30 Pilihan Atasan Satin dan Paduan Satin Rekomendasi Pakar Supaya Anda Bisa Tampil Semakin Cantik

30 Pilihan Atasan Satin dan Paduan Satin Rekomendasi Pakar Supaya Anda Bisa Tampil Semakin Cantik

Penasaran dengan atasan satin yang lagi populer tahun ini? Anda tak perlu bertanya-tanya lagi atasan satin anyar mana yang hendak Anda pakai. Tips paduan atasan satin terbaru dari BP-Guide berikut ini akan membantu Anda untuk memilih yang paling cocok untuk Anda.

Atasan Satin Bisa Bikin Tampilan Makin Sempurna

Sumber gambar bajudresskorea.com

Tampil sempurna adalah idaman setiap wanita. Demi mendapatkan penampilan prima, setiap aspek harus diperhatikan. Bukan cuma model baju, kualitas, merek, tapi juga bahan busana tersebut.

Nah, bahan satu itu bak primadona dimata para wanita; satin. Bahan satin dikenal berkat permukaan kainnya yang licin dan mengkilap. Ini ciri khas untuk yang membedakannya dengan jenis kain lain. Bahannya juga halus dan dibuat dari tenun serat filamen sehingga meninggalkan kesan mewah dan anggun.

Jelas, satin layak dipilih sebagai bahan rok, blus, gaun, baju tidur, mukena, bahkan pemanis ruangan seperti gorden. Inilah yang membuat satin jadi incaran.

Tips Memilih Atasan Satin

Menggoda, bukan? Namun karena dibuat dengan cara ditenun, helaian serat dalam kain satin rentan lepas atau terurai jika ikatannya terlepas. Ini membuat pakaian Anda tak awet dan cepat rusak.

Maka, sebelum membeli pakaian berbahan satin, cermati dulu tenunnya. Perhatikan tidak ada ikatan yang lepas. Dengan begini, Anda bisa terus tampil elegan. Ini penting untuk diketahui karena tak hanya wanita yang memakai bahan satin. Pria pun akan nampak elegan dengan memakai dasi berbahan satin. Mau tahu tips-tips memilih atasan satin selengkapnya? Silakan amati poin-poin di bawah ini.

Perhatikan permukaan

Sumber gambar indonesian.alibaba.com

Apakah permukaannya licin, tidak gampang lecek? Apakah mengkilap? Jika iya, maka pilih pakaian tersebut. Ingat, memperhatikan permukaan bahan atasan satin adalah langkah pertama agar tak salah pilih bahan satin.

Atasan satin berkualitas mempunyai jahitan kuat

Sumber gambar didyoumakethat.com

Setelah permukaannya oke, amati jahitannya. Jika ternyata kuat, maka itulah satin berkualitas. Jahitan memang jadi pedoman utama saat memilih pakaian. Apalagi, untuk pakaian hasil tenun seperti bahan satin. Pastikan Anda hanya memilih bahan yang rapi dan kuat sehingga baju Anda awet dipakai.

Nyaman digunakan

Sumber gambar id.pinterest.com

Tampilannya sudah oke, sekarang saatnya Anda mencoba baju tersebut. Apakah nyaman dipakai? Tidak panas dan kasar di kulit? Soalnya, pakaian yang terbuat dari kain satin cenderung rapi dan adem saat bersentuhan dengan kulit.

Pilih yang memiliki kualitas tenunan bagus

Sumber gambar s0.bukalapak.com

Satu yang tak boleh ketinggalan adalah kualitas tenunan. Kalau bajunya sudah oke, tapi tenunannya tidak bagus, waduh, rugi, dong. Perhatikan apakah tenun atasan satin tersebut sudah rapat dan rapi? Tentu saja, pilih yang jahitan atau benangnya rapid an tak mudah lepas.

