Atasi Masalah Kulit dengan 10 Perawatan Wajah yang Cocok untuk Kulit Sensitif

Atasi Masalah Kulit dengan 10 Perawatan Wajah yang Cocok untuk Kulit Sensitif

Memiliki kulit yang sensitif terutama bagian wajah memang tak mudah. Untuk merawatnya, Anda perlu perhatian ekstra terutama saat memilih jenis kosmetik. meski begitu tak perlu khawatir karena Anda bisa ketahui tips dan rekomendasi kosmetik untuk kulit sensitif dari BP-Guide dalam ulasan di bawah ini.

Berbagai Jenis Kulit dengan Karakter yang Berbeda

Sumber gambar www.webmd.com

Setiap orang tentunya memiliki kulit yang berbeda dan hal ini didasarkan dari gaya hidup setiap orang. Kulit yang sehat pastinya memiliki ciri tersendiri. Seperti lembap dan bertekstur kenyal dan kencang. Selain itu kulit sehat warnanya cerah alami dan terlihat mulus bebas noda dan jerawat. Kulit segar bercahaya dan sedikit kerutan yang sesuai dengan usianya.

Di luar kulit sehat tersebut, kulit manusia ada 5 jenisnya. Yang pertama adalah kulit normal yang lebih mudah perawatannya karena kandungan minyak yang dikeluarkan seimbang dan tak berlebihan. Bertekstur lembut dan tak terlihat kering.

Ada lagi kulit berminyak yang biasanya dialami wanita pada daerah tropis. Kulit ini disebabkan kelenjar minyak sangat produktif dan kulit tak mampu mengontrol jumlah minyak yang dikeluarkan. Sebaliknya ada juga jenis kulit kering. Jenis ini membuat wajah tak segar dan cenderung terlihat berkeriput. Kadar minyaknya rendah dan cenderung sensitif.

Lainnya lagi ada kulit sensitif yang lebih tipis dari jenis kulit lain dan biasanya cepat merasa alergi. Kulit biasanya cepat gatal dan mudah iritasi. Dan terakhir ada kulit kombinasi yang biasa ditemukan di Asia. Kulit ini bisa kering dan berminyak atau normal berminyak. Kulit kombinasi terjadi karena kadar minyak di wajah tidak merata.

Ciri-ciri Kulit Sensitif

Terlihat Sangat Tipis

Sumber gambar int.eucerin.com

Kulit sensitif memiliki cirinya sendiri yang mudah dikenali. Kulit sensitif ini memiliki jenis yang sangat tipis sehingga mudah terkena luka. Kulit ini juga rentan terhadap lingkungan di sekitarnya.

Ada banyak penyebab kulit jadi berubah sensitif. Mulai dari kafein dan nikotin hingga minuman berlkohol. Lainnya yang bikin kulit jadi sensitif adalah stress dan sinar UV serta makanan pedas dan berbumbu tajam.

Mudah Terkena Alergi

Sumber gambar readxp.com

Dengan tekstur lebih tipis dari kulit lainnya maka tak heran jika kulit sensitif mudah terkena penyakit. Jenis kulit ini susah menyesuaikan diri dengan lingkungan sehingga mudah terkena alergi. Memang alergi bukan kondisi medis yang menular. Namun tetap saja akan sangat mengganggu penampilan si pemiliki alergi.

Faktor keturunan dan faktor lingkungan merupakan kedua faktor penyebab alergi. Beberapa penyebab alergi pada kulit bisa karena makanan namun bisa juga dari debu dan kotoran. Penyebab alergi lainnya adalah cuaca yang panas ekstrim atau dingin ekstrim. Bisa juga alergi disebabkan oleh pewangi atau bisa juga dari polen bunga.

Mudah Mengalami Iritasi

Sumber gambar blog.myskin.com

Setiap individu pasti punya pemicu reaksi kulit sensitif yang beragam. Diantara pemicunya adalah perubahan suhu dan paparan polusi. Bisa juga akibat efek mengkonsumsi obat tertentu atau karena penurunan berat badan secara instan.

Kulit yang sensitif akan makin memburuk saat terpapar udara dingin. Kulit yang sensitif peka terhadap bakteri atau kuman atau kotoran sekecil apapun sehingga mudah teriritasi. Tanda-tanda yang paling umum terjadi berupa rasa gatal dan perih pada bagian kulit.

