8 Oleh-oleh Khas Bangkok, Thailand yang Wajib Kamu Incar dan Bawa Pulang (2018)

8 Oleh-oleh Khas Bangkok, Thailand yang Wajib Kamu Incar dan Bawa Pulang (2018)

Tak lengkap rasanya jika berwisata di suatu daerah tanpa membawa pulang oleh-oleh khas daerah tersebut tak terkecuali saat berkunjung ke kota Bangkok Thailand. Berikut BP-Guide rekomendasikan beberapa oleh-oleh khas Bangkok yang bisa kamu bawa pulang. Simak terus ya!

Bangkok, Salah Satu Surga Belanja yang Sayang Dilewatkan

Sumber gambar www.madmonkeyhostels.com

Thailand dikenal sebagai salah satu destinasi utama bagi para pelancong di Asia Tenggara. Negeri gajah putih ini dikenal memiliki banyak objek wisata, mulai dari wisata alam, kuliner, budaya, hingga wisata belanja. Untuk urusan belanja, para wanita tak tanggung-tanggung akan menghabiskan duitnya jika kesini karena selain pakaiannya yang bermodel dan mempunyai motif yang unik, harganya juga murah. Pasar malam, pasar terapung, pasar pagi, Asiatique, pasar kaki lima, Chatuchak Weekend Market adalah beberapa pusat perbelanjaan di Thailand yang menjadi incaran para pelancong. Disini, kamu bisa mendapatkan berbagai jenis barang fashion, kosmetik, dan aksesoris dengan kualitas bagus tapi harganya murah.

Bangkok adalah ibukota negara gajah putih ini. Kota ini tercatat sebagai salah satu kota dengan laju konstruksi gedung pencakar langit tercepat di dunia. Selain itu, Bangkok juga menyajikan banyak situs-situs budaya. Tak heran, jika kota ini sering menjadi salah satu incaran para wisatawan lokal maupun asing. Ada beberapa tempat yang sering menjadi tujuan para wisatawan, seperti Wat Pho, Grand Palace, dan Wat Arun.

Tempat Belanja Oleh-oleh Populer di Bangkok

Sumber gambar travelhappy.info

Ada beberapa rekomendasi tempat belanja murah yang dapat kamu kunjungi jika sedang berada di Bangkok. Dengan budget yang minim pun kamu bisa mendapatkan beberapa item dengan kualitas yang bagus. Beberapa pusat perbelanjaan tersebut yang sangat terkenal di Bangkok adalah Platinum Fashion Mall, Pratunam Market, Chatuchak Weekend Market, Asiatique The Riverfront, Central World Bangkok, MBK (Mahboonkrong), dan Amarin Plaza.

Tempat-tempat belanja ini menjadi tempat favorit bagi para traveler karena harga yang ditawarkan murah tapi barang-barangnya gak murahan. Tak heran jika Thailand juga mendapat julukan sebagai surga belanja di Asia. Untuk menjangkau lokasi-lokasi belanja ini, kamu bisa menggunakan moda transportasi, seperti MRT (Metropolitan Rapid Transit), bus, hingga BTS (Bangkok Sky Train).

The Platinum Fashion Mall

Sumber gambar www.timeinthai.com

Bagi kamu yang doyan berburu produk-produk fashion dari Korea, Hongkong, Jepang, Tiongkok, dan negara-negara lainnya, silahkan datang ke The Platinum Fashion Mall. Disini, kamu bisa mendapati berbagai produk import seperti pakaian, tas, sepatu, hingga aksesoris lainnya. Platinum Fashion Mall terletak di Jalan Petchburi dan mulai buka dari jam 11 pagi hingga jam 9 malam, sedangkan jika weekend terbuka pukul 10 pagi hingga pukul 21.30 malam. Jika ingin datang kesini, kamu bisa memilih skytrain dan turun di Chit Lom lalu berjalan sekitar 15 menit menuju kawasan Ratchaprarop. Sebaiknya hindari naik taksi karena lokasi ini sangat macet.

Selain produk fashion, kamu juga bisa mencicipi aneka makanan khas Thailand disini. Bagi kamu yang ingin berbelanja tas dan sepatu, silahkan langsung ke lantai dua teratas Platinum. Berbelanja di Platinum bisa mendapatkan diskon sekitar 10% hingga 30% untuk pembelian lebih dari satu jenis barang. Jika kamu berniat untuk belanja yang banyak, silahkan membawa koper beroda dan uang tunai untuk mempermudah kamu membawa barang bawaan.

