Ciptakan Hasil Foto Keren dengan 10 Rekomendasi Aksesori Kamera Berikut Ini (2019)

Ciptakan Hasil Foto Keren dengan 10 Rekomendasi Aksesori Kamera Berikut Ini (2019)

Bukan hanya smartphone saja loh yang perlu diberi aksesori. Gadget seperti kamera DSLR pun butuh aksesori. Selain bisa menunjang foto lebih bagus, aksesori juga bisa melindungi kamera supaya lebih awet. Simak aneka aksesorinya ya!

Punya Kamera DSLR Tak Lengkap Tanpa Aksesorinya

Belakangan hobi fotografi sedang diminati banyak orang. Dengan memakai kamera DSLR tentu saja hobi fotografimu bisa makin lengkap. Kamu jadi ingin memotret lagi dan lagi hingga menghasilkan jepretan dengan kualitas yang lebih bagus lagi.

Namun, bukan sekadar mengandalkan kamera DSLR saja yang bisa menunjang hasil jepretan kamu loh. Tingkatkan hasil kualitas jepretan dengan menambahkan aksesori pada kameramu. Ada banyak sekali jenis aksesori yang bisa kamu gunakan untuk membidik gambar dengan baik. Kenali bersama apa saja aksesorinya bersama BP-Guide, ya!

Aksesori Kamera DSLR juga untuk Melindungi Kamera

Hasil jepretan para fotografer bukan hanya murni dari kameranya saja. Fotografer amatir ataupun profesional, tentunya tahu bahwa ada beberapa aksesori kamera yang bisa dipakai untuk mempercantik hasil gambar. Selain itu aksesori ini juga memiliki fungsi lain yang tak kalah penting. Fungsinya adalah untuk menjaga dan melindungi kamera dari goresan, benturan, dan lain sebagainya. Nah, untuk kamu yang hobi fotografi, cek dulu apa saja hal yang perlu kamu ingat saat terjun ke dunia fotografi.

Hal yang Perlu Diingat jika Terjun ke Dunia Fotografi

Hasil Jepretan Indah tak Selalu Harus dengan Kamera Mahal

Ingatlah selalu bahwa kamera bagus dan mahal bukan satu-satunya jaminan untuk mendapatkan hasil jepretan yang bagus. Tidak sedikit loh hasil potret yang benar-benar menakjubkan justru didapat dari kamera smartphone.

Jadi jangan hanya menyalahkan alat yang kamu gunakan jika hasil jepretan kurang memuaskan. Bisa saja hal itu karena cara memotret kita yang salah, angle yang kurang tepat, pencahayaan yang berlebihan, dan lain sebagainya.

Pencahayaan yang Tepat

Ada banyak hal yang bisa mempengaruhi kualitas suatu foto, salah satunya adalah faktor pencahayaan. Dalam seni fotografi, cahaya merupakan elemen yang paling penting dan sangat diperlukan. Dengan cahaya yang pas, maka foto bisa tampak profesional dan mengagumkan.

Umumnya fotografer pemula hanya fokus pada subyek dan lupa pada faktor pencahayaan. Kamu perlu mengamati sumber cahaya dulu apakah alami atau buatan. Selanjutnya tentukan posisi yang tepat untuk memotret supaya cahaya bisa didapatkan secara maksimal untuk memperindah foto.

Jangan Takut Bereksperimen



Jangan lupa juga untuk mencoba bereksperimen dengan pengaturan pada kamera. Kamu bisa mencoba memotret dengan beberapa pengaturan untuk mempelajari efek yang ditawarkan kamera tersebut. Dengan begini kamu bisa belajar banyak mengenai shutter speed, ISO, hingga aperture.

10 Aksesori Kamera DSLR yang Wajib Kamu Miliki

Tas Kamera

Sumber gambar www.tokopedia.com

Supaya kamera lebih aman dibawa ke mana saja, tentu kamu harus melindunginya. Kamu bisa membawa tas kamera bersamamu. Ini penting untuk dimiliki utamanya saat kamu akan memotret di luar ruangan. Tas kamera akan menjaga agar kameranya tidak tergores, terbentur, dan lain sebagainya.

