10 Pilihan Kotak Bento yang Lucu dan Fungsional (2018)

10 Pilihan Kotak Bento yang Lucu dan Fungsional (2018)

Bento atau kotak makan siang sejatinya berasal dari Jepang, tapi kini sudah merambah ke Indonesia. Manfaat membawa bento ternyata membuatnya juga jadi populer di Indonesia. Tertarik mencoba membiasakan diri membawa bekal dengan kotak bento? Mari disimak penuturan BP-Guide di artikel ini.

Kotak Bento Sangat Berguna untuk Kebiasaan Hidup Sehat dan Penghematan

Tren hidup sehat yang terus digandrungi kaum urban sekarang ini membuat banyak dari kita yang tergerak untuk membawa bekal sendiri dari rumah, baik ke kantor, sekolah, maupun tempat aktivitas lainnya. Selain lebih sehat, dari sisi ekonomi, membawa bekal juga menghemat pengeluaran.

Di negeri sakura Jepang, membawa bekal sudah menjadi rutinitas bagi sebagian besar warganya. Mereka mayoritas menamainya dengan sebutan bento. Bento merupakan bekal makanan yang biasanya terdiri dari nasi, lauk, daging sapi atau ayam, dan sayuran. Kotak bento yang berisi makanan tadi biasanya terbuat dari kayu, stainless steel, atau pun plastik.

Dengan menerapkan bekal atau bento ini, kamu bisa menghemat uang saku dan mengontrol pola makan, terutama untuk kamu yang ingin diet. Kamu bisa mengatur isi kotak bentomu dengan makanan diet pilihan sehingga pola makan akan lebih teratur. Tidak hanya itu, dengan membawa bekal sama dengan menjaga nutrisi yang masuk ke tubuh dan upaya untuk terhindar dari penyakit.

Manfaat Membawa Kotak Bento

Bekal Buatan Sendiri Lebih Terjamin Kesehatannya

Makanan yang dibawa dengan metode bekal ini punya banyak kelebihan, salah satunya adalah lebih terjamin dari segi kesehatan. Nutrisi yang ada di dalam makanan dapat terjaga dengan baik dengan pengolahan yang kamu sudah ketahui sebelumnya.

Bagi anak-anak pastinya hal tersebut akan menjadi batasan agar tidak mudah tergiur dengan jajanan yang kebersihannya diragukan. Sudah ada banyak penyakit yang timbul akibat makanan yang diolah tidak bersih, seperti diare hingga kanker

Mudah Mengontrol Asupan Gizi

Bekal yang telah disediakan dari rumah juga pasti terjamin secara asupan gizinya. Hal ini dikarenakan proses memasak yang lebih higienis dan kita bisa menghitung seperti apa kebutuhan gizinya. Sebagai contoh, bekal akan berisi sumber karbohidrat kompleks, protein, vitamin yang bisa berasal dari buah, kandungan lemak, minuman yang menyehatkan seperti air putih atau susu.

Bisa Mencoba Variasi Menu

Umumnya, jajanan yang dijual akan punya menu yang itu-itu saja. Hal tersebut berbeda dengan bekal yang bisa kita buat lebih variatif dan tidak membosankan. Untuk anak-anak, bekal yang dibuat dapat dibuat lebih menarik agar nafsu makan tetap baik dan porsi yang disediakan tidak berlebih. Tidak bosan dan kebutuhan gizi serta nutrisi tetap terjaga, bukan?

Mengurangi Jajan dan Menghemat Anggaran

Hal yang tidak bisa dilewatkan dari membawa bekal tentunya lebih hemat dari segi pengeluaran. Kita pasti sadar, berapa uang yang kita habiskan untuk sekali jajan atau beli makan di luar yang lebih mahal dibanding membawa makanan dari rumah.

Selain itu, dengan membawa bekal, kita bisa melatih untuk disiplin dan menghemat pengeluaran setiap harinya. Bagi anak-anak, hal ini dapat melatih mereka untuk bertanggung jawab atas makanan yang telah dibawa sekaligus mengajarkan untuk hidup hemat. Uang yang mereka kumpulkan pun dapat digunakan untuk membeli barang yang mereka inginkan.

10 Kotak Bento Unik yang Bisa Kamu Miliki

Technoplast Owl Lunch Box Set Puzzle

Sumber gambar Lazada

Technoplast Owl Lunch Box Set Puzzle merupakan lunch box yang mengadopsi model burung hantu dan bentuk puzzle yang tentunya menarik minat anak-anak. Satu set lunch box terdiri dari kotak makan berukuran besar dan berukuran kecil, sendok plastik, garpu plastik, botol air minum dan tas packing. Beralih pada harga, satu set Technoplast Owl Lunch Box dihargai Rp 91.000 di laman lazada.co.id.

Lunch-Box Oishii LB-0412

Sumber gambar Tokopedia

Lunch-Box Oishii LB-0412 menjadi pilihan lain akan lunch box menarik untuk dibawa beraktivitas. Produk ini berbahan dasar polypropylene yang aman dan ergonomis, serta dilengkapi dengan segel silikon agar tidak mudah bocor. Satu set produk ini terdiri dari kotak makan, sendok, garpu, serta tiga wadah makan kecil yang mudah dibongkar pasang. Produk ini dibanderol dengan harga Rp 63.000 di laman tokopedia.com.

Dinemate Eco Lunch Box Stainless Steel

Sumber gambar Lazada

Dinemate Eco Lunch Box Stainless Steel menjadi wadah bekal dengan model rantang dan punya bahan stainless steel yang tahan lama untuk pemakaian jangka panjang. Dilengkapi dengan teknologi vakum yang memungkinkan kamu menyimpan makanan dingin maupun panas lebih lama. Selain itu, seal karet yang dimilikinya menjamin makanan tetap nikmat dan tidak mudah tumpah.