Inilah perbedaan antara kain satin dan sutra

Sumber gambar rathdownefabrics.com.au

Lalu, apa bedanya kain satin dengan kain sutra? Keduanya sama-sama diidamkan oleh para wanita yang memperhatikan gaya busana. Ini karena satin dan sutra sama-sama halus, permukaannya pun mirip. Walau begitu, keduanya jelas sangat berbeda.

Satin adalah hasil tenun sehingga muncul jahitan yang sangat sedikit pada kain. Itulah ciri kain satin. Satin memiliki permukaan kain yang mengkilap, bukan? Kilap ini akibat bahan sutra yang dipakai di sana. Biasanya, hanya permukaan satin yang mengkilap sedangkan bagian belakangnya tidak. Namun, ada pula kain satin yang kedua sisinya sama-sama shiny, yaitu satin de Lyon. Bahan satin kerap dipakai untuk bahan gaun pesta, jaket baseball, gaun pengantin, celana boxer, kemeja, lingerie, celana atlet, dasi, kemeja, tas, dan sepatu.

Bagaimana dengan sutra? Bahan satu ini dibuat dari serat protein alami yang ditenun jadi bahan busana. Kilapnya merupakan struktur dalam serat itu yang berbentuk mirip prisma segitiga, sehingga menyebabkan kain sutra mampu membiaskan cahaya dari banyak sudut sehingga ia nampak mengkilap.

Seperti satin, sutra juga berbahan lembut, halus, namun tidak licin. Mau tahu jenis sutra apa yang paling sering digunakan? Sutra dari ulat sutra murbei (bombyx mori), jawabannya. Larva ulat ini diambil kepompongnya untuk diproses. Ulat ini jenis ulat ternak yang peternakannya disebut serikultur.

Satin adalah produk sintetis, sedangkan sutra adalah produk alami

Nah, sudah tahu kan sekarang bedanya? Satin merupakan bahan buatan (sintesis) yang dibuat dari perpaduan sutra, polyester, nilon, dan bahan lain. Sedangkan, sutra dibuat secara alami, dengan mengambil serat dari kepompong dan diproses menjadi benang, lalu ditenun jadi kain.

Kualitas sutra jauh lebih baik daripada satin

Sumber gambar sites.google.com

Lalu, mana yang kualitasnya lebih baik? Keduanya tentu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Seperti kita ketahui, pembuatan benang hingga kain sutra melibatkan proses yang rumit. Bayangkan, tiap helai benang sutra saja dibutuhkan ribuan kepompong ulat sutra.

Dalam perawatannya, kain sutra harus dicuci memakai air dingin. Itu pun dicucinya dengan tangan, dan tak boleh diremas-remas karena kainnya bisa rusak.

Jangan heran jika harganya pun lebih mahal dibanding kain satin. Tapi tenang, harga mahal ini layak kok, karena Anda akan mendapatkan kain dengan serat yang kuat dan tahan lama sekalipun terkena air panas.

Kalau satin? Satin bukan kain berbahan alami, melainkan dari serat sintesis sehingga biaya pembuatannya lebih rendah. Harganya pun lebih murah dari sutra. Berbeda dengan sutra, kain satin mudah mengembang dan menyusut saat terkena air panas. Untuk perawatannya pun, kain satin dibersihkan dengan cara dry clean.

Tampilan satin lebih glossy, namun sutra cenderung berkilauan

Keduanya sama-sama punya khas pada permukaan kain. Jika sutra cenderung berkilau, satin lebih mengkilap atau glossy. Ini karena benang sutra memiliki struktur prisma. Struktur ini sesungguhnya adalah mikro yang dihasilkan oleh protein bawaan dari ulat sutra tersebut. Protein ini dikenal juga sebagai lapisan fibroin.

Struktur prisma tersebut memungkinkan cahaya jadi tersebar saat menimpa bahan sutra. Itulah yang menyebabkan ada efek berkilauan pada kain tersebut.

