Ini Dia Frame Foto Gantung untuk Dekorasi Rumah yang Lebih Menarik (2020)

Ini Dia Frame Foto Gantung untuk Dekorasi Rumah yang Lebih Menarik (2020)

Hiasan dinding yang cantik tentu akan memperindah ruangan di rumah kamu, salah satunya adalah frame gantung. Mau tahu frame gantung apa saja yang cocok digunakan untuk mempercatik ruangan? Yuk, simak artikel berikut ini!

Salah Satu Cara untuk Memamerkan Foto dengan Menggunakan Frame Gantung

Sumber gambar www.amazon.com

Sejak kemunculan kamera, foto menjadi barang penting yang wajib ada di setiap rumah. Tidak hanya di rumah, acara-acara apa pun selalu didokumentasikan dan diabadikan dalam foto. Kenangan mungkin menjadi salah satu alasan untuk mendokumentasikan setiap peristiwa dalam foto, tetapi menceritakan kisah ini kepada orang lain juga dianggap sama pentingnya.

Oleh karena itu, banyak orang memperlihatkan kisah mereka di dinding-dinding rumah, di meja-meja. Foto juga memberikan gambaran kepada orang-orang yang ingin mengenal kamu atau kisahmu. Dengan alasan ini pula, sekalipun zaman sudah bergerak ke zaman digital, foto-foto yang tercetak akan selalu ada.

Salah satu cara untuk memamerkan foto adalah dengan menggunakan frame gantung. Mudah saja cara untuk menata frame-frame ini di dinding rumah kamu. Kamu tak butuh tempat yang luas, tapi kamu tetap harus punya pertimbangan antara perbandingan luas ruangan dengan bingkai foto yang ingin kamu pajang.

Terlalu rapat, maka rumah kamu akan terkesan sempit. Terlalu luas, dinding kamu akan terlihat polos dan kurang menarik. Selain itu, tata letak bingkai-bingkai yang tergantung ini harus ditentukan dengan baik. Asimetris adalah pilihan yang menarik karena memberikan sentuhan dinamik dan modern di rumah kamu.

Tips Memilih Frame Foto yang Cocok dengan Ruangan

Pilih Tema yang Sesuai dengan Ruangan

Sumber gambar www.wayfair.com

Metode dasar dari semua desain interior adalah memilih tema. Dari tema, kamu bisa menyesuaikan palet warna yang sesuai, dan tentu saja, pilihan model-model perabot yang juga serasi dengan tema. Hal ini berlaku juga dalam memilih pigura, yang pada dasarnya melengkapi desain interior ruangan.

Kesan apa yang ingin kamu tampilkan di ruangan kamu? Kesan natural? Atau artistik? Atau bisa juga kamu melengkapi koleksi kegiatan-kegiatan yang kamu lakukan dalam satu seri foto untuk menambah sentuhan personal dalam rumah kamu.

Selanjutnya, kamu bisa memilih tema foto yang ingin kamu tampilkan berdasarkan kesan yang ingin kamu tunjukkan. Kalau ingin memberikan sentuhan artistik, kamu bisa memajang lukisan-lukisan dengan berbagai tone warna. Kalau ingin memberikan sentuhan natural, foto-foto lanskap bisa jadi pilihan kamu. Selanjutnya, kamu tinggal menyesuaikan bentuk dan warna bingkai dengan foto yang kamu pilih.

Gunakan Permainan Warna

Sumber gambar www.wayfair.com

Warna erat sekali dengan kenyamanan rangsang visualisasi kamu. Kamu bisa menciptakan ilusi yang indah hanya dengan permainan warna. Dengan pemilihan warna yang tepat, kamu bisa mengarahkan mata kepada satu fokus yang kamu mau. Maka, memilih warna bingkai jadi faktor penting untuk memberikan kesan menarik pada fotomu.

Kontras warna antara foto dan bingkai bisa memberikan ilusi pada matamu. Kalau foto berwarna cerah, maka sebaiknya kamu memilih bingkai berwarna gelap, agar foto terkesan hangat, tenang, dan menonjol. Di sisi lain, warna bingkai yang natural, seperti putih, akan cocok untuk foto-foto berwarna tajam.

