10 Peralatan Mancing dan Rekomendasinya yang Harus Kamu Miliki agar Aktivitas Memancing Semakin Asyik!

10 Peralatan Mancing dan Rekomendasinya yang Harus Kamu Miliki agar Aktivitas Memancing Semakin Asyik!

Bagi sebagian orang, memancing adalah hobi yang menyenangkan sebagai sarana melepas lelah setelah bekerja. Agar hobi memancingmu semakin asyik, cek lagi deh perlengkapan memancingmu. Apakah sudah selengkap yang direkomendasikan BP-Guide? Yuk, cari tahu!

Sambut Akhir Pekan dengan Memancing di Tempat Favorit

Sumber gambar koreabizwire.com

Akhir pekan jadi salah satu waktu yang dimanfaatkan sebagian orang untuk mengistirahatkan diri sejenak dari rutinitas. Ada banyak hal yang bisa dilakukan guna membuat tubuh dan pikiran jadi rileks. Mulai dari belanja, nonton film atau menyalurkan hobi seperti membaca buku bahkan memancing.

Kegiatan memancing bisa jadi salah satu opsi yang asyik terutama bagi kamu yang menginginkan suasana tenang dan dekat dengan alam. Memancing memang bukan aktivitas yang dapat dinikmati oleh banyak orang terlebih bagi mereka yang menginginkan kegiatan fisik dan banyak bergerak. Namun, akivitas satu ini diyakini baik untuk melatih mental, terlebih soal kesabaran.

Terutama, jika kamu memilih lokasi memancing yang tepat dan dekat dengan alam seperti sungai atau laut. Kesegaran alam serta pemandangan yang cantik akan membantu kamu melepas stres sembari menunggu kail menangkap ikan incaran. Setelahnya, tangkapan besar bisa jadi hal membanggakan. Tak heran jika kemudian banyak orang yang menggemari hobi ini. Mau coba?

Tips Memilih Alat Pancing untuk Pemula

Sumber gambar www.thoughtco.com

Ketenaran kegiatan memancing tampaknya menarik minat banyak orang. Bahkan, salah satu televisi secara khusus menayangkan akivitas satu ini dan disukai terlebih saat pemancing berhasil mendapat ikan-ikan buruan yang terbilang fantastis. Namun, ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan terlebih jika kamu masih terbilang pemula di hobi satu ini.

Tentukan Di Mana Alat Pancing Kita Akan Digunakan

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah lokasi pemancingan. Ikan-ikan yang berada di laut, sungai atau lokasi khusus pemancingan bisa berbeda. Ukuran dan jenis ikan yang berbeda membutuhkan penanganan yang berbeda, begitu juga dengan jangkauan kail pancing. Oleh sebab itu, lokasi pancing akan berpengaruh terhadap alat pancing yang akan kamu gunakan.

Beberapa alat pancing sederhana mungkin saja cukup untuk menangkap ikan-ikan di sungai yang tenang apalagi di lokasi pemancingan dengan jarak yang tidak jauh. Namun, hal ini bisa saja menyulitkan jika kamu memancing di sungai deras atau laut lepas.

Kamu akan membutuhkan alat pancing yang lebih kuat juga jangkauan benang pancing yang lebih panjang. Oleh sebab itu, perhatikan lokasi pemancingan agar bisa membawa perlengkapan memancing yang memadai.

Berapa Bujet

Seperti hobi yang lain, jika ingin mendapat keseruan maksimal dalam memancing maka ada anggaran yang harus kamu perhitungkan. Meski tampak sederhana, ada berbagai jenis alat pancing yang berbeda dengan kualitas tak sama pula. Perbedaan jenis alat pancing diiringi kualitas yang berbeda tentu menghadirkan harga yang tidak serupa. Mulai dari yang mahal sampai yang murah, tergantung dari seberapa bagus alat pancing yang kamu butuhkan.

Tentu saja, kategorisasi alat pancing ini secara tidak langsung dipengaruhi oleh lokasi serta medan tempat kamu memancing. Untuk mereka yang hobi memancing di laut atau di lokasi yang menantang, alat pancing dengan kualitas mumpuni tentu lebih dibutuhkan. Material pembuat alat pancing pun terbilang tidak murah. Maka, kamu perlu membuat anggaran untuk membeli alat pancing dan sesuaikan dengan lokasi yang sering didatangi.

Siapkan Alat-alat

Sumber gambar www.mozambique.co.za

Siap memancing? Sebaiknya kamu buat daftar atau bertanya pada teman yang lebih ahli soal alat atau benda apa saja yang dibutuhkan untuk dibawa saat memancing. Setidaknya, kamu membutuhkan tongkat pancing dengan reel, sesuaikan dengan lokasi pemancingan. Kemudian, tentu saja jangan lupakan umpan yang dapat berbentuk cacing, udang, pellet atau kamu juga bisa membuat umpan sendiri.

