10 Rekomendasi Akuarium Mini Termurah yang Mempercantik Ruangan Anda (2020)

10 Rekomendasi Akuarium Mini Termurah yang Mempercantik Ruangan Anda (2020)

Sumber gambar www.casaindonesia.com

Kehadiran akuarium di ruangan Anda memberikan kesan yang menenangkan dan menyenangkan. Itulah sebabnya beberapa orang memilih akuarium mini untuk memelihara ikan sekaligus menghias ruangan. Nah, simak yuk rekomendasi akuarium dari BP-Guide!

Saat ini Sudah Banyak Akuarium dengan Berbagai Model

Akuarium merupakan sebuah wadah yang biasanya terbuat dari kaca transparan dengan fungsi sebagai habitat untuk ikan hias kesayangan Anda. Sekarang ini, akuarium juga banyak digunakan sebagai pilihan untuk menghias rumah Anda, selain barang pajangan populer lain, seperti tanaman hias atau koleksi-koleksi benda seni. Akuarium dengan ikan-ikan berbagai warna, tanaman air, dan aksesori akuarium yang cantik akan menyemarakkan suasana rumah Anda menjadi lebih berwarna.

Seiring meningkatnya popularitas ikan hias, kebutuhan akan akuarium pun turut meningkat. Kini, kita sudah bisa menemukan berbagai model dan ukuran akuarium. Hal ini sangat memudahkan bagi kita yang hendak memilih akuarium sesuai dengan kebutuhan.

Apakah model akuarium merupakan aspek penting? Ya, sebab model akuarium yang tepat bisa membuat isinya terlihat lebih cantik dan lebih hidup. Ikan hias, tumbuhan aquascape, dan elemen hardscape seperti batu dan kayu akan terlihat lebih cantik dan lebih asri apabila Anda menggunakan model akuarium yang tepat.

Perhatikan saat Memilih Akuarium untuk Ikan Kesayangan

Sumber gambar https://www.pexels.com/

Ada beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan ketika sedang memilih akuarium. Pertama-tama, Anda perlu menentukan ikan jenis apa yang ingin Anda pelihara terlebih dahulu. Pilihan jenis ikan ini nantinya akan memengaruhi ukuran akuarium yang bisa kita pilih.

Contohnya, untuk ikan ikan tunggal seperti Bettas atau ikan kelompok kecil seperti Guppies, mereka tidak membutuhkan ruang yang terlalu besar. Oleh karena itu, akuarium kecil berukuran 19 liter pun sudah cukup untuk menjadi habitat mereka.

Bukan hanya kondisi air, bentuk habitat juga sangat memengaruhi kehidupan ikan. Hal inilah yang menjadi faktor penting berikutnya, yaitu membuat habitat yang tepat untuk ikan hias Anda. Keberhasilan merawat akuarium sangat tergantung kepada seberapa banyak waktu Anda untuk mencari informasi tentang set-up habitat yang tepat bagi jenis ikan yang Anda pilih.

Tips Memilih Akuarium untuk Ikan Kesayangan

Pemilihan Bahan untuk Akuarium

Sumber gambar https://www.amazon.in

Sebelum memutuskan untuk membeli, pertimbangkan juga pemilihan bahan akuarium. Pada umumnya, ada dua material yang paling banyak digunakan untuk membuat akuarium, yaitu material kaca dan akrilik. Kedua material ini memiliki karakteristik dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Untuk akuarium bermaterial kaca memiliki sifat yang lebih tahan gores dibandingkan dengan akuarium akrilik. Goresan yang dimaksud adalah goresan yang terjadi antara dinding akuarium dengan pasir, batu karang, ataupun ornamen akuarium yang lain. Selain itu, biasanya, akuarium dari kaca juga memiliki harga yang lebih murah dibandingkan akuarium dari akrilik.

