6+ Fakta Wisata Posong yang Harus Kamu Tahu!

6+ Fakta Wisata Posong yang Harus Kamu Tahu!

Sudah pernah berkunjung ke Temanggung? Salah satu daerah yang berada di Jawa Tengah ini memiliki pesona wisata yang tidak kalah menarik dengan wilayah lain di Indonesia. Bila kamu belum pernah berkunjung ke sana, ada baiknya mengambil kesempatan untuk bertandang karena banyak objek yang pastinya menawan!

Posong, Objek Wisata yang Lagi Hits!

Sumber gambar dutawisata.co.id

Salah satu daerah yang sedang dilirik oleh para wisatawan adalah Posong. Tempat ini menarik minat pelancong bukan tanpa alasan. Posong menyajikan kecantikan alam yang luar biasa dengan hamparan permadani hijau yang menyejukkan juga jutaan bintang yang pastinya sayang bila kamu lewatkan. Salah satu hadiah dari alam yang akan memanjakan tubuh juga jiwa ini menarik wisatawan hingga mereka rela menempuh medan yang cukup berat loh.

Selain keindahan alam yang ditawarkan, harga tiket untuk masuk ke area wisata ini pun tergolong sangat terjangkau, cukup dengan Rp4.000,- saja!

Di Mana Letak Posong?

Sumber gambar clipartbest.com

Berlokasi di tengah dua gunung yaitu Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing, objek wisata ini berada di daerah perbatasan antara Wonosobo dan Temanggung. Tepatnya enam kilometer ke arah Wonosobo dari kota Parakan yakni di desa Tlahab, Temanggung.

Untuk menuju ke Posong, kamu bisa melakukan perjalanan dari Semarang. Ambil jalur Pantura Semarang ke Yogyakarta dengan lewat Bawen. Belok kanan ketika berada di perempatan Secang. Selanjutnya ikut jalan hingga alun-alun Temanggung. Kamu tinggal ambil arah Wonosobo lalu mengambil arah lurus dari pasar Parakan. Ketika berada di area jalan menanjak, kamu akan sampai ke kecamatan Kledung. Jalurnya berkelok dan rawan kecelakaan sehingga harus ekstra hati hati. Kamu akan sampai di lokasi usai belok kanan pada gapura kecil Posong.

Sejarah Wilayah Posong

Sumber gambar artnet.com

Wilayah Posong kini dikenal sebagai daerah wisata yang cantik namun tahukah kamu sejarah daerah ini? Posong dahulu kala menjadi saksi sejarah perjuangan para pahlawan bangsa dalam melawan penjajah.

Dulunya lereng Gunung Sindoro di Desa Tlahab menjadi pos pertahanan prajurit Pangeran Diponogoro saat melawan pasukan Belanda. Lalu karena terdesak, prajurit Indonesia mengalihkan lokasi pos pertahanan ke sebelah utara. Kemudian pos pertama dijuluki Posong yang artinya pos kosong.
Untunglah, pada tahun 2009 silam ada yang mengelola destinasi wisata ini. Daerahnya dibenahi sehingga menjadi lebih layak untuk dikunjungi. Tak hanya itu saja, fasilitas outbond juga dihadirkan untuk menarik banyak pengunjung. Kamu juga pasti betah dengan adanya gardu pandang yang pas banget untuk swafoto.

Berminat Jelajah Keindahan Wisata Posong? Cek Fakta-fakta Ini sebelum Berangkat

Sudah memutuskan untuk berkunjung? Cek daftar berikut agar kamu lebih bersemangat dan siap bertandang ke Posong!

Ada Dua Rute Menuju Kawasan Posong

Sumber gambar pngmart.com

Kamu perlu tahu rute yang pasti sebelum menjelajah Posong. Ini penting agar perjalanan kamu jadi lebih nyaman. Selain itu kamu juga tak perlu takut kesasar lagi deh.

Rute pertama, kamu bisa lewat Wonosobo dengan melalui Perkebunan Teh Tambi. Selain itu kamu juga akan melewati Gunung Sumbing. Beranjak dari Wonosobo, ambil arah Parakan hingga ke pasar. Setelahnya lurus dan menanjak sampai Kedung. Temukan gapura kecil pinggir kanan jalan setelah melewati Jembatan kembar.

Untuk rute kedua, kamu bisa juga lewat Magelang dengan lurus saja hingga pertigaan Secang. Sampai sana langsung belok kiri dan ikuti hingga tiba di alun-alun Temanggung. Sampai di sini, lanjutkan ke arah Wonosobo dan pasar Parakan hingga sampai Kedung juga. Lalu kamu tinggal lewati jembatan kembar dan masuk ke gapura Posong.

