10 Kacamata Terapi Berbagai Fungsi untuk Mata Sehat Kamu

10 Kacamata Terapi Berbagai Fungsi untuk Mata Sehat Kamu

Bagi mereka yang mengalami masalah kesehatan, kacamata ternyata bisa juga menjadi salah satu alat terapi. Tidak hanya masalah pada mata, kacamata terapi ini juga bisa dijadikan sarana untuk menyembuhkan penyakit lainnya.

Memulihkan Kesehatan Mata dengan Menggunakan Kacamata Terapi

Menurut ilmu kedokteran mata, terdapat dua faktor penyebab kelainan refraksi pada mata, yaitu fisiologis dan patologis. Jika lensa mata terus-menerus bekerja terlalu berat, itu dapat menyebabkan minus fisiologis. Sementara, jika sumbu mata panjang karena faktor genetis sejak lahir, itu dapat menyebabkan minus patologis.

Kacamata terapi dapat membantu memulihkan kelainan refraksi fisiologis, tetapi tidak akan memberikan dampak apa-apa pada kelainan refraksi patologis. Jika Anda mengidap rabun atau silinder, kacamata jenis ini membantu kerja otot mata agar lebih fokus. Lensanya ada yang dilapisi plastik gelap yang dipenuhi pori-pori sehingga memudahkan pancaran cahaya masuk ke mata. Dengan begitu, penglihatan menjadi semakin jelas.

Memang masih ada kontroversi terkait penggunaan kacamata terapi ini. Sebagian kalangan menganggap mata Anda akan lelah dan penglihatan menjadi buram jika menggunakan kacamata ini terlalu lama. Sebagian lagi berpendapat penggunaan kacamata terapi akan memulihkan penglihatan jika dipadukan dengan latihan mata.

Jenis Kacamata Terapi

Banyak orang dengan mata minus, plus, atau silindris, sudah merasakan manfaat kacamata terapi. Sebelum menggunakannya, ada baiknya Anda mengenali terlebih dahulu jenis-jenis kacamata terapi yang ada saat ini.

Pinhole Glasses

Sumber gambar www.lelong.com.my

Pinhole glasses aman digunakan oleh semua golongan usia. Kacamata ini membuat sinar jatuh tepat di titik fokus dan melatih otot mata untuk tetap fokus sehingga bayangan jatuh tepat di titik kuning. Jadi, mata dapat melihat lebih jelas dan tidak mudah lelah sehingga cocok digunakan oleh Anda yang gemar membaca. Ini merupakan inovasi dari Korea Selatan yang menggunakan teknologi asal Amerika Serikat. Jika berniat memakai kacamata jenis ini, merek JD Harris dan Aerobic dapat Anda pertimbangkan.

Orthoptic Glasses

Sumber gambar archive.naplesnews.com

Setiap kali Anda melihat sesuatu, otak bekerja dengan menggabungkan citra yang dilihat kedua mata. Dengan demikian, Anda melihat objek itu sebagai kesatuan yang utuh, tidak berbayang jadi dua. Oleh karena itu, mata harus selalu seimbang dan selaras.

Untuk mencapai kondisi seperti itu, otot mata harus tetap kuat. Namun, jika telanjur kendur dan lemah, Anda dapat melatihnya dengan menggunakan kacamata ortoptik. Jenis kacamata terapi yang satu ini dapat memulihkan mata juling (stabismus) dan mata malas. Etude dan Nexcare merupakan merek kacamata ortopik yang dapat dipertimbangkan untuk Anda pilih.

Color Therapy Glasses

Sumber gambar www.colorglasses.com

Kondisi jiwa dan raga manusia dapat dipengaruhi oleh perpaduan warna. Bagaimana perasaan Anda ketika mengenakan pakaian warna tertentu, mengecat dinding dengan warna kesukaan, berada di ruangan yang dipasangi lampu dengan kerlip warna-warni, atau memakai kacamata berwarna? Disadari atau tidak, sebetulnya Anda sedang melakukan terapi warna saat melakukan tindakan-tindakan sederhana itu.

Dalam bidang kesehatan, sinar dengan warna tertentu dipakai untuk mengobati sejumlah penyakit. Sinar ultraviolet atau ultraungu untuk mengobati peradangan kulit dan jerawat. Sinar biru berguna untuk mengobati gangguan hati pada bayi prematur. Pada dasarnya, itu merupakan terapi yang menggunakan sinar dan warna untuk mengembalikan kelenjar dan organ tubuh ke frekuensi yang seharusnya.

Begitu pula dengan kacamata terapi warna ini. Sebagai bahan pertimbangan, Anda dapat mencoba merek OPTX dan Glo FX.

