Jangan Lupa Bawakan 10 Oleh-oleh Khas Indonesia Ini Jika Berkunjung Ke Luar Negeri

Jangan Lupa Bawakan 10 Oleh-oleh Khas Indonesia Ini Jika Berkunjung Ke Luar Negeri

Jika Anda mengunjungi sanak saudara atau sahabat diluar negeri pastinya tak lengkap tanpa membawakan mereka oleh-oleh khas negeri tercinta. Bingung mencari oleh-oleh yang tepat untuk dibawa melancong ke negeri orang? Simak rekomendasi BP-Guide berikut ini!

Hendak Mengunjungi Sahabat Atau Kerabat Di Luar Negeri? Bawakan Saja Buah Tangan Khas Indonesia Yang Unik Dan Menarik

Kalau Anda kebetulan akan mengunjungi kerabat atau sahabat yang bermukim di luar negeri, oleh-oleh khas Indonesia wajib masuk ke daftar barang bawaan yang Anda bawa. Indonesia punya beragam jenis oleh-oleh khas, mulai dari makanan hingga suvenir yang bisa jadi pilihan Anda. Apa saja ya kira-kira yang bisa dibawa sebagai buah tangan? Berikut beberapa pilihan untuk Anda:

Dapatkan Oleh-oleh Khas Indonesia Di SMESCO, Jakarta

Sumber gambar mediasionline.com

Salah satu tempat yang bisa Anda tuju untuk mencari oleh-oleh khas Indonesia adalah SMESCO. Untuk Anda yang bermukim di Jakarta, SMESCO berlokasi di SME Tower, Jalan Jenderal Gatot Subroto Jakarta. SMESCO menjual berbagai produk unggulan dari seluruh Indonesia, mulai dari item fashion seperti tas, baju, gelang manik-manik, hingga makanan tradisional seperti keripik, kopi, kacang-kacangan, juga produk-produk seperti ukiran, kain tenun, dan kain batik Selain menjual oleh-oleh, di dalam gedung SMESCO juga terdapat miniatur seluruh provinsi di Indonesia yang menampilkan keunggulan dan ciri khas dari masing-masing daerah..

Oleh-oleh Khas Indonesia Untuk Dibawa Ke Luar Negeri

Sumber gambar www.wego.co.id

Anda akan mengunjungi teman atau kerabat di luar negeri? Atau teman Anda dari luar negeri bingung memilih oleh-oleh untuk dibawa pulang ke negaranya? Sarankan saja untuk membeli oleh-oleh khas Indonesia. Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya dan kearifan lokal yang menjadi ciri khasnya. Ciri khas setiap negara ini menghasilkan beragam kuliner, kerajinan, juga suvenir yang bisa dibawa pulang oleh teman Anda. Berikut jenis-jenis suvenir yang terpopuler di Indonesia:

Batik

Ingat Indonesia, ingat batik. Siapa yang tidak tahu kain khas Indonesia yang ditetapkan sebagai warisan budaya oleh UNESCO ini. Batik adalah suvenir yang paling disukai untuk dibawa ke luar negeri. Jangan lupa untuk membeli batik yang berkualitas, ya. Bagaimana sih caranya memilih kain batik yang berkualitas? Begini caranya:

  • Cari Tahu Jenis Batiknya
    Sebelum membeli batik, sebaiknya Anda mengenali dulu jenis-jenis kain batik yang ada. Ada kain batik cetak dan batik tulis. Karena batik tulis memiliki kualitas yang lebih tinggi dari batik cetak, harganya pun lebih mahal. Batik tulis dibuat secara manual dengan teknik tingkat tinggi menggunakan canting. Cara ini sangat tradisional dan memiliki nilai historis tersendiri, yang ikut membuat harganya semakin tinggi.
  • Perhatikan Jenis Bahan
    Selain jenis batik, bahan kain batik adalah hal penting yang harus Anda pertimbangkan saat membeli kain batik. Jika akan digunakan untuk sehari0hari, pilih batik dari bahan kain katun yang ringan dan mampu menyerap keringat. Jika Anda membeli batik untuk acara yang lebih formal, pilih batik tenun dari bahan sutra atau satin yang halus.
  • Perhatikan Bagian Dalamnya
    Ketika membeli kain batik, perhatikan juga kain bagian dalamnya. Kain batik yang bagus memiliki motif yang sama di bagian luar dan dalam. Hal ini menunjukkan kain tersebut telah melalui proses pembuatan yang lebih detail dan akan lebih awet ketimbang kain batik yang berbeda di bagian luar dan dalamnya.
  • Rasakan Dan Sentuh kain Batik Secara Langsung
    Untuk mengetahui apakah kain batik nyaman digunakan atau tidak, coba tempelkan kain tersebut ke kulit Anda. Jika kain terasa dingin, artinya batik tersebut nyaman digunakan dan memiliki kualitas bahan yang baik. Kain batik yang seperti ini tidak akan mudah kusam meski telah dicuci berkali-kali.