Posong Terkenal karena Sunrise yang Indah

Sumber gambar thelistenerclub.com

Daerah wisata Posong ini dikenal luas karena keindahan matahari terbitnya. Tak hanya itu saja, keindahan berbagai gunung juga tampak di lokasi ini. Saat cuaca cerah maka terlihat jelas segala yang ada di tempat ini. Bukan hanya sunrise, kamu juga bisa menikmati keindahan matahari terbenam yang tak kalah indah. Ada tenda disewakan di tempat ini sehingga kamu tak perlu repot membawa tenda dari rumah. Pepohonan rindang bikin suasana sekitar jadi amat sejuk. Pastinya bakal membuat kamu betah berlama-lama di sini. Tak heran jika tempat ini pas untuk melepas penat dari segala aktivitas.

Tempat yang Asyik untuk Berkemah

Sumber gambar visitnc.com

Selain menginap di penginapan sekitar, kamu juga bisa berkemah. Posong memang tempat wisata menakjubkan. Kamu bisa menginap disini jika tak ingin ketinggalan sunrise yang menawan. Selain mudah untuk tidur di penginapan di sekitar Posong, kamu juga dapat menyewa tenda untuk berkemah disini.

Nikmati hawa sejuk pegunungan dan pemandangan indah tiada duanya ditemani segelas kopi atau jahe hangat serta lengkapi dengan obrolan mendalam bersama pasangan kamu. Fasilitas di lokasi cukup mumpuni, mulai dari kamar mandi hingga mushola dan tempat parkir telah tersedia. Ada gazebo dan area outbond selain listrik solar panel yang juga bisa diakses oleh pengunjung.

Biaya Masuk Daerah Wisata Posong Sangat Terjangkau

Sumber gambar larataboxing.com

Untuk melepas penat dari kegiatan rutin sehari-hari kamu bisa berkunjung ke Posong. Di sini biayanya sangat terjangkau dengan pemandangan alam luar biasa. Hanya Rp10.000,- per individu dan kamu bisa berfoto sembari menikmati pemandangan sampai puas.

Kamu bisa menikmati udara pegunungan dan beragam hal alami lain yang tak ada di kota besar. Tiket belum termasuk biaya parkir ya. Untuk parkir dikenakan Rp2.000,- untuk sepeda motor dan Rp7.000,- untuk mobil.

Jalan Berbatu dan Naik

Sumber gambar infofotografi.com

Tak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya melihat pemandangan alam ciptaan Yang Maha Kuasa, namun tentu untuk melihat semua itu ada usaha yang harus dilakukan. Ya, kecantikan Posong yang indah bisa kamu nikmati usai kamu melewati jalan terjal dan menanjak yang cukup sulit dilalui.

Kendaraan apa pun yang digunakan, kamu pasti akan merasakan kesulitan saat menuju wilayah Posong ini. Jalanannya berbatu dan tentu tak begitu mudah dilewati. Harus rela sedikit macet dan antre jika sedang ramai. Selalu berhati-hati dan utamakan keselamatan walau kamu tak sabar untuk sampai di tempat tujuan ya.

Tidak Hanya Sunrise, Kamu Juga Bisa Melihat Milky Way di Malam Hari

Sumber gambar reddit.com

Asyiknya melihat pemandangan alam memang tak tergantikan. Bila di perkotaan, bintang-bintang jarang terlihat karena sinar lampu gedung dan kendaraan, kamu bisa mengobati rasa rindu itu dengan memandang bimasakti sampai puas di Posong.

Hawa dingin mungkin lebih menggodamu masuk ke peraduan tapi jangan sampai kecewa karena melewatkan keindahan angkasa yang sangat indah di malam hari. Coba tengok ke langit malam Posong dan kamu akan takjub dengan keindahannya. Taburan jutaan bintang terlihat sangat terang dan istimewa. Jangan lupa untuk mengabadikan bimasakti yang luar biasa ini dengan gadget kamu.

Tips Berlibur Wisata ke Posong Temanggung

Sumber gambar searchengineland.com

Posong memang bisa dikunjungi kapan saja kamu mau namun akan lebih baiknya lagi kalau kamu tahu tips mengunjungi tempat ini. Karena sajian utama tempat ini adalah sunrise maka tentu kamu tak mau ketinggalan momentnya kan.

Kamu bisa datang lebih awal ke tempat ini agar menemukan spot yang bagus. Sebaiknya start di loket masuk pukul 04.00 WIB. Jarak dari loket ke spot utama Posong untuk melihat sunrise sekitar satu jam berjalan kaki. Jika kamu tepat waktu, maka pas pukul 05.00 WIB kamu bisa menyaksikan indahnya matahari terbit.

Jangan Membuang Sampah Sembarangan.