Produk ini dijual di lazada.co.id seharga Rp 54.000 saja. Menarik bukan?

Tum Tum Bugs Lunch Box Set

Sumber gambar Jd.id

Tum Tum Bugs Lunch Set Box merupakan produk kotak makanan bekal dengan desain menarik bagi anak-anak seperti motif binatang, karakter superhero, kupu-kupu, bunga, dan karakter Disney Princess. Terbuat dari bahan berkualitas dan BPA Free, serta seal anti bocor yang menjamin makanan akan tetap pada kondisi terbaiknya.

Produk ini dijual dengan harga Rp 199.000 di laman jd.id.

Technoplast Hello Kitty Kawaii Sealware

Sumber gambar Blibli

Technoplast Hello Kitty Kawaii Sealware hadir untuk memenuhi kebutuhan kotak makanan bekal terutama pencinta karakter Hello Kitty yang menggemaskan. Produk ini memiliki tiga sekat dan punya tutup dengan sistem langsung menempel sehingga kamu tidak perlu repot-repot menutupnya.

Dalam paket pembelian, kamu akan mendapatkan kotak makanan yang dilengkapi dengan sendok dan garpu sebagai bonusnya. Produk ini tersedia di laman blibli.com seharga Rp 40.000.

Smiggle Snaps Double Decker Lunch Box

Sumber gambar Tokopedia

Smiggle Snaps Double Decker Lunch Box menjadi wadah makanan bekal yang efisien karena mampu menampung makanan dalam satu wadah saja. Dengan tema Snaps dalam varian koleksi Smigle, produk ini dilengkapi dengan dua bagian terpisah, yang biasanya terisi untuk makanan ringan dan bagian lainnya untuk makanan utama.

Berdimensi 24.5cm x 15 cm x 15.5 cm, Smiggle Snaps Double Decker Lunch Box dijual dengan harga Rp 270.000 di tokopedia.com.

LOCK & LOCK Lunch Box HPL762DR

Sumber gambar Tokopedia

Sebagai pemain lama, nama Lock n Lock tidak perlu diragukan lagi dalam dunia wadah plastik. Mereka mengeluarkan varian LOCK & LOCK Lunch Box HPL762DR yang akan memenuhi kebutuhanmu akan kotak makanan bekal sehari-hari. Satu setnya terdiri dari kotak makanan, sendok, garpu, dan tas.

Bagian dalam tas dilapisi oleh lapisan aluminium foil yang akan menjaga makanan agar tetap hangat dalam waktu yang lebih panjang. Wadah tersebut punya sekat, bagian pertama dapat memuat nasi dan bagian kedua dapat memuat lauk pauk, serta dapat dipanaskan dalam microwave.

Produk ini dijual dengan harga Rp 241.000 di tokopedia.com.

LOCK & LOCK Lunch Box LCK762DT

Sumber gambar Tokopedia

LOCK & LOCK Lunch Box LCK762DT merupakan wadah makanan bekal yang terbuat dari material polypropylene yang telah teruji kualitasnya yang membuatnya tahan lama. Lewat penguncian empat sisi dan dilengkapi seal, makanan dapat tetap terjaga dan aman jika dipanaskan lewat microwave. Satu setnya terdiri dari kotak makanan berukuran 510mL, kotak makanan berukuran 510mL dengan sekat, dan satu buah tas.

Produk ini dibanderol dengn harga Rp 191.000 pada laman tokopedia.com.

Yooyee 3 sekat

Sumber gambar Tokopedia

Ini adalah produk wadah makanan bekal yang cocok untuk kamu yang menyukai desain dan motif yang simpel. Selain terbuat dari bahan yang ramah lingkungan, Yooyee membekali produk buatannya dengan berbagai jenis, seperti kotak bekal bersekat, kotak bekal mini, sampai 'rantang' dengan model yang kekinian.

Kamu juga tidak perlu khawatir karena kotak makanan ini juga sudah dilengkapi seal karet yang membuat kedap dan anti tumpah. Produk ini dijual di laman tokopedia.com dengan harga Rp 45.000.

Yooyee 595

Sumber gambar Lazada

Yooyee 595 adalah produk kotak makanan besutan Yooyee yang mampu melindungi makanan agar tetap fresh, hangat, dan nikmat ketika disantap. Produk ini memiliki kekuatan yang sangat baik terhadap suhu, baik panas maupun dingin sekalipun, sehingga aman ketika kamu masukkan ke dalam microwave atau freezer.

Dengan warna hitam, kamu akan dapatkan Lunch Box Set yang berisi kotak makanan plus sendok garpu, botol minum, dan tas yang berlapis aluminium foil. Produk ini tersedia pada laman lazada.co.id dengan harga Rp 140.000. Tertarik untuk memilikinya?

From our editorial team

Membawa Kotak Makan Berarti juga Peduli pada Lingkungan

Kondisi bumi saat ini sudah dipenuhi dengan sampah. Kebanyakan merupakan sampah plastik yang berasal dari produk-produk yang kita konsumsi dan gunakan. Dengan membawa bekal makanan, berarti kita bisa mengurangi sampah plastik yang kita ciptakan apabila memesan makanan untuk dibawa ke kantor atau tempat beraktivitas. Jadi ternyata selain membuat kita sehat dan menghemat, membawa kotak makanan juga punya manfaat positif bagi lingkungan.