Wayang

Wayang, seni pertunjukan khas Indonesia ini tersohor hingga ke luar negeri. Wayang yang digunakan dalam seni pertunjukan banyak diminati sebagai suvenir, terutama oleh turis-turis asing. Wayang tersedia dalam berbagai jenis, bentuk, dan ukuran yakni berwujud gulungan gambar, kulit, wayang kayu, dan topeng. Namun terdapat lima jenis wayang yang paling populer: wayang beber, wayang kulit, wayang klitik (atau wayang kurcacik), wayang golek, dan wayang uwong (wayang orang). Semua jenis wayang ini dapat ditemukan di SMESCO.

Pahatan Kayu

Selain batik dan wayang, satu lagi karya seni khas Indonesia yang cukup populer adalah pahatan kayu. Setiap daerah memiliki pahatan kayu yang mencerminkan ciri khas masing-masing. Pahatan kayu dari Jawa, Bali, dan Papua adalah yang paling banyak diminati oleh turis lokal maupun mancanegara. Pahatan kayu dijual dalam berbagai bentuk seperti pajangan dinding, meja, atau tempat tissue.

Selain itu ada pula yang dibentuk sebagai hiasan seperti patung Hanoman, patung naga, topeng Bali, hingga patung Rama dan Sinta. Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp 150 ribu hingga Rp 13 juta rupiah, tergantung tingkat kerumitan pembuatannya. Jika Anda ingin membeli oleh-oleh dalam jumlah yang banyak, gantungan kunci kayu berukuran kecil bisa menjadi pilihan yang tepat, seperti yang dibuat oleh pengrajin asal Bantul, Jogjakarta. Hanya dengan merogoh kocek Rp 5 ribu saja, sebuah gantungan kunci mungil dari kayu bisa Anda miliki.

Miniatur Mainan Khas Indonesia

Indonesia memiliki banyak sekali keunikan yang menjadi ciri khasnya. Benda-benda yang Anda temui di Indonesia sehari-hari bisa menjadi buah tangan yang sangat cantik untuk mereka yang ada di luar negeri. Begitu melihat benda-benda ini, kerabat dan saudara yang bermukim di luar negeri akan langsung teringat dengan negeri tercinta. Demikian pula dengan turis yang berkunjung ke Indonesia.

Miniatur khas Indonesia seperti miniatur becak, bajaj, delman, atau sepeda kuno akan menjadi oleh-oleh yang sangat menarik. Oleh-oleh ini biasanya terbuat dari kayu atau aluminium. Harganya pun beragam, mulai dari puluhan hingga ratusan ribu rupiah. Selain miniatur berbentuk kendaraan, miniatur berbentuk gamelan, alat musik khas Indonesia juga bisa Anda jadikan oleh-oleh.

Beragam Aksesoris Nusantara

Sumber gambar abahbados.blogspot.co.id

Bagi para wanita yang sangat suka mengenakan aksesoris, oleh-oleh berupa perhiasan etnik khas Indonesia pasti akan berkesan. Indonesia memiliki kerajinan aksesoris yang khas dari berbagai wilayah di seluruh nusantara. Jka Dayak terkenal dengan kerajinan manik-maniknya yang indah, maka Jogjakarta memiliki kerajinan perak yang tak kalah menariknya. Kain tenun khas Lombok dan daerah lain di Nusa Tenggara juga bisa menjadi oleh-oleh yang menarik. Kain tenun ini bisa dibuat sebagai syal, selendang, atau baju yang menawan. Dibuat secara manual dengan tangan dan alat tradisional, kain tenun ini tentu mengandung nilai estetika tersendiri.

