Butuh Membuat Kerajinan Tangan dari Bahan Plastik? Rekatkan Saja dengan 10 Rekomendasi Lem Plastik Ini (2020)

Butuh Membuat Kerajinan Tangan dari Bahan Plastik? Rekatkan Saja dengan 10 Rekomendasi Lem Plastik Ini (2020)

Lem adalah produk yang kita butuhkan dalam keseharian. Ada banyak hal yang membutuhkan perekat berupa lem, mulai dari kerajinan tangan, barang pecah-belah, pemasangan pipa, dan lain sebagainya. Tentu saja sebelum memilih lemnya, kita wajib mengenal jenis-jenis lem. Ini supaya kita tidak salah memilih lem yang akan digunakan. Nah, untuk bahan plastik, tentu saja kita harus memilih lem khusus untuk plastik. Cek rekomendasinya dari kami!

Mengenal Asal-usul Lem

Dalam keseharian, tentu kita sudah mengenal fungsi dari sebuah lem. Produk yang satu ini biasa kita gunakan untuk menyatukan atau menyambung aneka barang. Bahkan, bukan hanya untuk menyambung barang kecil saja, lem juga bisa digunakan untuk pembangunan gedung bertingkat atau perumahan. Tentu saja jenis lem yang digunakan berbeda-beda, sesuai kebutuhan, ya. Neh, pernahkah kamu penasaran kapan lem diketemukan dan mulai digunakan?

Lem sudah ada sejak tahun 4000 Sebelum Masehi. Kala itu lem terbuat dari bahan resin yang dibuat dari getah pohon. Bukti adanya lem ada pada beberapa patung di kuil Babilonia. Lem zaman dulu juga dibuat dari tanduk, tulang, dan beberapa jaringan hewan yang kaya akan kolagen. Lem yang terbuat dari kulit dan tulang ikan bisa menghasilkan lem bening yang tidak terlihat saat kering. Inilah yang diyakini sebagai awal mula lem pertama yang digunakan untuk beberapa proses fotografi.

Penggunaan lem juga tertera pada lukisan yang berumur sekitar 5000 tahun. Pada lukisan tersebut lem digunakan sebagai perekat dan juga untuk melindungi lukisan dan kerusakan yang disebabkan oleh kelembapan.

Menginjak zaman Perang Dunia, ada beberapa jenis perekat alami yang ditemukan. Setelahnya, muncullah bahan kimia dan juga industri modern. Ini membuat para ilmuwan mampu menemukan senyawa baru yang bisa membuat lem jadi tahan air dan bisa melekat lebih lama.

Hingga kini, lem menjadi produk yang sangat berguna. Kita memakainya untuk merekatkan aneka barang, kreasi kerajinan, bangunan, dan lain sebagainya. Tentunya jenis lem juga ada banyak didasarkan dari kegunaannya. Ada yang bisa melekat kuat, ada juga yang daya rekatnya biasa saja karena difungsikan untuk barang-barang yang tidak membutuhkan perekat kuat.

Kenali Aneka Jenis Lem Sesuai Kegunaannya

Lem Kuning

Jenis lem pertama yang banyak digunakan dalam kehidupan kita adalah lem kuning. Jenis lem yang satu ini terbuat dari bahan polimer vinil asetat dan berbasis air. Lem semacam ini cocok untuk menyambung kayu dan lain sebagainya. Lem ini juga lebih kaku sehingga mudah diamplas saat dijadikan untuk menyambung kayu. Lem kuning juga bisa ditambahkan serbuk gergaji atau bubuk pengisi lain saat akan digunakan untuk mengisi lubang kayu.

Lem Putih

Jenis lem selanjutnya yang banyak digunakan adalah lem putih. Lem yang satu ini cocok untuk menyambungkan bahan yang ringan berpori seperti misalnya kertas, kain, kardus, hingga aneka kerajinan. Bahan utama pembuatan lem inia dalah air. Lemnya mudah dibersihkan dan tingkat racunnya tidak setinggi lem lainnya. Lem putih harus mengering sebelum bisa direkatkan dengan baik.

Lem Kaca

Berikutnya, ada lem kaca yang banyak digunakan dalam keseharian. Lem yang satu ini sesuai namanya digunakan untuk merekatkan permukaan berbahan kaca. Lem kaca juga kerap disebut lem silikon. Produk lem ini banyak digunakan untuk pembuatan akuarium, lemari kaca, dan kerajinan dari kaca. Bukan hanya bisa dipakai untuk bahan kaca saja, lem ini juga bisa digunakan untuk menempelkan bahan karet, kanvas, keramik, dan lain sebagainya.

Lem Super Glue

Lem super glue adalah lem yang banyak dipakai selanjutnya. Lem ini juga biasa disebut sebagai lem korea. Lem ini bisa cepat merekatkan aneka bahan. Daya rekatnya kuat dan kokoh. Produk ini warnanya bening dan jernih hingga kering. Kita harus lebih berhati-hati saat memakai lem yang satu ini. Sebab, lem ini akan sulit dihilangkan jika sudah menempel pada kulit. Lem super ini cocok untuk kayu, besi, dan aneka bahan lainnya. Lem super memiliki sifat anti air.

Lem Plastik

Lem plastik juga banyak digunakan dalam keseharian kita. Lem semacam ini bisa dipakai untuk menempelkan dan memperbaiki benda berbahan plastik. Memang, ada banyak lem super di luar sana yang bisa digunakan untuk merekatkan bahan plastik. Namun, tidak semua lem bisa merekatkan plastik karena sifat plastik yang tidak adhesif. Maka dari itu, agar lebih pas dan lebih kuat, sebaiknya jika ingin menempelkan bahan plastik, gunakan saja lem plastik. Lem khusus ini bisa mengubah komponen plastik agar menjadi adhesif agar lebih mudah direkatkan.

