Enak dan Segar, Ini 9+ Minuman Detox Buatan Sendiri yang Menyehatkan.

Enak dan Segar, Ini 9+ Minuman Detox Buatan Sendiri yang Menyehatkan.

Minuman detox sangat berguna bagi kesehatan tubuh, meningkatkan metabolisme juga menjaga agar Anda tidak mudah sakit. Tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk membeli minuman detox, karena dalam artikel ini BP-Guide akan memberikan referensi cara membuat minuman detox yang mudah di rumah.

Minuman Detox Sebagai Bagian dari Gaya Hidup Sehat

Minuman detox dibutuhkan bagi Anda yang ingin pembersihan racun-racun dari dalam tubuh. Cairan detox berfungsi untuk membersihkan organ-organ penting di dalam tubuh, juga memurnikan darah.

Selain itu, proses detoksifikasi juga menjadi salah satu kegiatan diet bagi sebagian orang yang memiliki berat badan berlebih. Proses diet ini tidak butuh waktu lama, hanya sekitar paling lama 1 bulan, yang ditujukan untuk kesehatan diri. Proses ini, selain untuk menurunkan berat badan, tujuan lainnya adalah memperbaiki sistem tubuh menjadi lebih baik.

Selain itu, minuman detox bisa Anda beli di apotek dan tempat-tempat lainnya. Selain itu, bila Anda tidak suka minuman pabrik, Anda bisa juga membuatnya di rumah, loh. Lagi pula, detox alami juga akan semakin baik untuk tubuh Anda.

Manfaat Minuman Detox

Minuman detox juga sangat baik dikonsumsi setiap hari. Sebab, ada banyak kandungan gizi, mulai dari mineral, vitamin dan lain-lain yang diperlukan oleh tubuh dikandung dalam minuman yang satu ini. Meskipun begitu, jangan lupa bahwa setidak-tidaknya Anda membutuhkan 8 gelas air putih setiap hari.

Air detox alami, apalagi buatan sendiri, menjadi minuman yang sangat bermanfaat bagi tubuh Anda. Minuman yang satu ini adalah minuman yang memiliki fungsi utama sebagai pembuang segala jenis racun dari dalam tubuh. Tidak hanya itu, Anda juga bisa meningkatkan energi tubuh Anda, sehingga mampu menjalani aktivitas sehari-hari tanpa gampang jatuh sakit.

Kegunaan lainnya adalah bisa digunakan untuk diet. Jadi, dengan meminum air detox, maka Anda bisa melakukan diet alami yang minim efek samping.

Membersihkan Racun Dalam Tubuh

Fungsi utama dari cairan detox adalah membuang racun dari dalam tubuh. Metodenya adalah, cairan detox diminum, lalu di dalam tubuh nanti cairan tersebut akan memancing tubuh untuk mengeluarkan racun secara maksimal. Racun yang dibuang berasal dari paru-paru, hati, darah, usus, otot, ginjal dan lain-lain.

Kenapa kita perlu proses detoksifikasi? Padahal sebenarnya tubuh kita punya proses detoksifikasi sendiri, loh? Jawabannya, karena gaya hidup kita membuat proses detoks tersebut menjadi tidak sempurna. Dengan kata lain, kotoran yang harusnya keluar dari tubuh justru menimbun di usus saja.

Nah, minuman detox ini membantu tubuh Anda untuk tetap melakukan proses detoksifikasi.

Regenerasi Sel Kulit Mati

Kegunaan lain selain membuang racun adalah regenerasi sel-sel kulit mati di tubuh Anda. Jadi, bisa menjadikan Anda terlihat lebih awet muda, karena kulit Anda lebih kencang.

Sebenarnya, penyebab penuaan dini juga karena adanya toksin di dalam tubuh. Toksin ini berasal dari radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Nah, proses detox ini akan membuat kulit Anda terasa gatal, yang berarti proses detoksifikasi tengah berjalan di daerah kulit Anda.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Apabila Anda baru sembuh dari sakit, maka minum minuman detox akan mempercepat proses penyembuhan Anda. Karena kandungan dari detox akan menjadikan stamina Anda semakin meningkat, juga vitalitas, sehingga proses penyembuhan menjadi lebih cepat.

Selain itu, proses pembakaran lemak di dalam tubuh akan menjadi lebih baik, jadi menjadikan penyerapan nutrisi dan gizi oleh tubuh menjadi lebih baik. Lagi pula, proses detoksifikasi juga meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit atau imunitas juga semakin meningkat.

Pembakar Lemak

Karena minuman detoksifikasi sangat baik dalam membakar lemak, maka sangat baik untuk membantu Anda menurunkan berat badan. Bila lemak di dalam tubuh terbakar sempurna, maka Anda akan lebih baik dalam menjalani program diet.