Satin punya bagian yang mengkilap, namun sisi lainnya lebih gelap. Unsur kilapnya dikarenakan satin dibuat dari serat yang dapat mengapung (interlacing). Sehingga, tak hanya mengkilap, bahan satin juga bersifat halus.

Rekomendasi Atasan Satin dan Baju Kombinasi Satin untuk Bikin Keren Penampilan Anda

Dengan kualitas dan kenyamanan satin, Anda tak perlu ragu menggunakannya dalam berbusana. Padukanlah bahan satin pada baju atasan Anda, karena bahan satin akan menambah nilai busana Anda.

Sentuhan satin juga memberi kesan mewah karena kain satin yang indah, halus dan lembut itu. Apalagi jika Anda kombinasikan dengan bahan lain, misalnya batik. Lebih simpelnya, satin juga bisa Anda rangkai menjadi dress yang indah. Model-model ini bisa Anda kenakan saat menghadiri acara formal maupun pergi bekerja.

Dijamin, busana Anda akan tampak mahal. Di bawah ini beberapa ide baju atasan satin kombinasi untuk Anda.

Atasan Blouse atau Kemeja Satin

1. Mybamus Kemeja Sateen Shirt Tops

Mybamus Kemeja Sateen Shirt Tops adalah rekomendasi kami yang pertama. Atasan ini bisa dipakai bekerja atau berbagai acara lainnya. Kemeja hadir dengan kancing depan dan kancing di ujung lengan.

Bahannya satin doff sehingga tidak terlalu mengkilap dan tidak berkesan glamor. Kemeja lengan panjang ini memiliki cutting standar.

Harga Rp. 79.000

2. AINE Steena halter-neck blouse

Anda bisa juga melirik AINE Steena halter-neck blouse sebagai pilihan atasan satin. Modelnya kekinian dan ala anak muda. Cocok untuk hangout hingga acara resmi.

Mudah dipadukan dengan celana atau rok. Produk yang satu ini tersedia dalam ukuran S hingga L.

Harga Rp. 359.000

3. Basix - Louise Ruched Wrap Blouse Blue

Basix - Louise Ruched Wrap Blouse Blue merupakan atasan satin selanjutnya yang bisa jadi koleksi Anda. Dengan aksen strip sehingga membuat tampilan makin modis. Blus kerah V ini memiliki aksen model kancing menyamping.

Lengannya model 7/8 dan bajunya berpotongan regular fit. Ada aksen pita juga pada bajunya.

Harga Rp. 87.000-169.000

4. St. Yves Short Sleeve Blouse Top Satin Plain

St. Yves Short Sleeve Blouse Top Satin Plain merupakan atasan satin yang simple. Bisa dipakai hangout atau bajkan ke acara resmi. Cocok juga jika ditambahkan outer.

Atasan lengan pendek ini tersedia dalam ukuran S hingga XXL. Hanya ada warna dusty pink untuk bajunya.

Harga Rp. 137.000

5. Bluse Kerja Wanita Bahan Satin Biru Hijau Sage Floral Print Brilliant Girl

Bluse Kerja Wanita Bahan Satin Biru Hijau Sage Floral Print Brilliant Girl menarik untuk jadi koleksi Anda. Atasan satin ini tersedia dalam dua pilihan warna menarik. Motif floralnya bikin Anda terkesan feminin.

Mudah dipadupadankan dengan aneka bawahan. Atasan lengan panjang ini potongannya regular fit. Ada ukuran S hingga XXL.

Harga Rp. 419.000

6. Yucca Modest - Satin Puff Sleeve Top

Yucca Modest - Satin Puff Sleeve Top adalah pilihan kami selanjutnya. Atasan satin ini memiliki lengan model lonceng. Ada aksen kancing di bagian belakang. Bajunya loose fit dan wudhu friendly.

Ada pilihan warna Navy, Haze, Ivory, dan Sand. Atasan ini memiliki ukuran S hingga L.