Pratunam Market

Sumber gambar www.placesandfoods.com

Selain The Platinum Fashion Mall, pastikan juga untuk mengunjungi Pratunam Market. Disini, kamu bisa mendapatkan berbagai jenis sepatu, tas, aksesoris, dan souvenir dengan harga yang sangat terjangkau, apalagi bila kamu beli grosiran. Misalnya saja harga dress 150 Baht (sekitar 58 ribu rupiah) per potong, bisa jadi 80 Baht (sekitar 31 ribu rupiah) per potong jika kamu beli grosiran.

Sayangnya, meskipun murah, barang jualan tidak boleh dicoba atau dicampur untuk mendapatkan potongan harga. Pratunam market memiliki banyak kios kecil yang tersebar mulai dari Baiyoke tower I hingga Baiyoke tower II dan 24 jam non stop, meskipun ada beberapa toko yang baru terbuka jam 10 pagi hingga jam 9 malam. Di sekitar Baiyoke tower II, terdapat beberapa tenda yang menjual berbagai jenis produk-produk fashion dan biasanya tertutup jam 5 subuh.

Jika kamu ingin berbelanja di tempat ini, silahkan naik BTS dan turun di BTS Ratchathewi station exit 4, lalu jalan hingga perempatan dan belok ke kanan menuju kawasan Petchuri road. Pasar ini terletak tepat di tikungan Ratchaprop Road dan Petchuri Road. Jika masih bingung, silahkan check di google maps dan masukkan kata kunci “Pratunam Market Thailand”.

Tempat ini juga dekat dengan KBRI. Jika kamu berbelanja disini, jangan takut menawar dan jangan lupa mengecek barang sebelum membelinya karena barang yang sudah dibayar tidak dapat ditukar kembali. Sebaiknya hindari jam waktu kerja atau sibuk karena ini adalah kawasan macet.

Chatuchak Park

Sumber gambar www.bangkok.com

Pusat perbelanjaan lainnya adalah Chatuchak Weekend Market. Pasar ini hanya dibuka pada hari Sabtu atau Minggu. Terdapat banyak kios yang menjual berbagai jenis produk fashion, seperti kalung, pakaian, souvenir, tas, hingga makanan. Harga yang dibanderol pun tidak terlalu mahal, apalagi jika kamu pandai menawar maka akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah.

Untuk menuju kawasan ini, kamu cukup naik BTS dari Ratchathewi, lalu turun di Mo Chit dan keluar di exit 1. Kios-kios disini terbagi dalam beberapa kategori sehingga memudahkan kamu untuk berbelanja, seperti:


  • Baju dan aksesoris berada di sections 2-6, 10-26.
  • Keramik berada di sections 11, 13, 15, 17, 19, 25.
  • Makanan dan minuman berada di sections 2, 3, 4, 23, 24, 26, 27.
  • Furniture rumah berada di sections 1,3,4,7,8.
  • Barang kerajinan tangan berada di sections 8-11.
  • Tanaman dan perlengkapan berkebun berada di sections 3, 4.
  • Barang-barang antik berada di sections 1, 26.
  • Barang kesenian berada di section 7.
  • Buku berada di sections 1, 27.
  • Binatang peliharaan dan aksesoris berada di sections 8, 9, 11, 13.
  • Baju-baju bekas berada di sections 2, 3, 4, 5, 6, 22, 25, 26.

Chatuchak Weekend Market pada hari Sabtu dan Minggu buka pada jam 9 pagi hingga jam 6 sore. Sedangkan pada hari Jumat buka pada pukul 6 sore hingga jam 12 malam waktu Thailand. Jika kamu ingin pergi kesini, silahkan naik BTS dan turun di BTS Mo Chit Park station exit no.1.

Bisa juga naik MRT dan turun di Chatuchak Park station (exit no.1), lalu jalan dan silahkan mengikuti keramaian orang hingga masuk pintu kecil. Di Chatuchak terkenal 2 istilah, yaitu kamu tidak akan masuk dan keluar dari pintu yang sama karena pasar ini sangat luas, serta kamu dijamin akan membawa keluar beberapa macam barang karena disini, semua produk jualan pasti akan membuatmu tergiur untuk membelinya.

