Jangan Sampai Skip Belanja 9 Oleh-oleh Unik dan Terjangkau Ini di Thailand! (2018)

Jangan Sampai Skip Belanja 9 Oleh-oleh Unik dan Terjangkau Ini di Thailand! (2018)

Mau wisata belanja yang murah? Thailand bisa menjadi jawabannya. Di sini beraneka macam barang dengan berbagai harga bisa ditemukan. Anda hanya perlu mencari barang yang sesuai selera dan kebutuhan serta pintar-pintar menawar harga. Simak rekomendasi oleh-oleh khas Thailand berikut ini agar Anda tidak kebingungan saat belanja di Thailand.

Thailand, Destinasi Wisata di Asia Tenggara yang Populer

Tempat wisata populer di Asia tak hanya sebatas Indonesia, Vietnam, Jepang atau Korea Selatan. Di Asia khususnya bagian Tenggara ada Thailand yang juga banyak mencuri perhatian. Negara ini banyak dikunjungi wisatawan yang penasaran akan keindahan alam serta kekentalan budayanya.

Setiap tahun jumlah wisatawan asing di Thailand terus meningkat. Hal ini membuat negara ini menduduki posisi ke-7 dalam survei destinasi wisata favorit di Asia. Beragam objek wisata indah nan memukau seperti pantai Phi Phi Island sampai aneka situs budaya yang dilestarikan patut dilirik. Biaya yang tak terlalu mahal juga jadi pertimbangan wisatawan Indonesia untuk mengunjungi tempat ini. Nah, jadi tunggu apalagi, yuk segera berkunjung ke Thailand!

Berkunjung ke Thailand Tidak Lengkap Tanpa Membawa Oleh-oleh

Kalau sudah berwisata, pasti Anda juga ingin membeli oleh-oleh. Thailand memiliki beragam oleh-oleh dengan harga terjangkau. Dengan harga yang murah, maka cinderamata yang dibawa pulang pun bisa lebih banyak.

Anda bisa melirik aneka kain sutera khas Thailand, atau produk spa herbal, hingga aneka barang antik. Bumbu khas masakan Thailand, aneka baju, serta pajangan pun bisa Anda beli dengan harga terjangkau di sini. Jangan lewatkan juga untuk membeli tas atau barang tradisional lainnya, ya.

Untuk membeli oleh-oleh, sejumlah tempat di Thailand bisa dikunjungi. Ada Central Department Store di Bangkok yang siap memenuhi kebutuhan Anda. Bisa juga ke Pantip Plaza yang ada di kawasan Pratunam bagi pencinta mode yang ingin belanja kebutuhan pakaian terkini dan terlengkap.

Tak salah juga jika ingin mengunjungi pasar tradisionalnya. Harganya tentu lebih miring. Chatuchak Weekend Market jadi tempat belanja favorit banyak wisatawan, lo. Ini merupakan salah satu pasar tradisional yang menyediakan aneka barang klasik. Bisa juga mendatangi pasar malam Thailand yang ada di Suan Lum Night Bazaar. Pasar malam ini buka mulai pukul 5 sore.


Siap Berburu Oleh-oleh dari Thailand? Perhatikan Tips Ini, Ya!

Jangan Ragu Menawar

Namanya belanja pasti bakal kurang greget kalau belum menawar, ya. Nah, jika belanja di pasar tradisional Thailand, jangan lupakan kebiasaan Anda dalam menawar barang. Sah-sah saja jika Anda menawar 10 sampai 40 persen lebih rendah dari harga asli. Tentu saja menawarnya jangan terlalu ngotot, ya. Lakukan secara sopan dan gunakan sedikit rasa humor. Perlu diperhatikan jika suatu barang sudah dilabeli harga, berarti Anda tak bisa lagi menawar. Selain itu, jangan perlihatkan rasa antusias terhadap barang yang sedang ditawar. Belajar bahasa Thailand juga bisa jadi cara ampuh untuk menawar barang.

Pembeli Borongan juga Bisa Dapat Diskon

Kalau mau beli oleh-oleh, membeli secara grosir tentu lebih menguntungkan buat Anda. Dengan cara ini Anda bisa menawar harga sekaligus mendapat banyak barang dengan harga lebih murah. Semakin banyak barang yang dibeli, semakin murah harganya. Saat hendak membeli secara borongan, tanyakan juga berapa diskon yang Anda dapat. Jangan ragu mendiskusikan hal ini agar Anda tak merugi.

