Tips dan 10 Ide Paduan Atasan Satin Supaya Anda Bisa Tampil Semakin Cantik

Tips dan 10 Ide Paduan Atasan Satin Supaya Anda Bisa Tampil Semakin Cantik

Penasaran dengan atasan satin yang lagi populer tahun ini? Anda tak perlu bertanya-tanya lagi atasan satin anyar mana yang hendak Anda pakai. Tips paduan atasan satin terbaru dari BP-Guide berikut ini akan membantu Anda untuk memilih yang paling cocok untuk Anda.

Atasan satin banyak dipilih karena tampilannya yang sempurna untuk wanita

Sumber gambar bajudresskorea.com

Tampil sempurna adalah idaman setiap wanita. Demi mendapatkan penampilan prima, setiap aspek harus diperhatikan. Bukan cuma model baju, kualitas, merek, tapi juga bahan busana tersebut.

Nah, bahan satu itu bak primadona dimata para wanita; satin. Bahan satin dikenal berkat permukaan kainnya yang licin dan mengkilap. Ini ciri khas untuk yang membedakannya dengan jenis kain lain. Bahannya juga halus dan dibuat dari tenun serat filamen sehingga meninggalkan kesan mewah dan anggun.

Jelas, satin layak dipilih sebagai bahan rok, blus, gaun, baju tidur, mukena, bahkan pemanis ruangan seperti gorden. Inilah yang membuat satin jadi incaran.

Tips memilih atasan satin supaya tidak salah pilih

Menggoda, bukan? Namun karena dibuat dengan cara ditenun, helaian serat dalam kain satin rentan lepas atau terurai jika ikatannya terlepas. Ini membuat pakaian Anda tak awet dan cepat rusak.

Maka, sebelum membeli pakaian berbahan satin, cermati dulu tenunnya. Perhatikan tidak ada ikatan yang lepas. Dengan begini, Anda bisa terus tampil elegan. Ini penting untuk diketahui karena tak hanya wanita yang memakai bahan satin. Pria pun akan nampak elegan dengan memakai dasi berbahan satin. Mau tahu tips-tips memilih atasan satin selengkapnya? Silakan amati poin-poin di bawah ini.

Perhatikan permukaan

Sumber gambar indonesian.alibaba.com

Apakah permukaannya licin, tidak gampang lecek? Apakah mengkilap? Jika iya, maka pilih pakaian tersebut. Ingat, memperhatikan permukaan bahan atasan satin adalah langkah pertama agar tak salah pilih bahan satin.

Atasan satin berkualitas mempunyai jahitan kuat

Sumber gambar didyoumakethat.com

Setelah permukaannya oke, amati jahitannya. Jika ternyata kuat, maka itulah satin berkualitas. Jahitan memang jadi pedoman utama saat memilih pakaian. Apalagi, untuk pakaian hasil tenun seperti bahan satin. Pastikan Anda hanya memilih bahan yang rapi dan kuat sehingga baju Anda awet dipakai.

Nyaman digunakan

Sumber gambar id.pinterest.com

Tampilannya sudah oke, sekarang saatnya Anda mencoba baju tersebut. Apakah nyaman dipakai? Tidak panas dan kasar di kulit? Soalnya, pakaian yang terbuat dari kain satin cenderung rapi dan adem saat bersentuhan dengan kulit.

Pilih yang memiliki kualitas tenunan bagus

Sumber gambar s0.bukalapak.com

Satu yang tak boleh ketinggalan adalah kualitas tenunan. Kalau bajunya sudah oke, tapi tenunannya tidak bagus, waduh, rugi, dong. Perhatikan apakah tenun atasan satin tersebut sudah rapat dan rapi? Tentu saja, pilih yang jahitan atau benangnya rapid an tak mudah lepas.

Inilah perbedaan antara kain satin dan sutra

Sumber gambar rathdownefabrics.com.au

Lalu, apa bedanya kain satin dengan kain sutra? Keduanya sama-sama diidamkan oleh para wanita yang memperhatikan gaya busana. Ini karena satin dan sutra sama-sama halus, permukaannya pun mirip. Walau begitu, keduanya jelas sangat berbeda.

