10 Oleh-oleh Khas Lampung yang Wajib Kamu Bawa Pulang (2018)

10 Oleh-oleh Khas Lampung yang Wajib Kamu Bawa Pulang (2018)

Mengunjungi suatu tempat wisata termasuk Lampung tentu tak lengkap tanpa membawa pulang oleh-oleh untuk keluarga di rumah. BIngung harus beli oleh-oleh yang mana? Simak saja rekomendasi oleh-oleh khas Lampung populer yang dirangkum BP-Guide berikut ini beserta tempat membelinya!

Lampung, Provinsi Paling Selatan Di Sumatera Ini Punya Banyak Potensi Wisata Yang Oke

Sumber gambar www.penesan.com

Siapa tahu kota apa yang dijuluki Tapis Berseri? Kalau kamu menjawab Lampung, tebakanmu tak meleset. Provinsi Lampung berada dengan batas Sumatera Selatan dan juga Bengkulu. Keindahan alam yang disuguhkan disini selalu memanjakan mata.

Masih banyak yang asri, potensi wisata provinsi ini jadi sangat ditonjolkan. Sayangnya masih banyak tempat wisata indah yang belum banyak dijangkau karena kurangnya informasi serta sarana prasana guna menuju tempat-tempat indah tersebut. Provinsi paling Selatan ini punya banyak tempat oke dan menarik untuk dikunjungi loh.

Di Tempat Ini Kamu Bisa Membeli Oleh Oleh Khas Lampung

Sumber gambar lampung.tribunnews.com

Keluarga dirumah selalu mendoakan keselamatan kita saat kita berpamitan liburan. Tak salah dong jika kita membalas kebaikan doa mereka dengan membelikan beberapa barang khas dari Lampung. Buah tangan yang unik akan diterima dengan senang hati. Bentuknya boleh dalam souvenir atau bisa juga makanan dan camilan nyeleneh. Dengan begitu perjalanan ke Lampung akan terkenang selalu.

Pasti saat waktu liburan menipis langsung ingat mau beli sesuatu untuk kerabat rumah. Tengok saja beberapa lokasi penjualan oelh-oleh Lampung ini. Mereka tak pernah sepi pengunjung. Ini karena wisata Lampung berkembang dan banyak mendatangkan turis asing maupun turis dalam negeri.

Pagar Alam (Gang PU)

Sumber gambar lampung.tribunnews.com

Ada yang pernah mengunjungi Lampung? Sudahkan kamu mendengar Gang PU ? Di tempat ini kamu akan menemukan sentra produksi keripik pisang. Karena terkenal akan keripik pisangnya, Lampung pun menyediakan tempat khusus bagi para produsennya untuk menghasilkan produk keripik berkualitas. Keripiknya tak biasa karena mendapat taburan bumbu-bumbu bubuk. Ada banyak rasa loh yang bisa dicoba dan semuanya unik. Kamu pun tak perlu repot mencari penjualnya karena mereka berjajar di sepanjang jalan ini.

Toko Manisan Yen Yen

Sumber gambar lampung.tribunnews.com

Bingung cari camilan apa yang enak untuk dibawa pulang? Duh gak usah bingung dan langsung sambangi saja toko Yenyen. Lokasinya ada di jalan Ikan Kakap 86. Beragam produk jajanan Lampung dijual disini. Kamu pun bisa memilih mana yang cocok dibawa kerumah saat habis liburan di Lampung. Kamu bisa mulai mengunjunginya dari jam 7.30 pagi hingga pukul 21.00 malam.

Toko Souvenir Lampung

Sumber gambar www.saibumi.com

Nah yang tak mau bawa makanan dari Lampung karena terlalu jauh, bisa juga nih pilih buah tangan berupa souvenir. Ada outlet bernama Singgah Pay yang wajib dikunjungi. Lokasinya strategis karena dekat Tugu Adipura. Outlet ini menyediakan kain tapis, gantungan kunci, kaos dan souvenir menarik lainnya. Harga produk pun macam-macam dari termurah Rp. 2.500 untuk barang kecil macam gantungan sampai jutaan untuk produk kain tapis.