Sensitif Terhadap Kosmetik

Kulit sensitif pastinya sangat menyulitkan kala memilih kosmetik. Tak semua kosmetik bisa dipakai mereka yang memiliki kulit sensitif. Saat memilih kosmetik usahakan Anda memilih kosmetik dengan bahan hypoallergenic dan dermatology tested. Ini akan lebih aman digunakan untuk Anda yang berkulit sensitif.

Salah membeli produk kosmetik bisa bikin kulit sensitif Anda bereaksi dan iritasi. Maka dari itu ada baiknya mengetes produk sebelum membeli. Aplikasikan produk pada pergelangan tangan atau di dagu saja. Biarkan sebentar, jika tak ada reaksi maka Anda bisa membeli dan menggunakannya.

Bacalah label sebelum membeli dan periksa bahan apa saja yang ada. Hindari kosmetik dengan bahan borid acis, acetylated lanolin alcohol, petrolatum, sodium lauryl sulfate, benzoyl peroxide, paraben, triclosan dan EDTA karena bahan tersebut bisa memicu reaksi alergi.

Berwarna Kemerahan

Sumber gambar www.guiltybytes.com

Kulit sensitif umumnya sering berwarna kemerahan menyerupai bercak merah yang merata di wajah. Kemerahan pada kulit sensitif biasanya disebabkan oleh produk perawatan kulit atau paparan sinar matahari. Hal lain yang bisa memicu kemerahan di kulit sensitif adalah cuaca dingin dan angin. Warna kulit sensitif akan kembali normal kala faktor pemicunya dijauhkan.

Kulit sensitif biasanya juga memiliki rasa terbakar pada kulit jika sedang mengalami reaksi alergi. Jika terjadi hal seperti ini sebaiknya langsung saja membilas muka dengan air supaya sensasi terbakar berkurang. Selain itu kulit sensitif biasanya juga terasa gatal ketika terjadi kemerahan di wajah.

Bahan Alami untuk Mengatasi Kulit Sensitif

Air Kelapa

Sumber gambar www.riza.it

Air kelapa kaya akan gizi yang bisa mengembalikan elektrolit tubuh. Selain itu kaya juga vitamin C dan bisa juga untuk melembabkan kulit tubuh. Air kelapa berfungsi untuk memperbaiki kulit kusam dan kering.

Memiliki sifat alami untuk menghidrasi kulit dan bikin kulit jadi lembab dan lembut. Air ini juga mampu meningkatkan sirkulasi oksigen dalam tubuh dan bisa menjaga kulit tetap segar. Dan yang paling penting, air kelapa mampu menyeimbangkan keseimbangan pH dan bisa mengatasi kulit sensitif.

Anda bisa mengatasi kulit sensitif menggunakan air kelapa. Gunakan toner dari air kelapa di malam hari supaya kulit bisa lebih fresh dan sehat keesokan harinya. Pakailah secara teratur untuk menjaga kulit Anda tetap sehat.

Air Mineral

Kulit sensitif teksturnya halus dan mudah sekali bereaksi pada cuaca yang panas atau dingin. Jika sudah bereaksi maka bisa timbul iritasi kulit. Bisa juga terjadi kulit kemerahan akibat suhu serta kosmetik.

Ada lagi loh yang bisa mengatasi kulit sensitif. Air mineral adalah solusi cepat dan mudah untuk mengatasi gangguan kulit sensitif. Air bisa mencegah alergi dan dapat membunuh racun yang masuk ke dalam kulit. Dengan kandungan air yang cukup maka kulit bisa mengalami degenerasi aktif alami.

Madu

Sumber gambar vesti22.tv

Jenis kulit sensitif pastinya butuh penanganan yang khusus. Tak semua kosmetik cocok dikenakan karenanya harus sedikit berhati-hati. Sebaiknya lakukan juga perawatan kulit supaya bisa lebih sehat. Bersihkan segera wajah usai keluar rumah atau usai memakai makeup. Gunakan juga sabun pembersih wajah supaya lebih bersih.

Selain itu rawat pula wajah dengan masker alami buatan sendiri. Anda bisa gunakan madu sebagai perawatan kulit yang alami. Gunakan madu sebagai masker tiap pagi atau malam hari. Oles di wajah dan biarkan 15 menit sebelum membilasnya.

Madu bisa melembabkan kulit secara alami. Bahan ini juga mampu menenangkan kulit sensitif karena memiliki anti inflasami serta antiseptik dan anti bakteri. Kulit jadi lembut bercahaya dan senantiasa berkesan awet muda.