Sumber gambar clipartbest.com

Namanya liburan memang paling asyik jika bisa menikmati pemandangan. Kamu mau kan keindahan tersebut terjaga hingga dinikmati anak cucu kita. Maka dari itu selain menikmati keindahan alam usahakan untuk menjaganya juga ya.

Hindari membuang sampah sembarangan agar keindahan tetap terjaga. Kalau bisa, kamu juga boleh mengambil sampah yang ada di sekitar dan membuangnya ke tempat sampah yang disediakan. Hindari pula melakukan tindak vandalisme seperti merusak properti umum, mencoret-coret batu atau pohon. Lestarikan tempat wisata ini agar kelak masih bisa dinikmati generasi penerus bangsa ya.

Musim Kemarau ialah Waktu Terbaik Mengunjungi Posong

Sumber gambar fragrantica.com

Sebaiknya sebelum mengunjungi suatu tempat kita harus tahu kapan waktu terbaiknya. Ini agar kita tak kecewa dengan apa yang kita lihat disana. Begitu juga saat hendak mengunjungi Posong.

Bila ingin bertandang ke Posong, waktu yang paling tepat adalah musim kemarau. Di musim ini, bimasakti akan terlihat lebih jelas. Selain itu sunset dan sunrise bisa dinikmati tanpa gangguan awan mendung dan hujan. Mampir ke Posong saat musim kemarau juga akan mempermudah perjalanan karena jalanannya tak licin.

Sebaiknya Memakai Kendaraan Pribadi

Segala jenis kendaraan memang sudah bisa masuk ke area Posong. Akses jalan yang bagus hingga ke puncak mempermudah kamu untuk bebas memilih kendaraan yang ada. Meski demikian, medannya cukup terjal sehingga disarankan mobil atau motor dikendalikan oleh mereka yang sudah andal dan luwes dalam berkendara. Selain itu, disarankan memakai kendaraan pribadi, terutama motor agar lebih mudah tiba di lokasi.

Objek Wisata Lain yang Dekat dengan Posong

Sumber gambar posong-indonesia.com

Setelah puas mengeskplorasi wilayah Posong, tidak ada salahnya mampir ke lokasi lain yang dekat dengan daerah tersebut. Kamu tidak akan kecewa karena keindahannya tidak kalah menakjubkan!

Gunung Sindoro

Selain mengunjungi wisata Posong, kamu bisa mampir ke Gunung Sindoro nih. Berketinggian 3135 meter di atas permukaan laut, tak heran jika hawanya sangat dingin dan sejuk. Lokasinya di antara Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Temanggung.

Gunung ini berada di sebelah Gunung Sumbing dan bisa didaki dengan jalur dari Kledung dan dari jalur Sikatok yang merupakan jalur tercepat menuju Puncak Sindoro. Puncak gunung ini masih aktif dan mengeluarkan asap belerang. Bisa dicapai dalam satu hari jika mendaki sejak pagi hari.

Ada danau kecil cantik yang bisa kamu temukan di puncak gunung. Air danau dari curah hujan sehingga sangat jernih dan mampu memantulkan keindahan langit. Ada juga Dataran Tinggi Dieng yang diselimuti awan yang bisa disaksikan disini.

Gunung Sumbing

Sumber gambar flickr.com

Bersebelahan dengan gunung Sindoro, gunung satu ini memiliki ketinggian 3371 meter di atas permukaan laut (mdpl). Berada di Kabupaten Wonosobo, puncak gunungnya terdiri dari tebing batu cadas dan kawah berasap belerang. Ada dua puncak di gunung ini yakni Puncak Buntu yang berada pada ketinggian 3362 mdpl dan Puncak Kawah di posisi 3372 mdpl.

Berada di desa Pager Gunung, Kecamatan Tjepit Temanggung, gunung ini berbatasan dengan Parakan dan Magelang. Angin di puncak cukup kencang dengan cuaca cerah dan panas. Suhu di sini dibawah 12 derajat celcius sehingga persiapan seperti jaket, syal, earmuff boleh dibawa untuk menghangatkan badan saat diperlukan. Jangan lupa siapkan camilan atau minuman hangat agar tubuh bisa mendapat hangat alami dari dalam.

From our editorial team

Siapkan Stamina dan Pakailah Sepatu yang Sesuai

Berlibur ke daerah wisata dengan medan mendaki seperti pegunungan memerlukan perlengkapan yang baik. Sebaiknya kamu memakai sepatu yang nyaman dan bagi wanita disarankan untuk tidak memakai bertumit tinggi. Pastikan kendaraan dalam kondisi yang baik sebelum memulai perjalanan. Tidak ada salahnya pula untuk mempersiapkan tubuh secara prima dengan istirahat cukup sebelum menjelajah. Jangan lupa masukkan pakaian hangat seperti jaket atau sweater ke dalam ranselmu. Selamat bersenang-senang!