Oleh oleh khas Lampung yang bisa dijadikan pilihan

Sumber gambar khatulistiwatravel.com

Keindahan wisata di Lampung memang tak bisa dielakkan. Puas berjalan-jalan dan cuci mata, kini saatnya kamu belanja. Iya, namanya liburan belum lengkap tanpa shopping dong ya.

Di Lampung ada banyak hal yang patut dicoba, misalnya kulinernya. Mulai makanan sampai minuman khas wajib dicoba biar tak penasaran lagi. Kamu juga wajib nih beli oleh-oleh buat para rekan kerja. Bisa kopi khas, keripik pisan atau kain tapis mungkin.

Bakso Sony Lampung

Sumber gambar www.tokopedia.com

Pecinta kuliner daging bulat ini wajib menjajal bakso Sony. Dijual di beberapa lokasi di Bandarlampung, semangkuk bakso dijual Rp. 15.000 saja. Kalau tertarik membeli kuliner satu ini untuk dibawa pulang bisa juga loh.

Di tiap lokasi warung ini, mereka telah menyediakan bakso lengkap dengan bumbu yang bisa dikemas dan bawa pulang. Sekotaknya isi 50 butir. Dibanderol pada Rp. 110.500. Nah beberapa warung yang bisa dikunjungi adanya di Jalan Cut nyak Dien Palapa dan Jalan Wolter Mongonsidi.

Pempek Lampung

Sumber gambar www.saibumi.com

Bicara soal Lampung belum lengkap kalau belum ngomongin si Pempek ya. Cemilan khas ini memang sudah terkenal ke seantero Jawa namun belum pas kalau belum menjajal di tempat aslinya. Adalah Pempek 123 yang asli terkenal kelezatannya di Lampung.

Berbahan pilihan nan istimewa, pempek ini tergolong unik rasanya. Ada yang dari kulit papaya, kulit ikan, daging sampai telur ayam. Pempek Lampung 123 termahsyur karena kerumitan pembuatannya. Jangan heran jika harga dari penganan satu ini melangit. Sepaket berisi 20 pcs campur dibanderol Rp. 135.000 dan yang 40 pcs campur dijual Rp. 260.000. Kamu bisa mendapatkannya di Jalan Ikan Belanak, Bandar Lampung.

Lapis Legit

Sumber gambar www.makananlampung.com

Saat hari-hari besar atau ada hajatan di Lampung, pasti ada yang namanya kue lapis legit. Tapi ini tak smebarangan karena memang untuk acara spesial. Bahannya premium sehingga harganyapun mahal. Proses pembuatan kue juga memakan waktu yang tak sebentar serta butuh keuletan tinggi. Itulah yang mendongkrak kue satu ini jadi mahal.

Kue ini merupakan budaya masyarakat karena resepnya sudah turun temurun sejak jaman kolonial dulu. Sekotak lapis Legit khas Lampung harganya dibanderol kisaran Rp. 300.000an hingga Rp. 800.000an. Kunjungi Toko kue Selera Rasa Lapis Legit di Jalan Ikan Kakap Bandar Lampung untuk membelinya.

Kopi Lampung

Sumber gambar iklanlini.com

Kopi merupakan minuman yang banyak digemari. Warna dan aroma kopi dijamin bisa bikin penggemarnya tak bisa berhenti menyesapnya. Disini ada dua jenis brand kopi yang sudah dikenal akan kenikmatannya. Ada kopi El's dan kopi Cap Bola Dunia. Untuk kopi El's cabangnya sudah tersebar dimana-mana di wilayah Lampung. Sedang kopi Cap Bola Dunia sudah sejak 1907 lalu berdiri dan dikenal. Kopi Bola Dunia paling tenar diantara kopi Lampung karenanya rasanya terbilang tak bisa diamakan dengan lainnya. Kopinya dibanderol Rp. 19.000an ada tiap kemasannya. Kopi El's menawarkan banyak jenis kopi dari robusta sampai kopi durian. Untuk minuman hitam manis ini dijual Rp. 35.800.