Harga Rp. 149.000-303.000

7. Hamlin Cheva Top Blouse Atasan Wanita Button Style Fashionable Material Satin

Hamlin Cheva Top Blouse Atasan Wanita Button Style Fashionable Material Satin wajib jadi koleksi Anda. Atasan ini memiliki aksen model kancing menyamping. Atasan bahan satin ini keren untuk berbagai acara dan suasana.

Lengannya memiliki panjang 3/4. Kerahnya model V sehingga terlihat ramping saat memakainya.

Harga Rp. 461.000

8. Soft Tone Leaf Print Tunic Arlette by Brilliant Girl

Soft Tone Leaf Print Tunic Arlette by Brilliant Girl merupakan rekomendasi kami selanjutnya. Produk yang satu ini hadir dalam motif daun dalam nuansa pastel yang feminin. Lengannya 7/8 dengan model flare.

Produk yang satu ini hadir dengan kancing depan dan model worker collar. Atasan satin ini pastinya keren untuk berbagai acara.

Harga Rp. 404.000

9. Irui Outer Kimono Wanita Satin Hiromi Blue

Irui Outer Kimono Wanita Satin Hiromi Blue merupakan pilihan tepat untuk Anda. Outer bahan satin ini nyaman dipakai dan bisa memberikan kesan elegan. Lingkar dadanya 124 cm sehingga muat sampai ukuran XL.

Bisa dipakai di acara formal hingga kasual. Tersedia dalam warna biru.

Harga Rp. 122.000

10. LORÉN studio LS-025 Gabrielle Top Sabrina

LORÉN studio LS-025 Gabrielle Top Sabrina adalah pilihan kami lainnya. Produk yang satu ini keren untuk dipakai berbagai acara. Atasan satin ini memiliki model kerah sabrina dengan lengan 3/4. Ada juga detail pita di bagian depan.

Tersedia dalam ukuran S hingga XL. Anda bisa memilih dua varian warna untuk pakaian ini.

Harga Rp. 89.000-156.000

11. EDITION LADIES EB149 WHITE Short Sleeve Satin Blouse

EDITION LADIES EB149 WHITE Short Sleeve Satin Blouse tidak kalah menarik untuk jadi koleksi. Atasan satin lengan pendek ini hadir dengan kerah model turtle. Ada aksen cape dan kancing belakang pada blusnya.

Mudah dipadukan dengan berbagai bawahan. Tersedia dalam ukuran S hingga XL.

Harga Rp. 178.000-236.000

12. SIMPLICITY Satin Sailor Collar Shirt

SIMPLICITY Satin Sailor Collar Shirt juga menarik untuk jadi koleksi Anda. Atasan satin ini model kerah sailor sehingga tampak retro modelnya. Kemeja warna pink tentu bikin Anda makin feminin.

Atasan berlengan panjang dan ada karet elastis di pergelangan lengan. Tersedia dalam ukuran S hingga L.

Harga Rp. 279.000

13. Venus Rules - Fora Kimono Satin

Venus Rules - Fora Kimono Satin adalah pilihan lainnya untuk Anda. Atasan satin ini bisa dipakai dalam berbagai acara dan suasana. Ukuran atasan ini all size dengan lingkar dada 104 cm. Anda bisa memadukannya dengan berbagai bawahan.

14. Avenue Tunic Sateen Layer Panel

Avenue Tunic Sateen Layer Panel merupakan pilihan terbaik untuk Anda. Atasan satin ini berlengan panjang. Bisa untuk acara formal dan kasual. Ada aksen rempel di bagian atas.

Lingkar dadanya 102 cm dengan panjang baju 58 cm. Ada pilihan warna brown dan pink yang tersedia.

Harga Rp. 153.000-306.000

15. AKY - Melona Blouse Kemeja Satin

AKY - Melona Blouse Kemeja Satin merupakan rekomendasi kami berikutnya. Atasan satin ini berlengan panjang dengan kancing depan. Ada aksen karet pinggang pada bajunya.

