Manfaat Outbound Plus 9 Lokasi Outbond untuk Wisata Seru Kamu!

Manfaat Outbound Plus 9 Lokasi Outbond untuk Wisata Seru Kamu!

Sumber gambar pinterest.com

Kamu pasti pernah mendengar istilah ini. Apa yang pertama kali terbayang di benak kamu saat kata ini terlintas? Kegiatan ekstrem? Uji keberanian? Apa sih outbound itu? Sudah pernah mencoba?

Apa Itu Wisata Outbound?

Sumber gambar bbc.com

Outbound sendiri terdiri dari Outward Bound dan berawal dari ide orang berkebangsaan Jerman, Kurt Hahn. Outbound merupakan istilah untuk keluar dari semua rutinitas guna meningkatkan perspektif diri dan kinerja keseharian. Kegiatan yang juga populer di Indonesia ini dapat dilakukan sendiri mau pun berkelompok.

Sumber gambar salzburgerland.com

Perkembangan outbound di Tanah Air dijadikan kegiatan untuk mengubah watak seseorang agar menjadi lebih baik dan positif. Umumnya, melatih kerjasama antar individu, membangun kepedulian dengan sekitar dan memupuk kemandirian.

Selain itu, aktivitas luar ruang ini juga dapat mendorong kedisiplinan juga kreatifitas dalam diri seseorang. Outbound tidak hanya menjadi aktivitas seru nan menyenangkan tetapi juga mampu membentuk kepribadian seseorang, menuju karakter dan sikap yang lebih positif.

Tidak Hanya untuk Anak-anak, Wisata Outbound juga Banyak Dilakukan Orang Dewasa

Sumber gambar pinterest.com

Meski kegiatan ini sering dipraktekkan pada anak-anak untuk mengasah daya pikir, kedisiplinan juga pembentukan kepribadian, nyatanya keasyikan outbound pun dilirik oleh orang dewasa.

Tidak jauh berbeda dengan anak-anak, orang-orang dewasa memerlukan kegiatan sejenis, umumnya mereka yang terbiasa bekerja sebagai tim di sebuah perusahaan dalam suatu instansi. Outbound diharapkan bisa menciptakan kedekatan antar sesama sejawat untuk saling mengenal satu sama lain dengan baik dan pada akhirnya membentuk lingkungan kerja yang dinamis juga sehat.

Manfaat Wisata Outbound

Seru dan menyenangkan, itulah yang menarik dari outbound. Berbagai macam jenis permainan yang ada dengan segala tingkat kesulitan masing-masing dipercaya mampu mendorong seseorang agar bisa mengatasi rasa takut dan kesulitan yang dihadapi di wahana permainan. Lalu, apa manfaat wisata outbound lainnya?

Membentuk Leadership

Sumber gambar jackmalcolm.com

Salah satu manfaat dari kegiatan ini adalah membentuk leadership atau kepemimpinan. Aktivitas outbound memang sering dilaksanakan dalam bentuk kelompok dengan seseorang yang ditunjuk sebagai ketua atau pimpinan regu. Leader ini bertanggung jawab untuk bisa mengatur kelompok juga memberikan motivasi kepada para anggota agar mereka mau dan mampu menyelesaikan permainan yang ada.

Kamu mungkin saja penakut pada hari-hari biasa tetapi bila terpilih menjadi ketua regu saat sedang outbound, mau tak mau kamu harus memberanikan diri untuk mengambil risiko ini. Nah, didukung dengan lingkungan yang lebih bersahabat dan tidak kaku, wisata outbound memungkinan kamu untuk lebih santai namun tetap serius dalam melatih jiwa kepemimpinan. Hasilnya, kemampuan leadership kamu bisa saja muncul atau lebih terasah.

Membentuk Team Building

Sumber gambar bbpuredolomites.com

Pada beberapa aktivitas, ada permainan yang harus diselesaikan secara berkelompok di wisata outbound. Secara otomatis, kegiatan ini akan mendorong seseorang untuk dapat bekerja sama dengan orang lain. Meski pada hari-hari kerja kamu mungkin saja cuek dan dingin dengan sekitar, tetapi pada outbound tentu saja kamu dipaksa untuk keluar dari zona nyaman tersebut.