10 Kacamata Terapi Populer untuk Penyembuhan

Selain alat bantu lihat, kacamata juga digunakan untuk menunjang penampilan. Meskipun menggunakan kacamata terapi, Anda tetap bisa tampil penuh gaya dengan berbagai pilihan merek dan model yang tersedia. BP-Guide akan memberikan sejumlah rekomendasi yang bisa dipertimbangkan sebelum memilih.

Luminette 2 - SAD Bright Light Therapy Glasses

Sumber gambar www.amazon.com

Dengan menggunakan Luminette 2 SAD Light Therapy Glasses, mata Anda akan mendapat pencahayaan yang ideal tanpa mengganggu penglihatan dan kenyamanan Anda. Sebagai kacamata terapi, Luminette telah mengantongi hak paten untuk sistem penerangan yang andal ini. Saat menggunakannya, Anda dapat tetap memakai kacamata atau lensa kontak yang biasa dipakai.

Diperkaya warna biru, sinar putih 1,500 Lux Luminette dipancarkan dari LED. Seperti sinar alami dari matahari, sinar ini memancar ke mata tanpa mengganggu penglihatan. Sinar ini jatuh ke lensa-lensa difraksi dan merangsang retina. Lalu, reseptor di mata mengirimkan sinyal ke pengatur waktu sirkadian dalam tubuh. Selanjutnya, otak akan menahan hormon melatonin sehingga seluruh sistem tubuh akan aktif.

Dengan berat hanya 2,2 ons, Luminette mudah dibawa. Tersedia kabel micro-usb untuk mengisi ulang daya dan dilengkapi dengan pengisi daya US-plug. Sekali di-charge, Anda akan bisa memakainya untuk 6 sesi. Anda dapat membelinya di Amazon atau eBay seharga USD 149 atau Rp 2.328.000. Anda tidak perlu lagi duduk di lampu terapi cahaya selama setengah jam di klinik mata dengan menggunakan kacamata terapi ini.

Thierry Lasry Therapy Sunglasses

Sumber gambar www.pinterest.com

Kacamata terapi yang satu ini merupakan hasil kerajinan tangan yang unik dan pertama diluncurkan pada akhir tahun 2006 di Prancis. Thierry Lasry Therapy Sunglasses memakai asetat transparan dari Mazzuchelli, perusahaan optik Italia yang sudah berpengalaman selama 168 tahun.

Sebagai paduan antara kreativitas dan kualitas, Thierry Lasry mengusung konsep jadul tapi gaul. Berbahan plastik kerangkanya bundar dengan berbagai aksen dan pola. Lensanya berwarna gradasi yang menambah gaya. Anda bisa mendapatkan kacamata terapi ini lengkap dengan wadahnya di Amazon dan Frames dengan harga USD 171,95 (Rp 2,3 jutaan) dan USD 425 (Rp 5,7 jutaan).

ReTimer Light Therapy Glasses - Generation 2

Sumber gambar www.amazon.com

Jika bermasalah dengan pola tidur yang tidak teratur, Anda dapat menggunakan ReTimer Light Therapy Glasses-Generation 2. Sinar ultraviolet yang dimunculkan kacamata ini bekerja pada panjang gelombang 450 dan 550 nanometer dengan warna biru dan hijau. Kedua warna itu dipercaya ampuh membangkitkan semangat dan memperbaiki suasana hati.

Dengan menggunakannya selama 30 menit setiap pagi, Anda akan merasakan manfaat kacamata terapi ini. Pola tidur Anda akan lebih teratur dan akan lebih ceria dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Anda tidak perlu mencopot kacamata yang biasa dipakai saat memakai ReTimer Light Therapy Glasses-Generation 2.

Kacamata terapi ini bisa dibawa ke mana-mana karena beratnya hanya 2,6 ons. Kalau penasaran, Anda dapat melihat-lihat di Amazon atau Healthcare. Harganya USD 199 atau sekitar Rp 2,6 jutaan, sudah termasuk wadahnya.

GloFX Color Therapy Glasses

Sumber gambar www.etsy.com

Selama seribu tahun lebih, terapi warna digunakan dalam praktik pengobatan. Tubuh kita akan menyerap cahaya berwarna tertentu dalam spektrum cahaya alami dan tiap-tiap warna memengaruhi bagian tubuh dan perasaan tertentu.

GloFX Color Therapy Glasses terdiri dari 10 kacamata terapi dengan warna berbeda. Entah sedang merasa tertekan, membutuhkan lecutan kreativitas, atau menginginkan ketenteraman hati, Anda dapat memilih warna yang sesuai dengan suasana hati Anda inginkan.

Untuk membangkitkan perasaan semangat, kekuatan, percaya diri, dan keselamatan, pilihlah warna merah. Kalau ingin mengasah kepekaan sosial, kepercayaan diri dalam pergaulan, kebahagiaan, dan keceriaan, pilihlah warna oranye. Untuk meningkatkan kebahagiaan, kejernihan mental, dan kreativitas, pilihlah warna kuning.