Asiatique

Sumber gambar cavinteo.blogspot.co.id

Pusat perbelanjaan lainnya datang dari Asiatique The Riverfront yang merupakan Mall terbuka dan berada di tepi Sungai Chao. Disini, kamu akan disajikan dengan berbagai jenis pilihan makanan khas Thailand lengkap dengan Mekhong bianglala terbesar di Bangkok. Kamu tidak perlu khawatir makan disini, karena ada berbagai jenis makanan halal juga yang dijual. Selain itu, kawasan ini juga menawarkan berbagai macam produk jualan yang harganya jauh lebih murah dari Chatuchak Market.

Kamu juga bebas menawar, tapi jangan menawar dengan harga yang kelewatan banget yah! Asiatique terletak di Charoen Krung Road, Bangkok. Untuk sampai disini, kamu bisa menaiki bus dengan berbagai nomor rute tujuan atau naik BTS dan turun di stasiun Saphan Taksin. Setelah itu, jalanlah menuju ujung terminal BTS hingga kamu menemukan pintu exit dengan eskalator menuju lantai bawah (jalan raya). Jalanlah sekitar 100 m lagi ke depan hingga menemukan dermaga Sathorn Pier. Naiklah Shuttle boat yang menuju Asiatique. Biasanya Shuttle boat ini berada di paling kiri dermaga dan gratis, kecuali jika kamu menaiki Express boat harus membayar. Ada yang harganya murah dan mahal. Jalur pulangnya pun sama seperti jalur datang.

Asiatique mulai buka pada pukul 5 sore hingga setengah 12 malam. Jika kamu penasaran dengan tempat ini, sebaiknya sudah sampai ditempat ini pada sore hari ketika belum ramai biar kamu bebas mengambil foto. Asiatique dulunya merupakan gudang pelabuhan sungai, namun telah direnovasi menjadi kawasan wisata belanja. Asiatique terdiri dari 4 distrik, yaitu Town square, Waterfront dengan neon lampu Asiatique yang menjadi ikon, factory, dan Charoenkrung.

Central World dan Siam

Sumber gambar www.tokopedia.com

Pusat perbelanjaan murah lainnya dapat kamu jumpai di Central World Bangkok. Disini, kamu bisa menemukan berbagai jenis produk fashion yang dijual mulai dari brand-brand ternama. Tempat ini juga terkenal sebagai pusat penjualan jam tangan. Central World Bangkok terletak di Rachaprasong junction dan buka mulai pukul 10 pagi hingga 10 malam. Untuk sampai ke tempat ini, kamu bisa menaiki BTS skytrain dan turun di stasiun Siam. Central world dan Siam Paragon dihubungkan oleh jembatan Skywalk. Sebaiknya hindari naik taksi karena kamu bisa terjebak macet.

MBK Center

Sumber gambar www.flickr.com

MBK atau yang lebih akrab dikenal dengan sebutan Mahboonkrong adalah salah satu pusat perbelanjaan yang juga ramai pengunjung di Bangkok. Letaknya sangat strategis dan dilewati oleh satsiun BTS. Kamu bisa naik BTS dan turun di National Stadium Station. Selain itu, MBK sangat dekat dengan SIAM Discovery dan menjual banyak makanan khas Thailand, salah satunya adalah makanan kripik durian.

MBK sangat dekat dengan Siam Paragon Mall dan Pratunam Market. Jika kamu ingin naik taksi ke tempat ini atau pulang dari tempat ini, pastikan memperhatikan jenis taksi yang kamu naiki. Jangan sampai tertipu oleh supir taksi. Pakailah taksi yang ber-argo. Sayangnya, pada pukul 5 sore hingga pukul 7 malam, taksi susah didapat karena kemacetan lalu lintas. MBK buka pada pukul 10 pagi hingga pukul 10 malam. Konon katanya, MBK adalah pusat perbelanjaan orang-orang Indonesia.

