Nggak Cuma Apelnya yang Lezat, Malang Juga Punya 10 Suvenir yang Cocok untuk Oleh-oleh!

Nggak Cuma Apelnya yang Lezat, Malang Juga Punya 10 Suvenir yang Cocok untuk Oleh-oleh!

Sumber gambar pinterest.com

Terkenal karena buah apel membuat Malang tak hanya jadi destinasi wisata tetapi juga tujuan penikmat kuliner. Banyak makanan yang ditawarkan dengan harga cukup terjangkau, begitu pula dengan aneka kudapan yang bisa kamu bawa pulang sebagai buah tangan.

Selain Apel Malang, Masih Banyak Oleh-oleh Khas Malang yang Bisa Kamu Bawa Pulang

Liburan akhir pekan memang paling pas kalau ke Malang, ya. Kota yang sejuk ini siap menyambut kamu dengan sejuta pesonanya. Kamu bisa liburan dengan nyaman di sini karena akomodasinya dijamin lengkap deh.

Berlibur ke kota Malang memang asyik. Tak perlu keluar banyak biaya karena semua harganya terjangkau kantong. Hawanya sejuk makin bikin betah berlama-lama disini. Menariknya lagi, kala pulang dari kota ini kamu tak perlu bingung bawa oleh-oleh.

Ini karena sudah banyak sekali produk khas Malang yang biasa dijadikan oleh-oleh. Kamu tinggal pilih mana yang cocok untuk si penerima buah tangan. Beragam camilan hingga barang unik bisa kamu bawa pulang sehabis liburan kamu di Malang. Nah, apa saja sih rupa oleh-olehnya? Yuk, telusuri bersama!

Beberapa Lokasi untuk Membeli Suvenir Khas Malang

Sumber gambar thetravelword.com

Namanya liburan memang bakal nggak asyik kalau nggak ada kenangan yang dibawa pulang. Eits jangan cuma bawa kenangan saja ya, beli produknya juga agar ada kesan tersendiri. Nah, Malang menyediakan banyak suvenir apik yang bisa kamu bawa pulang, loh.

Tentu untuk buah tangan, sebaiknya kamu membeli ketika akan pulang liburan. Kamu bisa nih kunjungi langsung toko yang menjual suvenir khas Malang. Biar tak terjebak harga mahal sebaiknya hindari beli di tempat wisata. Ada baiknya kamu beli langsung ke pusat oleh-olehnya. Agar tak penasaran, yuk kunjungi langsung tempat di bawah ini!

Goedang Oleh-oleh

Sumber gambar dewirieka.com

Tempat suvenir pertama yang bisa kamu kunjungi di Malang adalah Goedang Oleh-oleh. Alamatnya ada di Jalan Simpang Tenaga 2 Purwantoro, Blimbing, Malang. Di sini benar benar gudangnya oleh oleh loh, karena ada beragam jajanan khas Malang yang bisa kamu temui di tempat ini.

Tempatnya nyaman dan sangat lengkap. Luas dengan tempat parkir yang juga lebar. Selain itu, tempat ini menyediakan aneka fasilitas seperti mushola dan taman bermain anak. Kalau lapar kamu tinggal ke restoran Puja Sera yang menyediakan banyak makanan minuman khas dari kota Malang.

Di sini kamu bisa dapat keripik buah juga keripik tempe. Ada lagi suvenir unik yang lucu dan kreatif. Pokoknya tempat ini bisa jadi tujuan one stop shopping untuk kamu sekeluarga.

Lancar Jaya

Sumber gambar beta.travel.detik.com

Yuk, melipir ke jalan R. Tumenggung Suryo 86 Purwantoro, Blimbing, Malang. Di sana ada toko Lancar Jaya yang menjual aneka oleh-oleh khas dari Malang. Kamu bisa beli aneka keripik khas Malang mulai dari keripik jamur sampai keripik ceker.

Bicara soal keripik yang paling diminati adalah buah. Keripik buahnya unik dari salak, rambutan, dan lengkeng, semuanya ada. Kamu yang penggemar tempe pun bisa mencoba keripik tempe dengan aneka rasa unik di sini.

Pasar Lawang

Sumber gambar ngalam.co

Berlokasi di bagian utara kota Malang yakni ada di jalan Raya Thamrin, tempat ini cukup populer. Meski jaraknya 19 kilometer dari pusat kota Malang, namun tempat ini jadi pilihan belanja bagi para ibu yang ingin membeli produk sayur dan buah segar.

Meski masih tergolong pasar tradisional, namun para wisatawan tak ragu belanja di sini. Ini karena produknya berharga sangat terjangkau. Selain itu produknya dijamin kesegarannya. Untuk oleh-oleh pun kamu bisa belanja sayur dan buah di pasar ini karena harganya ramah kok di kantong.