Usahakan untuk Menggunakan Mata Uang Bath dan Hindari Menggunakan Kartu Kredit

Jika ingin belanja di luar negeri, Anda tentu harus menyiapkan uang dengan mata uang negara yang dituju. Pantaulah kurs dan nilai tukar mata uang. Jadi saat berkunjung ke Thailand, siapkan sejumlah uang Bath untuk berbelanja terutama saat berbelanja di pasar tradisional. Jadi Anda tak perlu repot-repot menggunakan kartu debit, apalagi menggesek kartu kredit. Tempat-tempat penukaran uang yang tepercaya di Thailand misalnya saja adalah X-One Currency Exchange Center dan Sia Money Change yang berada di Bangkok.

Beda Toko Beda Harga

Di Indonesia, harga suatu barang di suatu toko bisa berbeda dengan toko lainnya. Ini juga terjadi di Thailand. Untuk itu tak ada ruginya jika Anda mengecek barang yang hendak dibeli lalu cari tahu informasi tempat pembeliannya di internet. Jangan ragu untuk membandingkan antara harga satu toko dengan lainnya. Jika tak berhasil menawar di suatu toko, segera beralih ke toko lainnya. Meski sedikit melelahkan, cara ini akan menguntungkan jika Anda berhasil mendapatkan harga yang lebih murah.

Coba Intip-intip Transaksi Orang Lain

Nah, cara yang satu ini juga bisa Anda lakukan jika ingin mendapat harga murah. Perhatikan saat wisatawan lain memilih dan menawar barang. Anda bisa juga memperhatikan penduduk lokal yang tengah berbelanja dan berapa harga yang diberikan kepada penduduk lokal. Dengan begini Anda bisa berbelanja dengan lebih aman dan mudah.

Waspada Terhadap Barang Palsu

Berbelanja di mana saja tentu wajib mewaspadai barang palsu, ya. Barang yang memiliki harga yang lebih miring dibandingkan yang lain bisa menjadi indikasi barang palsu. Telitilah sebelum membeli agar Anda tak rugi, apalagi saat sedang berada di negara orang.

Sudah Siap Belanja? Jangan Bingung, Ini Dia Rekomendasi Oleh-oleh Khas Thailand dari Kami

Teh Bubuk Thailand

Oleh-oleh yang satu ini bisa jadi barang wajib untuk dibawa pulang. Anda Yang suka teh susu sudah pasti tak mau melewatkan untuk membeli teh bubuk khas Thailand ini, ya. Perlu diketahui tehnya berwarna oranye namun baunya sangat harum. Untuk rasanya, teh Thailand ini sangat manis. Umumnya yang terkenal adalah merek Nestea. Harga per bungkusnya adalah Rp 60 ribuan.

Salah satu pasar swalayan di Bangkok yaitu Big C Superstore yang ada di Pratunam menyediakan teh ini. Pasar swalayan ini buka dari pukul 9 pagi hingga 11 malam. Bubuk teh ini dijual juga di pasar tradisional Chatuchak, Bangkok.

Kaos Thailand

Beli kaos untuk oleh-oleh sudah sangat tepat. Bermanfaat bagi si penerima karena bisa dikenakan. Selain itu kaos ini bisa juga menunjukkan bahwa Anda sudah pernah mengunjungi Thailand. Anda bisa pilih kaos bergambar tempat-tempat khas di Thailand atau kaos bertuliskan kata “Thailand”.

Untuk membeli oleh-oleh yang satu ini ada banyak tempat yang bisa dijelajahi. Anda bisa ke pasar tradisional Chatuchak atau pasar malam Victory Monument di Bangkok yang buka mulai jam 10 pagi sampai 10 malam. Jika tak ingin membeli di pasar tradisional, Anda bisa mendapatkan kaos khas Thailand di Platinum Mall yang ada di Ratchatlewi, Bangkok. Untuk kaos ini sehelainya dijual dengan harga mulai dari Rp 30 ribuan, tergantung bahan dan modelnya.

Mi Instan Mama

Sumber gambar www.amazon.com

Mi instan bisa juga lo didapatkan di Thailand. Mi instan Mama adalah mi instan andalan khas negeri gajah putih ini. Satu pak mi terdiri dari tiga bungkus mi instan dengan harga sekitar Rp 28 ribuan. Anda bisa memilih rasa seperti daging babi cincang, ayam, kari hijau, spicy cheese, atau shrimp creamy tom yum yang pasti bikin ketagihan. Nah, segera deh kunjungi Supermarket Big C yang ada di kawasan Pratunam untuk mendapat produk ini.

