Nggak Punya Bujet untuk Beli Kamera? Kamu Bisa Menggunakan 10 Rekomendasi Smartphone Berikut untuk Jadi Youtuber (2019)

Nggak Punya Bujet untuk Beli Kamera? Kamu Bisa Menggunakan 10 Rekomendasi Smartphone Berikut untuk Jadi Youtuber (2019)

Sumber gambar unsplash.com

Menjadi Youtuber adalah tren yang sedang berkembang di kalangan milenial. Selain dapat menyalurkan hobi, kegiatan ini menghasilkan uang dan membuatmu terkenal, lho. Tetapi apa iya untuk menjadi Youtuber harus punya kamera bagus dan mahal? Tentu tidak. Bermodal kamera smartphone, kamu juga bisa lho vlogging di Youtube. Yuk, simak rekomendasi smartphone dengan kamera terbaik dari BP-Guide berikut ini.

Youtuber Menjadi Salah Satu Pekerjaan yang Banyak Diminati Anak Muda

Sumber gambar bookmyshow.com

Maraknya penggunaan internet dan media sosial di kalangan anak muda memunculkan fenomena baru: Youtuber. Bukan lagi hobi, kini menjadi Youtuber adalah karier yang menjanjikan. Hanya dengan mengunggah video ke saluran pribadi, mereka dapat menghasilkan jutaan rupiah.

Sebuah survey yang dilakukan pada 2.000 mahasiswa Inggris membuktikan bahwa mereka lebih tertarik berkarier menjadi Youtuber dibandingkan menjadi bankir, insinyur, atau tenaga medis. Tidak lain karena pendapatan Youtuber yang sangat menggiurkan.

Topik yang bisa diusung seorang Youtuber juga tidak terbatas. Bisa tutorial make up, dokumentasi traveling, cover lagu, hingga ulasan game. Menyenangkan sekali, bukan?

Mengapa Banyak Orang Ingin Menjadi Youtuber?

Bisa Berekspresi

Sumber gambar vidioviral.com

Salah satu kelebihan berkarier sebagai Youtuber adalah kamu bebas mengekspresikan dirimu. Kamu bisa menampilkan segala yang kamu sukai di kanal Youtube-mu. Mulai dari hobi, kegiatan sehari-hari, hingga keahlian tersembunyi.

Kamu suka makan? Bikin saja review makanan enak di sekitarmu. Hobi jalan-jalan? Dokumentasikan setiap tempat yang kamu kunjungi. Pintar melucu? Bikin kanal komedi.

Apa pun kemampuan yang kamu miliki, Youtube menjadi wadah yang tepat untuk menyalurkannya. Apalagi kalau mendapat respons positif, kamu pasti akan semakin terdorong untuk tampil lebih baik lagi.

Menjanjikan Ketenaran

Sumber gambar tribunnews.com

Kalau kamu ingin terkenal, Youtube ibarat jalan tol yang bisa melesatkanmu lebih cepat. Sebenarnya, inilah alasan sebagian besar orang membuka kanal Youtube. Berawal dari tenar di jagat Youtube, mereka bisa diundang di televisi dan semakin dikenal luas. Dengan begitu kesempatan menjadi publik figure terbuka lebar-lebar.

Banyak artis yang terkenal dari Youtube, yang paling fenomenal tentu saja adalah Justin Bieber meski saat itu internet belum se-booming sekarang. Jika kamu punya impian tenar, rajin-rajinlah mengisi kanal Youtube-mu dengan konten yang berkualitas. Selain itu kamu harus sering-sering mengunggah video agar semua orang semakin familiar dengan namamu.

Membangun Jaringan Baru

Setelah tenar dan dikenal orang banyak, apalagi yang akan kamu dapatkan? Tentu saja semakin banyak jaringan. Kamu bisa mengenal orang-orang baru yang bisa membuatmu semakin terkenal. Misalnya setelah kamu kenal dengan sesame Youtuber, kamu bisa berkolaborasi dengan mereka.

Kolaborasi antar pengguna Youtube sangat menguntungkan karena bisa memperluas pasar penonton masing-masing. Melalui jaringan yang luas, kamu bisa menumbuhkan kemampuan baru yang pasti akan sangat berguna untuk kariermu.

