Jangan Sampai Kucingmu Stres! Inilah 9 Mainan Kucing yang Bisa Kamu Gunakan untuk Menghindari Kucing dari Stres

Jangan Sampai Kucingmu Stres! Inilah 9 Mainan Kucing yang Bisa Kamu Gunakan untuk Menghindari Kucing dari Stres

Kucing adalah hewan peliharaan yang digemari banyak orang. Segala bentuk perawatan dan makanan bagi kucing haruslah diperhatikan tak terkecuali mainannya. Iya, jangan sampai kucingmu merasa stres karena tidak bahagia. Yuk, ikuti ulasan BP-Guide tentang mainan kucing yang bisa kamu beli bahkan buat sendiri, lho!

Kehadiran Kucing di Rumah Bukan Hanya Menjadi Penghibur saja, namun Layaknya Anggota Keluarga

Kucing adalah salah satu jenis hewan peliharaan yang disukai banyak orang. Hewan yang secara alami adalah mahkluk mandiri ini sering dijadikan sahabat manusia bahkan tak sedikit juga yang menganggapnya sebagai bagian dari keluarga. Tingkah kucing yang lucu dan kenakalannya yang mengundang tawa, dipandang baik dalam membantu orang untuk melepas stres.

Popularitas kucing sebagai hewan peliharaan pilihan saat ini sama besarnya dengan anjing. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya akun media sosial yang memajang foto kucing beserta video lucu dan ternyata mampu menyedot perhatian banyak orang.

Tak hanya itu saja, banyak juga kucing yang kemudian menjadi top karena memiliki keistimewaan seperti Lil Bub. Kucing yang memiliki kelainan sehingga lidahnya selalu keluar ini sukses menarik perhatian bahkan akun instagram-nya sendiri telah memiliki 1,9 juta pengikut.

Seperti halnya anjing, sebenarnya kucing juga bisa dilatih dan bahkan bisa menjadi teman kamu, lebih dari sekadar penghibur. Kucing juga memiliki insting tajam yang bisa membedakan orang asing terlebih jika ia sangat dekat dengan sang pemilik. Beberapa kejadian membuktikan, kucing juga bisa mendeteksi jika pemiliknya mengalami kecelakaan atau gangguan kesehatan.

Mainan Kucing yang Bisa Kamu Bikin Sendiri di Rumah

Sumber gambar amolife.com

Sama halnya dengan manusia, hewan seperti kucing pun bisa mengalami kejenuhan, kebosanan, bahkan stres. Untuk menyiasatinya, kamu bisa coba menghibur dengan memberi mainan. Meski banyak jenis mainan kucing yang dapat dibeli, kamu juga bisa membuatnya sendiri seperti dalam daftar berikut ini.

Boneka Burung

Sumber gambar id.wikihow.com

Pernah melihat kucing kamu begitu antusias saat melihat ke luar jendela? Bisa jadi karena ia senang melihat burung-burung yang sedang terbang dan ingin mengejar mereka.

Kamu juga bisa membuatnya sendiri, lho. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah benang wol, gunting, tanaman kucing (biasa disebut pet grass dan bisa dibeli secara daring), jarum dan benang, sepasang kaus kaki, bulu burung imitasi.

Nah, cara membuatnya bisa diikuti seperti ini. Pertama, gunting bagian jari pada kaus kaki yang tidak dibutuhkan untuk membuat mainan. Masukkan pet grass atau tanaman yang disukai kucing lainnya ke dalam kantung kaus kaki. Jahit hingga rapat dengan jarum juga benang. Ambil benang wol dan ikatkan di salah satu ujung kaus kaki.

Bungkus seluruh bagian sampai bentuknya tidak terlihat dan ikat ujung benang wol menjadi simpul. Buat titik penanda di kaus kaki untuk bagian bulu kemudian selipkan bulu imitasi di sela-sela benang dan jahit bulu tersebut hingga benang wol tidak mudah terurai dan bulu menempel rapat. Tada! Kamu siap bermain dengan si manis di rumah.