Perpaduan dua warna selalu memberikan nuansa yang menarik pada fotografi. Misalnya, warna bingkai yang putih dengan mat board berwarna biru akan memberikan kesan cantik 3 dimensi pada foto yang kamu pajang.

Tentu saja, pilihan yang selalu aman adalah piguran kayu dengan warna gelap. Kesan alami dari kayu bisa mempercantik foto. Tidak heran motif natural kayu selalu menjadi pilihan dalam berbagai kesempatan pada desain interior.

Pertimbangkan Kualitas Bingkai Foto

Sumber gambar vecto2000.com

Kualitas barang selalu menjadi penentu keindahan. Sekalipun benda kecil, kualitas yang rendah tidak akan bisa menipu mata. Detil-detil sempurna bisa memberikan kenyamanan pada mata kamu, bahkan tanpa kamu menyadarinya.

Sekalipun detil ini terlewat, kualitas bingkai yang baik juga membuat bingkai tahan lama dan tidak mudah rusak. Apalagi, bingkai berkualitas rendah bisa memancing munculnya jamur, yang tentunya akan membuat pigura foto jadi tampak jelek.

Bahan terbaik untuk pigura foto adalah kayu. Tentu saja, bahan kayunya harus solid agar tahan lama. Kamu mungkin menyukai berbagai desain yang cantik dan menarik, tapi kalau tidak tahan lama, tentu saja tetap mengecewakan.

Selain itu, bingkai juga harus dilapisi dengan cat yang berkualitas, minimal menggunakan spray duco. Kualitas bingkai foto yang baik juga bisa dilihat dari sambungannya yang rapi.

Sesuaikan Budget

Sumber gambar m.bukalapak.com

Memilih kualitas bingkai foto yang baik tentu penting untuk menciptakan kenyamanan bagi mata yang ingin memandang foto kamu. Harga bingkai foto sangat beragam, tergantung dari kualitas, ornamen, desain dan ukurannya. Dari puluhan ribu rupiah hingga ratusan ribu, bahkan jutaan rupiah, bingkai foto bisa memberikan keajaiban dari memori-memori yang ingin kita tunjukkan.

Harga fantastis mungkin bisa memberikan sentuhan keindahan pada rumah kamu, tetapi hal ini tidak bisa menggantikan momen-momen bercerita pada foto. Jadi, daripada pusing-pusing memilih bingkai foto yang berharga selangit, kamu bisa memilih bingkai foto yang bisa menonjolkan kisah-kisah pada foto kamu.

Apabila kamu mampu memilih bingkai foto yang bisa menonjolkan kisah kamu, sudah tidak penting lagi berapa nominal di balik bingkai foto yang kamu pilih untuk membingkai cerita kamu.

Rekomendasi Frame Gantung Unik

Festiva Furniture 1R 8337-16 Photo Frame - White

Sumber gambar Blibli

Bingkai foto tidak hanya berfungsi untuk menyimpan foto dan memajangnya begitu saja. Dengan memilih bingkai foto yang tepat, kamu juga bisa membuat foto kamu terlihat lebih menarik. Ditambah lagi, bingkai foto yang tepat bisa juga menjadi pajangan memesona di rumah kamu atau ruangan lainnya.

Festiva furniture 1r 8337-16 photo frame berwarna putih ini dihiasi dengan aksesori menarik di tengah bingkai foto. Motif keperakan di dalam bingkainya akan membingkai wajahmu atau wajah orang-orang terdekat kamu dengan cantik.

Bahan bingkai foto ini terbuat dari kayu dan gelas untuk foto dengan ukuran 1R, sedang ukuran hingga frame luar sebesar 4R.

Tidak hanya memperindah ruangan di rumah kamu, pigura cantik ini juga bisa menghiasi café, resto, dan ruang kantor kamu. Hanya dengan harga Rp 39.000, kamu bisa mendapatkan pigura cantik ini di Blibli dan Festiva.