Bubuk Kopi

Sumber gambar facialhealth.org

Kopi merupakan minuman mengandung kafein tinggi. Hal ini membuat kopi baik untuk diminum bagi mereka yang ingin menahan kantuk. Siapa sangka bubuk kopi ternyata sangat bermanfaat untuk kulit sensitif loh.

Anda bisa gabungkan bubuk kopi dengan madu sebagai masker. Kedua bahan ini bisa ditambah susu dan juga minyak kelapa. Pakailah di wajah lalu biarkan sampai kering. Setelahnya bilas air hangat supaya kulit wajah jadi lebih lembut dan bersih dari sel kulit mati. Wajah juga bisa terhindar dari kulit sensitif.

10 Produk Kosmetik yang Cocok untuk Kulit Sensitif

Avene Eau Thermate Tolerance Extreme Cream

Sumber gambar en.pharmacy4u.gr

Avene Eau Thermate Tolerance Extreme Cream adalah salah satu produk yang cocok untuk mengatasi kulit sensitif. Produk pembersih wajah ini praktis dan tak perlu lagi untuk dibilas dengan air. Memiliki 7 kandungan bahan alami yang mampu mengangkat debu dan kotoran wajah serta sisa make up.

Produk ini aman dipakai dalam keseharian karena tanpa pengawet. Paling cocok untuk semua jenis kulit termasuk juga kulit sensitif. Diproduksi dan dikemas secara profesional oleh Laboratorium Pierre Fabre group. Produk ini packagingnya kedap udara serta kedap bakteri. Anda bisa membeli produk Rp 494.000 di Dermstore.

Burt's Bees Sensitive Eye Cream

Sumber gambar www.target.com

Siapa sih yang tak terganggu dengan kantung mata? Hilangkan kantung mata pada kulit sensitif Anda dengan Burt's Bees Sensitive Eye Cream. produk ini mampu melembabkan area mata tanpa membuatnya iritasi.

Berbahan minyak zaitun dan minyak kelapa membuatnya aman untuk daerah sekitar mata. Ada ekstrak kapas yang bisa membantu kelembutan dan kelembaban area mata. Produk ini bebas wewangian dan juga hypoallergenic sehingga aman untuk kulit sensitif.

Produk ini mampu mengurangi munculnya kantung mata. Anda bisa membeli produk ini di website Allure. Produk dijual pada harga Rp 235.000 ya.

RoC Retinol Correxion Sensitive Night Cream

Sumber gambar www.google.co.id

RoC Retinol Correxion Sensitive Night Cream aman digunakan untuk Anda yang memiliki kulit sensitif. Dengan lembut bisa mengurangi garis halus dan keriput di wajah. Memiliki kandungan retinol yang bisa mengurangi iritasi kulit dan keriput serta kekeringan wajah.

Produk ini udah diuji secara dermatologis dan terbukti ampuh melawan garis halus dalam waktu 8 minggu. Produk ini bebas minyak dan tak akan memunculkan komedo pada wajah. Anda bisa membeli produk seharga Rp 298.870 ini di website Ulta.

Bioderma Sensibio H2O

Sumber gambar www.priceline.com.au

Bioderma Micellar Water Sensibio H2O ini cocok untuk Anda yang suka ribet membersihkan wajah dari sisa make up. Produk ini ringan seperti air dan ampuh bersihkan make up bahkan yang waterproof sekali pun. Aman untuk kulit sensitif juga karena produknya non alkohol dan hypoallergenic, loh.

Beberapa blogger merekomendasikan produk Bioderma Micellar Water karena memang aman dan nyaman dipakai. Tak perlu usap terlalu keras, cukup gosok perlahan maka make up terangkat. Tak bikin kulit kering karena teksturnya seperti air murni. Anda bisa peroleh produk ini di Shopee dengan harga Rp 120.000.

Fresh Umbrian Clay Mattifying Face Ex Foliant

Sumber gambar www.johnlewis.com

Fresh Umbrian Clay Mattifying Face Exfoliant merupakan produk perawatan kulit wajah yang ampuh bersihkan sel kulit mati. Lembut teksturnya dan bisa bikin kulit wajah lebih halus. Cocok untuk mereka yang berkulit normal berminyak karena bisa menyeimbangkan produksi sebum di wajah.

Dengan mineral tinggi bisa menetralisir keasaman kulit sehingga pas untuk kulit sensitif. Ada ekstrak meadowsweat yang bisa mengendalikan kilau wajah akibat minyak. Memiliki ekstrak lemon juga yang bisa meningkatkan regenerasi sel untuk kulit yang lebih cerah. Produk bisa dibeli di Harrods dengan harga Rp 858.000.

