8 Oleh-oleh dari Hongkong yang Wajib Dibeli untuk Liburan di 2018

8 Oleh-oleh dari Hongkong yang Wajib Dibeli untuk Liburan di 2018

Hongkong ternyata tidak kalah menarik dari Singapura sebagai surga belanja sekaligus liburan. Dengan lokasi yang relatif mudah dijangkau, Hongkong menyediakan banyak lokasi tujuan wisata sekaligus surga belanja. Dapatkan panduannya hanya di BP-Guide.

Hongkong, Salah Satu Destinasi Wisata yang Populer!

Pertengahan tahun menjadi saatnya liburan panjang. Terutama buat mereka yang masih sekolah atau kuliah. Sudah punya rencana mau liburan ke mana? Kalau belum, kenapa tidak jadikan Hongkong sebagai destinasi di bucket list kalian.

Hongkong ini semacam sanctuary buat kamu yang suka belanja, apalagi yang berbau fashion. Liburan kalian pasti akan menyenangkan. Tak salah kalau Hongkong menjadi destinasi favorit para turis untuk menghabiskan waktu luang.

Tidak Lengkap Tanpa Belanja Oleh-oleh dari Hongkong, Yuk Hunting Di Sini

Saat berada di Hongkong, kamu hanya ingat belanja barang-barang dan berbagai hal lainnya. Hongkong akan bikin kamu lupa waktu dan ingin terus shopping. Karena ada banyak tempat belanja yang bisa bikin kamu ingin terus berbelanja.

Tapi, jangan lupa sama orang-orang tersayang yang ada di Tanah Air. Baik itu keluarga, teman, atau pacar. Ada banyak oleh-oleh menarik yang bisa kamu bawa buat mereka. Berikut tempat-tempat yang kami rekomendasikan untuk kamu kunjungi ketika liburan di Hongkong.

Ladies Market

Sumber gambar www.ladies-market.hk

Ladies Market merupakan salah satu tempat terkenal untuk berbelanja oleh-oleh untuk kamu bawa pulang ke Tanah Air. Letaknya di area Mong Kok. Kalau kamu menginap di Royal Plaza Hotel, bisa jalan kaki untuk berkunjung ke pusat belanja ini. Banyak sekali barang-barang menarik yang bisa kamu temui di sini.

Selain itu, tempat ini juga terkenal dengan proses tawar menawar yang sangat alot. Para penjual selalu membuka harga dengan lumayan tinggi. Jadi, kamu harus sabar dan siapkan tenaga sebanyak-banyaknya untuk membeli barang di Ladies Market.

Temple Street Night Market

Sumber gambar utrip.com

Kalau kamu ingin merasakan pengalaman berbelanja yang berbeda, coba datangi Temple Street Night Market. Untuk berkunjung, kamu bisa naik MRT dan turun di stasiun Yau Mei Tei. Seperti umumnya pasar malam, Temple Street Night Market juga terkenal dengan wisata kulinernya.

Tak hanya itu, di sana juga banyak pedagang yang menjajakan aksesoris fashion dan barang-barang elektronik dengan harga yang bersaing. Jangan lupa, pasar ini hanya buka di malam hari.

Stanley Market

Sumber gambar www.visitourchina.com

Untuk datang ke Stanley Market, kamu tidak bisa menggunakan MRT. Tapi menggunakan jalur bus yang langsung menuju ke jalan Stanley. Di pusat belanja ini, kamu akan menemukan oleh-oleh seperti kaos dengan desain yang unik. Pas sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang ke Indonesia.

Seperti Ladies Market, siap-siap juga untuk menawar barang secara alot. Para penjualnya lumayan terkenal galak dan sulit ditaklukkan.

Sham Shui Po

Sumber gambar www.sham-shui-po.com

Buat kamu yang malas capek menawar saat belanja, bisa datang ke Sham Shui Po. Di sana ada banyak toko-toko dan street market yang menjual barang-barang yang cocok buat oleh-oleh dengan harga relatif murah. Cukup naik MRT dan turun langsung di stasiun Sham Shui Po, kamu sudah sampai di tujuan.

Jardine Crescent

Sumber gambar ilovehongkong.org

Berkunjung ke Hongkong rasanya kurang afdol kalau tidak mampir ke Causeway Bay. Di daerah itu terdapat sebuah pusat belanja khusus oleh-oleh yang harganya cukup miring. Jardine Crescent namanya. Di sana banyak sekali tersedia barang-barang mulai dari pakaian, gantungan kunci, hingga perabotan rumah. Tempat yang pas untuk membeli oleh-oleh.