Kalau ingin menambah perasaan damai, cinta, keharmonisan, dan relaksasi, pilihlah warna hijau. Untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan berbicara, pilihlah warna biru. Kalau ingin memupuk kedermawanan, inspirasi, kemandirian, dan kreativitas, pilihlah warna ungu.

Untuk menghadirkan perasaan tenang, mengurangi agresivitas, dan menekan nafsu makan, pilihlah warna Baker-miller pink alias merah mawar. Kalau ingin menimbulkan perasaan hening, tenang, damai dalam jiwa dan meningkatkan kreativitas, pilihlah warna nila alias indigo.

Untuk memberikan rasa jernih, santai, dan tenang, pilihlah warna aqua. Kalau ingin memperoleh keseimbangan emosi dan ketenangan batin, pilihlah warna magenta.

Dengan memakai kacamata terapi berkualitas tinggi ini selama 10 sampai 30 menit per hari, Anda akan lebih bersemangat dan merasakan manfaat lain. Anda bisa memperolehnya di situs resmi GloFX. Harga 10 warna yaitu USD 129 (Rp 1,7 jutaan). Di Amazon, Anda dapat membelinya seharga USD 89,97 (Rp 1,2 jutaan) untuk 10 warna atau membeli satuan dengan harga USD 12,49 (Rp 169 ribuan).

Kacamata Terapi Vision Pinhole Tp-02 ( Hitam )

Sumber gambar www.lazada.co.id

Dengan menggunakan Kacamata Terapi Vision Pinhole, otot mata Anda akan dilatih agar lebih terfokus dengan mengurangi intesitas cahaya dan mengarah kepada mata. Dengan memakainya selama 30 menit setiap hari, Anda akan merasakan manfaat kacamata terapi ini.

Kacamata terapi ini dapat membantu memulihkan rabun dekat, rabun jauh, dan silindris. Dengan menggunakannya, mata Anda diajak untuk berolahraga. Perlahan tapi pasti, mata akan kembali berfungsi secara normal dan Anda pun akan terbebas dari ketergantungan menggunakan kacamata.

Kacamata hitam dengan banyak lubang seukuran jarum pentul ini dapat digunakan oleh semua kelompok usia. Anda bisa membelinya di Lazada dengan harga Rp 89.100 atau di Tokopedia dengan harga Rp 27.900.

Luminette®: Light Therapy Glasses

Sumber gambar www.sleepreviewmag.com

Jika mengikuti terapi cahaya dengan cara lama, Anda harus duduk kaku di depan kotak cahaya. Tidak praktis, bukan? Namun, sekarang Anda dapat melakukan terapi di mana saja tanpa harus mengganggu kegiatan sehari-hari.

Luminette membantu Anda mengatasi gangguan tidur dan persoalan yang berkaitan dengan ritme sirkadian, seperti jetlag dan kerja shift. Anda dapat menggunakannya dengan memilih 3 tingkat intensitas cahaya secara bertahap antara 20 sampai 45 menit. Kacamata terapi ini merupakan hasil penelitian selama 4 tahun dan telah teruji secara klinis.

Sinarnya telah terbukti secara klinis membantu ritme sirkadian ke bentuk normalnya,dan kemudian membantu mereka yang bermasalah dengan tidurnya (begitupun halnya, memberikan energi lebih kepada penggunanya).

Tidak seperti peralatan terapi cahaya tradisional, yang mensyaratkan pengguna untuk tetap seimbang di depan kotak cahaya, Luminette digunakan sebagai sepasang kacamata yang terletak di depan mata. Ia dapat digunakan di sekitar rumah maupun di tempat kerja. Cukup 20 menit per hari untuk mengobati dan mencegah isu-isu selama berbulan-bulan saat sinar matahari berkurang.

Dikembangkan setelah empat tahun melalui penelitian universitas dan uji coba klinis, Luminette merupakan sebuah alat terapi cahaya yang telah terbukti menyembuhkan Seasonal Affective Disorder (SAD), gangguan tidur, dan isu-isu ritme sirkadian (mabuk pascaterbang dan sistem kerja shift).

Para pengguna bisa memakai kacamata ini (dengan memilih antara 3 level intensitas cahaya secara bertahap) untuk periode waktu yang diberikan antara 20-45 menit. Sinarnya telah terbukti secara klinis membantu ritme sirkadian ke bentuk normalnya. Kemudian membantu mereka yang bermasalah dengan tidurnya, termasuk memberikan energi lebih kepada penggunanya.

Kacamata ini tersedia di Dokteronline.com dengan harga GBP 211,83 (Rp 3,8 jutaan).