Kampung Sanan

Sumber gambar tempesanan.blogspot.com

Kalau mendengar kata Malang pasti kamu juga jadi ingat dengan tempe malang. Baik itu lauk tempenya mau pun keripik tempenya. Nah penggemar tempe tak boleh melewatkan keripik tempe di Kampung Sanan, ya.
Di kampung yang berlokasi di Purwantoro kecamatan Blimbing ini ada sentra industri tempe yang terkenal. Memiliki luas dua hektar, Kampung Sanan menjadi tempat bernaung para pengrajin tempe. Di sini teknik membuat tempe dari zaman dahulu terus dikembangkan dan dipelihara.

Rekomendasi 10 Suvenir Khas Malang yang Kekinian

Salah satu destinasi liburan favorit turis adalah Malang. Kota ini tak pernah sepi kala liburan karena memang selalu dibanjiri wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Suasana asri dan sejuk menjadikan kota ini ideal untuk tinggal selama liburan.

Belum lengkap banget liburan kamu kalau pulang dengan tangan kosong. Yuk, intip apa aja sih yang bisa kamu bawa sepulang dari liburan di kota adem ini.

Malang Strudel

Sumber gambar bukalapak.com

Kue lapis berbahan pastry dan isi selai buah ini dijuluki strudel. Kue ini dipopulerkan di zaman Hasburg Empire tahun 1780-an di Austria. Populer di Jerman selain juga di Austria karena rasanya yang nikmat. Kamu tak perlu jauh-jauh ke Austria untuk membelinya karena Malang punya juga jajanan satu ini.

Produk Malang Strudel ini dibangun oleh aktor Teuku Wisnu dan istrinya. Bisnis kue ini dijalankan di Malang karena kota ini memiliki produksi apel berkualitas yang melimpah. Pihaknya pun membuat strudel dengan cita rasa lokal dan terciptalah Malang Strudel ini.

Ada banyak varian rasa yang bisa kamu beli dari kue satu ini. Kamu bisa membeli di jalan Soekarno Hatta 408 Lowokwaru, Malang. Di sana selain strudel ada pula suvenir Malang yang menarik. Untuk harga strudelnya mulai dari Rp 48.000, ya.

Keripik Tempe

Sumber gambar priangantimur.com

Buat kamu yang suka cemal-cemil pasti tak mau ketinggalan beli keripik khas Malang. Ya, apalagi kalau bukan keripik tempenya. Kelezatan tempe malang emang beda dari yang lain sehingga tak perlu bingung kalau kamu gemar banget sama keripik khas Malang ini.

Buah tangan satu ini bisa kamu beli di Jalan Sanan 8B, Purwantoro, Malang. Ada keripik tempe aneka rasa yang bisa kamu beli di sana. Keripik tempenya diproduksi di Kampung Sanan yang memang merupakan daerah penghasil tempe. Untuk harganya berkisar Rp 13.900 per bungkus.

Bakpao Telo

Sumber gambar halomalang.com

Buah tangan lain yang suka diburu para pelancong adalah bakpao telo. Ya, makanan satu ini sangat menggoda karena selain enak rasanya, teksturnya juga sangat lembut. Warna ungunya menggoda karena terbuat alami dari ubi ungu. Makanan ini bisa dibeli di Terminal Agribisnis Sentra Pengembangan Agribisnis Terpadu di Kecamatan Purwodadi. Jika kamu tengah berada di Malang, bisa membelinya di Jalan Dr. Sutomo Lawang.

Selain bakpao telo ada juga bakpia telo dan aneka kuliner berbahan ubi jalar ungu. Sebut saja mi telo, pizza telo, dan nugget telo. Kamu bisa beli bakpao telo ini dengan harga Rp 4.000 per buah.

Keripik Buah

Sumber gambar klikhotel.com

Lain dari yang lain namun rasanya tak kalah enak. Itulah yang bisa menggambarkan keripik buah khas Malang. Cemilan ini pas untuk menemani kamu nonton maupun saat santai dengan keluarga. Keripik buah ini renyah dan unik karena terbuat dari aneka buah.

Makanan ini juga jadi salah satu buah tangan khas Malang. Sangat lezat dan terbuat dari buah asli. Kamu bisa dapat keripik ini di beberapa toko oleh-oleh di Malang. Selain itu bisa juga datangi produsennya di desa Sumberejo, Gedangan, Malang. Sebungkus keripik buah dibanderol mulai Rp 10.000.

Sari Apel

Sumber gambar travelingyuk.com

Bosan dengan buah tangan berupa apel malang? Kamu bisa beli sari apelnya saja. Praktis membawanya dan pastinya rasa tak kalah nikmat dari apel asli.