Outbound bisa menjadi sarana pembelajaran dalam membentuk kerja sama tim yang solid juga memotivasi pribadi masing-masing untuk sadar kalau mereka memegang peranan yang penting secara individu.

Sarana Refreshing

Sumber gambar purefitness.net

Pasti bosan ya dengan lingkungan kerja yang begitu-begitu saja selama berbulan-bulan? Belum deadline yang mengejar juga tugas yang nyaris tak ada habisnya. Melakukan outbound di luar ruang tentu akan sangat menyenangkan. Lokasi wisata outbound biasanya mengambil tempat-tempat yang sejuk atau daerah-daerah lain seperti pantai yang pastinya akan sangat baik untuk sejenak mengistirahatkan tubuh dan jiwa kamu dari rutinitas. Tentunya, setelah bersenang-senang, kamu akan lebih siap

Menambah Kepercayaan Diri

Sumber gambar huffingtonpoast.com

Siapa bilang orang dewasa bisa lepas dari rasa malu dan tidak percaya diri? Tidak hanya dialami anak-anak, orang dewasa banyak juga melihat dirinya sebagai pribadi yang “bukan apa-apa”. Hasilnya, mereka takut menyuarakan ide, terlalu cemas dengan opini sendiri dan tidak percaya diri untuk naik ke jenjang lebih tinggi. Padahal, perasaan seperti ini bisa sangat merugikan karena dapat menghambat potensi seseorang loh.

Salah satu manfaat wisata outbound yang bisa kamu rasakan adalah “keterpaksaan” dalam menghadapi rasa takut dan ketidakpercayaan diri. Misalnya saja, kamu harus menyeberang dari satu tempat ke tempat lain hanya bergantung pada seutas tali atau dengan berayun. Meski penakut, kamu didorong untuk bisa menyelesaikan permainan, apa pun yang terjadi. Atau sebaliknya, kamu juga bisa meyakinkan teman yang penakut untuk berani menghadapi risiko di depan mata. Kamu bisa melatih diri untuk turut serta membantu seseorang dalam membangun mentalnya. Ini akan berguna untuk kamu dalam membangun komunikasi dua arah yang sehat dan terarah.

9 Tempat Wisata Outbound Terkenal yang Bisa Kamu Coba

Sumber gambar club.iyaa.com

Setelah mengerti manfaat dari kegiatan outbound, kini saatnya kamu menyusun rencana cara. Ajak teman-teman atau ajukan ke atasan kamu untuk sama-sama membuat kegiatan ini. Kalau kamu masih bingung memilih lokasi yang cocok, mungkin rekomendasi di bawah ini dapat membantu.

Grafika Cikole Lembang

Sumber gambar tripadvisor.co.uk

Terkenal sebagai salah satu daerah yang jadi gudangnya anak muda kreatif, Bandung juga menghadirkan tempat-tempat asyik untuk berwisata outbound. Salah satunya adalah Grafika Cikole. Destinasi ini bertempat di Jalan Raya Tangkuban Perahu kilometer 8. Berada di Desa Cikole Lembang Bandung Barat, tempat ini berada di jalur wisata air panas Ciater yang bisa pula kamu kunjungi setelah selesai bermain.

Berada di ketinggian 1400 meter di atas permukaan laut (mdpl), Grafika Cikole menawarkan penginapan dan restoran selain wisata outbound. Udaranya cukup sejuk karena lokasinya dikelilingi hutan pinus di area seluas sembilan hektar. Di sini kamu bisa menemukan dua jenis outbound yakni reguler serta classified yang dikhususkan untuk golongan tertentu seperti anak saja atau dewasa saja.

Untuk Outboundnya kamu bisa membayar sekitar Rp 50.000 per anak. Sementara untuk dewasa biayanya adalah Rp 85.000 per individu. Cukup murah ya?

The Green Valley Bandungan

Sumber gambar blog.gogonesia.com

Untuk yang berdomisili di Semarang bisa jajal outbound di The Green Valley Bandungan. Lokasinya ada di dataran tinggi Ungaran yang hanya berjarak 60 menit dari pusat Kota Semarang. Ada pesona alam yang bisa kamu nikmati di sini. Fasilitas untuk gathering dan training serta outbound lengkap tersedia.

