Jangan Lupa 10 Suvenir Thailand yang Unik untuk Dijadikan Buah Tangan (2018)

Jangan Lupa 10 Suvenir Thailand yang Unik untuk Dijadikan Buah Tangan (2018)

Bila berwisata ke Thailand, rasanya akan tidak lengkap apabila kita tidak membawa buah tangan dari sana. Suvenir tersebut tentu akan diberikan kepada sanak famili dan teman-teman dekat. Bukan hanya itu, suvenir tersebut akan kita jadi barang pribadi juga sebagai bukti bahwa kita pernah ke Thailand. Inilah rekomendasi suvenir Thailand yang unik dan menarik.

Thailand Memiliki Berbagai Ragam Souvenir Unik yang Bisa Kamu Bawa Pulang

Negeri Gajah Putih, atau yang lebih terkenal dengan sebutan Thailand, merupakan negara yang kaya akan berbagai tempat wisata alam, pantai, dan kulinernya, di mana seringkali kekayaan ini membuat para wisatawan bingung untuk mengunjungi yang mana terlebih dahulu.

Satu lagi keunikan negara yang memiliki pemandangan Sungai Mekong, Taman Nasional Phu Rua, dan Chiang Rai ini adalah gajah. Ya, kamu dapat menjumpai banyak macam souvenir Thailand yang berbentuk atau bergambar gajah.

Berbagai souvenir Thailand unik lainnya juga dapat kita jumpai, misalnya yang terdapat pada poin-poin rekomendasi artikel souvenir Thailand unik ini, yang akan BP-Guide jabarkan setelah tips berbelanja souvenir di Thailand.

Tips Berbelanja Souvenir di Thailand

Siapkan Kalkulator

Sumber gambar c1.staticflickr.com

Sebelum benar-benar menyiapkan kalkulator, kamu perlu membuat daftar jenis dan kuantitas barang belanjaan yang akan kamu belanjakan beserta dengan estimasi harganya. Saat mengestimasi harga ini, memiliki kalkulator akan sangat membantu kamu untuk mencari harga souvenir Thailand murah yang optimal.

Meskipun para penjual juga menyiapkan kalkulator, kemampuan untuk menghitung dengan kalkulator yang kamu miliki akan melancarkan transaksi yang terjadi, terutama untuk transaksi tawar-menawar. Jangan lupa, kalkulator ini juga menjadi "malaikat penyelamat"-mu ketika pedagang yang bersangkutan tidak dapat berbicara dengan Bahasa Inggris.

Tawar hingga 30-40%

Dari antara para pedagang yang menerapkan kebijakan "Harga Pas", ada beberapa yang bersedia barang dagangannya ditawar. Mereka yang bersedia barang dagangannya ditawar ini biasanya akan melihat pada apa yang dikenakan pengunjung, kemudian memberikan harga yang pantas. Idealnya, saat berbelanja souvenir Thailand, angka sekitar 30 hingga 40 persen di bawah harga pertama yang disebutkan merupakan angka yang optimal untuk menawar harga. Setelah itu, kamu dapat memberikan uangmu kepada pedagang dan mengatakan hal-hal seperti, "Hanya ini uang yang saya miliki".

Membeli dalam Jumlah Banyak

Sumber gambar cdn2.hubspot.net

Di beberapa lokasi belanja souvenir Thailand, seperti Khao San Road, Chatuchak Weekend Market, Asiatique The Riverfront, Pratunam Market, dan MBK (Mah Boon Krong) Center, seringkali membeli dalam jumlah banyak merupakan solusi untuk mendapatkan harga yang murah. Sebenarnya, kamu cukup mengatakan kepada penjual bahwa kamu tertarik untuk membeli grosir atau jumlah banyak pada salah satu jenis barang mereka.

Di saat yang bersamaan, kamu juga perlu hati-hati dengan pedagang yang men-charge bonus "ini dan itu" saat membeli dalam jumlah yang banyak. Dalam hal ini, yang kamu perlukan adalah memberanikan diri untuk meminta diskon dan tawar-menawar sekuatnya hingga pedagang menyerah.

Pura-pura tidak Terlalu Tertarik

Kamu dapat memberikan kesan pura-pura tidak terlalu tertarik ini dari ekspresi wajahmu. Para pedagang, khususnya orang lokal yang berasal dari daerah Bangkok, biasanya cukup pintar untuk melihat ekspresi wajah seseorang, lalu mengganjar mereka yang terlihat tertarik dengan harga yang mahal.

Kamu dapat memasang ekspresi wajah yang biasa-biasa saja saat melihat barang dagangan yang mereka tunjukkan. Bila mereka tetap tidak ingin bernegosiasi harga, mirip di Indonesia, kamu dapat berpura-pura meninggalkan kios mereka sehingga mereka yang mengejar kamu dan memberikanmu harga khusus.