Kemudian, bawa serta mata kail serta tang lancip yang biasanya digunakan saat jari tertusuk kail. Kamu sebaiknya juga membawa boks es untuk menyimpan ikan agar tetap segar. Selain itu, bawalah rompi khusus yang umumnya digunakan saat memancing dan juga pelampung terlebih jika kamu tidak pandai berenang sebagai penunjang keselamatan.

Rekomendasi Merek yang Dipercaya

Sumber gambar www.palmettosands.com

Bagi mereka yang ingin menekuni hobi dan ditunjang alat-alat tertentu, umumnya akan mencari brand atau merek terpercaya yang bisa memudahkan aktivitas kegemaran. Demikian juga dengan aktivitas memancing yang didukung oleh alat-alat atau perlengkapan memancing berkualitas. Ada beberapa merek yang dikenal oleh para pemancing.

Misalnya, joran dengan brand Shimano yang sudah dikenal baik soal fishing tackle dan jorannya ini. Brand asal Jepang ini diyakini menghadirkan alat pancing berkualitas yang bisa diandalkan oleh para pemancing. Bukan hanya tongkat pancing atau kumparan pancing saja, Shimano juga menghadirkan umpan, gear hingga pakaian memancing. Alat dan perlengkapan memancing asal Shimano dibanderol mulai dari harga sekitar Rp 500.000 hingga sekitar Rp 12 juta.

Daftar Alat Pancing yang Harus Kamu Miliki

Sumber gambar viator.com

Berencana untuk memancing bersama teman atau keluarga di akhir pekan ini? Selain menyiapkan tubuh untuk prima saat melalukan aktivitas, sebaiknya kamu juga tak lupa membawa perlengkapan dan alat pancing seperti dalam daftar berikut ini.

Joran

Sumber gambar bukalapak.com

Joran alias tongkat pancing jadi salah satu komponen penting yang harus kamu perhatikan ketika memancing, Kekuatan joran dapat menentukan besar atau kecilnya ikan yang mungkin ditangkap dan tentu saja, joran yang diperuntukkan di lokasi pemancingan biasa akan berbeda dengan joran yang kamu pakai untuk menangkap ikan di laut lepas.

Untuk memancing di medan yang tak sulit, kamu bisa memilih joran bambu dengan harga sekitar Rp 15.000 atau di bawahnya. Namun, jika ingin memancing dengan alat yang lebih mumpuni, kamu bisa coba Joran Pancing Otomatis Stainless Steel Tanpa Spool 2.1 M ini. Alat ini cocok bagi pemancing pemula dan praktis digunakan karena joran dapat ditegakkan sehingga kamu tidak perlu terus memegangi saat menunggu ikan menyambar umpan.

Terbuat dari material alloy, carbon dan stainless steel, joran sati ini juga dilengkapi dengan guide ring untuk senar pancing. Kamu bisa memperolehnya di Bukalapak dengan harga Rp 131.600.

Lip Grip

Sumber gambar bukalapak.com

Alat ini umumnya digunakan untuk mencabut kait dari mulut ikan. Bagi kamu yang hobi memancing, sebaiknya membawa alat ini agar tidak terluka saat melepas kait dari mulut ikan karena bisa saja beberapa jenis ikan memiliki gigi runcing yang kuat dan dapat melukai tangan.

Salah satu lip grip yang bisa kamu pilih adalah Lip Grip Fishing Versus. Tang atau penjepit ini dapat membantu menjepit mulut ikan dan terbuat dari bahan stainless steel serta dapat ditempatkan di kantung celana sehingga mudah dibawa. Tersedia di Bukalapak dengan harga Rp 160.000.

Reel

Sumber gambar tokopedia.com

Alat lain yang tak kalah penting dibawa saat memancing adalah reel atau kumparan alias penggulung senar. Umumnya, reel berkualitas apik memiliki bobot ringan dan mudah digunakan. Biasanya, penggulung senar bisa menggulung tali yang panjangnya mencapai sekitar 200-400 meter. Untuk pemula, sebaiknya membawa reel yang bisa menopang beban sekitar 2-8 kilogram.

Salah satu jenis reel yang bisa kamu pilih adalah Fishing Reel Ogawa SE200A ini. Gulungan senarnya terbuat dari alumunium kokoh dengan 5 ball bearing serta model yang dinamis. Harganya pun tidak mahal dan cocok bagi kamu yang baru menjajal keseruan memancing. Bisa dipesan di Tokopedia seharga Rp 95.000.

Senar

Sumber gambar lazada.co.id

Setelah tongkat dan reel, senar jadi perlengkapan memancing berikutnya yang harus kamu bawa. Senar pancing umumnya terbuat dari bahan khusus yang digunakan sebagai tempat untuk meletakkan umpan dan disesuaikan dengan bobot atau jenis ikan incaran. Saat ini, ada banyak senar yang hadir di pasaran tapi umumnya, senar yang biasanya digunakan untuk bobot 3-4,5 kilogram serta terbuat dari bahan nilon.