Berkonsep alami, cottage yang ada berada di The Green Valley Bandungan berbahan kayu dengan gaya arsitektur rumah tradisional. Resort ini yang dikelilingi lembah hijau asri dan memiliki gaya interior yang sangat modern serta mendetail. Pasti membuat kamu dan teman-teman merasa betah.

Ada beberapa area yang bisa dijadikan tempat outbound di lokasi ini termasuk fasilitas outbound untuk anak-anak. Kamu bisa bermain futsal bersama teman-teman atau melatih strategi dengan menjajal permainan paintball yang seru. Tertarik?

Bumi Kahyangan Adventure Camp

Lokasi outbound lain di Bandung yang sulit ditolak adalah Bumi Kahyangan Adventure Camp. Tempat ini berada sebelum Jatinangor dekat dengan Universitas Padjadjaran (Unpad) di lapangan golf BGG. Dekat dengan lingkungan yang asri, kamu dan teman-teman bisa kembali ke alam sambil seseruan lewat aktivitas outbound.

Bumi Kahyangan Adventure Camp yang dirancang untuk kegiatan outbound memiliki fasilitas cukup lengkap. Berkapasitas inap untuk 400 orang, ada ratusan permainan yang siap untuk dicoba bersama. Sarana menyenangkan lain seperti kafe, tempat karaoke, kolam outbound, hingga arena permainan paintball pun bisa dimaksimalkan sesuai acara dan selera.

Jika kamu kesulitan menyusun acara sendirian dengan banyaknya peserta, tidak perlu khawatir. Ada event organizer (EO) alias pengatur acara yang bisa diandalkan. Ada beberapa paket yang ditawarkan untuk outbound dengan kisaran harga mulai dari Rp 300.000 per orang, sudah termasuk makan dan penginapan.

Highland Park Resort Bogor

Sumber gambar hotel.com.au

The Highland Park Resort Bogor lebih dikenal dengan sebutan Apache Camp. Ini merupakan resort dengan pelayanan bintang lima dan merupakan yang pertama di Indonesia juga di Bogor.

Tempa ini cukup mudah dijangkau karena hanya butuh 30 menit berkendara dari pusat Kota Bogor. Lokasi tepatnya ada di Jalan Ciapus Curug Nangka. Berada di ketinggian 800 mdpl, hingga tak heran kalau hawa di lokasi ini begitu sejuk dan dingin. Sebaiknya kamu membawa beberapa baju hangat untuk menghalau gigil yang menghampiri.

Selain sebagai resort menginap, tempat ini juga dipakai untuk kegiatan family gathering dan outbound. Ada beragam tenda dengan fasilitas unik yang ditawarkan. Memiliki beberapa fasilitas pendukung seperti horse riding dan jogging track. Tersedia juga restoran dan lapangan untuk outbound yang cocok untuk bermain permainan seru. Highland Park Resort Bogor menawarkan paket yang dimulai dari harga Rp 895.000 per orang.

Taman Budaya Sentul City

Sumber gambar tamanbudaya.co.id

Masukkan Taman Budaya Sentul City sebagai sasaran lokasi outbound kamu kali ini. Lokasinya dikelilingi empat gunung sehingga pemandangan sekitarnya sangat menarik dan menyejukkan mata. Selain cocok sebagai tempat outbound, Taman Budaya Sentul City juga sesuai untuk tempat meeting kantor hingga berkemah.

Fasilitas untuk melakukan kegiatan outbound di sini bisa dibilang terlengkap se-Indonesia. Ada wahana outbound beragam hingga 50 jenis permainan mulai dari jenis low impact hingga high impact. Untuk anak anak dan dewasa disediakan area dan permainan outbound sendiri. Untuk harganya outbound dewasa sekitar Rp 370.000.

Agrowisata Tambi

Sumber gambar calyawisata.com

Istilah “agrowisata” tentu membuat kamu membayangkan perkebunan. Ya, tempat ini merupakan perkebunan teh yang berlokasi di Desa Tambi, Kecamatan Kejajar di Wonosobo. Berada di ketinggian dari 1200 hingga 2000 mdpl menjadikan wilayah ini bersuhu 15 derajat celcius.