Sabar dan Cari Toko Lain

Banyaknya pilihan toko dan pusat perbelanjaan unik dan murah di Thailand, termasuk kota Bangkok, membuat kamu tidak boleh bergantung pada satu toko saja untuk membeli souvenir Thailand karena beberapa toko harganyalah yang paling murah. Dari sini, kamu perlu bersabar, siapa tahu ternyata ada pusat perbelanjaan lain yang menjual aneka barang dengan harga lebih murah, tapi tidak pasaran, seperti Chatuchak Weekend Market di Bangkok yang letaknya tidak jauh dari Indonesia.

Souvenir khas Thailand yang Unik

Sumber gambar www.world-wide-gifts.com

Bangkok, Pattaya, dan Phuket merupakan 3 kota di Thailand yang dijadikan tempat untuk berburu souvenir khas Thailand yang unik. Ketiga kota tersebut menyediakan aneka souvenir khas Thailand yang unik, seperti aneka souvenir di Wat Arun, lantai atas MBK, Platinum, dan magnet kulkas di Jalan Pantai Pattaya dekat Mike Mall.

Ada juga aneka permen cokelat dengan harga sekitar Rp 10.000 yang dapat kita jumpai sebagai souvenir Thailand. Lebih lengkap mengenai aneka souvenir Thailand dapat kita lihat pada poin-poin berikut ini.

Porselen Benjarong

Sumber gambar previews.123rf.com

Motif keramik Porselen Benjarong yang merupakan campuran dari motif Tiongkok kuno dan Thailand tradisional merupakan daya tarik utama dari produk home industry Thailand satu ini sehingga membuatnya cocok dijadikan souvenir Thailand yang berharga. Tingkat ketelitian dan nilai seni yang tinggi dan terdapat pada Porselen Benjarong membuatnya dihargai cukup mahal, yakni mencapai hingga Rp 1.000.000 pada Pusat Pertokoan Emporium (BTS Phrom Phong), daerah Asok-Nana antara Sukhumvit soi 10 dan 12, dan Chatuchak Weekend Market.

Bila harga tersebut terlalu tinggi untuk dijadikan oleh-oleh, maka kamu juga dapat mengabadikannya dalam seni fotografi dan lukisan yang kamu buat mengenai produk yang disebut juga dengan Thai Benjarong ini. Nilainya sebagai souvenir pun tidak kalah dengan bila kamu membelinya dan menjadikannya buah tangan atau oleh-oleh yang langsung jadi.

Sabun Beras

Sumber gambar 1.bp.blogspot.com

Kalau kamu mencari souvenir Thailand yang dapat membuat kulitmu menjadi lebih glowing dan good looking, kamu dapat melirik produk Sabun Beras Thailand yang terbuat dari susu dan minyak zaitun alamiah. Produk Sabun Beras ini dapat diperoleh pada MBK Shopping Center, di mana tempat ini menjual produk Sabun Beras Thailand dalam satuan maupun setengah atau satu lusin.

Satu buah produknya biasanya dihargai pada Rp 10.000. Untuk opsi yang lebih murah, kamu dapat membeli Sabun Beras Thailand pada aneka marketplace online seharga separuhnya, yakni Rp 5.000 atau bahkan di bawahnya.

Miniatur Patung Gajah Thailand

Sumber gambar 3.bp.blogspot.com

Sebagaimana disebutkan pada poin sebelumnya, ikon gajah merupakan salah satu yang menjadi ciri khas souvenir Thailand. Berbagai souvenir bernuansa gajah yang bertujuan menghormati warga Thailand sekaligus menjadi bukti sahih telah berkunjung ke Thailand hadir dalam warna merah, putih, dan biru, sesuai dengan bendera Thailand.

Salah satunya adalah produk Miniatur Patung Gajah Thailand, di mana produk souvenir murah yang ukurannya tidak memakan tempat bagasi ini dapat diperoleh di Chiang Mai Night Market atau marketplace online Bukalapak dengan harga yang dipatok pada Rp 300.000. Untuk mendapatkan harga yang lebih murah, alangkah baiknya kamu membeli grosir untuk souvenir Thailand berbentuk hewan berbelalai panjang satu ini.

Celana Muay Thai

Sumber gambar bearprogear.com

Produk celana Muay Thai merupakan produk souvenir Thailand unik yang dapat kamu beli untuk para pecinta olahraga Muay Thai. Celana-celana ini umumnya dapat dijumpai di toko-toko terbaik Stadium Lumpini, di mana toko-toko ini buka tiap hari Selasa, Jum'at, dan Sabtu, atau selama acara Fight Days.

Berbagai merk celana Muay Thai, seperti Twins, Kings, Boon, Thaismai, dan Fairtex, datang dengan perlengkapan olahraga Muay Thai lain, seperti kaos dan sarung tinju. Kamu pun dapat memperoleh berbagai macam produk Celana Muay Thai berbahan satin halus yang akan mendukung latihan olahragamu di Rawai Muay Thai Camp di Sai Yuan Road dan Sinbi Muay Thai Gym di Sai Yuan Road seharga Rp 250.000 hingga Rp 1.500.000.