Satin adalah hasil tenun sehingga muncul jahitan yang sangat sedikit pada kain. Itulah ciri kain satin. Satin memiliki permukaan kain yang mengkilap, bukan? Kilap ini akibat bahan sutra yang dipakai di sana. Biasanya, hanya permukaan satin yang mengkilap sedangkan bagian belakangnya tidak. Namun, ada pula kain satin yang kedua sisinya sama-sama shiny, yaitu satin de Lyon. Bahan satin kerap dipakai untuk bahan gaun pesta, jaket baseball, gaun pengantin, celana boxer, kemeja, lingerie, celana atlet, dasi, kemeja, tas, dan sepatu.

Bagaimana dengan sutra? Bahan satu ini dibuat dari serat protein alami yang ditenun jadi bahan busana. Kilapnya merupakan struktur dalam serat itu yang berbentuk mirip prisma segitiga, sehingga menyebabkan kain sutra mampu membiaskan cahaya dari banyak sudut sehingga ia nampak mengkilap.

Seperti satin, sutra juga berbahan lembut, halus, namun tidak licin. Mau tahu jenis sutra apa yang paling sering digunakan? Sutra dari ulat sutra murbei (bombyx mori), jawabannya. Larva ulat ini diambil kepompongnya untuk diproses. Ulat ini jenis ulat ternak yang peternakannya disebut serikultur.

Satin adalah produk sintetis, sedangkan sutra adalah produk alami

Nah, sudah tahu kan sekarang bedanya? Satin merupakan bahan buatan (sintesis) yang dibuat dari perpaduan sutra, polyester, nilon, dan bahan lain. Sedangkan, sutra dibuat secara alami, dengan mengambil serat dari kepompong dan diproses menjadi benang, lalu ditenun jadi kain.

Kualitas sutra jauh lebih baik daripada satin

Sumber gambar sites.google.com

Lalu, mana yang kualitasnya lebih baik? Keduanya tentu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Seperti kita ketahui, pembuatan benang hingga kain sutra melibatkan proses yang rumit. Bayangkan, tiap helai benang sutra saja dibutuhkan ribuan kepompong ulat sutra.

Dalam perawatannya, kain sutra harus dicuci memakai air dingin. Itu pun dicucinya dengan tangan, dan tak boleh diremas-remas karena kainnya bisa rusak.

Jangan heran jika harganya pun lebih mahal dibanding kain satin. Tapi tenang, harga mahal ini layak kok, karena Anda akan mendapatkan kain dengan serat yang kuat dan tahan lama sekalipun terkena air panas.

Kalau satin? Satin bukan kain berbahan alami, melainkan dari serat sintesis sehingga biaya pembuatannya lebih rendah. Harganya pun lebih murah dari sutra. Berbeda dengan sutra, kain satin mudah mengembang dan menyusut saat terkena air panas. Untuk perawatannya pun, kain satin dibersihkan dengan cara dry clean.

Tampilan satin lebih glossy, namun sutra cenderung berkilauan

Keduanya sama-sama punya khas pada permukaan kain. Jika sutra cenderung berkilau, satin lebih mengkilap atau glossy. Ini karena benang sutra memiliki struktur prisma. Struktur ini sesungguhnya adalah mikro yang dihasilkan oleh protein bawaan dari ulat sutra tersebut. Protein ini dikenal juga sebagai lapisan fibroin.

Struktur prisma tersebut memungkinkan cahaya jadi tersebar saat menimpa bahan sutra. Itulah yang menyebabkan ada efek berkilauan pada kain tersebut.

Satin punya bagian yang mengkilap, namun sisi lainnya lebih gelap. Unsur kilapnya dikarenakan satin dibuat dari serat yang dapat mengapung (interlacing). Sehingga, tak hanya mengkilap, bahan satin juga bersifat halus.

Kombinasi atasan satin yang bisa menambah keren penampilan Anda

Dengan kualitas dan kenyamanan satin, Anda tak perlu ragu menggunakannya dalam berbusana. Padukanlah bahan satin pada baju atasan Anda, karena bahan satin akan menambah nilai busana Anda.