Tikus Mainan

Sumber gambar www.wikihow.com

Secara alami, tikus jadi salah satu mangsa kucing dan ini sepertinya juga jadi inspirasi bagi serial animasi terkenal Tom and Jerry. Kamu tentu ingat aksi kejar-kejaran antara kucing dan tikus yang seru sekaligus kocak ini, bukan?

Namun, perlu diingat bahwa tikus bukan mangsa apalagi makanan yang baik untuk kucing menimbang ada banyak potensi penyakit yang bisa ditularkan. Jadi, lebih baik kamu memberikan mainan tikus agar si manis tetap sehat dan senang.

Kamu juga bisa membuatnya sendiri dengan panduan berikut. Bahan-bahan yang kamu perlukan adalah benang wol atau benang tebal lainnya, jarum jahit dan benang, sepasang kaus kaki, catnip kering atau pet grass (bisa juga tanaman lain yang disukai kucing), dan gunting.

Cara membuatnya dengan menggunting bagian tumit pada kaus kaki yang nantinya akan dibentuk menjadi badan si tikus mainan. Isi kaus kaki dengan tanaman seperti catnip. Tanaman ini opsional tapi umumnya digunakan untuk menarik minat kucing yang tertarik pada baunya. Selanjutnya, masukkan ujung benang wol ke bagian lubang kaus kaki hingga rapat. Kamu bisa membuat bagian ini sangat rapat atau lebih longgar jika ingin membiarkan kucing bisa meraih catnip/tanaman kucing.

Untuk membuat telinga si tikus, gunting bagian tumit dari kaus kaki dan jahit di bagian depan sampai bentuknya mulai tampak. Bentuklah ekor tikus dengan memelintir bagian kaus kaki yang berlebih. Untuk membuat ekor ini lebih berbentuk, kamu harus mengisinya dengan tanaman kucing secara kontinyu. Namun, bisa disiasati dengan penggunaan pita atau kain elastis lainnya. Tikus mainan siap diburu oleh kucing.

Mainan Pancing

Sumber gambar www.99.co

Kucing umumnya suka melompat-lompat dan mudah tertarik pada mainan berwarna cerah. Mainan pancing bisa jadi salah satu pilihan agar kamu dapat menghabiskan waktu menyenangkan bersama si manis.

Untuk membuatnya sendiri pun tidak sulit seperti dalam panduan berikut ini. Bahan-bahannya adalah kayu berbentuk tongkat dengan ukuran sekitar 30 sentimeter dan cukup tipis, bulu imitasi berwarna cerah, kuas, gunting, lem, cat dengan warna favorit, dan potongan kulit dengan ukuran sekitar 10 sentimeter kali 6 sentimeter.

Langkah pertama, warnai tongkat kayu dengan cat sesuai selera. Biarkan hingga mengering. Gunting potongan kulit menjadi seperti rumbai, usahakan agar tidak terputus. Buat lubang pada bagian tengah atas di potongan kulit dan masukkan tali panjang. Pilihlah tali dengan karakteristik kuat dan elastis seperti tali kulit atau tali tebal lainnya.

Ambil bulu imitasi dan ikat pada bagian depat kulit menggunakan simpul ganda agar tak mudah lepas. Beri tambahan lem agar bulu bisa menempel lebih kuat. Ikat ujung tali yang lain pada tongkat dan buat simpul kuat. Bisa juga menambahkan lem agar tali tidak mudah melorot atau lepas dari tongkat. Mainan sudah siap dan saatnya bermain dengan si manis.

Ini 9 Mainan Kucing yang Bisa Kamu Beli di Toko atau secara Online

Mainan Kucing Bentuk Bulu Plastik

Sumber gambar www.jakartanotebook.com

Tidak perlu mencari mainan yang ribet, kamu bisa menyenangkan si manis dengan Mainan Kucing Bentuk Bulu Plastik yang tersedia di Tokopedia seharga Rp 20.000 ini.

