Akan Berkunjung ke Jakarta? 10 Jenis Suvenir Khas Jakarta ini Jangan Sampai Anda Lewatkan

Akan Berkunjung ke Jakarta? 10 Jenis Suvenir Khas Jakarta ini Jangan Sampai Anda Lewatkan

Kota Jakarta memiliki magnet yang besar. Jutaan orang dari seluruh Indonesia berkunjung bahkan tinggal di kota ini. Kota ini tercatat sebagai kota terbesar dengan penduduk paling padat di Indonesia. Nah, bila kamu akan berkunjung ke Jakarta, simak rekomendasi suvenir khas Jakarta dari BP-Guide berikut ini.

Tidak Sulit Menemukan Suvenir yang Cantik dengan Harga yang Murah di Jakarta

Selain menjadi ibukota negara, Jakarta memiliki banyak kebudayaan yang tersimpan di dalamnya. Untuk menjaga kebudayaan itu agar tetap ada, maka seringkali diperkenalkan melalui banyak hal salah satunya dalam bentuk suvenir. Kamu tidak perlu bingung untuk mencari suvenir murah Jakarta karena akan selalu tersedia di tempat wisata atau pun pusat oleh-oleh dan kerajinan.

Di Mana Bisa Membeli Suvenir Murah di Jakarta

Suvenir juga bisa menjadi oleh-oleh bila kamu berkunjung ke Jakarta, untuk mendapatkan suvenir kamu bisa mendatangi pusat perbelanjaan atau pun pusat wisatanya langsung. Berikut beberapa tempat yang bisa kamu datangi untuk mendapatkan suvenir murah Jakarta.

Pasar Asemka

Sumber gambar kompas.com

Kamu bisa mendatangi Pasar Asemka atau Pasar Pagi Lama yang berada di Pinangsia, daerah Jakarta Barat ini untuk menemukan berbagai macam suvenir dari yang kecil hingga besar. Beragam item bisa kamu temukan seperti jepit rambut, kalung, gelang, anting-anting, manik-manik dan renda, boneka, alat tulis dan satu lagi yang paling sering dicari di pasar ini yaitu berbagai macam suvenir pernikahan. Untuk masalah harga kamu tidak perlu khawatir, harganya relatif murah dan dapat ditawar.

Dan jangan lupa membawa topi serta payung karena pasar ini sangat luas dengan letak penjualnya terpisah-pisah, dan ada baiknya bila kamu berkeliling dulu sebelum berbelanja. Waktu terbaik untuk datang ke pasar ini ialah pada hari kerja dan mulai pada pukul 8 untuk menghindari keramaian dan dapat membuatmu melihat lebih puas.

Thamrin City

Sumber gambar thamrincity.co.id

Kamu bisa membeli suvenir murah Jakarta yang unik di Thamrin City yang terdiri dari UKM dengan hasil produksi merupakan produk khas Jakarta. Letaknya yang strategis membuat kamu sangat mudah untuk menuju lokasi Pusat Perbelanjaan Thamrin City. Kamu bisa menaiki Kereta KRL Commuter Line atau pun Bus Dian Mitra BS 07, Kopaja S 602/608, Angkot APB JP 03/03A, Sinar Jaya AC 141, dan Transjakarta dengan tujuan Tanah Abang. Berbagai macam suvenir bisa kamu temukan di sini seperti aneka busana batik, kerajinan, dan sebagainya.

Pasar Cipinang

Sumber gambar kompas.com

Beragam suvenir bisa kamu dapatkan di Pasar Cipinang yang mana lokasinya berdekatan dengan LP Cipinang di daerah Jakarta Timur. Di pasar ini tidak terdapat etalase yang dipajang sehingga tempatnya sangat mirip seperti gudang.

Kamu bisa menemukan beberapa suvenir seperti mug atau gelas yang dibanderol dengan harga Rp 3.500 per unit. Secara umum, harga yang ditawarkan di pasar ini lebih murah dari pasar lain seperti Jatinegara dan Asemka, namun kamu bisa melakukan perbandingan harga dulu sebelum datang ke Pasar Cipinang ini.

Bila kamu menaiki kendaraan umum, kamu bisa menggunakan Mikrolet M04 atau M27, KRL, dan bus untuk tiba di pasar ini.