Sentuhan satin juga memberi kesan mewah karena kain satin yang indah, halus dan lembut itu. Apalagi jika Anda kombinasikan dengan bahan lain, misalnya batik. Lebih simpelnya, satin juga bisa Anda rangkai menjadi dress yang indah. Model-model ini bisa Anda kenakan saat menghadiri acara formal maupun pergi bekerja.

Dijamin, busana Anda akan tampak mahal. Di bawah ini beberapa ide baju atasan satin kombinasi untuk Anda.

Batik Kombinasi Satin

Sumber gambar fashionhariini.com

Dress Batik Syahrini Couple berbahan katun ini merupakan kombinasi bahan katun dan satin batik. Tak perlu cemas karena baju ini bisa dipakai oleh Anda yang berukuran L. Harganya hanya Rp 118.000, lho.

Ada juga Sarimbit Batik Velvet berbahan katun satin. Baju berwarna tosca ini memiliki motif ukiran Asmat, sehingga membuatnya khas dan unik. Hanya dengan Rp 165.000 Anda sudah tampil elegan. Kedua produk ini bisa Anda temukan di batikcode.com.

Mau coba batik model gamis? Ada, kok. Gamis batik berbahan kombinasi katun dan satin velvet ini memiliki satu kancing depan pada bagian dalam dan kerah V yang unik serta dihiasi kancing bungkus. Bagian dadanya ditutup kemben dengan karet belakang, ada obi pinggang juga yang bisa Anda pasang dan lepas sesuai kebutuhan. Warnanya hitam polos, jadi Anda bisa memadupadankan dengan warna lain. Gamis ini dijual dalam ukuran fit to XL, jadi jangan ragu membelinya!

Brokat Dress Kombinasi Satin

Sumber gambar www.bukalapak.com

Satin dengan dress brokat? Wah, kombinasi ciamik ini akan membuat Anda terlihat menawan! Brokat merupakan jenis bahan penuh dekorasi yang awalnya dibuat dari China dan Perancis. Proses pembuatannya mirip tenun, yakni dengan membordir bahan warna emas, sutra, dan perak.

Biasanya, brokat digunakan sebagai pelapis bahan. Kenapa pelapis? Karena bentuk brokat cenderung kasar dan keras, serta menyebabkan gatal jika tersentuh kulit. Maka, harus dilapisi kain bahan lain untuk membuat Anda lebih nyaman, khususnya brokat asal Cina yang bahannya tipis dan menerawang jika tidak Anda balut dengan dalaman.

Perpaduan manis antara satin dan brokat perlu Anda coba. Ini akan membuat penampilan makin modis. Bingung pilih brokat-satin yang mana?

Di bukalapak.com, Anda bisa temukan Mutan Bahan Satin Oscar Fashion AH yang dijual seharga Rp 72.000 saja. Baju ini berbahan satin dan brokat bordir. Adem, berkualitas, elegan, dan nyaman dipakai. Jangan lupa perhatikan ukuran sebelum membeli, ya.

Gamis Kombinasi Satin

Sumber gambar www.bajugamisku.com

Muslimah juga tak terhalang untuk tampil bergaya, lho. Coba dulu pakai gamis satin Azhira Brokat Satin yang dijual di bajugamisku.com seharga Rp 250.000 ini. Terdiri dari gamis, yaitu busana muslim perempuan yang menyatu dari atas ke bawah. Bentuknya menyerupai dress, namun ini lebih panjang, lurus, dan longgar sehingga seluruh tubuh tertutupi.

Dengan membeli satu set gamis ini, Anda akan mendapatkan maxi long dress warna merah atau emas, dengan bahan satin pada bagian pinggang ke bawah, serta bahan brokat glitter pada pinggang ke atas. Ada resletingnya di belakang baju, lengkap dengan tali pinggang. Tapi, gamis ini dijual tanpa kerudung, ya.

Kurang sreg? Coba cek Azka-3 Maxi di situs yang sama. Harganya lebih murah, cukup Rp 190.000 saja. Baju berwarna ungu ini dibuat dari bahan satin velvet dan bordir kerancang. Ukurannya? Cukup sampai L, kok. Satu setnya terdiri dari maxi dress plus blazer, maxi dress tanpa lengan, resleting khusus ibu menyusui, dengan karet di belakang, dan blazer berbahan satin emboss bermotif kain sari India, serta dihiasi dengan payet dan monte. Waduh, lengkap, kan? Murah, pula. Berani coba?