Wan Chai Market

Sumber gambar expatliving.hk

Tempat ini pas buat kamu yang ingin membawa pulang kudapan ala Hongkong dengan harga terjangkau. Wan Chai Market menyediakan makanan-makanan ringan dengan harga yang cukup murah. Seperti cokelat dan kue kering. Cara paling nyaman untuk datang ke tempat ini adalah naik kapal dari Victoria Harbour dengan jarak tempuh 15 menit.

10 Jenis Oleh-oleh Hong Kong untuk Kamu Bawa Pulang

Masih belum tahu mau bawa apa sebagai oleh-oleh? Berikut adalah daftar oleh-oleh rekomendasi kami yang harus kamu bawa pulang ke Tanah Air. Mau tahu apa saja?

Barang "Branded"

Sumber gambar www.airfrov.com

Di Hongkong, kamu akan dengan mudah menemukan barang-barang "branded". Di tiap pusat belanja pasti selalu ada barang-barang dengan merek terkenal dengan harga yang terjangkau. Tapi ingat, barang ini bukan la produk asli, melainkan KW. Buat kamu yang mau irit, boleh-boleh saja membawa pulang barang-barang "branded? tersebut. Apalagi harga paling mahal yang ditawarkan berkisar Rp. 1.000.000-an saja.

Set Peralatan Minum Teh

Datang ke negeri dengan budaya Tiongkok yang kental, rasanya harus juga membawa pulang set peralatan teh khas Tiongkok. Kamu bisa menemukan satu set peralatan minum teh ini di Temple Street Night Market. Barang tersebut dijual dengan harga yang cukup murah, lho. Tentu saja dengan syarat kamu bisa menawar dari harga yang dibuka.

Sumpit

Sumber gambar www.travelblog.org

Sumpit khas Tiongkok yang dijual di Hongkong ini berbeda dari yang kita temui di Indonesia. Memang, terasa seperti barang yang biasa-biasa saja. Tapi, desain yang terdapat di sumpit ini sangat kental melambangkan Hongkong. Dengan harga mulai dari Rp. 17.000, kamu sudah bisa mendapatkan sumpit yang unik ini di Ladies Market atau Stanley Market.

Stempel Nama

Sumber gambar blog.misteraladin.com

Stempel nama di Hongkong memiliki desain yang unik dan berbeda dari yang kita temui di Tanah Air. Kalau dilihat-lihat mungkin agak vintage dan mirip seperti yang ada di film-film kolosal Tiongkok yang pernah kita tonton.

Cukup dengan mengeluarkan uang mulai dari Rp. 30.000, kamu sudah bisa bikin stempel yang sesuai dengan namamu. Menarik bukan?

Mobil Tomica

Sumber gambar www.solopos.com

Ini adalah pilihan terbaik buat teman baik kamu yang merupakan seorang kolektor mobil-mobilan diecast. Karena mobil Tomica seri Hongkong ini cukup spesial dan sulit ditemui di Indonesia. Produsen ini memang terkenal dengan replika kendaraan yang kita temui sehari-hari. Seperti bus, taksi, hingga mobil polisi. Harganya mulai dari Rp. 100.000-an saja di Sam Shui Po dan Wan Chai Market.

Teh Khas Tiongkok

Sumber gambar www.femina.co.id

Kalau sudah membeli set peralatan minum teh, aneh rasanya kalau tidak beli teh khas Tiongkok yang banyak dijual di Hongkong. Apalagi teh khas Tiongkok ini dijual dengan harga cukup murah. Mulai dari Rp. 31.000 per ons. Minum teh memang sudah jadi budaya masyarakat Tiongkok, maka dari itu kualitasnya tak perlu diragukan lagi.

Cokelat Hongkong

Sumber gambar www.imgrum.org

Untuk mencari cokelat asli Hongkong, kamu harus datangi Wan Chai Market. Produk makanan berbahan dasar cokelat di Wan Chai Market terkenal sekali kualitas dan cita rasanya. Apalagi harganya juga cukup terjangkau. Mulai dari Rp 100.000 per kotak dengan isi yang bervariasi. Jadi kamu bisa bawa pulang dengan jumlah yang cukup banyak juga. Sehingga akan ada banyak yang senang saat kamu membagikan oleh-oleh ini di Indonesia.