Sedangkan untuk akuarium akrilik, sifatnya memang lebih rentan gores dibandingkan akuarium kaca. Namun sebenarnya, goresan pada akuarium akrilik bisa diperbaiki. Akuarium akrilik lebih anti pecah daripada akuarium kaca. Dan dari segi estetika, akuarium akrilik lebih unggul karena memiliki lebih banyak model dibandingkan akuarium kaca. Kelebihannya lagi, akuarium ini lebih kuat menahan tekanan air dibandingkan dengan material kaca.

Pemilihan Lokasi Akuarium

Sumber gambar https://newsbeezer.com

Setelah memertimbangkan jenis material yang tepat, kini saatnya Anda menentukan lokasi yang tepat untuk meletakkan akuarium Anda. Posisi letak yang baik bisa membangun suasana harmonis antara akuarium dengan lingkungan sekitarnya. Selain itu, pemilihan lokasi juga memiliki hubungan yang erat dengan kesehatan ikan.

Usahakan untuk meletakkan akuarium di tempat Anda sering menghabiskan waktu Anda. Akuarium yang diletakkan di tempat-tempat yang jarang terjamah, biasanya akan kurang mendapatkan perhatian. Kurangnya perhatian terhadap akuarium akan meningkatkan resiko ikan terkena penyakit hingga kegagalan fungsi filtrasi.

Ukuran Minimal dari Akuarium

Meski kita tidak memiliki ukuran baku dalam memilih akuarium untuk setiap jenis ikan hias, kita tetap perlu memerhatikan ukuran akuarium, terutama untuk jenis ikan tertentu, agar bisa memaksimalkan pertumbuhannya. Langkah awal dalam memilih ukuran akuarium adalah dengan menghitung besar ikan-ikan Anda akan tumbuh besar secara maksimal.

Jika Anda tidak bisa memberikan ruang yang cukup untuk pertumbuhan mereka, lebih baik Anda memilih jenis ikan lain dengan ukuran yang lebih kecil. Sebab, ukuran akuarium yang terlalu kecil dapat menimbulkan stress pada ikan sehingga perkembangannya menjadi tidak optimal.

Kemampuan Bidang dalam Menahan Berat Akuarium

Sumber gambar https://uprint.id

Tahukah Anda, bahwa akuarium yang mampu menampung 100 liter air, ketika terisi penuh, bobotnya bisa mencapai 100 kg? Padahal, sebagian besar permukaan lantai dibuat hanya untuk menahan berat manusia dan furnitur yang hanya sekitar puluhan kg. Oleh karena itu, akuarium yang menampung minimal 75 liter, sudah memerlukan bidang khusus untuk menyimpannya.

Barang-barang mebel seperti lemari pakaian, lemari TV, meja kecil, dan kursi kayu tipis tidak akan sanggup menahan beban akuarium berukuran menengah apalagi yang besar. Selain itu, tidak aman apabila ujung akuarium berada di luar bidang penyangganya. Anda perlu memastikan bahwa bidang yang Anda pilih memang disarankan untuk ukuran akuarium Anda. Belilah bidang yang didesain sesuai dengan dimensi dan bentuk akuarium Anda.

Rekomendasi Akuarium Termurah untukmu yang Baru Memulai Hobi Memelihara Ikan

Aquarium Mini Plus Lampu dan Mesin Aerator Oxygen

Aquarium Mini Plus Lampu dan Mesin Aerator Oxygen merupakan satu paket akuarium yang cukup lengkap. Dengan membeli satu akuarium ini, Anda akan mendapatkan tabung akuarium, pack kardus kemasan, background yang cantik, mesin aerotor berdaya hemat 3 watt, regulator udara, lampu LED hemat energi 3 watt, selang aerotor, dan ornamen rumput serta bunga-bungaan.

Selain lengkap, produk ini menawarkan beberapa keunggulan. Keunggulan tersebut seperti terbuat dari bahan anti pecah, yaitu mika tebal berukuran 0.5 mm yang kokoh dan lentur. Desainnya juga sangat elegan, sehingga akan nampak cantik menghiasi sudut rumah Anda.