Amarin Plaza

Sumber gambar www.tripadvisor.com

Tempat belanja lainnya yang jangan sampai kamu lewatkan adalah Amarin Plaza. Tempat ini menjual berbagai jenis produk fashion Thailand, seperti sutera asli Thailand. Kainnya sangat lembut dan tentunya dibanderol dengan harga yang murah aykni berkisar 300 Baht atau 90 ribu rupiah.

Selain itu, kamu juga bisa menemukan aneka produk fashion lainnya, seperti furniture, kosmetik, dan alat-alat kesehatan. Amarin Plaza berlokasi di Ploenchit road dan tidak terlalu jauh dari pusat kota Bangkok. Jika ingin sampai di tempat ini tanpa harus mengalami kemacetan, silahkan naik BTS skytrain dan turun di stasiun Chitlom. Mall ini tepat berada di bawah pintu keluar stasiun.

Bingung Harus Membeli Oleh-oleh Apa untuk Dibawa Pulang? Cek Rekomendasi BP-Guide Berikut!

Jika kamu sudah puas menikmati wisata alam, budaya, dan kuliner di Thailand, saatnya melakukan wisata belanja untuk membawa pulang beberapa souvenir sebagai oleh-oleh. Ada berbagai jenis barang yang bisa kamu beli dan berikan kepada kerabat-kerabat kamu, seperti gantungan kunci, pernak-pernik khas Thailand, kaos Thailand, keripik durian, celana muay thai, hingga kain sutera asli Thailand.

Rasanya liburan itu kurang afdol jika tidak membawa pulang oleh-oleh. Agar kamu tidak bingung, berikut kami rekomendasikan beberapa produk yang bisa dijadikan buah tangan untuk kerabat di Tanah Air.

Kaos Bangkok

Kaos khas Thailand dengan gambar gajah boleh jadi pilihan pertama kamu. Kaos Thailand dominan terbuat dari cotton combed 20s/30s dengan berbagai motif dan ukuran. Ada ukuran untuk anak-anak hingga orang dewasa. Jika kamu ke Pattaya, pastikan untuk membeli kaos Thailand bertuliskan “I Love Pattaya”.

Kaos Thailand dapat kamu beli di beberapa pusat perbelanjaan di atas, seperti Platinum Fashion Mall atau Pratunam Market. Biasanya, untuk ukuran anak-anak dibanderol dengan harga 80 Baht atau sekitar 30 ribu rupiah, sedangkan untuk orang dewasa berkisar 100 Baht hingga 110 Baht atau setara dengan 40 ribu hingga 43 ribu rupiah.

Celana Muay Thai

Sumber gambar www.bukalapak.com

Celana boxing atau yang biasa disebut Celana Muay Thai juga boleh jadi alternatif pilihan. Celana ini 100% original import Thailand yang dijual dengan harga murah. Sangat nyaman digunakan untuk sehari-hari atau latihan Muay Thai. Biasanya, celana ini memiliki tampilan yang agak ramai namun tetap terlihat keren ketika digunakan.

Jika ada kerabat kamu yang gemar Boxing, celana Muay Thai ini adalah pilihan yang tepat. Untuk mendapatkan celana Muay Thai ini, kamu hanya perlu mengeluarkan 300 Baht atau 117 ribu rupiah dari dalam dompet mu. Kamu bisa membelinya di Platinum Fashion Mall, MBK, atau Cathuchark market.

Tas Gajah

Sumber gambar id.aliexpress.com

Tas dengan motif Negeri Gajah Putih ini juga bisa menjadi oleh-oleh yang dapat kamu bawa pulang. Harga yang dibanderol untuk satu jenis tas ini berkisar 100 Baht atau 40 ribu rupiah. Kamu bisa membelinya di Chatuchak Market.

Keripik Durian

Beralih ke makanan, Keripik durian boleh jadi cinderamata ketika kamu hendak balik ke Tanah Air. Jangan khawatir, karena keripik ini halal untuk dimakan. Meskipun Indonesia juga kaya akan Durian, tapi Durian Thailand memiliki citarasa yang berbeda.

Tidak ada salahnya jika kamu memberikan keripik durian ini sebagai oleh-oleh, apalagi bagi kerabat yang doyan makan durian. Kamu bisa membeli keripik ini di Mini Market atau toko oleh-oleh di Thailand dengan estimasi harga berkisar 65 Baht hingga 100 Baht atau setara dengan 25 ribu hingga 40 ribu rupiah.