Di area seluas 829 hektar tersedia fasilitas lengkap. Kamu bisa menemukan kolam pemancingan, taman bermain, lapangan tenis hingga pondok wisata yang tersedia.

Tempat ini juga menawarkan wisata outbound. Paketnya lengkap tersedia untuk rombongan. Untuk masuk ke kawasan agrowisata ini, kamu harus membayar Rp 20.000 per individu dan Rp 85.000 per orang bagi yang ingin menjajal kegiatan outbound.

KM Zero Resort

Sumber gambar jelajahbogor.com

Segera datangi KM Zero Resort jika ingin refreshing di alam terbuka. Tempat ini menyuguhkan indahnya nuansa pegunungan serta hamparan bukit indah dengan pemandangan hijau. Dekat dari tol Sentul karena hanya butuh 15 menit berkendara.

Lokasi ini merupakan resort berkonsep back to nature. Ada tenda hingga rumah bambu dan villa yang bisa kamu pilih untuk menginap. Kegiatan yang bisa dilakukan di sini beragam. Mulai paintball hingga seminar dan gathering. Selain kegiatan outbound yang seru, kamu juga bisa menenangkan jiwa dengan mengikuti aktivitas pesantren kilat yang ada.

Jika ingin menginap dengan konsep berkemah, kamu bisa tidur di tenda dengan kapasitas 10 orang per tenda. Jika tidak tahan dengan udara luar yang menusuk, rumah bambu yang mampu memuat hingga 14 orang boleh menjadi alternatif. Vilanya sendiri bisa menampung 23 orang. Paket outboundnya bisa dipesan dengan harga mulai dari Rp 195.000.

Perkebunan Teh Pagilarang Batang

Sumber gambar hayinidia.blogspot.com

Berkegiatan di luar ruangan memang diperlukan agar pikiran bisa kembali fresh. Kamu bisa nih pilih Perkebunan Teh Pagilarang Batang. Tempat ini menyediakan kebun binatang mini dan outbound selain pemandangan alam perkebunan teh.

Di lokasi, ini kamu bisa bermain tenis, badminton hingga sepak bola dengan menggunakan lapangan olah raga yang tersedia. Ada juga lapangan volly dan tempat main billyard. Kamu bisa mendaftar aneka paket wisata yang disediakan dari trekking hingga camping dan hiking. Ada juga akomodasi wisma untuk 100 orang dengan harga mulai Rp 60.000.

Ciwangun Indah Camp Lembang

Sumber gambar acktionoutbound.com

Kamu yang ada di Bandung Barat bisa mengunjungi Ciwangun Indah Camp. Lokasinya di Jalan Cic Kampung Ciwangun RT 03, RW 15 di Desa Cihanjuang Rahayu, Parongpong. Ada kegiatan seru selain suguhan pemandangan yang indah berupa hutan pinus dan perkebunan teh.

Hawanya sejuk dan dijamin membuat kamu ingin berlama-lama di tempat ini. Nikmati keseruan dengan mencoba arena outbound atau bersantai di gazebo yang tersedia. Puaskan rasa lapar kamu dengan menjajal kuliner di saung makan dan mencicip buah strawberry yang menggoda. Yum!

Kalau kamu ingin mencoba permainan yang menegangkan, wajib mencicipi Flying Fox yang melintang sepanjang 70 meter hingga 250 meter. Untuk mengikuti outbound disini kamu bisa pesan paketan dengan harga mulai dari Rp 110.000.

From our editorial team

Bermain dengan Prima di Wisata Outbound

Berwisata outbound sangat cocok bagi kamu yang menyukai aktivitas fisik. Tarik tambang, flying fox, arung jeram dan berbagai jenis permainan yang biasanya mengandalkan kerja sama tim dan kekuatan, akan menguras energimu. Siapkan tubuh secara prima dengan memastikan kondisi kesehatan, juga siapkan kotak P3K untuk berjaga-jaga selama berwisata. Berhati-hati selalu dalam bermain ya!