Anak Anda Sulit Makan? Cobalah 10 Rekomendasi Resep Makanan Enak dan Unik yang Bergizi untuk Masa Pertumbuhan Anak

Anak Anda Sulit Makan? Cobalah 10 Rekomendasi Resep Makanan Enak dan Unik yang Bergizi untuk Masa Pertumbuhan Anak

Sumber gambar pixabay.com

Memiliki anak yang sulit makan memang problem tersendiri bagi para ibu. Namun jangan sampai Anda sebagai ibu menyerah begitu saja. Kali ini BP-Guide akan memberikan resep makanan yang enak dan unik namun tetap bergizi. Yuk, langsung simak!

Para Orang Tua Wajib Memperhatikan Jumlah Asupan Gizi Si Kecil

Sumber gambar ushealthcarealerts.com

Memiliki anak kecil di rumah, tentu para orang tua kerap putar otak jika menyangkut masalah makanan. Tak semua anak selalu lahap makan apa saja. Beberapa anak kecil biasanya sulit makan sayur dan buah bahkan ada yang harus dipaksa dulu baru mau makan sayur.

Kita bisa saja memberikan makanan fast food sesekali karena memang kebanyakan anak menyukainya. Namun terlalu sering juga pasti akan berdampak buruk. Sebagai orang tua tentu kita merasa risau kala si kecil mulai menjadi pemilih saat makan. Anak butuh gizi berimbang dalam makanannya bukan hanya makan yang asal enak dan asal ia suka.


Tips Membuat Masakan Enak yang Sehat untuk Si Kecil

Gunakan Bahan Makanan yang Berkualitas

Masakan yang enak tentu disukai dan akan membuat si kecil makan lahap. Supaya bisa membuat masakan yang enak, maka Anda perlu memakai bahan yang berkualitas. Meski sedikit mahal, namun bahan berkualitas akan membantu tumbuh kembang si kecil lebih baik.

Anda bisa membeli bahan makanan organik atau kaldu instan organik jika ingin membuat masakan enak tanpa risiko. Bahan berkualitas tersebut saat diolah akan menjadi masakan yang lezat dan juga bergizi karena bahannya bebas dari zat aditif yang berbahaya.

Begitu pula saat Anda membeli sumber protein hewani untuk si kecil. Belilah yang masih segar dan bagus kualitasnya supaya gizinya bisa terserap si kecil dengan sempurna.

Siasati Pemilihan Makanan yang Tidak Disukai Anak

Sumber gambar medicalxpress.com

Memiliki anak yang sangat pemilih dalam hal makanan mungkin memang merepotkan. Anda harus bekerja ekstra untuk membuatnya tak terlalu pemilih. Sebenarnya Anda bisa menyiasati hal ini dengan cara mengkreasikan apa yang ia suka dan apa yang ia tak suka.

Misalnya saja ia tak suka sayur brokoli namun sangat menyukai ayam. Anda bisa membuat dada ayam isi brokoli untuk si kecil. Semisal si kecil hanya suka roti, Anda bisa berkreasi dengan memberinya isian potongan buah dengan yoghurt, telur orak arik, sayur dan lainnya.

Buat Menu Harian

Sumber gambar thirdage.com

Sebagai ibu rumah tangga, memiliki waktu senggang adalah suatu kemewahan tersendiri. Namun tentu saja seorang ibu pasti tak bisa tenang dan sepenuhnya rileks. Bahkan di waktu senggang, Anda pasti sempat terpikir akan pertumbuhan anak-anak.

Umumnya jika anak susah makan, bisa jadi ia bosan dengan menunya. Di kala senggang, Anda bisa manfaatkan untuk membuat menu harian bagi si kecil. Dengan membuat perencanaan, Anda akan lebih mudah menemukan ide mengenai kreasi resep makanan. Coba saja dengan yang mudah dulu supaya Anda lebih mudah merencanakannya.

Susun Makanan agar Tampil Cantik dan Menarik

Sumber gambar treehugger.com

Saat anak susah makan, coba Anda sajikan makanan dengan visual yang menarik. Dengan presentasi makanan yang baik, anak pasti tergoda untuk mencicipi makanannya. Anda hanya butuh kreativitas dalam membentuk aneka bahan makanan.

Misalnya saja nasinya Anda bentuk beruang, kemudian Anda bentuk telur dadar menjadi selimut si beruang. Selain itu, aneka sayur juga bisa dibentuk cantik. Kreasikan potongan wortel menjadi bentuk bunga dan seterusnya.

