemutih Wajah dengan 15+ Cara Alami yang Bikin Wajah Putih Berseri

Kurangi Produk Pemutih Wajah dengan 15+ Cara Alami yang Bikin Wajah Putih Berseri

Memiliki kulit putih berseri tentu menjadi dambaan para wanita. Tapi jangan sampai ambil jalan pintas dengan menggunakan produk-produk pemutih wajah yang nggak jelas, ya! Alih-alih pengen putih, malah jerawatan di mana-mana. Ngeri, kan? Lebih baik gunakan bahan-bahan alami yang direkomendasikan BP-Guide, deh. Dijamin, kulitmu makin cerah, berseri, dan sehat!

Banyak Produk Pemutih Wajah yang Dipasarkan, Tetapi Cara Alami Memutihkan Wajah Akan Lebih Aman

Siapa sih yang tidak ingin memiliki wajah bersih tanpa noda? Kulit wajah putih dan bersih sangat diidamkan semua orang terutama kaum hawa. Jangan heran jika pada akhirnya banyak produsen kosmetik yang meluncurkan produk pemutih wajah.

Sayangnya, banyak di antara produk yang dipasarkan itu mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kulit. Nah, ada lho cara memutihkan wajah secara alami. Caranya mudah dan pastinya tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Mari pelajari bersama dengan BP-Guide.

Kenapa Banyak yang Mencari Tahu Cara Alami Memutihkan Wajah?

Sumber gambar klikherbalstores.com

Di kawasan Asia memang banyak yang beranggapan bahwa kecantikan identik dengan kulit wajah yang putih. Ini menyebabkan banyak remaja putri hingga wanita dewasa selalu berusaha agar kulitnya tampak lebih putih.

Di Indonesia sendiri kebanyakan masyarakatnya mengganggap kulit wajah putih terlihat lebih cantik. Selain itu, kulit wajah putih dianggap lebih mudah untuk mendapatkan jodoh dan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Beberapa faktor ini membuat banyak wanita mencari tahu bagaimana cara memutihkan wajah secara alami.

Mencerahkan dengan Cara Alami Justru Lebih Bersahabat di Dompet

Sumber gambar merdeka.com

Banyak cara untuk memutihkan kulit. Mulai dari membeli aneka produk kecantikan untuk memutihkan hingga cara alami yang banyak dipilih. Membeli produk kecantikan wajah, tentu membutuhkan lebih banyak biaya. Maka dari itu hanya beberapa orang saja yang melakukan cara ini.

Sedangkan memutihkan wajah dengan cara alami lebih banyak diminati. Tidak lain memang karena harganya lebih bersahabat dengan dompet. Bahan alami untuk memutihkan wajah tidak harus membeli karena biasanya sudah ada di sekitar kita.

Ingin Punya Wajah Putih Berseri? Ini Dia 15 Cara Alami Memutihkan Wajah

Sumber gambar www.pedava.com

Cara alami lebih banyak diminati karena memang lebih banyak manfaat yang didapatkan meskipun prosesnya tentu saja tidak instan. Lebih daripada itu, menggunakan cara alami untuk memutihkan wajah dapat meminimalkan risiko kerusakan wajah dibandingkan jika menggunakan bahan kimia. Jadi, pilih mana putih berseri secepat kilat tapi berisiko atau putih berseri dengan proses tapi lebih aman?

Lidah Buaya

Sumber gambar sommerspc.com

Tanaman lidah buaya bisa dengan mudah kita dapatkan. Umumnya kita mengenal tanaman satu ini untuk merawat rambut yang lebat. Selain itu, lidah buaya juga berguna untuk mempercepat penyembuhan peradangan kulit yang luka. Ternyata masih ada manfaat lainnya dari tanaman satu ini yaitu untuk mencerahkan wajah secara alami, lho.

Lidah buaya dan air mawar adalah kombinasi bahan alami yang bisa membuat wajahmu putih berseri. Kamu bisa pilih memakai air mawar sebagai paduan lidah buaya. Mudah saja karena tinggal mencampur gel lidah buaya dengan air mawar secara merata. Jika maskernya siap, maka oles saja ke wajah dan biarkan kering. Bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini dua hari sekali, ya.

Lidah buaya dan sari lemon bisa juga diaplikasikan untuk membuat kulit putih berseri. Segera persiapkan saja bahannya yaitu gel lidah buaya dan beberapa sendok jus lemon. Campur kedua bahan ini hingga rata lalu oleskan di wajah dan leher sampai rata. Biarkan kering sekitar 15 menit lalu bilas bersih. Sisa bahan bisa disimpan di kulkas maksimal sampai tujuh hari saja, ya. Lakukan perawatan rutin ini setiap hari.