YP Frame Foto Minimalis Bingkai Foto [ 8R/ 20 x 25 cm]

Sumber gambar Shopee

Memilih pigura yang tepat untuk foto kamu sangat penting untuk memberikan pesona lebih untuk foto yang kamu pajang. Ini akan menambah nilai estetika foto, sekaligus menjadi hiasan yang menarik untuk ruangan tempat kamu memajang foto.

Motif kayu yang natural akhir-akhir ini jadi tren untuk desain interior ruangan, misalnya lantai rumah atau lemari. Termasuk bingkai foto. Dengan motif kayu yang tampak alami ini, foto yang kamu pajang akan memberikan kesan vintage yang menarik perhatian.

YP frame foto minimalis bingkai foto bisa membingkai foto ukuran 8R dengan ukuran 20 x 25 cm. Bahannya yang terbuat dari fiber menjadikan pigura ini tidak mudah pecah dan lebih awet. Kamu bisa mendapatkannya lewat Blibli dan Shopee dengan harga Rp 16.500.

FS - Bluelans Plastic Family Wall Hanging Picture Holder Display Home Room Decor Photo Frame

Sumber gambar Blibli

Pigura tidak hanya menarik untuk diletakkan di atas meja, tapi juga digantung di dinding. Dinding yang polos tidak akan menarik perhatian dan memberikan kecerahan di rumahmu, maka gantungan foto bisa menjadi salah satu penghias dinding rumah. Tentu saja, untuk menentukan pigura foto yang mau digantung, kamu harus memperhatikan tata letak perabotan yang lain, serta model dan warna ruangan.

Putih adalah warna yang selalu netral dan serasi dengan warna apapun. Maka, Bluelans Plastic Family Wall Hanging Picture Holder berwarna putih ini akan cocok untuk digantung di dinding rumah kamu, apapun warna dindingnya.

Desain yang memadukan 6 bentuk bingkai foto yang multi-size dan digabung dengan apik bisa mencerahkan dinding rumah. Dengan ukiran kata di atasnya, bingkai foto ini akan menunjukkan kedekatan dan keakraban anggota keluarga atau teman yang wajahnya terbingkai di pigura ini.

Bahannya yang terbuat dari plastik akan lebih awet dan tidak mudah pecah. Ukurannya kurang-lebih 30 x 37 cm atau sekitar 11,81 x 14,57 inci. Bingkai foto ini tersedia di Blibli dengan harga Rp 36.100.

Dekornata Charlotte Frame Bingkai Foto

Sumber gambar Blibli

Dulu, bingkai foto kebanyakan bermodel sama, dengan rangka yang pipih, baik itu berukir atau tidak. Seiring dengan berkembangnya zaman, selera orang-orang juga mulai berubah. Sekarang ini, pigura diproduksi dengan berbagai macam bentuk dan model.

Bingkai foto Dekornata Charlotte ini menawarkan desain yang modern dan minimalis dengan sentuhan rangka yang tebal, menjadikannya mudah ditaruh di mana saja. Selain itu, warna kayunya yang alami memberikan kesan lembut pada bingkai yang kokoh.

Terbuat dari kayu solid mahogani yang bermotif dan berwarna natural, pigura ini cocok diletakkan di meja tulis, meja pajangan, dan lain-lain. Kamu bisa mendapatkan produk ini di Blibli dengan harga Rp 75.000 untuk ukuran bingkai dalam sebesar 10,2 x 15,2 cm dan ukuran bingkai luar sebesar 12 x 17 cm. Pas untuk foto kamu yang berukuran 4R.

Ikea Kolase Frame Vaxbo Collage Photo Frame [Isi 8 Foto/ 5R]

Sumber gambar Tokopedia

Kolase foto terasa spesial karena kamu bisa memajang foto-foto dengan tema sama menjadi satu photo story yang menceritakan kisah tersendiri tentang kamu. Ikea, salah satu merek perabotan yang terkenal akhir-akhir ini, menawarkan Ikea Kolase Frame Vaxbo Collage Photo Frame.

Dengan desain minimalis, kamu bisa mengisinya dengan 8 buah foto yang berukuran 5R sekaligus. Produk ini secara keseluruhan mempunyai lebar 55 cm dengan tinggi 58 cm. Sedangkan tiap bingkainya mempunyai lebar 13 cm dan tinggi 18 cm.