Snack / Cemilan Khas Indonesia

Sumber gambar www.jinjinger.com

Selain seni kerajinan, jangan lupa bahwa Indonesia juga kaya akan makanan tradisional yang khas. Setiap daerah memiliki camilan khas yang tiada duanya. Camilan ringan ini juga bisa Anda jadikan oleh-oleh, lho. Jika Anda berencana membawa camilan ini ke luar negeri, pastikan Anda memilih camilan kering yang tidak mudah basi. Tempe keripik, dodol Garut, dan Bakpia Pathok khas Jogja bisa menjadi pilihan Anda. Harga pun tak terlalu mahal, mulai dari 50 ribu rupiah saja Anda sudah bisa mendapatkan satu atau dua bungkus lho!

Kopi

Masih ingat kopi Luwak yang sempat bikin heboh sebagai kopi termahal beberapa waktu lalu? Ya, Indonesia juga kaya akan kopi. Setiap daerah, mulai Sumatera hingga Papua memiliki kopi khas tersendiri. Kualitas kopi Indonesia sendiri sudah tersohor di seluruh dunia. Kopi dari masing-masing daerah memiliki rasa dan aroma yang berbeda. Beberapa jenis kopi Indonesia yang menjadi favorit di antaranya adalah: Kopi Luwak, Kopi Java, Kopi Toraja, Kopi Gayo, Kopi Wamena, Kopi Kintamani, Kopi Sidikalang, Kopi Lanang, Kopi Sumatera, dan lain-lain. Tergantung jenis kopi dan mereknya, Anda bisa mendapatkan kopi asli Indonesia mulai dari 100 ribuan hingga 600 ribuan, bahkan lebih.

Rokok Kretek

Sumber gambar m.tempo.co

Merokok memang tidak baik untuk kesehatan dan sangat tidak disarankan. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa rokok kretek yang dibuat secara tradisional merupakan salah satu ciri khas negeri kita. Rokok kretek yang paling tradisional dilinting atau digulung menggunakan tangan dengan kulit jagung sebagai pembungkusnya. Rokok semacam ini masih dapat ditemukan di beberapa pedesaan. Rokok kretek dibuat dari tembakau asli dipadukan dengan saus cengkeh. Ketika dihisap akan terdengar bunyi kretek yang sangat khas. Harganya pun tak seberapa mahal, hanya beberapa ribu rupiah saja per bungkusnya.

Sambal Asli Indonesia

Sumber gambar www.tokomesin.com

Indonesia dikenal memiliki cita rasa masakan yang khas. Makanan di Indonesia tidak lengkap jika tidak disajikan dengan sambal. Sambal khas Indonesia pun beragam jenis dan macamnya, mulai dari sambal bajak, sambal korek, sambal terasi, sambal ijo, sambal dabu-dabu, dan sambal uleg. Berbagai aneka olahan sambal ini bisa jadi oleh-oleh yang menarik untuk dibawa ke luar negeri. Harga sambal juga bervariasi, mulai dari belasan ribu rupiah, hingga puluhan ribu rupiah tergantung merek, jenis, dan ukuran botolnya.

Mie Instan

Tahukah Anda bahwa mie instan Indonesia sangat tersohor di luar negeri? Kenapa tidak membawa mie instan saja ke luar negeri sebagai oleh-oleh? Dengan harga cukup terjangkau, antara dua ribu hingga 15 ribu rupiah per bungkus, Anda bisa membawa mie instan dengan jumlah yang banyak. Mie instan asal Indonesia telah mendunia dan dikenal di mancanegara. Tidak salah kan menyebut mie instan sebagai salah satu oleh-oleh khas Indonesia?

From our editorial team

Tak Perlu Bingung Memilih Oleh Oleh Khas Indonesia Yang Sangat Beragam

Mengunjungi sanak saudara atau kerabat di luar negeri tentu tidak lengkap tanpa membawa oleh-oleh khas Indonesia yang cukup populer. Beragam pilihan oleh-oleh bisa dengan mudah kita dapatkan dengan harga yang cukup terjangkau. Pilih buah tangan yang punya keunikan tersendiri atau makanan yang tahan lama saat dibawa bepergian. Tanyakan juga kepada saudara atau sahabatmu apa yang ia ingin Anda bawa dari Indonesia, siapa tahu ia ngidam sesuatu.