Cara bermainnya sangat mudah karena cukup digoyangkan saja. Material plastik juga membuat mainan ini lebih awet dan tidak terlalu rentan jika terkena kuku kucing. Serta, tali pancing yang lentur terasa lebih nyaman karena tidak mudah patah.

Kupu-Kupu Elektrik

Sumber gambar tokopedia.com

Kucing termasuk salah satu jenis hewan yang mudah penasaran dan tertarik pada banyak hal, termasuk serangga. Mungkin kamu juga pernah memergoki si manis yang sibuk melompat, berlari untuk mengejar serangga ke sana kemari. Pada dasarnya, serangga memang salah satu makanan yang bisa dikonsumsi kucing. Namun, sebaiknya kamu waspada terlebih jika kucing mengincar kecoak yang sarat risiko penyakit.

Untuk mengalihkan perhatiannya dari serangga betulan, kamu bisa memberi mainan seperti Mainan Kucing Kupu-kupu Elektrik yang hadir di Tokopedia seharga Rp 43.496 dan juga di Bukalapak dengan harga Rp 36.900 ini. Mainan lucu berbahan plastik ini dapat berputar dan praktis digunakan menggunakan baterai. Tersedia juga di Jakarta Notebook seharga Rp 20.600.

Tower Tracks Cat PET Toy

Sumber gambar bukalapak.com

Salah satu konsekuensi yang harus dipahami saat memutuskan memelihara kucing di rumah adalah kemungkinan rusaknya mebel karena kucing termasuk hewan yang suka mencakar atau menjatuhkan barang-barang. Untuk menyiasatinya, kamu bisa memberi mainan sebagai pengalih perhatian.

Beri mainan yang aman dan mudah digunakan seperti Mainan Kucing Tower of Tracks Cat Toys ini. Berbentuk bulat dan disusun seperti tower atau menara, mainan ini juga dilengkapi dengan bola-bola yang bisa bergerak serta berputar saat disentuh kucing.

Tersedia di Tokopedia seharga Rp 100.000 dan Bukalapak dengan harga Rp 120.000 juga di Lazada senilai Rp 130.000.

Garukan Kucing

Sumber gambar tokopedia.com

Sebenarnya si manis tidak bermaksud untuk merusak mebel atau merobek barang-barang di rumah. Sudah menjadi naluri alami kucing untuk mengasah ketajaman kuku. Untuk menyiasati tingkah kucing satu ini, kamu bisa rutin menggunting kuku dan menyediakan papan garuk atau scratch board agar si kucing tidak merusak benda-benda di rumah.

Saat ini, papan garuk dalam berbagai bentuk mudah ditemui seperti Scratch Tower Toy Mainan Garukan Kucing di Tokopedia seharga Rp 130.000 ini. Berbentuk pilar dengan tali tebal yang cocok untuk mengasah kuku kucing, garukan kucing ini juga dilengkapi dengan mainan tikus yang dapat menarik perhatian si manis untuk bermain.

Rainbow Kitten Ball

Sumber gambar www.17pasar.my.id

Kalau kucing kamu mengalami obesitas, maka susunlah menu diet sesuai anjuran dokter hewan. Kucing yang mengalami kegemukan mungkin terlihat menggemaskan tapi hal ini bisa berbahaya pada kesehatannya. Selain menerapkan diet, kamu juga bisa mengajak kucing untuk lebih banyak bergerak. Mengajak jalan-jalan atau bermain bisa jadi pilihan yang tepat.

Untuk kegiatan di rumah, kamu bisa memberikan Mainan Kucing Cat Kitty dan Anjing Puppy Rainbow Ball Bola yang hadir dengan harga Rp 19.100 di Tokopedia. Terbuat dari material bersifat non-toxic, mainan ini ringan dan lembut serta aman untuk hewan peliharaan. Kamu juga bisa membelinya di Bukalapak seharga Rp 12.000.