Di Malang ada banyak produsen sari apel. Kamu tinggal pilih produk mana yang ingin kamu beli. Kamu bisa beli di jalan Raya Boro Utara, Kepanjen, Malang. Harga satu dus sari apel berkisar mulai Rp 36.000. Dibuat tanpa pengawet dan pemanis buatan, pastinya sari apel ini nikmat dikonsumsi.

Keramik Dinoyo

Sumber gambar initempatwisata.com

Saat ini Malang memang dikenal dengan aneka ragam wisata kampungnya. Melejitnya Kampung Jodipan sebagai kampung 3D turut diikuti oleh kampung kampung lainnya. Nah, ada kampung unik lagi nih, namanya Kampung Keramik Dinoyo.

Kampung ini sudah ada sejak tahun 1957 dan hingga kini menjadi tempat pengrajin keramik. Segala bahan hiasan hingga pot dan aneka produk berbahan keramik bisa kamu dapatkan di sini. Produknya bercorak natural dengan warna kalem. Kamu bisa datang ke jalan MT Haryono Dinoyo Malang untuk membeli produk keramik sebagai suvenir khas Malang. Produknya beragam dan harga yang dibanderol dari Rp 5.000 sampai Rp 150.000.

Pia Mangkok

Sumber gambar wisata.javaindonesia.org

Jangan salah, kalau ke Malang bukan cuma berburu wisata namun juga oleh-olehnya. Ada kue unik yang kebanyakan dikenal di Yogya, nih. Namanya bakpia atau orang Malang menyebutnya pia.

Jajanan Kota Apel yang satu ini dikenal dengan Pia Mangkok karena produsennya menggunakan gambar mangkuk sebagai capnya. Pia ini kulitnya renyah namun isinya tak padat. Sangat terkenal di antara para wisatawan karena rasanya nikmat. Pia ini konon sudah dikenal sejak 1959 silam, loh. Ada aneka varian rasa yang bisa kamu coba. Beli kue pia ini di jalan Soekarno Hatta kav. 16 Malang, ya. Harga sebungkus pianya mulai dari Rp 13.000.

Bakso Beku President

Sumber gambar anekatempatwisata.com

Dinginnya cuaca Malang bikin wisatawan selalu membutuhkan makanan yang hangat dan siap saji. Bakso adalah kuliner favorit masyarakat Malang. Tak heran jika banyak penjual bakso di mana-mana di daerah Malang ini.

Salah satu yang paling populer adalah Bakso President. Lokasinya ada di jalan Sunandar Priyo Sudarmo 55 Malang. Di sini selain melayani makan bakso di tempat juga bisa bungkus dalam keadaan beku, loh. Cocok banget untuk oleh-oleh karena praktis dibawa. Bisa dibeli dengan harga Rp 8.000 per porsinya, ya.

Keripik Ceker

Sumber gambar klikhotel.com

Tak kalah populer dari si keripik buah adalah keripik ceker. Makanan ini merupakan hasil budidaya olahan ayam. Tentu makanan satu ini tak bisa dilewatkan untuk jadi oleh-oleh unik, ya.

Rasanya renyah serta gurih bikin nagih yang memakannya. Produk ini dikenal memiliki gizi karena ada bahan asam amino dan kalsium serta kolagen. Silakan ke Jalan Mergan Lori Tanjungrejo Sukun Malang untuk membeli keripik yang satu ini. Sebungkusnya dibanderol harga Rp 35.000.

Ledre Pisang Bangka

Sumber gambar makananoleholeh.com

Yuk, ganti arah menuju jalan Bangka Kasin Klojen Malang. Di sana ada ledre Pisang Bangka yang nikmat banget. Camilan satu ini bisa jadi oleh-oleh sepulang liburan kamu di Malang juga, nih.

Kamu bisa simpan produk ini di kulkas sebelum disantap biar lebih nikmat. Camilan ini hadir di tahun 1936 dan terbuat dari bahan alami. Rasanya nikmat dan pas untuk teman ngeteh sore hari. Per kotaknya dibanderol dengan harga mulai dari Rp 42.000.

From our editorial team

Riset Toko Oleh-oleh

Agar bisa mendapatkan oleh-oleh dengan harga terjangkau, sebaiknya kamu melakukan riset sebelum berkunjung. Kamu bisa mencari tahu harga rata-rata setiap makanan yang ditawarkan sebagai buah tangan dan jika kamu membawa untuk teman kantor atau kolega kantor, pilihlah kudapan dengan porsi besar seperti kue yang disajikan dalam boks agar semua bisa ikut mencicipi. Selamat memborong oleh-oleh!