Kebaya Modern Kain Satin

Sumber gambar id.pinterest.com

Suka pakai kebaya? Sudah pernah pakai kebaya kain satin? Jika belum, Anda patut mencobanya karena busana ini akan bikin Anda makin bergaya.

Kebaya kerap dipakai pada acara-acara resmi. Apalagi bagi wanita Indonesia, kebaya merupakan kekayaan tradisional yang tidak pernah basi. Anda bisa memadukan kebaya dengan kain satin yang kini modelnya makin beragam. Kombinasi ini akan membuat Anda nampak elegan.

Coba pakai Mini Dress Kebaya Kirana di bukalapak.com. Dress berbahan satin dan brokat dengan pilihan ukuran S, M, L, dan XL ini bisa Anda dapatkan dengan Rp 300.000. Mau pilih warna? Bisa, kok. Ada warna hitam, kuning, perak, dan hijau.

Masih di bukalapak.com, coba tengok MJ 18 Setelan Kebaya berbahan satin tafeta. Cukup berbekal Rp 350.000, Anda bisa memakai kebaya modern dengan kombinasi satin dan brokat ini. Pilihan warnanya ada pink, ungu, merah bata, dan biru. Sesuaikan juga dengan ukuran tubuh Anda; S, M, L, XL, atau XXL?

Kombinasi Dress Bahan Satin

Sumber gambar www.tokopedia.com

Kombinasi satu ini bisa bikin Anda tampil glamor. Yap, ini karena dress bahan satin punya berbahan halus dan mengkilap sehingga memberi kesan elegan pada busana. Dress satin cocok dipakai untuk acara resmi atau pesta. Bahannya nyaman dan tidak berat, sehingga dress satin akan membuat Anda nyaman selama acara berlangsung.

Jika butuh referensi, intiplah blousemodelbaru.softaya.com. Di sini, Anda akan temukan dress Blue Casual berbahan katun halus dan satin, lengkap dengan inner silk serta resleting. Harganya? Jangan kaget, ya. Hanya Rp 187.000, lho.

Belum cocok? Yang ini juga oke untuk Anda: Raisa Ribbon Satin Velvet Midi Flare Dress seharga Rp 69.999. Terbuat dari velvet satin dengan resleting di belakang dan sabuk pita, dress ini bisa Anda cek di tokopedia.com.

Songket Kombinasi Satin

Belum familiar dengan songket? Sebenarnya, kain tenun tradisional Melayu dan Minangkabau ini masih satu keluarga dengan brokat tenun. Songket merupakan benang emas dan perak yang ditenun dengan tangan. Permukaan songket Nampak berkilau karena ditenun dengan benang logam metalik. Biasanya, songket dipakai pada acara resmi.

Mau coba pakai songket satin? Gressalika Beads Flare Dress Set hadir untuk membantu Anda. Produk ini merupakan songket yang dikombinasi satin, lengkap dengan resleting depan, 1 kancing depan dan karet pada pinggang. Jangan lupa perhatikan ukuran sebelum membeli. Dress seharga Rp 179.000 ini bisa Anda dapatkan di salestockindonesia.com. Mau pilih warna juga bisa, lho. Ada biru, merah, dan ungu. Tunggu apalagi?

Gamis Brokat Kombinasi Satin

Sumber gambar www.butikjingga.com

Gamis satin sudah coba. Sekarang, yang lebih elegan lagi: gamis brokat dengan bahan satin. Hiasan brokat akan membuat busana Anda makin indah dan terlihat feminin. Gamis brokat berbahan satin ini cocok Anda pakai di acara formal, pesta, bahkan saat menjalani aktivitas sehari-hari.

Mampirlah ke butikjingga.com. Di sini, Anda akan temukan Gamis Satin Annisa warna krem atau cokelat yang mengkombinasikan brokat putih di dada dan lengan. Modelnya gaun, dengan resleting, karet pinggang di bagian belakang, serta kerah berbentuk bulat. Namun, ukurannya hanya sampai M. Baju sepanjang 130 sentimeter ini juga tidak dilengkapi furing. Cukup dengan Rp 145.000, Anda siap tampil menawan.