Beras Melati

Sumber gambar sc01.alicdn.com

Beras Melati Thailand, atau yang disebut juga dengan Khao Hom Mali, merupakan salah satu jenis beras berasa gurih, manis, dan lembut yang dinobatkan sebagai beras terbaik di dunia. Beras yang berhasil mengalahkan beras produksi Vietnam, Amerika Serikat, Myanmar, dan Pakistan pada Kompetisi Beras Terbaik Dunia Ke-8 ini juga memiliki tekstur yang pulen, di mana tekstur ini akan menjadi lengket dan saling menempel antar butirannya bila dimasak.

Kelengketan beras yang ditemukan oleh seorang pejabat Dinas Pertanian Provinsi Chachoengsao, Thailand bernama Sunthorn Seehanern pada tahun 1954 ini disebabkan karena sedikitnya kandungan amilopektin. Beras dengan aroma pandan dan rasa kacang khas dari 2-acetyl-1-pyrroline ini cocok dijadikan souvenir Thailand unik untuk kamu sekalian yang demen makan kari, tumisan, atau sup.

Keripik Durian

Sumber gambar ecs7.tokopedia.net

Berbeda dengan keripik durian pada umumnya yang tipis dan asin-asin, keripik durian Thailand yang terdiri atas varietas cha ni, yao kan, dan thong mon ini dibuat sepenuhnya dari daging buah durian yang telah disaring airnya. Hal ini menjadikan aneka produk keripik durian Thailand tebal dan wangi begitu disantap.

Salah satu produk rekomendasi BP-Guide untuk keripik yang kerap menjadi makanan penutup ini adalah Keripik Durian Thailand Monthong Merk FruitKing (IMPORT HALAL). Untuk memperoleh produk Keripik Durian Thailand Monthong Merk FruitKing (IMPORT HALAL) ini, BP-Guide menyarankan untuk pergi ke marketplace online Tokopedia dan membayar seharga Rp 120.000.

Celana Sarong

Sumber gambar sc01.alicdn.com

Celana sarong Thailand pada umumnya bermotif gambar khas Thailand dan dikenakan oleh para wanita. Jadi, untukmu para wanita yang senang berburu souvenir Thailand unik, maka kamu dapat menuju ke Chatuchak Market, di mana kamu dapat menjumpai celana sarong dalam jumlah banyak di sana. Namun, kamu perlu ingat kalau pasar ini hanya buka pada akhir pekan. Selain itu, kamu perlu menyiapkan uang sekitar Rp 53.000 untuk membeli celana sarong ini di Pasar Chatuchak atau Chatuchak Market.

Pajangan Dinding Berpayet

Sumber gambar s.kaskus.id

Untukmu yang ingin membeli produk kesenian Thailand dengan harga murah sebagai souvenir, maka souvenir Thailand unik yang disebut dengan pajangan dinding berpayet ini sangat cocok untuk kamu lirik. Proses yang sangat hati-hati dan beragam motif, gambar, dan tulisan yang tersedia merupakan 2 dari keunikan pajangan dinding berpayet. Salah satu produk pajangan dinding berpayet yang dapat BP-Guide rekomendasikan adalah yang memiliki motif khas Thailand, yakni gajah, seperti pada produk Hiasan Dinding Payet Gajah Thailand. Produk Hiasan Dinding Payet Gajah Thailand ini dihargai Rp 250.000 di marketplace online Bukalapak.

Thailand Nestea

Nestea sendiri merupakan nama minuman instan yang enak, segar, dan manis, serta berwarna oranye alami seperti teh tarik begitu diseduh dengan air hangat dalam mug. Mengingat kelezatan minuman yang disebut juga dengan Thailand Nestea ala kafe-kafe ternama ini berasal dari Thailand, maka kamu perlu membawanya sebagai oleh-oleh atau souvenir Thailand. Alternatifnya, kamu juga dapat membeli minuman yang juga nikmat tersaji dengan air dingin atau es ini di marketplace online Shopee seharga Rp 7.500. Nama lengkap produknya sendiri adalah Nestea Thai Milk Tea.

Miniatur Tuk-Tuk

Tuk-Tuk, kendaraan khas Thailand dengan berbagai warna-warninya yang menarik, merupakan salah satu kendaraan yang memorable hingga saat-saat seseorang pulang kembali dari Thailand. Kini, kendaraan khas satu ini memiliki miniatur, di mana produk souvenir Miniatur Tuk-Tuk dapat diletakkan sebagai penghias ruangan dan diperoleh dengan mudah di banyak toko souvenir di Thailand, termasuk di Bangkok dan kota kecil Songkhla. Harga produk Miniatur Tuk-Tuk yang berbentuk unik ini mencapai Rp 100.000 hingga Rp 185.000.

From our editorial team

Berwisata tanpa suvenir samasekali nggak banget!

Jauh-jauh ke Thailand cuman bawa baju terus pulang ke Indonesia cuman bawa baju kotor? Untuk apa? Kalau gitu mah sama aja dengan mengotori baju sendiri dengan asap kendaraan terus pulang ke rumah.

Pergi ke Thailand itu harus bawa buah tangan. Jangan baju kotor doang. Yuk dibaca rekomendasi dari BP Guide! Dijamin setelah baca ini dan kamu mempratekkannya, kamu gak bakal menyesal!

Tag