Mainan Kucing LED Laser Point

Sumber gambar tokopedia.com

Mainan yang satu ini mungkin tampak sederhana tapi bisa jadi mainan menyenangkan bagi si manis. Kamu bisa mengajak si kucing bermain dengan Mainan Kucing Senter Anjing Pointer Hewan Cat Laser Led Mouse Dog Toy. Masing-masing senter dilengkapi dengan pola yang berbeda sehingga seru untuk dimainkan. Bisa didapatkan di Bukalapak seharga Rp 27.000

Mainan Kucing Tikus Tikusan Kecil Bunyi

Sumber gambar petindonesia.online

Pada dasarnya, hewan seperti kucing memiliki insting berburu. Maka, jangan heran jika ia suka mengejar serangga bahkan tikus dan membawanya pulang. Tak jarang, tangkapan tersebut juga mereka maknai sebagai “hadiah” bagi sang pemilik dan itu tandanya kamu menjadi sosok yang berarti buat si manis.

Namun, jika kamu cemas akan kesehatan si kucing jika berburu sembarangan, coba berikan mainan yang tetap menarik minatnya seperti Mainan Kucing Tikus Tikusan Kecil Bunyi ini. Bentuknya imut dan bisa berbunyi saat ditekan, cocok untuk dimainkan si manis yang selalu penasaran. Bisa dipesan di Lazada dengan harga Rp 30.000.

Mainan Kucing Per Tikus Tempel

Sumber gambar tokopedia.com

Sikap kucing yang agresif dan mudah menyerang bahkan pada pemiliknya bisa disebabkan oleh beberapa hal. Rasa jenuh, bosan bahkan stres bisa menjadikan kucing memiliki temperamen tinggi. Untuk menyiasatinya, kamu dianjurkan untuk tidak terus menerus menempatkan kucing di dalam kandang kecuali ada urgensi. Kucing sebaiknya tidak berada di kandang lebih dari 8 jam.

Selain itu, cobalah untuk melepas stres pada kucing dengan memberi mainan seperti Mainan Kucing Per Tikus Tempel Impor dengan Lonceng ini. Mainan ini didesain lucu dengan boneka kecil berbentuk hewan dilengkapi lonceng dan per yang bisa digerakkan. Dapat dipesan seharga Rp 15.000 di Tokopedia atau di Lazada dengan harga Rp 17.250.

Cat Tunnel 3 Arah

Sumber gambar tokopedia.com

Jika kamu memiliki area yang cukup luas di rumah, permainan terowongan bisa jadi opsi tepat bagi si manis. Mainan ini menyenangkan terutama jika dimainkan secara berkelompok oleh si manis. Mereka bisa keluar dan masuk terowongan buatan seperti sedang bermain petak umpet.

Bila tidak punya waktu untuk membuat sendiri, kamu bisa membeli Cat Tunnel Mainan Kucing Terowongan 3 Arah yang hadir di Tokopedia seharga Rp 145.000 ini. Terbuat dari bahan poliester, mainan ini juga bisa melatih kelincahan kucing dan merangsangnya untuk bergerak yang baik bagi kesehatan. Mainan ini juga bisa dijadikan ranjang oleh si manis yang suka bersembunyi atau tidur di tempat yang tertutup.

Produk ini juga bisa dipesan di Shopee seharga Rp 103.200 atau melalui Lazada dengan harga Rp 198.000.

From our editorial team

Jangan Sampai Kucingmu Merasa Stres, Ya!

Saat memutuskan untuk memelihara hewan apa pun, apalagi kucing, bukan hanya makanannya saja harus diperhatikan. Namun kebutuhan fisik dan psikisnya perlu diperhatikan agar kucing tidak stres. Untuk itulah, membelikan mainan kucing menjadi hal yang penting bagi pemiliknya.