Bisa dipakai bekerja dan aneka acara lainnya. Ukuran lingkar dada 110 cm dengan panjang baju 70 cm.

Harga Rp. 254.000

16. M&S - Blouse Wanita - Satin V-Neck 3/4 Sleeve Blouse

M&S - Blouse Wanita - Satin V-Neck 3/4 Sleeve Blouse bisa juga dikenakan dalam berbagai acara. Atasan satin ini hadir dengan motif batik yang elegan. Blus berpotongan regular fit.

Modelnya kekinian dengan kerah dan tali di bagian samping. Bisa dipadukan dengan aneka bawahan.

Harga Rp. 259.000

17. Irui Kemeja Lengan 3/4 Wanita Satin Akira Green

Irui Kemeja Lengan 3/4 Wanita Satin Akira Green adalah pilihan terbaik untuk Anda. Atasan satin dengan lengan 3/4 ini tentunya nyaman dipakai. Bahannya adem dan tidak mudah kusut.

Produk tersedia dalam ukuran S hingga L. Mudah dipadukan dan bisa untuk berbagai acara.

Harga Rp. 134.000

18. Monellina 00653 Kemeja Oversize Wanita Lengan Panjang Satin

Jangan lewatkan Monellina 00653 Kemeja Oversize Wanita Lengan Panjang Satin sebagai koleksi. Atasan satin ini hadir dengan model yang simple namun menawan. Tersedia dalam ukuran L hingga XL.

Kemeja ini memiliki kancing depan. Ada banyak pilihan warna tersedia.

Harga Rp. 70.000-125.000

19. Green Blouse Maxmara Motif Brilliant Girl

Green Blouse Maxmara Motif Brilliant Girl terkesan mewah dan cocok untuk aneka acara formal. Lengan memiliki panjang 7/8. Kesannya elegan dengan kerah dan kancing depan.

Bisa dipadukan dengan aneka bawahan. Potongannya regular fit dan nyaman untuk berbagai cuaca.

Harga Rp. 314.000

20. MyYoora Early Camisole Satin Tanktop BL1065

MyYoora Early Camisole Satin Tanktop BL1065 nyaman untuk dipakai dalam aneka acara. Anda bisa tambahkan outer jika kurang nyaman hanya memakai tanktop. Modelnya simpel dan elegan.

Anda bisa padukan dengan aneka bawahan. Ada banyak pilihan warna tersedia.

Harga Rp. 69.000-149.000

21. Irui Blouse Batwing Wanita Satin Silk Adena Polkadot

Irui Blouse Batwing Wanita Satin Silk Adena Polkadot adalah pilihan kami berikutnya. Atasan satin ini bisa menemani Anda dalam aneka acara kasual. Mudah dipadukan dengan celana atau rok.

Atasan model batwing ini memiliki lingkar dada 124 cm. Tersedia dalam 4 pilihan warna.

Harga Rp. 129.000

22. Hamlin Cheva Blouse Casual Wanita Sabrina Kerut Dada Lengan Panjang Material Satin

Hamlin Cheva Blouse Casual Wanita Sabrina Kerut Dada Lengan Panjang Material Satin tentu saja bisa jadi andalan. Berlengan panjang jadi mudah dipadukan dengan aneka bawahan. Ada aksen kerut di bagian depan.

Banyak pilihan warna untuk Anda. Baju ini tersedia dalam ukuran L hingga XXXL.

Harga Rp. 504.000

Dress Bahan Satin dan Paduan Satin

23. WOU BATIK PREMIUM - Kebaya Batik Couple Sayekti

WOU BATIK PREMIUM - Kebaya Batik Couple Sayekti merupakan pilihan pakaian yang bisa jadi andalan Anda untuk acara formal. Bisa dibeli couple dan bisa juga beli satu saja. Produk berbahan kombinasi satin dan katun.