Lemon

Sumber gambar falony.com

Lemon menjadi bahan andalan para wanita untuk memutihkan wajah secara alami. Kandungan vitamin C-nya memang sangat bermanfaat untuk membuat wajah tampak lebih cerah. Selain itu, lemon juga berkhasiat untuk menghilangkan jerawat serta meningkatkan tekstur kulit. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mencerahkan wajah dengan lemon untuk itu simak penjelasannya.

Kamu bisa menggunakan lemon saja jika hanya ada buah ini di rumah. Caranya, ambil lemon lalu belah menjadi dua. Lalu gosokkan lemon dengan gerakan melingkar pada wajah dan leher selama 10 menit. Lakukan cara ini secara teratur untuk mendapat kulit lebih cerah alami.

Kamu punya lemon dan yoghurt di kulkas? Nah, bisa juga nih mencampurkan jus lemon dengan yoghurt. Caranya oleskan masker di wajah sebanyak seminggu sekali agar wajah bisa tampil lebih cerah.

Cara selanjutnya adalah dengan mencampurkan jus lemon dengan putih telur. Panaskan campuran kedua bahan tersebut lalu tunggu hingga mengental. Pakai sebagai masker secara rutin setiap hari. Dalam seminggu kamu bisa melihat hasilnya.

Madu juga bisa kamu jadikan bahan untuk pemutih wajah bersama lemon. Campur sesendok madu dengan sesendok teh air perasan lemon. Oles campuran pada wajah dan gunakan sebagai masker. Bilas dengan air dingin dan gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasilnya.

Kulit Jeruk

Sumber gambar sindonews.net

Yang hobi makan jeruk mulai sekarang bisa memanfaatkan kulinya untuk kecantikan wajah. Jangan keburu dibuang, karena kulitnya bisa jadi ramuan pemutih kulit, nih. Yuk, persiapkan sebuah jeruk berwarna oranye dan masih segar. Usahakan memilih jeruk berkulit tebal seperti jeruk mandarin.

Pertama, kupas jeruk lalu ambil kulitnya saja. Keringkan kulit jeruk dengan menjemurnya di bawah matahari hingga kering. Jika sudah kering hingga mudah diremukkan kamu tinggal menumbuknya hingga halus. Ayak bubuk hasil tumbukan sampai jadi sangat halus.

Tambah air putih pada bubuk kulit jeruk dengan perbandingan 2 sendok makan serbuk jeruk dengan sendok air. Aduk sampai jadi pasta kental dan siap dijadikan masker untuk mencerahkan wajah.

Alpukat

Sumber gambar manfaat-buah.com

Buah seperti alpukat bisa banget untuk dijadikan bahan untuk mencerahkan wajah. Selain rasanya nikmat, buah ini mudah didapatkan di pasar juga swalayan. Mencerahkan wajah dengan alpukat terbilang aman karena tanpa bahan kimia. Mari persiapkan sebuah alpukat matang.

Segera kupas buah alpukat dan keruk bagian dagingnya saja. Masukkan ke blender dan haluskan. Campurlah alpukat yang sudah diblender dengan satu sendok makan air jeruk nipis hingga tercampur rata. Pakai sebagai masker selama 15 menit kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin untuk mendapat hasil maksimal.

Pepaya

Sumber gambar sindonews.net

Buah lainnya lagi yang mudah didapat serta memiliki manfaat mencerahkan wajah adalah pepaya. Beberapa vitamin yang terkandung dalam buah ini adalah vitamin E dan C serta A. Baik untuk melembabkan kulit serta mencerahkan kembali kulit yang kusam. Segera buat masker pepaya dengan menyediakan sebuah pepaya matang, yuk.

Ambil secukupnya pepaya lalu potong menjadi kecil. Lanjutkan dengan menghaluskan pepaya memakai sendok. Tambahkan sesendok teh krim susu lalu aduk rata. Oles masker pada wajah hingga merata lalu diamkan 20 menit. Bilas masker dengan air hangat. Lakukan cara ini secara rutin biar wajah lebih cerah bisa didapatkan.

Kentang

Sumber gambar begitu.com

Umbi-umbian bernama kentang ini memiliki manfaat luar biasa. Wajah kamu bisa lebih cerah secara alami dengan kentang yang dicampur bahan lain. Yuk, simak bahan apa saja dan bagaimana cara mencerahkan wajah secara alami seperti di bawah ini.

Pertama kamu bisa menggabungkan manfaat madu dan juga kentang sebagai masker wajah. Siapkan sebuah kentang yang sudah dihaluskan dan ambil 3 sendok makan jus kentang tersebut. Campur jus kentang dengan 2 sendok makan madu dan aduk rata. Oles masker kentang dan madu pada wajah dan diamkan 15 menit. Bilaslah dengan air bersih dan gunakan masker setiap hari.