Ikea Kolase Frame Vaxbo Collage Photo Frame ini bingkainya terbuat dari plastik ABS, dengan pelindung depan plastik polistirena dengan panel belakangnya terbuat dari kertas karton. Kamu bisa mendapatkan produk ini dengan harga Rp 250.000 di Blibli dengan pilihan warna putih, hijau, dan hitam. Selain itu, kolase bingkai foto ini juga tersedia di Tokopedia dengan harga Rp 196.000 dengan pilihan warna putih, hitam, hijau, dan pink.

Mahkota Pigura Bingkai Foto 10R with Bubble Wrapp [20 x 25 cm]

Sumber gambar Lazada

Sentuhan motif bisa mempercantik tampilan bingkai foto sekaligus memberikan kesan elegan pada foto yang dipajang. Mahkota pigura bingkai foto ini memberikan desain yang sederhana dan minimalis, tapi ditambah dengan sentuhan motif yang manis.

Motif halus dengan warna senada memberikan kesan elegan pada pigura, di satu sisi, motif dengan warna yang berbeda memberikan kesan cerah pada bingkai. Permainan warna yang tepat ini bisa memberikan kesenangan dan kenyamanan bagi mata yang melihatnya.

Walaupun banyak produsen bingkai foto membuat produknya dari bahan kayu, Mahkota memilih bahan serat fiber yang lebih tahan lama dan dijamin akan jauh dari rayap.

Dengan lebar rangka bingkai sekitar 2,5 cm tiap sisinya, Mahkota Pigura ini tersedia di Blibli dengan harga Rp 15.000 dan Lazada dengan harga Rp 17.000.

Tilavie Kerang Frame Foto - Beige Brown

Sumber gambar Shopee

Salah satu pesona Indonesia adalah kerajinan lokalnya yang memberikan kecantikan yang unik dan alami. Tilavie Kerang Frame Foto dengan warna cokelat beige juga memberikan sentuhan khas lokal Indonesia dengan aneka jenis kerang yang disusun apik di sekeliling bingkai.

Walaupun desainnya tidak minimalis seperti tren desain interior sekarang ini, tapi bingkai foto ini sangat unik. Apalagi dengan pigura berhiaskan kerang, sehingga memberikan nuansa alami dari kekayaan maritim Indonesia.

Pigura ini mempunyai ukuran panjang 23 cm, lebar 3 cm, dan tinggi 18 cm. Bahannya sendiri terbuat dari triplek yang kemudian dihias oleh aneka kerang. Produk ini bisa kamu dapatkan di Blibli dengan harga Rp 38.000. Atau, kamu juga bisa menemukannya di Shopee dengan harga Rp 27.000.

VIVERE Deco Bright Sil Photo Frame [4 x 6 Inch]

Sumber gambar Blibli

Ada alasan mengapa seni abstrak atau tata letak yang asimetris pada ruangan menjadi menarik. Ada kesan unik yang menantang dalam ketidakteraturan itu. Vivere Deco Bright Sil Photo Frame ini menawarkan desain yang tidak kaku, yang memberikan kesan homey yang akrab dengan keseharian.

Dengan material yang berkualitas dan model rangka yang lebar, pigura Vivere ini dihiasi dengan motif sederhana yang membuat tampilannya semakin elegan. Pigura ini juga memiliki bahan yang ringan serta mudah saat kamu ingin menggunakannya.

Kamu bisa mendapatkan produk ini di Blibli atau JD dengan harga Rp 198.000.

From our editorial team

Pilih Frame Gantung Sesuai Tema Ruangan, Kebutuhan, dan Budget yang Tersedia

Dalam menentukan frame gantung yang akan digunakan untuk mempercatik ruangan, tentu saja kita harus mepertimbangkan beberapa hal, yaitu antara lain: tema ruangan, kebutuhan, dan budget yang kita miliki. Jangan sampai kita meletakkan frame gantung yang tidak sesuai dengan tema ruangan kita dan pula harganya melebihi anggaran yang kita punya.