Caden E5 Orange Camera DSLR Tripod Photo SLR Shoulders Leisure Bag ini bisa jadi pilihan kamu. Tas keren ini bisa muat beberapa kamera dan juga lensa. Dengan resleting di dua sisi, kamera ini bisa memudahkan kamu ketika mengeluarkan kamera dari dalam tas. Produknya juga sudah lengkap dengan bantalan empuk yang mudah dilepas. Dapatkan tas berbahan nilon ini di Tokopedia dengan harga Rp 810.000.

Lens Hood

Sumber gambar www.tokopedia.com

Lens hood adalah salah satu aksesori kamera yang kamu perlukan. Memang sih kamu tidak memakainya sepanjang waktu. Namun, alat yang satu ini bisa melindungi lensa kamera, loh. Selain itu, alat ini bisa memberi pengaruh bagi kualitas gambar yang dihasilkan saat kamu memotret agar hasilnya lebih jernih.

Lens Hood EW-83G for Canon merupakan produk yang bisa kamu andalkan. Lens hood ini memiliki desain melingkar seperti kelopak bunga. Kamu yang sering menggunakan filter berbagai merek cocok dengan produk ini. Kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 100.000.

Lensa Kamera

Sumber gambar www.lazada.co.id

Lensa adalah alat penting dalam kegiatan fotografi. Fungsinya adalah untuk memfokuskan cahaya hingga mampu membakar medium penangkap. Lensa bisa diatur sehingga menghasilkan ukuran tangkapan gambar dan variasi fokus yang berbeda.

YongNuo SLR Lensa 50 Mm F1.8 II Lensa Standar Lensa Utama Apertur Besar Kamera Fokus Otomatis Lensa untuk Canon EOS 70D 5D2 5D3 600D Kamera DSLR merupakan produk untuk kamu miliki. Kamu bisa mendapat efek bokeh dengan mudah memakai produk ini. Alat ini juga bisa membantumu memotret bintik-bintik defocused melingkar. Dapatkan di Lazada dengan harga Rp 873.000.

Flash Eksternal

Sumber gambar www.plazakamera.com

Flash eksternal merupakan aksesori kamera yang bisa kamu miliki selanjutnya. Alat ini merupakan iluminator yang dahsyat untuk memberikan cahaya pengisi untuk bidikan di siang hari. Produk ini juga bisa menghilangkan red eye dan bisa menghemat masa pakai baterai kamera.

Kamu bisa memakai Sony External Flash For Multi-Interface Shoe F20M. Ukurannya yang mini memudahkannya untuk dibawa ke mana saja. Produk ini hadir dengan ketebalan 0,94 inci sehingga dapat dimasukkan ke saku pakaian. Flash kamera ini secara otomatis akan menyala saat dinaikkan dan sebaliknya. Dapatkan di Plaza Kamera dengan harga Rp 1.299.000.

Lap Mikrofiber, Blower, dan Kit Pembersih

Sumber gambar shopee.co.id

Memiliki kamera keren bukan berarti kamu hanya bisa memakainya saja. Kamu juga wajib membersihkannya secara teratur. Ini supaya kameramu nggak cepat rusak dan kinerjanya tetap maksimal.

Karena itu kamu membutuhkan Cleaning Kit Kamera 3in1 I Pembersih Camera DSLR Lenspen Blower I Blower Penslen Lap Mikrofiber Romu. Dalam satu set terdiri dari berbagai alat untuk menghilangkan debu, membersihkan kamera, dan membuat kamera lebih cemerlang.

Ada air blower untuk untuk meniup debu-debu yang ada di lensa kamera. Ada pula retractable brush pen untuk membersihkan kamera. Lalu ada juga micro fiber cloth untuk menyeka debu dengan sangat kuat. Kamu bisa membelinya di Shopee dengan harga Rp 29.900

Filter

Sumber gambar www.plazakamera.com

Filter sangat dibutuhkan saat kita memakai kamera DSLR. Ini merupakan kaca transparan atau lembaran tipis elemen yang terpasang di depan filter. Fungsinya adalah untuk melindungi fisik lensa, mengubah karakteristik cahaya yang melewati lensa, atau memberi efek khusus pada hasil foto.