Berbagai Resep Masakan yang Enak untuk Anak-anak yang Sulit Makan

Mie Bayam

Sumber gambar vemale.com

Bayam adalah sayuran hijau yang kaya manfaat. Kandungan vitamin A, C dan K serta mineral baik di dalamnya akan membuatnya sehat dan pencernaan si kecil jadi lancar. Sayangnya tak semua anak menyukai bayam. Nah, mengapa tak kreasikan bayam menjadi mie? Anda bisa coba resep berikut ini, ya.

Bahan mi terdiri dari 300 gram tepung terigu protein tinggi, 75 gram tepung sagu, 50 gram bayam diblender bersama 30 ml air dan diambil airnya, 2 butir telur, 1 sdt garam, dan 50 gram tepung terigu untuk taburan.

Bahan topping-nya adalah 2 sdm margarin, 1/2 buah bawang bombai, cincang halus, 2 siung bawang putih, cincang halus, 150 gram daging giling, 1 sdt italian seasoning, 100 gram jamur kancing diiris, 250 ml susu cair, 1 sdm tepung terigu, garam dan merica bubuk secukupnya, 100 gram keju diparut.

Cara membuatnya, yaitu untuk adonan mi, campurlah terigu, sagu dan air bayam. Masukkan telur dan garam lalu aduk merata dan uleni sampai kalis. Diamkan 15 menit baru giling tipis memakai penggiling mi dari ketebalan 1 sampai 4. Potonglah panjang mi sesuai selera. Rebus mi dalam air yang sudah mendidih dan diberi minyak. Masak 3 menit lalu angkat, tiriskan dan beri sedikit minyak agar tidak lengket.

Panaskan margarin lalu tumis bombay dan bawang putih sampai harum. Masukkan daging giling dan masak hingga berubah warna. Tambahkan jamur lalu tuang susu cair, beri garam dan merica bubuk, aduk sebentar. Masukkan terigu, aduk rata lalu masak sampai mengental. Tambahkan mi bayam lalu aduk merata dan angkat. Mi siap disajikan dengan keju parut.

Roti Goreng Isi Kornet

Sumber gambar www.dapurkobe.co.id

Saat kehabisan ide untuk bekal sekolah anak, Anda bisa melirik roti. Kreasikan dengan aneka isian lalu goreng supaya lebih menarik. Untuk resepnya bisa disimak berikut ini, ya.

Bahan utamanya adalah 10 lembar roti tawar tanpa kulit, 2 bungkus KOBE Tepung Kentucky Super Crispy, 230 ml air, BonCabe Sambal Tabur secukupnya. Bahan isinya adalah 200 gram daging kornet, 2 butir telur aya, 50 gram KOBE Tepung Bumbu Putih, 25 gram daun bawang diiris halus, dan minyak goreng untuk menggoreng secukupnya.

Cara membuatnya pertama, campur merata semua bahan isian lalu oleskan pada lembaran roti. Tutup bagian atas dengan roti lain sambil agak ditekan. Potonglah menjadi 4 bagian bentuk segitiga. Untuk bahan pencelup, Anda bisa mencampur Kobe dan air hingga rata. Masukkan roti ke dalam adonan lalu goreng roti hingga kecokelatan. Angkat dan tiriskan lalu siap disajikan.

Macaroni Schotel Panggang

Sumber gambar cookpad.com

Makaroni tentu sangat populer di kalangan anak-anak. Mudah dimasak apa saja dan rasanya juga enak. Anda bisa padukan makaroni dengan bahan lain seperti sayuran dan sosis. Yuk, intip resep berikut ini untuk buah hati di rumah.

Bahan-bahannya adalah 500 gr makaroni direbus hingga empuk, 5 cup daging giling stok, 1 liter susu putih cair, 5 butir telur dikocok lepas, secukupnya saus tomat, 1 sdm oregano basil, 1 sdm lada bubuk, secukupnya keju parut, 1 siung bawang bombay, 2 buah wortel diparut halus.

Cara membuatnya adalah ambil wadah lalu tuangi dengan kocokan telur. Masukkan semua bahan ke dalam kocokan telur lalu aduk merata. Siapkan loyang muffin lalu tuangi dengan adonan. Masak dalam oven hingga matang lalu keluarkan sebentar dan taburi keju parut. Masukkan lagi dalam oven hingga kuning kecokelatan dan siap disajikan.

Nugget Sayur

Sumber gambar www.dapurkobe.co.id

Anak kecil pasti menyukai nugget karena lezat dan gurih. Alih-alih membelinya, Anda bisa bikin sendiri dan memasukkan bahan sayuran ke dalamnya. Anda tak perlu khawatir anak makan banyak karena nuggetnya mengandung sayur.