Keramik

Sumber gambar www.pinterest.com

Untuk mempercantik dekorasi rumah, kamu bisa bawa pulang kerajinan keramik Tiongkok dari liburanmu di Hongkong. Untuk menemukannya, kamu bisa datang ke daerah Hollywood Road atau Wyndham Road. Di sana kamu bisa menemukan kerajinan keramik yang cantik. Harganya juga bervariasi, tergantung dari umur dan coraknya. Pintar-pintar saja memilih dan menawarnya.

Pakaian

Sumber gambar www.tripsavvy.com

Sempat dikenal sebagai pabrikan pakaian terbesar di negeri Cina, Hong Kong punya reputasi belanja pakaian murah. Bergam model pakaian ada di sini. Tentu yang paling cocok untuk oleh-oleh adalah pakaian khas masyarakat Cina. Tapi jika kamu ingin berbelanja pakaian modern pun ada. Pastinya semua bisa didapatkan dengna harga yang murah, asal kamu berani menawar!

Gadget Canggih

Sumber gambar themoscowtimes.com

Siapa sih yang engga tahu kalau Cina adalah produsen gadget yang produknya bisa didapatkan di mana-mana? Nah, di Hong Kong, yang terkenal adalah gadget-gadget baru super canggih namun dengan harga yang terjangkau. Jadi tak salah jika kamu memutuskan untuk membeli satu atau dua hape canggih buat oleh-oleh saat pulang!

Tips Penting Berbelanja di Hongkong

Sumber gambar blogs.wsj.com

Untuk berbelanja di Hongkong, kamu membutuhkan pengetahuan khusus karena memang sangat menantang. Untung, kami punya tips-tips yang bisa kamu coba ketika berkunjung ke sana.

Tega Menawar

Jangan mudah menyerah ketika menawar harga. Bahkan, kamu harus tega untuk menawar barang yang sangat diinginkan. Banyaknya turis yang datang ke Hongkong, membuat para pedagang yakin bahwa dagangannya akan laku meskipun dibuka dengan harga yang mahal. Jadi kalau kamu kalah saat menawar, maka kamu bisa saja mendapatkan barang yang overprice.

Perhatikan Garansi

Buat kamu yang ingin berbelanja barang elektronik di Hongkong, jangan sampai melupakan soal garansi. Memang, harga yang ditawarkan lebih rendah dari yang kamu temui di Indonesia. Namun tidak semua barang elektronik di sana memiliki garansi internasional. Jadi pastikan memilih barang elektronik dengan garansi internasional supaya tidak bikin repot ketika sudah menginjakkan kaki di Tanah Air.

Jangan Sungkan untuk Cicip Sana-sini

Sumber gambar www.strippedpixel.com

Makanan ringan yang ditawarkan di pasar atau pusat perbelanjaan di Hongkong ini bisa kamu cicipi dulu. Sama seperti kamu belanja di Indonesia. Untuk mengurangi risiko kecewa, lebih baik kamu cicip dulu makanan yang kamu ingin bawa pulang. Jika memang rasanya menarik dan enak, boleh lah membungkusnya untuk dijadikan oleh-oleh.

Belanjalah di Tempat yang Tepat

Sumber gambar www.tokopedia.com

Bagi yang baru pertama kali ke Hongkong dan ingin berbelanja, ada baiknya untuk melakukan riset dahulu mengenai tempat-tempat yang menjadi surga belanja. Bisa jadi kamu malah datang ke tempat yang menjual barang-barang dengan harga yang sangat mahal plus tidak bisa ditawar.

Nah, dengan membaca panduan dari kami, kamu setidaknya sudah punya gambaran akan berburu barang ke mana saja selama berada di Hongkong.

Perhatikan Kualitas Produk

Sumber gambar wisatatempat.com

Hal yang penting saat membeli oleh-oleh di Hongkong adalah memerhatikan kualitas produknya. Terutama produk-produk fashion. Karena banyak yang dijual adalah kualitas imitasi alias KW. Namun kualitas KW sendiri juga bervariasi. Disarankan untuk selalu lebih teliti atau double check barangnya sebelum membayar.

From our editorial team

Koper kosong bermanfaat untuk bawa pulang lebih banyak belanjaan

Kalau memang berencana untuk berbelanja selama liburan di Hongkong, sebaiknya persiapan satu koper ekstra sejak berangkat dari Tanah Air. Koper ini nantinya akan khusus diisi oleh barang belanjaan, termasuk oleh-oleh tentunya. Setidaknya persiapan ini akan menghindarkan kamu dari kebingungan untuk menata semua barang belanjaan bersama koper pakaian. Selamat berbelanja.