Harga Rp. 98.000-337.800

Aquarium Mini Tank Nikita Betta

Rekomendasi akuarium yang ini khusus untuk ikan cupang dengan kapasitas air 1.2 liter. Akuarium yang terbuat dari material akrilik ini tersedia dalam berbagai pilihan warna, yaitu biru, hijau, oranye, dan merah.

Desainnya sangat sederhana dan minimalis. Apalagi, jenis akuarium ini bisa ditumpuk-tumpuk atau disusun tanpa perlu khawatir akan jatuh.

Anda bisa mendapatkan Akuarium Cupang Nikita Betta dengan harga yang sangat terjangkau. Namun demikian, kualitasnya tetap bagus.

Harga Rp. 22.000-30.000

Aquarium My Fun Fish Cleaning Tank Betta Cupang

Akuarium ini menggunakan teknologi gravitasi untuk menjaga air di dalamnya tetap bersih, segar, dan beroksigen. Dengan demikian, hal ini juga mengurangi kemungkinan kita mengganggu kehidupan ikan ketika akuarium sedang dibersihkan.

Akuarium ini tersedia dalam ukuran kecil, yaitu 4.5 x 4.5 x 10 inci yang mampu menampung setengah galon air. Cocok digunakan untuk merawat ikan cupang atau ikan-ikan kecil lainnya.

Jika kita membeli akuarium ini, kita akan diberikan juga satu set tanaman akuatik dan batuan-batuan sungai yang bisa menunjang pembentukan habitat ikan di dalam akuarium. Ini bisa menjadi awal yang bagus untuk mulai mengajarkan anak cara merawat ikan dengan baik.

Harga Rp. 88.000-127.000

Aquarium Gex Glassterior 250

Produk akuarium yang satu ini sudah teruji dengan kualitas dan fitur-fitur standar Jepang, negara yang disebut-sebut sebagai negara yang paling terdepan dalam bidang produksi akuarium.

GEX Glassterior 250 adalah akuarium yang sudah memiliki sistem kontrol berkualitas kelas global. GEX sendiri sudah memperoleh sertifikasi ISO 9001. Untuk Anda yang belum tahu, ISO adalah Standar Manajemen Mutu Internasional.

Untuk industri aquariua, GEX Glassterior 250 UK ini termasuk akuarium dengan model dan desain berkualitas tinggi. Untuk saat ini, ia hanya tersedia dalam satu ukuran yaitu 25 x 17 x 21 cm dengan ketebalan kaca 5 mm yang mampu menampung hingga 8 liter air.

Harga Rp. 89.000-168.000

Aquarium Bulat Toples DLX Shella 1,5 L

DLX Aquarium merupakan salah satu produsen akuarium yang berpengalaman di bidangnya selama 40 tahun. Hingga kini, DLX Aquarium dikenal dengan produknya yang berkualitas prima dan desain yang eksklusif.

Sehingga, produk DLX banyak digunakan penggunanya sebagai dekorasi ikan hias, bunga, dan lain-lain. Begitu pula salah satu produknya yaitu Aquarium Bulat Toples DLX Shella yang terbuat dari kaca dengan ketebalan sekitar 2 mm dan kapasitas air 1.5 liter.

Harga Rp. 39.600-150.800

Desktop USB Aquarium Mini 2012-A

Desktop USB Aquarium Mini 2012-A merupakan akuarium model terbaru yang cukup canggih, dengan performa dan kualitas terbaik. Ukurannya tidak terlalu besar, yaitu 25.5 x 12.2 x 23 cm.

Akuarium ini dilengkapi dengan dua mode lampu, yaitu lampu utama yang lebih terang dan night mode. Ia juga sudah dilengkapi dengan sponge filter sebagai media filter biologis yang bisa dicuci dan digunakan berulang-ulang.

Tidak hanya itu, akuarium ini juga memiliki jam digital, lampu digital dengan tombol sentuh, dan sistem filter bawah air. Uniknya lagi, ia mampu mengeluarkan enam jenis suara alam yang berbeda-beda, seperti suara katak, suara burung, suara air, dan lain-lain.