Nyaman dan keren pakaiannya. Tersedia dalam ukuran M hingga XL.

Harga Rp. 110.000-550.000

24. Bloom et Champs Kimono Satin Panjang in Gold Leaves

Bloom et Champs Kimono Satin Panjang in Gold Leaves merupakan rekomendasi yang sayang untuk dilewatkan. Terbuat dari paduan satin dan brokat sehingga terkesan mewah. Cocok untuk pesta dan lainnya.

Tersedia dalam ukuran S hingga L. Potongannya loose fit jadi nyaman dipakai.

Harga Rp. 995.000-1.263.000

25. LOVE ESCAPE Dress Pesta Wanita

LOVE ESCAPE Dress Pesta Wanita bisa jadi pilihan Anda. Cocok untuk ke berbagai acara formal utamanya pesta. Sederhana namun kesannya tetap elegan dan cantik.

Dress memiliki ada knot di bagian atas. Bahan inner dari satin maxmara, dan bahan outer adalah tile halus.

Harga Rp. 204.000-307.000

26. Trisen Safira Kaftan Satin

Trisen Safira Kaftan Satin tentu bisa jadi rekomendasi terbaik. Anda bisa memakainya saat pesta atau acara resmi lainnya. Dress bahan satin ini tampak mewah.

Ada pilihan warna Milo, Dusty, Maroon, dan Navy. Tersedia satu ukuran dengan lingkar dada 206 cm. Bagian belakang dilengkapi dengan resleting dan bagian dalam ada tali untuk membentuk pinggang.

Harga Rp. 180.000-317.000

27. Modinesia Syahira Set Long Dress

Anda juga bisa melirik Modinesia Syahira Set Long Dress sebagai pilihan. Dress cantik ini terbuat dari bahan kombinasi Tile bordir dan Baby satin. Pastinya tampak mewah dan elegan untuk ke pesta.

Ada detail mutiara tempel pada bajunya yang bikin tampilan elegan. Dress juga memiliki detail lipitan serta detail kancing pada bagian mansetnya.

Harga Rp. 200.000-603.000

28. Khadj Hijab - Dress Gamis Satin

Khadj Hijab - Dress Gamis Satin merupakan rekomendasi kami selanjutnya. Produk yang satu ini berbahan satin silk yang lembut, flowy, dan mewah. Ada aksen tali pinggang dan rempel ruffle.

Bajunya wudhu friendly dan busui friendly. Tersedia dalam ukuran S hingga L.

Harga Rp. 209.000

29. Alisya Set - Dress Satin by Lavioletclothing

Alisya Set - Dress Satin by Lavioletclothing tentunya bisa jadi andalan Anda untuk berbagai acara pesta dan acara resmi lainnya. Modelnya keren dan kekinian. Bahannya paduan satin dan brokat sehingga tampak mewah.

Tersedia dalam 4 pilihan warna. Cuttingnya ramping dan bikin terlihat makin langsing.

Harga Rp. 179.000

30. Setelan Batik Viscos Satin EB Traditional Motif Ayesha Raya

Setelan Batik Viscos Satin EB Traditional Motif Ayesha Raya pasti bikin Anda makin percaya diri saat menghadiri acara resmi atau pesta. Setelan ini terdiri dari dress dan outer.

Outernya berbahan viscose dengan motif batik. Dalamannya berbahan satin yang lembut dan mewah. Produk tersedia dalam all size fit to XL.

Harga Rp. 899.000
From our editorial team

Memadupadankan atasan satin dengan gaya khas Anda akan jadi tampilan terbaik Anda saat ini!

Sudah baca kan bagaimana Anda bisa mempercantik penampilan Anda dengan atasan satin? Tak perlu ragu-ragu untuk mencoba setiap rekomendasi yang kami berikan di atas. Niscaya, Anda akan tampil lebih berseri dan berbeda dari sebelumnya. Selamat mencoba!