Bahan lain yang bisa dicampur dengan kentang adalah tomat. Buah ini berkhasiat menyamarkan noda dan melindungi kulit dari paparan sinar UV. Siapkan sebuah kentang dan sebuah tomat. Haluskan keduanya dengan blender lalu aduk rata. Gunakan sebagai masker dan diamkan 30 menit. Cuci wajah dengan air bersih dan gunakan masker untuk rutinitasmu sehari-hari.

Tomat

Sumber gambar mazmuiz.blogspot.co.id

Memiliki antioksidan tinggi, buah tomat banyak dikonsumsi. Selain itu, ada juga vitamin C yang bagus untuk kesehatan kulit wajah. Yuk, simak beberapa cara memutihkan kulit wajah dengan tomat dan campuran bahan lain.

Tomat, oatmeal, dan dadih adalah salah satu resep yang bikin kulit lebih berkilau dan dapat menghilangkan belang di wajah. Ambil beberapa butir tomat lalu hancurkan hingga menjadi bubur. Tambahkan oatmeal sedikit dan sesendok dadih lalu campur merata. Balurkan pada wajah serta leher lalu diamkan beberapa menit sebelum membilasnya sampai bersih.

Dua bahan ini dijamin ampuh mengurangi efek kulit wajah yang terbakar matahari. Kulit wajah juga bisa lebih kenyal jika memakai masker dua bahan ini secara teratur, yaitu tomat dan lemon. Ambil tomat secukupnya lalu haluskan dan beri tambahan air lemon secukupnya. Balurkan pada seluruh wajah dan leher. Biarkan kering lalu tambah sedikit air sebelum membilasnya dengan air bersih.

Strawberry

Sumber gambar aylacream.com

Buah strawberry selain nikmat dikonsumsi bisa untuk mencerahkan wajah juga, lho. Siapkan saja beberapa stawberry dengan cara di bawah ini. Cara membuat maskernya adalah dengan mencuci bersih stawberry lalu memblendernya tanpa air. Oles pada wajah lalu diamkan 10 menit. Basuh wajah dengan air bersih dan lakukan secara rutin.

Resep yang ini sangat mudah membuatnya. Siapkan 8 stawberry yang sudah dicuci dan 2 sendok madu. Tumbuk stawberry lalu beri madu. Oles di wajah dan biarkan 15 menit. Basuh wajahnya hingga bersih dan lakukan perawatan ini secara teratur untuk wajah bersih bersinar.

Madu

Sumber gambar www.cantikalamiah.com

Madu adalah bahan alami yang memiliki sejuta manfaat untuk tubuh. Kamu juga bisa memanfaatkan madu untuk mencerahkan wajah, lho. Cara ini bisa dibilang mudah dan murah, selain itu juga aman karena tanpa bahan kimia.

Bersihkan wajah dengan air lalu keringkan. Persiapkan madu secukupnya lalu oles ke seluruh wajah. Diamkan selama 15 menit lalu basuh pakai air bersih. Pakailah masker madu ini tiap malam hari sebelum tidur.

Coba juga cara yang satu ini, ya. Kamu bisa mencampur satu buah putih telur dengan dua sendok makan madu. Aduk rata lalu gunakan sebagai masker. Diamkan beberapa saat sebelum membilasnya hingga bersih.

Mentimun

Sumber gambar manfaat-buah.com

Masker wajah alami bisa juga dibuat dari buah mentimun. Umumnya orang menggunakan mentimun dengan cara menempelkan irisan timun pada wajah. Namun ada juga lho cara lain yang bisa kamu pakai untuk mencerahkan wajah dengan mentimun.

Ambilah sebuah mentimun lalu blender halus. Campur hasil blender dengan sesendok makan madu dan aduk rata. Balurkan pada seluruh wajah dan leher yang sudah dibersihkan. Setelah beberapa menit segera bersihkan dengan air dingin.

Haluskan sebuah mentimun. Mentimun yang sudah halus ini bisa dicampur dengan air perasan jeruk nipis secukupnya. Lalu kocok sebuah putih telur sampai mengembang dan campur dengan mentimun dan air jeruk. Setelah diaduk rata bisa segera dioles ke wajah dan diamkan 20 menit. Bilas pakai air hangat dan wajah jadi lebih cerah.

Cuka Apel

Sumber gambar liputan6.com

Siapa sangka bahwa cuka apel bisa sangat berguna untuk wajah. Cuka apel bisa dipakai untuk mengurangi peradangan pada kulit wajah berjerawat. Kamu bisa kok menjaga serta memutihkan wajah memakai cuka apel ini. Simak pembahasan oleh BP-Guide berikut ini.

Campurlah dua sendok makan cuka apel dengan empat sendok makan air bersih hingga rata. Pakai campuran ini sebagai toner dengan cara mengusap lembut cairan ini ke kulit berjerawat menggunakan kapas. Jika sudah kering bisa memakai pelembab wajah. Lakukan hal ini tiap pagi serta malam usai mencuci wajah dengan sabun pencuci wajah.