Kamu bisa memakai HOYA Filter CPL Slim 62mm. Produk ini cocok untuk yang masih amatir hingga yang profesional. Kualitasnya bagus dan harganya juga terjangkau. Alat ini bisa menahan refleksi dan meningkatkan transmisi cahaya. Dengan alat ini kamu bisa mengurangi kemungkinan vignetting pada lensa wide angle. Dapatkan di Plaza Kamera dengan harga Rp 450.000.

Tripod

Sumber gambar www.tokopedia.com

Tripod merupakan aksesori kamera berikutnya yang kamu butuhkan. Produk ini memiliki tiga kaki yang bisa dipanjangkan. Alat ini akan menyangga kamera sehingga bisa berdiri dengan stabil saat mengambil foto atau video.

SLIK Tripod U 8000 ini adalah produk yang bisa kamu andalkan. Setiap bagian kakinya memiliki kunci flip yang memudahkanmu menahan panjang kaki tripod. Ada penjepit juga yang bisa membantu menahan beban. Kaki karet pada produk ini berguna untuk meningkatkan kestabilan pada berbagai permukaan. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 699.000.

Shutter Release

Sumber gambar www.tokopedia.com

Shutter release juga merupakan aksesori penting dalam fotografi. Dengan alat ini kamu bisa lebih mudah memakai speed yang sangat rendah sampai dengan tinggi. Alat ini juga bisa menghilangkan getaran dari jari kita saat menekan tombol shutter.

Remote Shutter Wireless RC-5 Canon merupakan produk keren untuk jadi pilihanmu. Produk ini memudahkan untuk mengambil foto grup. Kamu juga lebih mudah mengambil gambar dari jarak jauh. Fungsinya adalah untuk menggantikan tombol shutter di kamera dengan jarak pemotretan sampai dengan 5 meter. Alat ini menggunakan sinar infra merah seperti remote televisi dan perlu diarahkan ke kamera saat memotret. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 108.000.

Memory Card

Sumber gambar www.plazakamera.com

Memory card merupakan sebuah lempengan kecil yang merupakan tempat penyimpanan semua hasil data dari sebuah kamera. Ini adalah aksesori penting dalam sebuah kamera. Alat ini akan menjadi wadah aneka foto yang sudah kamu jepret.

Sandisk Extreme SDXC 90Mb/S – 128GB merupakan pilihan tepat untuk kamu. Produk ini cocok untuk kamera, action kamera, camcorder, PDA, MP3 player, MP4 player dan smartphone. Alat ini memiliki kecepatan tinggi agar kamera atau camcorder dapat memproses gambar dengan lebih cepat. Dapatkan di Plaza Kamera dengan harga Rp 920.000.

Dry Cabinet

Sumber gambar www.plazakamera.com

Kamu perlu menyimpan kamera dengan baik saat tidak digunakan. Agar kamera tetap punya performa yang bagus setiap saat, maka kamu perlu tempat khusus untuk menyimpannya.

Ada Everbrait Dry Box R10 untuk kamu miliki. Alat ini bisa menjauhkan kamera dari debu, kelembapan, dan lain sebagainya. Berukuran 27 x 21 x 20 cm, alat ini bisa diisi sebuah kamera, 2 lensa, dan sebuah flash. Dapatkan di Plaza Kamera dengan harga Rp 500.000.

From our editorial team

Gunakan Aksesori Kamera agar Kamera Lebih Awet

Fotografi memang menjadi hobi yang menyenangkan untuk dilakukan. Namun, jangan sampai kamu hanya tahu cara memotret yang benar saja, ya. Kamu juga harus tahu cara merawat kameramu supaya lebih tahan lama digunakan. Dari tempat penyimpanan hingga cara meletakkan saat disimpan juga harus benar. Selain itu, kamu juga wajib membersihkannya secara rutin agar lebih bersih dan siap digunakan setiap saat.

Tag