Berbagi Ilmu dengan Orang Lain

Mengapa kamu harus membuat konten Youtube yang berkualitas? Meski kamu ingin mengumpulkan banyak uang dan menjadi terkenal melalui Youtube, kamu harus memastikan bahwa apa yang kamu bagikan berguna untuk orang lain.

Misalnya dengan mengunggah konten tentang review produk, kamu membantu orang-orang yang ingin membeli smartphone, make up, atau produk lainnya melalui videomu. Atau kalau kamu suka berbagi video tutorial, kamu sama saja dengan membagi ilmu kepada orang lain. Nah, kalau begini sama-sama menguntungkan buatmu dan viewer bukan?

Mendapatkan Penghasilan yang Besar

Sumber gambar rencongpost.com

Ini dia yang membuat banyak anak muda ingin menjadi Youtuber. Penghasilan yang bisa didapatkan sangat lumayan lho. Apalagi kalau channel-mu sudah memiliki punya banyak subscriber, kamu bisa mendaftarkan akunmu untuk Google AdSense dan meraih keuntungan dari sana.

Dengan pendapatan yang menggiurkan, modal yang kamu butuhkan untuk menjadi Youtuber sangat simpel: kamera dan internet. Kamu tertarik? Daftarkan dulu akunmu di Youtube, aktifkan monetisasi di kanalmu, sambungkan ke AdSense, lalu unggah konten-konten unik yang bisa menarik banyak penonton.

Jangan Lupa Persiapkan Berbagai Peralatan yang Diperlukan untuk Menjadi Youtuber, Salah Satunya Smartphone

Sumber gambar liputan6.com

Kalau kamu masih Youtuber pemula, tidak perlu menggunakan kamera super canggih. Hanya bermodal kamera smartphone, kamu bisa menghasilkan video yang jernih dan menarik. Jangan buru-buru merogoh kocek untuk membeli kamera mumpuni.

Asalkan kamu punya kemampuan video shooting dan video editing yang baik, kamu pasti bisa bertahan di dunia Youtube. Peralatanmu bisa kamu tingkatkan seiring dengan bertambahnya subscriber dan viewer kanalmu.

Nah, kira-kira smartphone apa ya yang cocok untuk para Youtuber? Yuk simak rekomendasi terbaik dari BP-Guide berikut ini.

10 Rekomendasi Smartphone yang Keren untuk Kebutuhan Vlogging

Samsung Galaxy S8

Sumber gambar www.lazada.co.id

Smartphone keluaran Samsung terkenal punya kamera yang jernih dan mumpuni, bahkan setara kamrea DSLR tipe tertentu. Tidak terkecuali salah satu keluarannya yaitu Samsung Galaxy S8. Dengan luas layar 5,8 inci, smartphone ini mendukung resolusi gambar hingga 2960x1440 pixel.

Kapasitas RAM 4 GB didukung dengan ruang penyimpanan sebesar 64 GB. Masih kurang? Ada slot microSD yang bisa menampung hingga 256 GB. Di bagian dapur pacu, perangkat ini dibekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 835 2.36 GHz MSM8998. Dijamin anti lemot saat kamu pakai untuk merekam video.

Nah, untuk urusan kamera, Samsung Galaxy S8 punya kamera depan dengan resolusi 8 MP dan kamera utama 12 MP. Fitur Autofocus pada kamera memungkinkan pengambilan gambar yang jernih, bahkan saat kondisi cahaya minim. Ada pula Selective Focus agar kamu dapat menentukan ingin menekankan fokus pada suatu objek.

Samsung Galaxy S8 dapat dibeli di Lazada dengan harga Rp 5.690.000.

Google Pixel 3 XL

Sumber gambar www.tokopedia.com

Google Pixel 3 XL adalah smartphone berbasis Android yang cocok buat kamu para Youtuber. Layar seluas 6,2 inci didukung dengan resolusi kamera utama 12.2 MP yang mampu menghasilkan gambar terang dan jernih. Di sisi depan ada dual kamera sehingga kamu bisa mengambil gambar bersama teman-teman. Foto yang dihasilkan oleh smartphone ini sangat profesional, tidak seperti kamera handphone biasa.