Akuarium multifungsi ini cocok untuk menjadi penghias sudut ruang kerja atau kamar Anda dengan tampilannya yang segar dan mewah.

Harga Rp. 469.000-522.000

USB Mini Aquarium Wonderful Life Lileng 918

Jenis akuarium mini yang satu ini sangat cocok sebagai hiasan di meja kerja Anda. Ia dilengkapi dengan pompa air, desk lamp, dan tempat alat tulis yang akan menunjang aktivitas pekerjaan Anda. Pompa air berfungsi untuk menjaga agar air tetap bersih dan tahan lama. Sedangkan desk lamp berfungsi untuk menerangi meja kerja Anda.

Selain itu, akuarium ini bisa mendapatkan tenaga listrik dari USB untuk mengaktifkan fitur-fiturnya. Cukup dengan menyambungkannya ke laptop/PC, Anda sudah bisa memberikan kehidupan di dalam akuarium mini tersebut. Kenapa disebut akuarium mini karena ukurannya hanya 220 x 110 x 145 mm.

Harga Rp. 280.500-325.000

Aquarium Nikita L Plus

Akuarium Nikita adalah salah satu jenis akuarium akrilik yang sangat kami rekomendasikan. Ia dilengkapi dengan penutup untuk melindungi isi akuarium. Akuarium ini tersedia dalam satu ukuran, yaitu 40 x 25 x 28 cm, dengan volume air 25 liter.

Ukurannya yang sedang membuatnya cocok untuk memelihara ikan hias, reptil, hamster, kura-kura, atau untuk kegiatan aquascape. Saat membelinya, kita akan mendapatkan lampu celup, tanaman hias plastik, dan juga batu warna-warni. Selain itu, kita juga akan mendapatkan filter dari Yanamo.

Harga Rp. 150.000-299.900

Tangki Ikan Akuarium Ikan Model Menggantung

Akurium yang satu ini cukup unik karena ia bisa digantung di dinding seperti pot tanaman hias yang sering kita temui. Oleh karena itu, akuarium ini cocok untuk Anda yang ingin mendekorasi rumah dengan memberikan pernak-pernik unik sebagai aksen di dinding rumah Anda. Lubang gantungannya pun sengaja dibuat lebih lebar agar Anda lebih mudah menggantungnya.

Anda tidak perlu khawatir akan pecah, karena akuarium ini terbuat dari bahan akrilik. Selain cocok untuk ikan, Anda bisa juga menjadikan akuarium ini rumah untuk kepiting pertapa, menanam terarium, atau tempat tinggal makhluk kecil lainnya.

Namun, pastikan ukuran hewan yang ada di dalamnya tidak terlalu besar, mengingat ukuran akuarium ini tidak terlalu besar. Ia hanya mampu menampung sekitar 230 ml air.

Harga Rp. 47.401-150.000

Boyu Akuarium Betta Cube DY150

Boyu Aquarium Betta Cube adalah akuarium yang tepat untuk memelihara ikan hias air tawar berukuran kecil. Dimensinya hanya sekitar 20.7 x 20.7 x 18.5 cm. Terbuat dari kaca bening berkualitas, sehingga menampilkan keindahan tersendiri saat dijadikan hiasan di ruang tamu, kantor, ruang tungug, atau tempat-tempat lainnya.

Apabila kita membeli akuarium ini, kita akan mendapatkan lampu LED hemat energi yang bisa kita manfaatkan untuk mempercantik akuarium. Jadi selain untuk tempat memelihara ikan, tipe akuarium ini juga cocok untuk kegiatan-kegiatan aquascape.

Harga Rp. 209.000-293.000
From our editorial team

Akuarium Mini Bikin Ruangan Anda Semakin Cantik

Bagi Anda yang baru memulai hobi menghias akuarium, Anda bisa mulai dari ukuran yang paling kecil dan mulai mendekorasinya dengan cantik. Ingat juga untuk memilih ukuran ikan yang sesuai ya ketika memutuskan untuk membeli akuarium mini. Jangan salah, akuarium mini juga bikin ruanganmu tambah cantik deh!

Tag