Pasar Jatinegara

Sumber gambar wartakota.com

Suvenir pernikahan bisa kamu temukan di lantai dasar Pasar Jatinegara yang menawarkan banyak model item dengan harga yang bervariasi. Pasar yang terletak di Jakarta Timur dan tak berada jauh dari Terminal Kampung Melayu atau Stasiun Jatinegara merupakan pusat penjualan suvenir yang menjual cendera mata secara grosir atau pun eceran. Akses menuju pasar ini mudah, kamu bisa menggunakan KRL dari stasiun Jatinegara dan Transjakarta.

Berbagai Macam Suvenir Murah Khas Jakarta

Tidak hanya suvenir barang khas Jakarta yang bisa kamu jadikan oleh-oleh, namun makanan serta minuman asli kebudayaan lokal bisa juga kamu bawa sebagai buah tangan. Salah satunya bir pletok yang merupakan minuman khas Betawi. Walaupun namanya bir, namun minuman ini bebas dari alkohol dan malahan memiliki khasiat berkat bahan alami pembuatnya seperti batang serai, daun pandan, jahe, dan rempah-rempah lainnya. Berikut beberapa pilihan suvenir murah Jakarta unik yang bisa menjadi referensi untukmu.

Kue Kembang Goyang

Sumber gambar wikipedia.com

Makanan khas Betawi yang sering menjadi oleh-oleh ialah Kue Kembang Goyang yang memiliki tesktur renyah dan bercita rasa gurih. Terbuat dari tepung beras, gula pasir, telur, vanili, dan perasan air jahe, kue ini termasuk awet sehingga sangat pas untuk dibawa dalam perjalanan yang jauh. Kamu bisa membeli kue ini di Indonetwork Mpok Nini seharga Rp 15.000 dan di Buklapak seharga Rp 20.000 dengan berat bersih 200 gram.

Magnet Kulkas Abang None Jakarta

Sumber gambar www.hipwee.com

Ikon Jakarta seperti Abang None bisa kamu temukan dalam bentuk lebih mini dan bisa menjadi pilihan suvenir yang menarik, yaitu mangnet kulkas. Abang None yang merupakan sebutan dari sepasang pria dan wanita yang menjadi duta atau ikon kota Jakarta yang berbusana tradisional khas Betawi. Magnet Abang none ini tersedia dalam berbagai variasi ukuran dan desain. Untuk memiliki magnet kulkas Abang None ini, bisa kamu beli di Bukalapak seharga Rp 35.000 per 2 buah (sepasang) yang terbuat dari botol air mineral dan memiliki tinggi 22 cm serta lebar 8cm.

Kaos

Sumber gambar www.satubaju.com

Bila Bali punya Joger dan di Yogya punya Dagadu, maka Jakarta juga memiliki kaos Jakarta dengan desain beragam dan dilengkapi dengan tulisan unik serta gambar ikon ibukota. Kaos dengan gambar Monas, burung hong, ondel-ondel, di mana corak yang digunakan berwarna terang dan ceria menjadi andalannya. Ada juga yang bermotif batik Jakarta di mana kaos ini termasuk langka. Untuk memiliki kaos ini, kamu bisa datangi toko suvenir atau di Elevenia d imana harga untuk Kaos Oleh-Oleh Khas Jakarta dibanderol Rp 26.000.

Miniatur Monas

Sumber gambar tokopedia.com

Untuk kamu yang menyukai miniatur maka pilihan suvenir dari Jakarta yang bisa kamu pilih ialah miniatur Monas yang mana termasuk eksklusif karena terbuat dari material mahal, seperti perak bakar ataup un kuningan.

Landmark Jakarta yang satu ini juga dibuat dari berbagai macam bahan seperti kayu, plastik, fiberglass, dan lain sebagainya sehingga untuk harga pun sangat bervariasi. Suvenir miniatur ini dapat dijadikan hiasan meja atau kantor serta sangat pas sebagai kado.

Kamu bisa datang langsung ke pasar kerajinan, toko suvenir, dan pusat oleh-oleh, atau pun bisa membeli miniatur terbuat dari besi dengan tinggi 16 cm dan lebar 8 cm di Tokopedia seharga Rp 120.000.