Di bagian dapur pacu, Google Pixel 3 XL dibekali dengan chipset Snapdragon 845 dan RAM 4GB. Dijamin anti lemot saat kamu gunakan untuk nge-vlog. Smartphone warna Just Black dengan kapasitas memori 128 GB ini tersedia di Bukalapak dengan harga Rp 8.450.000 atau di Tokopedia dengan harga Rp 12.500.000.

LG V30+

Sumber gambar www.lazada.co.id

LG V30 Plus membawa teknologi OLED FullVision Display dan menampilkan gambar yang super jernih. Ukuran layarnya 6 inci sehingga sangat luas dan lega untuk bermain Youtube. Di sektor kamera, smartphone ini sangat mumpuni untuk nge-vlog. Ada dual kamera utama dengan resolusi masing-masing 16 MP dan 13 MP, sementara untuk kamera depan 5 MP.

Dibekali Qualcomm Snapdragon ™ 835 Octa-core (Kryo 4x2.45 GHz & Kryo 4x1.9 GHz), performa multitasking perangkat ini sangat cepat. Didukung dengan RAM 4 GB dan ruang penyimpanan 64 GB, smartphone ini jelas cocok untuk kamu para Youtuber. LG V30+ produk ini di Lazada dengan harga Rp 5.990.000.

Huawei P20 Pro

Sumber gambar www.blibli.com

Smartphone terbaru keluaran Huawei seri P20 Pro hadir dengan membawa 3 kamera sekaligus dalam 1 perangkat. Tidak main-main, ketiga kamera tersebur adalah Leica. Kamu yang hobi merekam video atau traveling, wajib membawa smartphone ini kemana-mana. Resolusi kameranya 40 MP dengan 5X Hybrid Zoom, membuatmu bisa memperbesar objek tanpa memecah atau mengurangi kualitas gambar.

Kualitas video yang direkam smartphone ini juga tidak kalah ciamik. Dilengkapi fitur stabilitas, smartphone ini bisa merekam gambar bergerak tanpa goyah atau buram. Di malam hari, aktifkan Night Mode agar kontrasnya tetap seimbang. Yang lebih keren, Huawei P20 Pro juga punya fitur slow motion!

Di bagian dapur, smartphone ini dibekali prosesor Octa-core (4x2.4 GHz Cortex-A73 & 4x1.8 GHz Cortex-A53) dengan performa yang oke. Ingin memilikinya? Huawei P20 Pro dijual di Blibli dengan harga Rp 8.490.000.

One Plus 6

Sumber gambar www.blibli.com

One Plus 6 adalah smartphone Android yang dibekali 3 buah kamera resolusi tinggi. Kamera di bagian belakang masing-masing memiliki resolusi 16 MP dan 20 MP. Kamera sekunder di bagian depan hadir dengan resolusi 16 MP. Luas layarnya 6,28 inci sehingga memberikan tampilan yang luas dan lega saat mengambil gambar dan video dengan total resolusi 1080 x 2280 piksel.

Di bagian dapur pacu ada prosesor prosessor Octa-core (4x2.8 GHz Kryo 385 Gold & 4x1.7 GHz Kryo 385 Silver), grafis Adreno 630, dan chipset Qualcomm SDM845 Snapdragon 845 untuk performa yang maksimal.

One Plus 6 tersedia di Blibli dengan harga Rp 6.979.000 atau di Lazada dengan harga Rp 7.720.000.

Sony Xperia XA2 Ultra

Sumber gambar www.tokopedia.com

Sony Xperia XA2 Ultra adalah smartphone keluaran Sony yang pas untuk kamu para Youtuber. Untuk kelas medium level, smartphone berukuran 5,5 inci ini mampu menghasilkan gambar yang jernih. RAM 3 GB didukung dengan memori internal 32 GB dan slot microSD sebagai tambahan.