Keripik Pisang Lampung

Sumber gambar www.makananlampung.com

Yang khas dari Lampung apalagi kalau bukan si keripik pisang. Renyah, gurih dan bikin ketagihan. Itulah yang buat camilan ini makin dicintai banyak orang. Yang paling oke dan banyak dicari masyarakat adalah keripik pisang dengan taburan rasa cokelat. Produsennya toko Yenyen Lampung. Mereka sengaja mengemas produknya dengan aman menggunakan alumunium foil foodgrade. Camilan satu ini tekturnya tebal namun tetpa terasa renyah dan enak. Bisa dibeli seharga Rp. 14.650 per 225 gramnya.

Manisan Lampung

Sumber gambar www.makananlampung.com

Manisan memang paling enak dimakan saat haus dan lapar. Terasa mengenyangkan sekaligus menyegarkan saat panas siang hari. Jajanan satu ini enak juga loh dibawa pulang. Kamu jangan pakai ragu kalau mau membelinya. Di Lampung kamu bisa beli manisan pala yang sudah ternama. Segar buahnya bikin hati adem loh. Harganya sekitar Rp. 52.400 dan dijual di toko Yenyen.

Sambal Lampung

Sumber gambar www.makananlampung.com

Yang suka pedas, yuk jajal sambal botolan Lampung. Rasanya super pedas membuat lidah tak mau berhenti menjajal si merah ini.Yang paling ternama dari sambal botolan Lampung ya sambal Ny.Lily. Dibuat dari ulegan kasar cabai, bawang putih dengan cuka serta garam. Sambal bawang ini rasanya khas dan pas untuk menemani segala makanan. Harganya kisaran Rp. 16.000an dan bisa didapatkan di beberapa toko buah tangan ternama seperti Yenyen.

Kerupuk Kemplang

Kemplang, mungkin selalu ada saat kamu mengunjungi wisata di provinsi Sumatera Selatan dan sekitarnya. Termasuk juga di Lampung. Cemilan satu ini berasa enak dimakan pada saat makan besar atau sekedar untuk jajanan saat senggang. Kempang ango jadi favorit banyak orang. Kerupuk model satu ini bisa mudah ditemukan di beberapa jalan utama Lampung. Kamu bisa membelinya di kisaran Rp. 20.500an.

Lempok Durian

Sumber gambar www.makananlampung.com

Cemilan satu ini tak kalah menariknya. Pecinta durian wajib coba ya. Wangi durian dan rasa yang nendang membuat kamu gak bisa berhenti mencicipinya.

Yang paling dicari adalah dodol durian Nyonya Wie. Teksturnya lembut dengan mutu tinggi. Bahan pembuatannya pilihan sehingga hasilnya juga enak. Sidah lolos uji BPOM dan aman dikonsumsi. Beli saja di Toko Aneka Sari dengan harga Rp. 35.400

Kain Tapis

Sumber gambar malahayati.ac.id

Kain satu ini bisa juga jadi oleh-oleh loh. Terbuat dari sulam benang emas dan katun, kain ini dikenal indah. Merupakan kain tradisional, produk satu ini dikenal berwarna gemerlap karena terbuat dengan sulaman perak serta emas. Motif pada kain tapis juga beragam, ada yang flora hingga pepadun. Semuanya indah dengan cirri khas tersendiri. Silahkan kunjungi Singah Pay yang merupakan outlet kain tapis ternama di Bandar Lampung. Lokasinya di Tugu Adipura. Disini juga tersedia aneka souvenir yang bisa dibawa pulang. Harga kain tapis beragam dari Rp. 200.000an sampai 2 jutaan tergantung kerumitannya.

From our editorial team

Ternyata ada banyak oleh-oleh yang menarik di Lampung

Sebagai salah satu provinsi di Indonesia, Lampung punya banyak destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi. Jika kamu punya kesempatan untuk menjambangi kota ini, jangan sampai lupa membawa oleh-oleh khas Lampung yang sudah terkenal untuk keluarga dan sahabat di rumah. Pilih jenis oleh-oleh sesuai budget dan seleramu agar tak menyesal nantinya. Kemas juga oleh-olehmu dalam wadah yang terlindung agar tak rusak setibanya di daerah asal. Selamat berburu oleh-oleh, Guys!