Snow Globe Jakarta

Sumber gambar tokopedia.com

Snow globe atau bola salju Jakarta bisa menjadi pilihan suvenir yang menarik buatmu karena di dalam bola kacanya terdapat miniatur ondel-ondel, Monas. Bila bola kaca tersebut diguncangkan, maka akan muncul serpihan putih seperti salju. Terbuat dari kaca dan resin, snow globe yang biasanya berukuran 4 cm x 4 cm x 6 cm ini dapat kamu beli di blog Detik atau pun online shop seperti Tokopedia dimana hiasan cantik dari koleksi Romlah bisa kamu miliki dengan harga Rp 66.000.

Celana Betawi

Sumber gambar tokopedia.com

Selain kaos, celana Betawi bisa kamu jadikan suvenir yang menarik. Terbuat dari bahan katun dan memiliki motif batik khas Betawi, Celana Boim dewasa dapat kamu beli di khasjakarta.com. Terdapat warna cokelat-hitam, putih, dan cokelat tua yang dibanderol dengan harga Rp 100.000 per 3 buah. Selain itu, kamu juga bisa membeli celana Betawi di Bukalapak seharga Rp 35.000 di mana celana ini terbuat dari katun dengan ukuran jumbo.

Gantungan Kunci Ondel Ondel

Sumber gambar tokopedia.com

Suvenir murah Jakarta yang paling banyak diburu ialah gantungan kunci Ondel-ondel. Terbuat dari bahan kayu Lame, gantungan kunci dilukis serta menggunakan cat ramah lingkungan yang telah mendapat sertifikat dari SGS, sangat cocok untuk dijadikan koleksi hiasan rumah dan buah tangan. Kamu bisa membeli gantungan kunci Ondel-ondel ini di toko suvenir atau dengan membeli online seperti di Tokopedia, Qlapa, dan Bukalapak di mana harganya sekitar Rp 16.000 hingga Rp 40.000 tergantung ukurannya.

Tote Bag Kanvas Jakarta

Sumber gambar bukalapak.com

Suvenir tote bag kanvas Jakarta mungkin jarang didengar, namun suvenir yang bergambarkan landmark Jakarta seperti Monas, Ondel-ondel, bahkan Bajaj sangat menarik untuk kamu masukan daftar oleh-oleh. Tote bag ini terbuat dari katun dan dilengkapi dengan kantong dalam serta resleting tanpa puring. Untuk membeli tas ini, kamu bisa mengunjungi Bukalapak, Tokopedia, dan Souvenir of Indonesia secara online di mana harga yang ditawarkan dimulai dari Rp 24.000 hingga Rp 135.000 untuk ukuran tas 32 cm x 40 cm x 9 cm.

Boneka Ondel-Ondel Mini Khas Jakarta

Sumber gambar bukalapak.com

Ondel-ondel tidak hanya dibuat sebagai magnet kultas tetapi ikon Jakarta satu ini bisa dibuat boneka mini yang memiliki ciri khas Jakarta dan sangat cocok dijadikan hadiah serta oleh-oleh. Ide suvenir boneka Ondel-ondel ini muncul ketika pengrajin ingin menghasilkan suvenir yang kental dengan nuansa Betawi. Kamu bisa memiliki boneka ini dengan membelinya langsung dari pengrajin, di toko suvenir, atau pun secara online di Tokopedia seharga Rp 45.000.

Pajangan Piring Jakarta

Sumber gambar tokopedia.com

Bentuk suvenir murah Jakarta unik yang bisa kamu pilih ialah piring pajangan Jakarta yang menghadirkan beragam ikon khas Jakarta yang sangat cocok diletakkan di atas meja dan mempermanis ruangan. Berdimensi 12 cm x 12 cm, piring pajang ini terbuat dari logam dan dapat juga berfungsi sebagai asbak. Kamu bisa membeli Souvenir Eksklusif Khas Jakarta di Tokopedia seharga Rp 63.500.

From our editorial team

Jangan Pulang Sebelum Membawa Suvenir Khas Jakarta

Bila kamu merencanakan akan ke Jakarta dalam waktu dekat, tentunya salah satu di antara souvenir khas Jakarta di atas bisa kamu pertimbangkan untuk dimiliki, bukan. Yah, tentunya ouvenir tersebut akan memberi kenangan dari perjalanan kamu ke ibukota Indonesia tersebut.