Cara kedua, pakailah sari cuka apel secukupnya lalu campur dengan air hangat. Bersihkan wajah dengan sabun pemutih wajah lalu keringkan. Usap campuran sari cuka dengan air ke wajah diamkan 30 menit. Bilas dengan air bersih dan lakukan ini secara rutin.

Susu

Sumber gambar www.healthyfamiliesbc.ca

Susu adalah bahan yang mudah didapatkan. Belilah susu sapi murni untuk mencerahkan wajah dengan cara alami yang mudah. Lakukan perawatan di rumah tanpa ribet dengan susu murni seperti cara di bawah ini.

Segera didihkan susu sapi agar bakteri dan kuman terbunuh. Lalu oles susu pada wajah memakai kapas. Biarkan 30 menit baru bilas dengan air dingin hingga bersih. Lakukan tiga kali seminggu agar kulit lebih bersih.

Susu dengan rempah bernama kunyit ini bisa dipakai untuk mencerahkan wajah. Jangan takut kulit jadi berwarna kuning karena ini bisa dihilangkan dengan toner. Yuk, didihkan susu sapi agar bakterinya hilang. Lalu siapkan bubuk kunyit sebanyak setengah sendok teh dan campur dengan sesendok teh susu. Aduk lalu balur pada wajah dan biarkan 30 menit. Bilas hingga bersih dan lakukan perawatan ini dua kali seminggu untuk lebih optimal.

Putih Telur

Sumber gambar liputan6.com

Masker berupa putih telur adalah masker alami yang mudah diperoleh. Ada banyak sekali manfaatnya untuk kulit wajah dari mengencangkan hingga memutihkan kulit wajah. Mari ikuti beberapa cara di bawah ini agar bisa mendapat kulit lebih cerah alami.

Ambil sebutir telur lalu pisahkan kuning dan putihnya. Masukkan putih telur ke dalam mangkuk lalu aduk sampai berbusa. Cucilah wajah lalu keringkan dulu. Oles putih telur pada wajah hingga merata lalu diamkan 1 jam. Bilas wajah dengan air hingga bersih.

Putih telur dan madu pun bisa dijadikan resep untuk memutihkan kulit. Langsung saja campurkan putih telur dengan sesendok madu hingga rata. Bilas dulu wajah lalu keringkan dengan handuk. Oles campuran tadi pada wajah lalu diamkan sebentar. Bilas dengan air hingga bersih.

Bengkoang

Sumber gambar cookinglight.com

Bengkoang dikenal sejak dulu dan dipercaya bisa mencerahkan warna kulit wajah. Mengandung antioksidan tinggi bengkoang juga kaya akan mineral. Segera siapkan bengkoang untuk dijadikan pembersih wajah.

Siapkan satu bengkoang dengan ukuran sedang dan kupaslah. Cuci bersih lalu haluskan dengan cara diblender. Pakai sebagai masker selama 30 menit. Bilas air bersih lalu jadikan ini rutinitas sebelum tidur agar hasilnya maksimal.

Resep lainnya, ambil sebuah bengkoang kemudian kupas serta bersihkan. Parut bengkoang lalu peras air bengkoang. Diamkan sari bengkoang semalaman. Besoknya ambil endapan dari sari bengkoang lalu campur dengan 3 sendok makan madu. Oles pada wajah hingga merata lalu diamkan 60 menit. Bilas dengan air bersih dan selesai, deh.

Air Rendaman Beras

Sumber gambar manfaat.co.id

Banyak sekali orang yang meremehkan air cucian beras. Padahal air ini banyak manfaatnya utamanya untuk wajah, lho. Jika dipakai teratur, air beras ini bisa bikin muka lebih bercahaya. Ini karena ada banyak kandungan mineral serta antioksidan pada air rendaman beras.

Segera isi cangkir dengan beras dan cuci sebentar sampai debu beras hilang lalu buang airnya. Tambahkan air segar lagi lalu aduk sebentar. Diamkan 30 menit hingga nutrisi dalam beras masuk pada air. Pisahkan air dari beras lalu basuh wajahmu dengan air tersebut. Pijat selama 6 menit secara perlahan. Bilas memakai air bersih dan keringkan pakai handuk sambil menepuk kulit wajah.

From our editorial team

Pilihlah Resep Memutihkan Wajah yang Alami Sesuai dengan Jenis Kulitmu

Tidak semua bahan-bahan alami ini cocok untuk jenis kulitmu. Ada baiknya mengetahui lebih lanjut tentang jenis kulitmu dan bahan alami apa saja yang cocok untuk kulit wajahmu. Tentu saja hal ini dilakukan agar bahan-bahan alami ini lebih maksimal untuk membuat wajahmu semakin berseri.

Tag