Air detox sebanyak setengah liter saja sudah mampu meningkatkan metabolisme tubuh hingga 30 persen. Dengan demikian, akan ada banyak kalori yang terbakar. Nah, dengan setengah liter air itu, apalagi dikonsumsi sebelum makan, maka akan mampu menurunkan berat badannya. Apalagi, bila sedang dalam proses diet, dan meminum air dalam jumlah banyak, maka proses diet akan menjadi semakin baik.

8 Resep Minuman Detox yang Patut Dicoba

Lemonade Diet / Diet Lemon

Minuman yang pertama bisa Anda nikmati adalah minuman lemon detox. Selain bisa untuk detox, minuman yang satu ini juga bisa membantu Anda untuk lebih cepat dalam menurunkan berat badan.

Cara membuatnya cukup mudah, dengan bahan-bahan yang perlu disiapkan antara lain lemon yang diblender, air, bubuk cabai rawit dan sirup maple. Kegunaan dari masing-masing bahan antara lain lemon diperlukan untuk membuang racun di darah, cabai rawit untuk meningkatkan metabolisme tubuh, sedangkan sirup pohon maple ditujukan untuk menambah nutrisi dan kalori yang dibutuhkan tubuh.

Agar mendapat hasil terbaik, maka Anda perlu minum-minuman ini sekitar 6 gelas perhari. Saat konsumsi minuman ini, hindari makanan yang padat dan berlemak. Minum juga air putih sesekali, agar dapat merangsang buang air besar.

Cara membuatnya adalah isi gelas dengan air dingin, lalu masukkan perasan dari setengah lemon, pastikan biji dan pulpnya tidak ikut masuk, lalu dua sendok makan sirup maple, tambahkan bubuk cabai rawit dalam jumlah sedikit, lalu aduk merata.

Jus Lidah Buaya

Jus lidah buaya juga sangat baik untuk proses detox. Namun, bila tidak tepat membuatnya, maka bisa jadi jus lidah buaya yang Anda rencanakan akan menjadi kurang baik dan kurang efektif dalam proses detoksifikasi.

Nah, ikuti referensi berikut untuk membuat jus lidah buaya yang tepat untuk proses detox.

  • Pertama, siapkan lidah buaya dalam jumlah yang cukup, lalu kupas dan buang kulitnya dari daun lidah buaya. Sekarang, buang lapisan berwarna kuning di bawah kulit tebal tersebut dengan pisau. Atau, bisa juga dengan membilasnya di larutan air dengan cuka putih. Karena, yang dibutuhkan hanya gel lidah buaya berwarna bening saja.
  • Masukkan sekitar 2 sendok makan gel tersebut ke blender. Agar memiliki rasa yang nikmat, campurkan dengan jus jeruk, atau anggur atau rasa apa yang Anda inginkan.
  • Blender sampai lembut, lalu Anda bisa mulai menikmati minuman tersebut. Ingat setiap 2 sendok makan gel, untuk satu kali minum saja.
  • Minum secara rutin setiap hari, maka proses detoksifikasi akan menjadi lebih baik. Ada banyak lagi manfaat dari minuman ini yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi minuman ini.

Jus Semangka

Jus semangka adalah pilihan yang enak dan bergizi bagi Anda yang ingin proses detox sambil diet. Minuman ini bisa menambah nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya.

Cara membuat minuman ini, Anda memerlukan 100 gram semangka, 50 gram stroberi, 50 gram yoghurt polos, 1 sendok sirup gula dan es serut. Campurkan semuanya lalu diblender. Nikmati jus semangka segar ini setiap hari untuk hasil terbaik.

Atau, Anda bisa juga mencampurkan semangka dengan nanas untuk proses diet. Mulai dengan 1/3 buah nanas, dengan 2 irisan semangka besar, lalu jahe secukupnya. Potong kecil-kecil lalu blender. Campurkan dengan es batu agar lebih nikmat.

Campuran Mangga & Jahe

Ini kombinasi yang tepat untuk membuat cairan detox yang baik untuk tubuh. Keduanya berfungsi sama yakni untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, juga sangat baik untuk Anda yang sering merasa sakit saat datang bulan.

Caranya, potong buah ini dalam bentuk dadu, lalu campurkan dengan jahe yang seukuran 2 cm saja. Campurkan ke dalam wadah berisi air, lalu simpan di lemari es dalam waktu sekitar 1 hingga 3 jam.

Kemudian, cairan detox dari mangga dan jahe ini sudah bisa Anda nikmati. Satu wadah tersebut bisa disimpan sampai waktu 24 jam saja, yah.

Teh Hijau

Siapa yang tidak tahu dengan kandungan dari teh, apalagi teh hijau yang dinobatkan sebagai teh nomor satu dunia. Teh hijau memiliki banyak fungsi bagi tubuh, mulai dari mencegah kanker, membersihkan racun, menurunkan berat badan, mencegah penyakit alzhaimer, parkinson dan jenis penyakit lainnya. Minuman ini juga menutrisi tubuh, memberi kandungan gizi yang dibutuhkan, juga akan menjadi anti oksidan terbaik bagi tubuh.