Sunday Riley Juno Hydroactive Cellular Face Oil

Sumber gambar www.net-a-porter.com

Sunday Riley Juno Hydroactive Cellular Face Oil ini adalah produk yang baik untuk kulit sensitif. Produk ini mampu menghilangkan garis halus dan keriput pada wajah. Selain itu ampuh juga untuk melawan kekeringan dan membuat kulit jadi lebih elastis.

Produk ini memiliki campuran botanikal aktif untuk menutrisi kulit. Ada anti oksidan dan juga asam amino serta omega yang bisa bikin kulit lebih bercahaya. Kulit juga bisa lebih cerah berkat adanya vitamin A dan C. Kulit jadi lebih terlindungi dan sehat bercahaya. Anda bisa membeli produk Rp 295.000 ini di Shopee.

Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Sumber gambar www.superdrug.com

Cetaphil Gentle Skin Cleanser hadir dalam kemasan 250 ml. Produk ini adalah sabun cuci muka yang bertekstur lembut. Produk ini tanpa pewangi jadi cocok untuk kulit sensitif. Bisa mengangkat kotoran di kulit Anda dengan sempurna.

Produk tak akan membuat kulit kering sehingga aman untuk Anda yang memiliki kulit kering juga. Produk ini sudah teruji secara dermatologis dan non comedogenic. Produk ini cukup diusap pada wajah lalu bilas dengan air sampai bersih. Anda bisa membeli di Shopee pada harga Rp 117.599.

Charlotte Tilbury Magic Cream

Charlotte Tilbury Magic Cream merupkan produk yang bagus untuk melawan radikal bebas. Anda yang berkulit sensitif aman memakai produk ini. Produk ini mampu menstimulasi produksi kolagen sehingga membuat kulit lebih sehat terawat.

Memiliki SPF15 dan filter anti UVA membuat produk ini bisa melindungi kulit Anda dari efek penuaan dini. Pelembab ini bagus untuk mengurangi munculnya keriput karena mampu menghidrasi kulit secara alami. Cukup oles pelembab ini pada wajah dengan ujung jari.

Pijat pada dahi dengan gerakan melingkar dan sapukan ke arah luar pelipis. Tekan juga pada pipi dan area bawah mata. Anda bisa beli produk Rp 1.700.000 di Shopee.

Neutrogena Sensitive Skin Sunscreen Lotion Broad Spectrum SPF60+

Sumber gambar www.ulta.com

Neutrogena Sensitive Skin Lotion Broad Spectrum SPF 60+ ini memang produk untuk kulit sensitif. Produk ini secara eksklusif memberikan perlindungan UV pada kulit secara merata. Bertekstur ringan dengan formulasi unik sehingga bisa digunakan sebagai tabir surya juga.

Produk ini memiliki kandungan titanium dioxide dan zinc oxide. Produk ini bebas wangi dan minyak sehingga aman untuk mereka yang berkulit kering dan sensitif. Melindungi kulit dari penuaan kulit dini akibat paparan sinar matahari. Anda bisa beli produk ini di Shopee pada harga Rp 41.000.

First Aid Beauty Ultra Repair Cream

Sumber gambar www.allure.com

First Aid Beauty Ultra Repair Cream adalah pelembab kulit yang cocok untuk Anda yang memiliki kulit sensitif. Produk ini aman juga untuk jenis kulit lainnya. Mampu menghidrasi kulit kering, produk juga efektif untuk kulit kemerahan dan menghilangkan garis halus wajah.

Produk ini bisa langsung diserap tanpa menimbulkan rasa berminyak di wajah setelahnya. Gunakan produk ini agar kulit lebih terhidrasi dan halus. Memiliki bahan alami seperti shea butterr dan oatmeal. Produk sudah teruji klinis sehingga aman dipakai. Bisa dibeli di Firstairbeauty seharga Rp 468.000.

From our editorial team

Jangan Sembarangan Pilih Kosmetik untuk Kulit Sensitif

Anda punya jenis kulit yang sensitif? Jika iya, Anda perlu memperhatikan dengan baik kosmetik yang akan Anda gunakan. Pastikan kosmetik yang Anda pilih sudah teruji secara klinis dan aman untuk kulit sensitif. Jangan membeli produk dengan formula yang keras atau mengandung bahan kimia yang bisa merusak kulit apalagi kosmetik palsu alias KW. Intinya, selalu teliti sebelum membeli ya, Ladies!

Tag