Salah satu jenis senar yang bisa kamu pakai saat memancing di akhir pekan ini adalah Yakuza Sinori Tournament Senar Pancing Accustrong Alat Pancing. Senar pancing ini memiliki panjang 150 yard atau sekitar 137,16 meter serta ukuran 0,2 milimeter dan 9,07 kilogram. Dapat dipesan di Lazada dengan harga Rp 35.000.

Kail

Sumber gambar tokopedia.com

Kail memiliki peran penting saat kamu melakukan kegiatan memancing. Alat ini memiliki kegunaan untuk mengait mulut ikan yang memakan umpan sehingga kamu mudah menangkapnya. Pada masa silam, kebanyakan kail memiliki bentuk menyerupai huruf J. Namun, saat ini banyak kail yang hadir dalam beragam warna serta bentuk agar lebih menarik ikan untuk menyambarnya.

Bagi kamu yang pemula, bisa mencoba Kail Pancing Milano Bradley. Hadir dalam ukuran mulai dari 1-10, kail ini tajam dan kuat. Kamu bisa memilih ukuran sesuai dengan bobot atau jenis ikan incaran serta lokasi pemancingan. Dapat diperoleh di Tokopedia dengan harga Rp 30.000.

Umpan

Sumber gambar lazada.co.id

Cacing adalah jenis umpan populer yang mudah dicari dan banyak digunakan oleh pemancing. Namun, umpan saat ini tidak terbatas pilihan pada cacing saja. Bahkan, ada juga umpan imitasi yang umumnya terbuat dari material seperti plastik atau metal dan dikemas dalam bentuk serta warna menarik. Salah satunya adalah Lure Minnow ini.

Umpan pancing buatan ini tersedia dalam 10 warna dengan bobot sekitar 7,2 gram serta panjang 9 sentimeter. Umpan ini didesain dalam bentuk ikan dan dilengkapi manik mata buatan untuk kesan lebih hidup. Umpan buatan ini cocok digunakan di berbagai lokasi mulai dari sungai hingga laut. Bisa diperoleh seharga Rp 399.000 di Lazada.

Timah

Sumber gambar shopee.com

Meski tampaknya sepele, ternyata timah juga bisa memberi dampak pada kegiatan memancing kamu, loh. Alat ini bisa membantu umpan agar tenggelam lebih dalam sehingga memungkinkan kamu memancing ikan incaran. Biasanya, timah dicetak dalam ukuran dan bentuk tertentu yang kemudian dapat disesuaikan dengan lokasi memancing. Jadi, sebaiknya kamu membawa perlengkapan satu ini saat akan memancing, ya.

Salah satu yang bisa dijadikan pilihan adalah Timah Pancing Grosir yang dapat dibeli per kilogram dengan harga mulai dari Rp 45.000 hingga Rp 46.000 di Shopee. Terbuat dari bahan timah yang dikemas dalam beberapa ukuran dan berat.

Pelampung

Sumber gambar bukalapak.com

Selain pelampung keselamatan, ternyata ada juga pelampung pancing yang jadi perlengkapan memancing, loh. Alat ini berfungsi untuk menjaga agar alat pancing tidak sepenuhnya tenggelam atau masuk ke air. Umumnya, pelampung pancing ini terbuat dari bahan seperti busa, fiberglass, kayu atau plastik.

Salah satu yang bisa kamu pilih adalah Pelampung Pancing Starlite ini. Berisi 10 buah dalam setiap kemasan, pelampung pancing ini bisa kamu gunakan di beberapa lokasi pemancingan mulai dari tambak hingga sungai. Dikemas dalam warna dan bentuk mencolok sehingga mudah terlihat, alat ini dibanderol seharga Rp 25.000 di Bukalapak.

Leader

Sumber gambar bukalapak.com

Alat berikutnya yang ada di dalam daftar adalah leader atau disebut juga dengan shock leader. Alat ini berfungsi untuk mengurangi sentakan pada saat umpan disambar ikan terutama ikan berukuran besar dengan bobot berat.

Leader juga membantu mencegah putusnya senar karena gigitan ikan yang memiliki gigi tajam. Kamu bisa memilih Senar Leader Relix Nusantara yang tersedia di Bukalapak seharga Rp 25.000 ini. Berbobot 100 gram, alat ini memiliki ukuran 3.4.5.6 lbs 30 meter.

From our editorial team

Jangan Ragu Lagi, Segera Lengkapi Peralatan Mancingmu!

Menekuni hobi memang nggak bisa setengah-setengah. Jika kamu tertarik dengan dunia memancing, cobalah untuk melengkapi peralatannya agar kamu bisa seratus persen menikmati hobimu. Bukankah menjadikan hobi sebagai pelepas lelah adalah sebuah kenikmatan? Yuk, segera lengkapi peralatannya!

Tag