10 Kota Favorit yang Pantas Jadi Destinasi Liburan Tahun Baru

10 Kota Favorit yang Pantas Jadi Destinasi Liburan Tahun Baru

Tak terasa, tahun 2017 sudah mendekati akhir. Itu berarti sebentar lagi kita akan merayakan Tahun Baru 2018. Sudah menyiapkan rencana apa untuk liburan tahun baru kali ini?

Tahun Baru Sebentar Lagi. Sudah Mempersiapkan Liburan Tahun Baru Terbaikmu?

Sumber gambar www.qs.com

Tak terasa, tahun 2017 sudah mendekati akhir. Itu berarti sebentar lagi kita akan merayakan Tahun Baru 2018. Sudah menyiapkan rencana apa untuk liburan tahun baru kali ini?

Libur tahun baru sangat sayang kalau dilewatkan begitu saja. Kalau belum punya rencana, coba atur dari sekarang. Mulailah untuk merencanakan tujuan liburan serta tempat-tempat atau acara apa saja yang menarik dilakukan di malam tahun baru sehingga liburan tahun baru kali ini akan punya sesuatu yang bisa dikenang dan menjadi salah satu liburan terbaik yang pernah Anda rasakan sepanjang hidup.

Hal yang Seru Dilakukan Saat Liburan Tahun Baru

Jalan-jalan Berwisata

Sumber gambar tempatwisatakeluarga.com

Liburan memang identik dengan berwisata, termasuk ketika akan menjalani liburan akhir tahun atau liburan tahun baru. Apalagi, biasanya liburan tahun baru berbarengan dengan liburan anak sekolah. Pas dijadikan acara liburan bersama keluarga.

Indonesia punya banyak tujuan wisata yang indah, dari mulai Sabang sampai ke Papua yang dikenal dengan kawasan Raja Ampat yang indah. Semuanya menawarkan keindahan alami yang pas dijadikan tujuan wisata saat menjalani liburan tahun baru.

Makan di Tempat Favorit

Sumber gambar sebandung.com

Merayakan tahun baru sambil makan di tempat favorit juga bisa Anda lakukan, kok. Namun, pastikan itu memang restoran yang menjadi favorit bagi semuanya yang ikut dalam rombongan. Berembuklah terlebih dulu sebelum menentukan restoran yang akan didatangi akan lebih baik bagi semuanya.

Sambil menikmati pergantian tahun, Anda bisa bercengkerama dengan keluarga atau sahabat sambil menikmati hidangan kesukaan di restoran favorit tersebut.

Nonton Kembang Api

Mengisi liburan tahun baru yang murah meriah, ya, sudah pasti nonton kembang api. Biasanya pesta kembang api disediakan di pusat keramaian, seperti Monas di Jakarta, Simpang Lima di Semarang, atau Alun-alun di Bandung.

Jangan lupa untuk menyiapkan ponsel berbaterai penuh sehingga Anda bisa mengabadikan momen-momen menarik sepanjang malam pergantian tahun sekaligus tentu saja melakukan selfie atau wefie saat pesta kembang api.

Destinasi Favorit Liburan Tahun Baru yang Bisa Dijadikan Pilihan

Bali

Bali hingga saat ini masih menjadi destinasi favorit wisatawan dalam menghabiskan liburan akhir tahun dan merayakan malam tahun baru. Tak hanya wisatawan lokal, tetapi juga mancanegara kerap memenuhi penginapan-penginapan di Bali menjelang tahun baru.

Apalagi, Bali memang menyediakan berbagai ragam destinasi wisata, dari mulai pantai hingga pedesaan yang sejuk seperti di Ubud. Anda bisa merasakan sensasi glamping alias glamor kemping; menginap di tenda-tenda laiknya kemping, tapi tetap dilengkapi fasilitas khas hotel berbintang.

Untuk menghabiskan malam tahun baru, Anda bisa berwisata ke wilayah Tanjung Benoa. Di sana ada sarana hiburan seperti banana boat, flying fish, sea walker, diving, dan jetski. Saat malam pergantian tahun pun di wilayah ini sering diadakan acara khusus yang menarik untuk diikuti.

Bandung

Sumber gambar www.pikiran-rakyat.com

Bagi sebagian warga Jakarta, merayakan malam tahun baru di Bandung menjadi opsi yang kerap diambil. Selain jaraknya yang bisa dijangkau dengan kendaraan darat, Bandung pun menyediakan berbagai tujuan wisata menarik, termasuk wisata kuliner dan belanja yang tak pernah surut.

Kemeriahan tahun baru di Bandung bisa ditemui di wilayah jalan Dago dan sekitarnya juga di Alun-alun Kota Bandung. Di dua area tersebut biasanya sudah disiapkan pesta kembang api yang bisa dinikmati masyarakat saat malam tahun baru.