Bahan-bahannya adalah 200 gram daging ayam, 200 gram wortel, 200 gram brokoli, 2 buah (180 gram) bawang bombay, 6 butir telur, 200 gram tepung terigu, 200 ml air, 1 sdm garam, 1 sdt merica butir dihaluskan, 1 sdm gula pasir, 1½ sdt kaldu ayam bubuk, 4 siung bawang putih dihaluskan, dan minyak untuk menggoreng. Bahan pencelupnya adalah 100 gram tepung terigu, 200 ml air, 200 gram tepung panir.

Cara membuatnya adalah cincang kasar daging ayam, wortel, bombay dan brokoli. Ambil wadah lalu masukkan terigu, garam dan kaldu. Masukkan juga air, merica, bawang putih dan gula pasir. Tambahkan telur lalu aduk rata bersama bahan yang dicincang kasar. Ambil loyang dan oles dengan margarin lalu alasi dengan plastik tahan panas.

Tuangi adonan dan ratakan lalu kukus selama 30 menit. Angkat dari kukusan lalu dinginkan dan potong sesuai selera. Untuk bahan pencelup, aduk rata terigu dan air. Celupkan potongan nugget ke dalamnya kemudian gulingkan ke tepung panir hingga rata. Simpan nugget pada freezer dan siap digoreng kapan pun diinginkan.

Martabak Mini

Sumber gambar tribunnews.com

Martabak mini adalah jenis makanan yang disukai anak. Rasanya manis dan memiliki aneka topping. Daripada si kecil jajan di luar, Anda bisa membuatkannya sendiri di rumah.

Bahan-bahannya adalah 200 gr tepung terigu, 50 gr tepung tapioka, 2 sdm gula pasir, 2 butir telur, 2-3 sdm mentega atau margarin (sesuai selera) lalu cairkan, 300 ml air, 1 sdt ragi instan, 1 sdm baking powder, dan topping sesuai selera.

Cara membuatnya adalah ambil wadah lalu kocok telur bersama dengan gula dan garam. Masukkan ragi instan lalu kocok sampai gulanya larut. Tambahkan terigu dan tapioka sembari dimasukkan air sedikit demi sedikit dan terus diaduk. Terakhir, jika tekstur yang diinginkan sudah didapat, bisa mulai memasukkan mentega cair lalu aduk rata. Diamkan 20 menit lalu masukkan baking powder dan aduk lagi.

Panaskan cetakan martabak mini lalu tuangi adonan. Tunggu hingga muncul pori-pori kecil di permukaan baru tutup cetakan. Buka cetakan lalu angkat jika Anda merasa bahwa adonan sudah matang kecokelatan. Siap diberi aneka topping mulai dari gula, susu kental manis, selai dan lain sebagainya.

Nasi Gulung Telur Sosis

Sumber gambar bebeclub.co.id

Untuk bekal anak, nasi dengan sayur dan lauk sepertinya sudah terlalu umum. Anda bisa sajikan nasi gulung telor sosis untuk anak. Dengan tampilan menarik, anak akan makin senang dan lahap makannya. Resepnya bisa tengok di bawah ini, ya.

Bahan-bahannya adalah 400 gram nasi putih (sesuaikan dengan jumlah sosis), 2 butir telur ayam didadar jadikan dua masing-masing diameter 15 cm, 2 batang sosis digoreng, 1 sendok teh garam.

Cara membuatnya adalah ambil selembar telur dadar di atas penggulung sushi. Beri nasi di atas telur dadar lalu ratakan dan lebarkan. Letakkan sosis di atas tumpukan telur dan nasi yang sudah diratakan. Gulung penggulung sushi itu secara perlahan lalu padatkan. Kini Anda bisa memotongi nasi gulung itu setebal 2 cm. Susun dalam tempat bekal dan isi dengan dengan potongan sayur sesuai selera anak.

Otak-otak Sayuran

Sumber gambar www.dapurkobe.co.id

Otak otak adalah makanan yang memiliki rasa gurih dan nikmat. Bukan hanya disukai orang dewasa, anak pasti juga suka. Untuk anak yang susah makan ikan, Anda bisa sajikan Otak Otak Gulung Lumpia. Resepnya mudah dan pastinya bahannya juga tak sulit didapat.