Jika Anda butuh pilihan, Baju Pesta Azhira Brokat Satin juga bisa Anda tengok di buktikjingga.com. Berbahan satin premium kombinasi brokat, gamis ini berukuran maxi L dengan pilihan warna merah atau emas. Satu set baju ini terdiri dari maxi long dress, satin polos pada pinggang ke bawah dan brokat glitter pada bagian pinggang ke atas. Ada resleting belakang dan tali pinggang juga, tapi tanpa kerudung pashmina.

Batik Gamis Kombinasi Satin

Sumber gambar gambarbusanamuslim.com

Bosan dengan gamis model itu-itu saja? Coba bayangkan: gamis, bermotif batik, dengan kombinasi satin. Wah, sudah elegan, mewah pula. Batik sebagai simbol kekayaan dan kearifan lokal tidak terkesan kaku dan hanya bisa dipakai pada acara formal saja.

Apalagi, jika batik itu dipadukan bersama model lain, seperti Sarimbit Batik Katun Satin Velvet dengan motif ukir Asmat ini. Bahannya katun dan satin velvet berwarna hitam. Lengkap dengan penutup dada berbentuk kemben, karet pada bagian belakang, kerah V dihiasi kancing bungkus, obi pinggang yang bisa dilepas dan dipasang sesuai keinginan, serta kancing depan di bagian dalam. Gamis ini dijual all size sampai ukuran XL. Sesuaikan ukurannya dengan ukuran tubuh Anda, ya. Gamis warna tosca tersebut bisa Anda dapatkan di bukalapak.com seharga Rp 165.000. Terjangkau, kan?

Mini Dress Batik Kombinasi Satin

Ini dia dress populer yang mudah ditemui di toko-toko pakaian. Midi dress pada umumnya adalah gaun simpel yang menggelembung pada bagian bawah hingga pertengahan betis, atau ujungnya ada di antara lutut dan pergelangan kaki.

Penasaran? Anda bisa memulainya dari salestockindonesia.com yang menjual Tajsy Batik Layer/Midi Dress berwarna pink, navy, dan merah. Ukurannya muat sampai size L, tapi perhatikan dulu ukuran lingkar dada, lebar bahu, dan sejenisnya, ya. Dress berbahan satin dengan 1 kancing belakang ini dijual seharga Rp 89.000 saja.

Ada lagi Dazlica Batik A Line Mini/Midi Dress berwarna marun (hitam) yang juga dijual di salestockindonesia.com. Cukup Rp 99.000 saja, Anda bisa mendapatkan midi dress bahan katun kombinasi satin dengan 1 resleting belakang.

Kombinasi Satin Silk

Kombinasi atasan satin terakhir ini tak kalah keren. Berkat ditenun dengan teknik serat filament, kain ini punya keunikan pada permukaannya yang licin dan mengkilap. Tapi, bagian sisi lain dari kain ini sebaliknya; tidak mengkilap dan tidak licin.

Tertarik coba? Baju Satin Rempel warna pink (tersedia ukuran S, XXL), hijau (XL), atau abu-abu (S, M, L) ini layak dipilih. Satin silk akan meningkatkan style penampilan Anda, apalagi ditambah model rempel yang bikin Anda makin terlihat manis. Harganya hanya Rp 136.000, lho.

Untuk pilihan lain, coba cek Baju Satin Sweet Strapless Dress. Dengan bahan satin, dress ini dilengkapi inner silk dan resleting belakang. Harganya Rp 140.000. Penasaran? Dapatkan informasi lebih lanjut tentang kedua baju ini di blousemodelbaru.softaya.com.

From our editorial team

Memadupadankan atasan satin dengan gaya khas Anda akan jadi tampilan terbaik Anda saat ini!

Sudah baca kan bagaimana Anda bisa mempercantik penampilan Anda dengan atasan satin? Tak perlu ragu-ragu untuk mencoba setiap rekomendasi yang kami berikan di atas. Niscaya, Anda akan tampil lebih berseri dan berbeda dari sebelumnya. Selamat mencoba!