Kapasitas baterai 3.580 dilengkapi dengan QuickCharge 3.0 untuk pengisian daya dalam waktu singkat. Smartphone ini mampu menghasilkan gambar foto dan video yang super jernih dan terang. Sony Xperia XA2 Ultra tersedia di Tokopedia dengan harga Rp 5.228.000.

HTC U11+

Sumber gambar www.blibli.com

Dengan luas layar 6 inci, HTC U11 + terasa ramping saat dipegang sehingga tidak terasa berat atau terlalu besar. Fitur kameranya juga mumpuni dengan resolusi 12 MP pada kamera utama dan 8 MP pada kamera sekunder. Deteksi Autofocus pada kamera ini cukup cepat, secepat kamera DSLR.

Bagian kamera juga dilengkapi HDR Boost, Audio Hi-Res untuk perekaman video kualitas 4K, lampu flash LED ganda, dan mode Pro untuk gambar yang lebih jernih dan tajam. Dengan RAM 4 dan GB serta penyimpanan 64 dan 128 GB, smartphone ini memang pas untuk Youtuber. HTC U11 + tersedia di Blibli dengan harga Rp 9.900.000.

iPhone X

Sumber gambar www.blibli.com

iPhone X adalah salah satu smartphone terbaru keluaran Apple yang dibekali kamera OLED dengan standar yang tinggi. Layarnya mampu menghasilkan warna dan gambar yang akurat dan kecerahan tinggi. Kamera ganda di bagian belakang masing-masing memiliki resolusi 12 MP. Fitur warna baru membuat kamera iPhone X semakin oke.

Dengan memori RAM 3GB dan memori penyimpanan 256 GB, kamera ini dapat menampung puluhan videomu. Didukung Retina HD Display 5,8 inci, produk ini mampu menampilkan gambar super terang dan tajam. Apple iPhone X dapat dibeli di Blibli dengan harga Rp 11.800.000.

LG G6

Sumber gambar www.blibli.com

Satu lagi smartphone buat kamu para Youtuber. LG G6 hadir dengan layar QHD Plus (2880 x 1440 pixels). Layarnya lebih lebar dan ramping. Dengan aspek rasio 18:9, kualitas gambar yang dihasilkan pun jernih dan terang.

Kamera utama adalah dual kamera dengan resolusi 13 MP, sementara kamera depan 5 MP. Fitur Dolby Vision™ dan HDR10 memungkinkan pengambilan gambar video yang jernih dan tajam. Sementara itu perekaman audio dilengkapi fitur Hi-Fi yang lebih keren. LG G6 Smartphone - Terra Gold 64GB/4GB tersedia di Blibli dengan harga Rp 5.799.000.

Huawei P30 PRO

Sumber gambar www.jd.id

Smartphone Huawei P30 Pro disebut-sebut setara dengan Samsung Galaxy S10+! Setidaknya dari sisi harga memang tidak beda jauh. Bicara soal kamera, perangkat ini dibekali 3 kamera utama sekaligus dari Leica. Masing-masing resolusinya adalah 40 MP, 20 MP, dan 8 MP. Sementara untuk kamera depan punya resolusi 32 MP. Kebayang kan betapa jernihnya gambar yang dihasilkan smartphone ini?

Luas layar 6,47 inci, membuat penggunanya leluasa saat merekam atau menonton video. Di bagian dapur pacu ada 2*Cortex-A76 Based 2.6GHz+ 2*Cortex-A76 Based 1.92GHz + 4*Cortex-A55 1.8GHz yang siap memberikan performa maksimal.

Huawei P30 Pro dapat dibeli di Lazada dengan harga Rp 8.999.000 atau di jd.id dengan harga Rp 12.999.000.

From our editorial team

Pelajari Trik Merekam dan Editing Video Agar Hasilnya Semakin Oke

Untuk menghasilkan vlog yang oke, punya kamera canggih saja tidak cukup. Kamu juga harus punya skill merekam dan mengedit video yang mumpuni. Dengan demikian, meskipun hanya diambil melalui kamera smartphone, video yang kamu hasilkan tetap menarik dan layak ditonton. Setelah melihat rekomendasi BP-Guide di atas, kamu semakin yakin untuk jadi Youtuber nggak, nih?