Anda juga bisa menemukan teh hijau dengan mudah di berbagai toko atau mini market terdekat Anda. Kemudian, nikmati dengan air hangat. Agar mendapat hasil terbaik, sebaiknya tidak usah menggunakan gula. Tutup dulu gelas selama beberapa menit, agar tehnya semakin hijau dan kental.

Anda bisa menikmati teh hijau dua kali sehari, pada pagi dan sore hari. Nikmati dengan santai, sambil menikmati pemandangan sore hari, lalu biarkan cairan tersebut memberi nutrisi pada tubuh Anda.

Cuka Apel

Salah satu jenis cairan detox lainnya adalah cuka apel. Minuman ini terbukti bisa membantu menurunkan berat badan juga mengeluarkan zat-zat berbahaya dari tubuh Anda. Hampir semua penyakit degeneratif yang terjadi karena racun di dalam tubuh, bisa disembuhkan dengan proses detox.

Cara membuatnya adalah dengan menggunakan 2 sendok makan cuka sari apel mentah yang alami. Tambahkan dengan 2 sendok makan madu mentah alami juga. Campurkan dengan air hangat secukupnya. Lalu, minum setiap Anda merasa bahwa usus Anda butuh pembersihan.

Atau, Anda juga bisa menikmatinya di setiap pagi hari. Minuman ini ketika dikonsumsi secara rutin, maka bisa membersihkan hati juga menjadi nutrisi yang baik dan anti oksidan agar tubuh tidak gampang sakit.

Jus Mangga & Nanas

Satu lagi minuman yang segar, nikmat dan bisa membantu proses detoksifikasi adalah jus mangga dan nanas. Kedua buah ini memiliki kandungan vitamin, mineral dan nutrisi lainnya dalam jumlah banyak. Juga mampu untuk membuang racun di dalam tubuh, sehingga bisa menjadikan tubuh lebih kuat menghadapi radikal bebas.

Cara membuatnya adalah gunakan bahan 200 gram mangga, 100 gram nanas, 1 sendok air jeruk lemon, 100 ml air dan gunakan juga es serut agar lebih nikmat.

Minuman ini bila Anda minum dengan rutin maka akan membantu menurunkan berat badan. Jadi, diet Anda lebih berhasil, sekaligus mencegah tubuh terkena penyakit seperti stroke, liver, diabetes hingga serangan jantung.

Raspberry Cherry Smoothie

Ada lagi jenis jus yang sehat, penuh nutrisi, juga rasanya lezat loh. Namanya smoothie vanilla raspberry. Ini adalah jenis minuman yang enak, segar, namun membantu proses detox dengan baik. Nutrisi yang dikandungnya menjadikan Anda lebih sehat dalam menjalani aktifitas sehari-hari.

Cara membuatnya adalah menyiapkan bahan-bahan seperti 1/2 cangkir susu tanpa lemak. Harus tanpa lemak, yah, agar hasilnya nanti semakin baik. Siapkan juga 1 cangkir ceri beku tanpa pemanis, 1 cangkir raspberry beku tanpa pemanis, 1 cangkir yoghurt vanilli tanpa lemak, 1/4 sendok teh ekstrak vanili dan es batu untuk tambahan rasa.

Campurkan semua bahan di dalam blender, lalu blender sampai halus. Setelah jadi, langsung sajikan segera, yah.

Jus Mentimun & Kubis

Ingin mencoba jus sayuran, coba kubis dan mentimun. Rasanya juga cukup enak untuk dinikmati. Kandungannya kaya nutrisi. Salah satu yang dikandung kubis adalah asam tartarat yang berhasil menjadikan gula sebagai energi, bukan jadi lemak. Jadi, akan semakin turun berat badan Anda.

Selain itu, efek menyegarkan dari minuman ini juga akan membuat Anda lebih fresh menjalani hari. Bagi Anda penderita insomnia, jus ini bisa membuat tidur Anda lebih nyenyak dan nyaman di malam hari. Vitamin E yang dikandung keduanya juga menjadikan kulit dan mata Anda lebih sehat.

Cara membuatnya juga cukup mudah. Pertama siapkan 1/4 kepala kubis merah, dengan 1 buah mentimun. Agar lebih nikmat, campurkan 1 buah kecil jahe, 1 cangkir blueberry dan tambahkan es. Lalu, blender semua bahan dengan dicampurkan air sedikit. Tambahkan es agar lebih segar, dan minuman bergizi ini siap dinikmati.

From our editorial team

Sehat dan Menyegarkan, Minuman Detox Akan Semakin Baik Bila Dikonsumsi Rutin

Karena terbuat dari bahan yang alami, tentunya minuman detox buatan sendiri akan aman meski dikonsumsi setiap hari. Semakin sering dikonsumsi dengan kadar yang pas, maka akan semakin sehat tubuh Anda. Jadi, jangan ragu untuk mencoba membuat minuman detox sendiri di rumah, yah.