Bahan-bahannya adalah 350 gram daging tenggiri dihaluskan, 70 gram KOBE Tepung Bumbu Putih, 30 gram tepung sagu, 70 cc santan kental, 1 butir putih telur, 8 batang daun kucai diiris halus, 2 batang bawang prey diiris halus, 1 sdt gula pasir, daun pisang dan tusuk gigi secukupnya. Bahan kulitnya menggunakan 30 lbr kulit lumpia siap jadi.

Cara membuatnya adalah campurlah semua bahan lalu aduk merata dan uleni sampai kalis. Masukkan dalam plastik kerucut dan sisihkan. Sementara itu siapkan daun bawang, kemudian tuang adonan di atasnya sebesar 1 ruas jari. Gulung rapi lalu lakukan pada semua adonan hingga habis.

Siapkan kukusan dan jika sudah panas bisa langsung dikukus otak-otaknya. Angkat dan dinginkan lalu taruh di atas selembar kulit lumpia, lipat amplop. Gulung dan rekatkan memakai putih telur lalu goreng hingga matang dan siap disajikan.

Bakso Wortel

Sumber gambar vemale.com

Bakso jadi makanan yang pas kala hawa dingin menyergap. Kuah bakso hangat akan bikin tubuh ikutan jadi hangat. Anda bisa mencampur baksonya dengan sayuran supaya si kecil mendapat manfaat baik sayur. Resepnya intip di bawah ini, ya.

Bahan-bahannya adalah 300 gram daging sapi bagian paha atas dipotong-potong, 2 siung bawang putih, 100 gram wortel diserut halus dan diperas, 75 gram tepung kanji, 1/2 sdt merica bubuk, 1 sdt garam, 100 gram es batu, memarkan agak halus.

Bahan kuahnya adalah 1 sdm bawang putih cincang ditumis, 750 ml kaldu sapi, 2 buah kaldu dadu rasa ayam, 1/2 sdt merica bubuk, 2 sdt garam, 2 sdm daun bawang diiris halus.

Cara membuatnya adalah blender semua bahan bakso dan proses hingga lembut. Didihkan air dalam panci lalu bentuk adonan bakso dan masukkan dalam didihan air. Rebus sampai matang dan mengapung baru angkat dan dinginkan. Untuk kuahnya, rebus semua bahan lalu jika sudah mendidih tinggal angkat dan siap disajikan.

Omelet Makaroni Isi Daging

Sumber gambar viva.co.id

Omelet makaroni akan lebih istimewa jika memiliki isian yang istimewa juga. Anda bisa meraciknya dan mengisinya dengan daging kornet. Selain nikmat, sajian ini juga bergizi.

Bahan-bahannya adalah 50 gr macaroni elbow direbus hingga matang ditiriskan, 2 sdm Blue Band, 3 butir telur, 1 bungkus royco ayam, 1 tangkai daun bawang diiris tipis, ¼ siung bawang bombay dipotong dadu kecil, ½ buah tomat dibuang bijinya dipotong dadu kecil, 50 gram keju parut, ¼ sdt lada, 1 sdm kornet sapi.

Cara membuatnya rebus makaroni sampai matang lalu tiriskan dan sisihkan. Campur semua bahan kecuali blue band. Panaskan blue band lalu buat dadar tebal dengan api kecil. Balik adonan lalu masak hingga kuning keemasan. Siap disajikan dengan roti bakar.

Spaghetti Saus Tomat

Sumber gambar vemale.com

Si kecil suka makan spaghetti? Anda tak perlu bimbang mengolahnya. Anda bisa olah spaghetti dengan tambahan sayur atau kornet juga. Gizi si kecil terpenuhi, Anda jadi tak perlu was-was lagi. Resepnya bisa lihat di bawah ini ya.

Bahan-bahannya adalah 250 gram spaghetti, 1 bungkus saus spaghetti bolognaise, 1/2 bawang bombay cincang halus, 1 sdm kornet.

Cara membuatnya dengan merebus spaghetti sampai matang dalam air dan diberi sedikit minyak. Jika sudah matang tiriskan dan sisihkan dulu. Siapkan teflon, tumis bawang bombay hingga harum. Masukkan kornet dan aduk merata. Tambahkan saus bolognaise masak hingga mendidih. Campur saus dengan spaghetti, aduk merata, matikan kompor lalu siap disajikan selagi hangat.

From our editorial team

Yuk, Masak Sendiri Makanan untuk Anak!

Menyajikan makanan untuk anak memang gampang-gampang susah. Jika kurang kreatif, anak seketika tutup mulut namun itu bukan alasan bagi Anda untuk berhenti berkreasi dengan makanan. Nah, mulailah banyak mencari informasi mengenai makanan kreatif untuk anak-anak Anda.