Sutra Thailand

Sumber gambar akudankopi.wordpress.com

Salah satu daftar benda yang menjadi incaran para wisatawan untuk dijadikan cinderamata adalah kain sutera khas Thailand. Kain sutera ini memiliki berbagai corak dan warna. Ada juga jaket sutera, kemeja sutera, dompet sutera, syal sutera, selendang sutera, piyama sutera, dan masih banyak lagi.

Tempat yang kami rekomendasikan bagi kamu yang tertarik dengan kain sutera Thailand adalah pasar Chatuchak, Jim Thompson Houes, Amarin Plaza, dan Mahboonkrong Mall. Biasanya, kain sutera per meternya dibanderol dengan harga berkisar 300 Baht atau setara dengan 117 ribu rupiah. Jangan khawatir karena kain sutera yang dijual disini 100% asli.

Manisan Buah

Sumber gambar thaifoodandtravel.com

Selain keripik durian, jenis makanan lainnya yang bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh adalah manisan Thailand. Bahan-bahan dasar yang digunakan tentu saja adalah buah-buahan organik yang sangat enak.

Ada dua jenis manisan Thailand, yaitu manisan kering dan acar. Manisan Thailand bisa kamu dapatkan di Chatuchark Weekend market, Platinum Fashion Mall, atau pusat perbelanjaan oleh-oleh khas Thailand. Harga jual manisan ini berkisar 45 Baht hingga 100 Baht atau sekitar 17 ribu hingga 40 ribu rupiah.

Fashion Item

Aksesoris seperti kalung, pernak-pernik, gantungan kunci, dan aksesoris jenis lainnya juga menjadi banyak pilihan para wisatawan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Jika kamu ingin membeli aksesoris ini, silahkan berbelanja di MBK Mall atau Platinum Fashion Mall.

Biasanya, untuk kalung dijual dengn harga berkisar 200 Baht atau sekitar 60 ribu rupiah, cincin sekitar 60 Baht atau berkisar 23 ribu rupiah, sedangkan untuk jenis busana seperti dress, atasan, dan rok dijual dengan harga berkisar 250 Baht atau sekitar 97 ribu rupiah.

Tas juga tergolong murah karena dibanderol dengan harga berkisar 600 Baht atau sekitar 234 ribu rupiah. Begitupun dengan kemeja pria juga memiliki harga yang sangat terjangkau, yakni 290 Baht atau sekitar 113 ribu rupiah untuk dua baju.

Thai Tea Dan Snack

Sumber gambar www.tokopedia.com

Selain keripik durian dan manisan, jenis minuman Nestea sering menjadi buah tangan bagi para wisatawan. Nestea merupakan jenis minuman siap saji yang sangat khas dari Thailand. Jangan khawatir karena minuman ini sudah dinyatakan halal sehingga aman untuk dibawa pulang.

Biasanya, Nestea cenderung diberikan kepada anak-anak atau pecinta susu dan teh karena minuman ini terbuat dari susu dan teh. Jika kamu tertarik dengan minuman ini, silahkan berkunjung ke minimarket terdekat atau pusat perbelanjaan oleh-oleh khas Thailand. Nestea biasa dijual dengan harga berkisar 99 Baht atau sekitar 38 ribu rupiah isi 12 sachet.

Itulah beberapa tempat yang dapat kamu kunjungi ketika sedang berada di Thailand. Kamu juga bisa membeli beberapa produk yang kami rekomendasikan di atas untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Semoga hari kamu menyenangkan yah di Negeri Gajah Putih ini.

From our editorial team

Jangan Sampai Pulang Tanpa Oleh-oleh jika Berkunjung ke Negeri Gajah Putih

Bangkok memang dikenal sebagai salah satu destinasi wisata populer di Asia yang memiliki banyak tempat wisata dan budaya yang menarik. Jika kamu berkunjung ke negara ini, sempatkan juga untuk mampir di pusat perbelanjaan yang menjual oleh-oleh khas Bangkok. Oleh-oleh ini tentunya akan membuat keluarga atau sahabatmu senang atau bisa juga kamu jadikan sebagai kenang-kenangan. Pastikan kamu membeli oleh-oleh sesuai budget yang kamu miliki dan membeli di tempat yang tepat. Selamat belanja!