Kripik kelapa

Sumber gambar www.ebay.com

Aneka olahan kelapa yang unik dan khas bisa Anda dapatkan di Thailand. Ya negara ini memang menyukai kelapa sehingga ada banyak produk dengan bahan dasar kelapa yang Anda temukan disini. Salah satu yang populer adalah keripik kelapa yang renyah dan manis.

Sudah dikenal di berbagai negara, keripik kelapa khas Thailand ini bisa dibeli di pasar swalayan yang ada di Chit Lom BTS Station, Distrik Pathum Wan, Bangkok. Bisa juga ke pasar tradisional atau ke Asiatique The Riverfront yang ada di Bangkok. Harga satu paknya sekitar Rp 60 ribuan dan dalam satu kemasan berisi 4 bungkus.

Mae Pranom Shrimp Flavored Crushed Chili

Sumber gambar www.amazon.com

Mae Pranom Shrimp Flavored Crushed Chili merupakan cabai kering bubuk dengan rasa udang. Cabai kering ini nikmat dimakan bersama nasi atau ditambahkan ke dalam sup. Segera beli produk ini di Gourmet Market yang ada di Siam Paragon, Bangkok. Bisa juga mendapatkannya di Platinum Mall serta Stasiun Siam. Harganya sekitar Rp 28 ribuan dengan ukuran kemasan 134 gram.

Celana Sarung (Thai Pants)

Jenis busana khas Thailand yang bisa dibeli adalah celana sarung. Ini adalah celana yang memiliki potongan lebar di pinggang. Benda yang satu ini biasa dikenakan penduduk setempat. Untuk memperolehnya mudah karena bisa dibeli di pasar tradisional dan mal. Tempat yang populer menjual celana sarung ini adalah di sekitar Kho San Road, Bangkok. Anda juga bisa membelinya di Mall Mah Boon Kroong di Bangkok yang buka mulai jam 10 pagi. Harganya sekitar Rp 31 ribuan per buah.

Sabun Beras

Beras wangi thailand memang sangat ternama. Nah tak perlu beli berasnya, Anda bisa beli sabun beras wangi khas Thailand untuk oleh-oleh. Khasiat sabun ini selain untuk memutihkan dan mengencangkan kulit sekaligus mencegah jerawat, lo. Bagusnya lagi sabun ini cocok untuk segala jenis kulit. Anda bisa mendapat sabun seharga Rp 35 ribuan ini di Time Square Sukhumvit 12 di lantai 2. Bisa juga mendapatkannya di pasar tradisional Dan Chiang Mai.

Miniatur Tuk-tuk

Sekarang saatnya beli cenderamata yang bisa dipajang, nih. Miniatur tuk-tuk bisa menjadi pilihan Anda. Tuk-tuk yang mempunyai tiga roda layaknya bajaj ini menjadi transportasi umum khas Thailand. Untuk mendapatkan miniatur ini, kunjungi pasar tradisional atau Mah Boon Krong. Bisa juga ke pasar-pasar terapung dan Platinum Mall. Untuk mendapatkan pajangan unik ini, Anda perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 30 ribuan- Rp 60 ribuan.

Mango Sticky Rice

Ini adalah makanan pencuci mulut yang sangat khas dari Thailand. Ketan dengan irisan mangga dengan siraman saus santan ini sangat nikmat dan gurih. Jajanan ini mudah ditemukan baik di pinggiran kaki lima hingga di restoran yang mahal.

Silakan kunjungi pasar seperti Sor Boonprakob di daerah Charoenkrung yang mulai buka jam 6 pagi. Bisa juga membelinya di Kor Panich, Tanao Road yang buka mulai jam 7 pagi. Nah, untuk harganya rata-rata adalah sekitar Rp 77 ribuan per porsi.

From our editorial team

Menggunakan Transportasi Umum di Thailand Harus Waspada

Jika ingin berburu oleh-oleh di Thailand, Anda tentu memerlukan transportasi selama berada di sana. Untuk menghemat biaya, gunakan transportasi umum seperti yang digunakan oleh masyarakat setempat. Sistem transportasi di Thailand sudah bagus dan terintegrasi satu sama lain. Dengan begitu Anda mudah mencapai tempat-tempat yang akan dituju.