Insomnia / Sleep Problems Amber Therapy Sunglasses

Sumber gambar www.amazon.co.uk

Berdasarkan beberapa studi, lensa atau cahaya amber dapat menjaga produksi melatonin pada malam hari lebih baik daripada cahaya lilin (bahkan hampir sebaik kegelapan total). Oleh karena itu, terapi warna ini digunakan untuk memperbaiki pola tidur, memulihkan insomnia dengan cara mengembalikan ritme sirkadian yang normal.

Kacamata terapi amber dirancang secara khusus untuk menghalangi 99% panjang gelombang biru yang menyebabkan insomnia. Kacamata ini pun dapat menyaring cahaya yang berpijar dan mengurangi ketegangan mata yang terpapar radiasi dari monitor. Anda bisa membelinya di Amazon dengan harga GBP 14,99 (sekitar Rp 266 ribuan) atau di Somnilight seharga USD 49,99 (sekitar Rp 675 ribuan).

Computer Eye Strain / Dyslexia Blue Colour Therapy Sunglasses

Sumber gambar www.amazon.co.uk

Kacamata ini menyaring cahaya kuning yang berpijar dan menyilaukan dari layar komputer. Dengan menggunakannya, Anda dapat mengurangi ketegangan mata dan menekan nafsu makan. Kacamata terapi warna biru ini juga dapat membantu penderita migren, disleksia, dan epilepsi tipe fotosensitif. Karena konturnya dirancang sedemikian rupa dengan bingkai yang luwes, kacamata ini cocok digunakan oleh orang bermuka lebar atau kecil. Anda bisa membelinya di Amazon dengan harga GBP 14,99 atau sekitar Rp 266 ribuan.

Menurut penelitian di sekolah-sekolah di Inggris, 20% siswa mengalami penyimpangan visual dan merasa tidak nyaman saat membaca. Kesimpulannya, Anda akan dapat membaca lebih cepat dengan pemahaman lebih baik dalam jangka waktu lama jika menggunakan kacamata terapi berwarna.

Pinhole Glasses Therapy Black

Sumber gambar www.visionsofjoy.org

Anda tidak perlu meninggalkan kegemaran menonton televisi atau bermain game untuk memulihkan daya penglihatan. Namun, gunakanlah kacamata terapi Pinhole. Lubang-lubang kecil berukuran 1,31 mm di lensanya menyaring sorotan cahaya ke mata dan mengurangi kekaburan pada retina. Dengan begitu, Anda akan memperoleh penglihatan yang lebih jernih dan tajam tanpa perlu operasi atau bergantung pada obat.

Jenis kacamata terapi yang satu ini dapat digunakan oleh kalangan tua dan muda untuk memulihkan rabun dekat, rabun jauh, dan penglihatan kabur karena faktor usia. Dengan menggunakannya, Anda dapat melakukan terapi sambil tetap menjalankan aktivitas sehari-hari. Di Lazada, harganya MYR 39,90 atau sekitar Rp 127 ribuan, sedangkan di Amazon seharga GBP 11,72 atau sekitar Rp 208 ribuan.

Classic Style Color Therapy Glasses - Set of 7

Sumber gambar www.amazon.com

Apakah Anda sadar terbiasa mengaitkan warna dengan perasaan? Misalnya, istilah "mengharu biru" dan "malam minggu kelabu". Tiap-tiap warna memiliki frekuensi dan menyebarkan getaran yang unik. Oleh karena itu, ketika Anda menggunakan kacamata terapi warna, getarannya akan memengaruhi suasana hati.

Warna merah untuk menghalau pikiran negatif. Warna biru untuk merasakan ketenangan. Warna hijau untuk memperoleh perasaan sejahtera. Kuning untuk menjernihkan pikiran. Jika memilih warna kacamata terapi yang tepat, Anda akan merasa lebih baik.

Satu set Classic Style Color Therapy Glasses terdiri dari tujuh warna seperti, yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Kacamata terapi ini 100% melindungi mata dari UVA dan UVB. Saat menggunakannya, Anda dapat melepaskan kacamata resep dokter yang biasa dipakai.

Di eBay, Anda bisa membelinya seharga sekitar Rp 1,5 juta. Di Amazon dijual seharga USD 88,95 atau sekitar Rp 1,2 jutaan.

From our editorial team

Konsultasikan Lebih Dulu dengan Dokter

Pada dasarnya semua alat terapi tetap harus sesuai dengan petunjuk dokter. Begitu pula ketika Anda akan menggunakan salah satu dari kacamata terapi tersebut. Pastikan Anda sudah melakukan konsultasi sehingga bisa mendapat kacamata terapi yang tepat sekaligus durasi pemakaian yang tepat untuk bisa menyembuhkan penyakit yang diderita.