Bagi Anda yang berencana berlibur tahun baru di Bandung, segera lakukan reservasi hotel sejak sekarang. Pasalnya, jika memesan kamar hotel secara mendadak, besar kemungkinan Anda tidak akan kebagian kamar kosong, baik itu di hotel kelas melati maupun hotel berbintang. Hotel-hotel tersebut pasti akan penuh saat memasuki tahun baru.

Jakarta

Sumber gambar img.okezone.com

Bagi warga Jakarta yang tidak punya waktu libur tahun baru cukup panjang, Anda tak perlu khawatir karena ada banyak spot-spot yang bisa dikunjungi di malam tahun baru. Spot-spot ini pun tersebar di lima wilayah DKI.

Biasanya spot yang selalu menjadi tujuan warga untuk merayakan tahun baru adalah kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Monumen Nasional, Senayan, dan Ancol. Di tempat-tempat tersebut selalu disiapkan sejumlah konfigurasi kembang api yang menarik untuk ditonton.

Selain itu, pesta kembang api juga kerap dilakukan di dua mal besar di Jakarta, yaitu La Piazza - Summarecon Mal Kelapa Gading dan Central Park. Dua mal yang berbeda wilayah itu memang secara rutin kerap membuat pesta kembang api di malam pergantian tahun.

Bagi Anda yang ingin merayakan tahun baru di Jakarta secara berbeda, Anda bisa mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Di tempat ini biasanya digelar acara wayang kulit semalam suntuk. Gelaran acara tradisional ini biasanya dilakukan di Panggung Candi Bentar.

Yogyakarta

Sumber gambar 4.bp.blogspot.com

Berlibur tahun baru ke Yogyakarta juga menjadi sebuah pilihan yang menarik. Apalagi, kini terus bermunculan lokasi wisata baru yang fresh dan kekinian. Bahkan destinasi wisata di sekitaran Yogya kini tengah happening karena selalu menjadi lokasi selfie yang menarik.

Di Yogyakarta, acara tahun baru biasanya dipusatkan di sekitar alun-alun utara. Wilayah yang berdekatan dengan Malioboro ini ideal dijadikan tempat berkumpul untuk merayakan tahun baru dan melihat pesta kembang api.

Jika Yogyakarta menjadi rencana liburan Anda, maka usahakan memesan hotel jauh-jauh hari sehingga Anda bisa memastikan diri punya tempat menginap yang nyaman selama liburan di Kota Yogya.

Selain itu, jika akan merayakan tahun baru di sekitaran Malioboro, pastikan Anda sudah memarkir kendaraan sebelum sore hari karena kawasan ini akan ditutup menjelang sore hingga keesokan paginya di malam tahun baru.

Kalau tidak, Anda bisa menggunakan jasa taksi online maupun taksi regular yang ada di kota ini sehingga Anda tidak dipusingkan dengan urusan parkir kendaraan saat akan merayakan tahun baru di Yogyakarta.

Singapura

Sumber gambar i.ytimg.com

Singapura pun menjadi salah satu tujuan liburan tahun baru yang banyak dipilih oleh sebagian orang. Dengan biaya penerbangan yang relatif terjangkau, kita tak perlu heran bila Singapura selalu dipenuhi masyarakat Indonesia ketika menjelang tahun baru.

Di Singapura, pusat perayaan malam tahun baru biasanya dilakukan di dua tempat, yaitu Marina Bay dan Siloso Beach. Marina Bay memang salah satu wilayah liburan murah meriah bagi warga Singapura. Namun, di sini juga terdapat sejumlah kasino dan hotel-hotel berbintang bagi Anda yang berencana berlibur di Singapura.

Di Marina Bay, Anda akan melihat pesta kembang api yang diiringi dengan pertunjukan musik. Kembang api sudah ditata sedemikian rupa hingga menghasilkan sebuah koreografi indah.

Tempat kedua adalah Siloso Beach Party. Di tempat ini Anda akan disuguhi musik elektronik selama 12 jam nonstop. Dan tentu saja diselingi dengan pesta kembang api tepat pukul 00.00.

Selain kedua tempat itu, Anda juga bisa mengunjungi pusat keramaian lain, seperti
Merlion Park, Clarke Quay, dan East Coast Park. Di tempat ini memang tidak ada jaminan bakal dilakukan pesta kembang api. Tetapi setidaknya bisa menjadi tempat bersenang-senang sambil menunggu hitungan mundur menuju tahun baru 2018.

Hong Kong

Selain Singapura, Hong Kong pun kerap menjadi destinasi sebagian orang Indonesia saat merayakan liburan tahun baru. Di sini, pesta kembang api pun berlangsung semarak dan kerap menyajikan koreografi yang cantik.

Perayaan malam tahun baru di Hong Kong biasanya dipusatkan di Victoria Harbour. Tempat liburan favorit warga Hong Kong ini akan ditutup dari kendaraan pribadi sejak siang hari sehingga warga yang akan mengunjungi Victoria Harbour di malam tahun baru harus sudah siap sejak siang.

Di sini pesta kembang api pun dilangsungkan secara meriah. Sejumlah desain dan tata cahaya tertentu sudah disiapkan dan bakal dinyalakan ketika mendekati detik-detik pergantian tahun.

Tokyo

Sumber gambar www.liveinstyle.com

Meski sedikit lebih mahal dalam segi biaya, berlibur tahun baru di Tokyo pun menjadi salah satu pilihan yang menarik dilakukan. Toh, Anda bisa menabung sejak jauh hari agar bisa merayakan tahun baru di Ibu Kota Jepang ini.

Apalagi Tokyo selalu menggelar pesta tahun baru dengan meriah. Selain itu, Tokyo menyediakan berbagai spot yang bisa dijadikan tempat menghabiskan malam tahun baru dengan meraih.

Tempat wisata di seputaran Tokyo memang kerap membuat keramaian khusus, termasuk membuat pesta kembang api khusus di malam tahun baru,seperti di Tokyo Dome City, Tsukishima, Ginza, Yurakucho, Rikugien, dan Ueno Park.

Malang

Sumber gambar www.malang123.com

Kembali ke Indonesia, Malang juga menjadi pilihan yang menarik untuk menghabiskan liburan tahun baru bersama keluarga atau orang-orang terdekat. Kota yang masih menawarkan hawa sejuk ini memiliki sejumlah destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Untuk merasakan hawa yang lebih sejuk, Anda bisa memilih menginap di kawasan Batu yang berada sedikit di luar kota Malang. Sementara untuk tempat liburan, Anda bisa mengunjungi Jatim Park 1. Tempat yang memadukan wisata dan edukasi ini sangat pas dijadikan tujuan liburan bersama keluarga. Tiket masuk ke Jatim Park 1 berkisar Rp 75 ribu sampai Rp 100 ribu.

Anda juga bisa mengunjungi museum transportasi yang memiliki beragam kendaraan yang mungkin belum pernah dilihat seumur hidupmu. Koleksi kendaraan tua di museum ini sangat pas dijadikan latar belakang selfie. Tiket masuknya sekitar Rp 75 ribu per orang.

Surabaya

Sumber gambar 4.bp.blogspot.com

Sedikit ke utara dari Kota Malang, Anda juga bisa menjadikan Kota Surabaya sebagai tujuan menghabiskan liburan tahun baru yang menarik. Apalagi, Surabaya pun selalu menyediakan banyak spot tempat berkumpulnya masyarakat yang ingin merayakan malam tahun baru.

Di malam tahun baru, Pemerintah Kota Surabaya biasanya melakukan program Car Free Night. Jadi, seluruh kendaraan bermotor dilarang melewati wilayah tertentu di malam tahun baru.

Spot-spot yang bisa dikunjungi saat akan melewati malam tahun baru di Surabaya cukup banyak. Seperti di Atrium Sutos Jalan Hayam Wuruk, MW Club Jalan Panjang Jiwo 46-48 Surabaya, JX International Jalan Ahmad Yani No 99 Surabaya, Panggung Utama Taman Remaja Sby Jalan Kusuma Bangsa 114 Surabaya, atau Gedung Grahadi Jalan Gubernur Suryo Surabaya yang selalu mengadakan pesta kembang api dalam menyambut tahun baru.

Kuala Lumpur

Sumber gambar cdns.klimg.com

Sebagai negara serumpun, Malaysia juga merupakan pilihan yang pas sebagai tujuan berlibur di akhir tahun ini. Apalagi, tiket pesawat ke Malaysia masih termasuk terjangkau. Bahkan, tiket penerbangan dari Jakarta ke Kuala Lumpur masih lebih murah daripada tiket penerbangan dari Jakarta ke Raja Ampat, Papua.

Anda tak perlu heran jika Malaysia pun banyak dikunjungi wisatawan asal Indonesia menjelang pergantian tahun ini. Malaysia pun memiliki banyak tempat wisata yang menarik dikunjungi, seperti Lego Land yang pas dijadikan tujuan wisata untuk keluarga.

Untuk merayakan malam tahun baru, Anda bisa mengunjungi area di sekitar Menara Kembar Petronas. Salah satu ikon Kuala Lumpur dan Malaysia ini merupakan spot utama perayaan tahun baru di Ibu Kota negara tersebut. Ada pesta kembang api dan sorotan lampu warna-warni yang menghiasi malam tahun baru di tempat tersebut.

From our editorial team

Berlibur ke manapun, yang penting adalah persiapan terbaik agar bisa menikmati liburan dengan sempurna

Gimana? Udah siap untuk liburan akhir tahun? Tentu Anda selalu bisa mempertimbangkan ulang mumpung masih agak lama. Semoga rekomendasi yang kami berikan di atas, bisa menjadi pertimbangan yang tepat untuk Anda sekalian. Semakin dini memikirkannya, semakin baik pula persiapan Anda nanti. Selamat bersiap ya!

Tag