Ini Dia Rekomendasi Lem Plastik untuk Kebutuhan Merekatkan Aneka Bahan Plastik

Castol Contact Adhesive Tube

Castol Contact Adhesive Tube adalah rekomendasi pertama kami untuk lem plastik. Lem yang satu ini merupakan jenis lem kuning yang berbasis karet sintetis. Dibuat dengan seksama dan dari hasil penelitian sehingga menghasilkan daya rekat yang kuat luar biasa. Lem ini tahan panas dan tahan lama digunakan. Semisal sudah dibuka lalu ditutup rapat kembali, lem ini tidak akan mengendap dan tetap bisa digunakan lain kali. Lem kuning ini selain bisa merekatkan plastik, cocok juga untuk merekatkan keramik, karpet, tekstil, kerajinan, dan lain sebagainya.

Harga Rp. 6.500-22.000

Bagus Lem Super Glue

Bagus Lem Super Glue tentu bisa jadi pilihan kamu berikutnya. Lem plastik yang satu ini juga bisa dipakai untuk merekatkan plastik dengan karet, besi, dan kayu. Produk ini terbuat dari bahan cyanoacrylate. Ini membuatnya memiliki daya rekat yang luar biasa kuat. Produk ini bisa tahan lama digunakan. Lemnya dikemas dalam kemasan kecil sehingga mudah untuk dibawa kemana saja. Lem ini juga mudah diaplikasikan langsung ke bagian plastik yang ingin direkatkan.

Harga Rp. 6.000-8.000

General Power Glue

Jangan lupa juga untuk mencoba General Power Glue sebagai lem plastik. Produk yang satu ini bisa bekerja cepat dan instan. Lem ini praktis untuk aneka kebutuhan kamu. Lem ini selain bisa merekatkan plastik juga bisa merekatkan aneka bahan keramik dan kayu. Meski kemasannya kecil namun daya rekatnya luar biasa. Dikemas dalam ukuran 3 gram, lem ini mudah dibawa kemana saja.

Harga Rp. 4.000-7.000

Dextone Epoxy 5 Menit

Dextone Epoxy 5 Menit juga bisa jadi pilihan kamu. Lem yang satu ini bisa digunakan pada bahan baja, kayu, alumunium, keramik, kaca, besi, hingga plastik. Cukup butuh waktu 5 menit untuk merekatkan aneka bahan. Lem ini hadir dalam dua komponen yakni resin dan juga hardener. Kamu cukup mencampurkan kedua komponen tersebut hingga merata. Selanjutnya, aplikasikan pada benda yang ingin direkatkan. Lem ini daya rekatnya sangat kuat. Ada kemasan 12 gram dan juga 48 gram.

Harga Rp. 5.900-14.900

Alteco 110

Alteco 110 juga bisa jadi pilihan kamu selanjutnya untuk lem plastik. Produk yang satu ini hadir dengan kualitas internasional. Hal ini membuat lemnya berdaya kuat dan tahan lama digunakan. Bahannya berkualitas sehingga kamu tidak perlu ragu memakainya. Lem yang satu ini bisa merekatkan aneka bahan seperti kayu, porselen, metal, hingga plastik. Lem ini mudah ditemukan di pasaran. Kamu bisa merekatkan bahan plastik tanpa meninggalkan residu karena lem ini warnanya bening.

Harga Rp. 5.000-10.000

Lem UHU All Plastics

Lem UHU All Plastics adalah rekomendasi kami selanjutnya. Lem yang satu ini bisa merekatkan bahan plastik dengan sangat erat. Produk ini warnanya bening dan teksturnya cair. Lem ini cepat mengering jadi praktis dan tak butuh waktu lama digunakan. Lemnya tahan panas dan juga tahan suhu beku. Ini membuat lemnya bisa tahan lama. Produk ini tidak akan meninggalkan residu yang mengganggu. Lem ini tahan air sehingga tidak akan terlepas meskipun terpapar oleh air.

Harga Rp. 32.000-103.000

LOCTITE 495

Kamu tidak bisa melewatkan LOCTITE 495 sebagai pilihan. Lem yang satu ini bisa digunakna sebagai lem plastik. Produk yang satu ini tidak berwarna transparan jadi bisa dibilang meninggalkan residu saat digunakan. Lem ini bisa digunakan untuk poliolefin dalam kombinasi dengan lem lainnya. Lem juga bisa digunakan untuk karet. Lemnya cepat kering dan bisa tahan air sehingga daya rekatnya sangat kuat. Produk ini juga bisa merekatkan bahan vinil hingga kain.

Harga Rp. 55.000-65.000

Gorilla Glue

Gorilla Glue adalah rekomendasi selanjutnya untuk kamu. Produk yang satu ini tergolong sebagai lem super. Lem ini cocok untuk memperbaiki aneka barang di rumah. Kamu bisa memakainya untuk bahan plastik, metal, kayu, keramik, kulit, kertas, karet, dan lainnya. Daya rekatnya tidak sembarangan meski ukuran kemasannya kecil. Kamu bisa mudah membawa lem ini kemana saja. Produk ini memiliki ujung kecil meruncing sehingga lebih mudah untuk diaplikasikan untuk bidang yang kecil. Kandungan lemnya pekat sehingga resistansinya tinggi meski terjadi benturan sekalipun. Produk ini bisa merekat dalam waktu 10 detik saja sehingga bisa lebih cepat selesai.

Harga Rp. 46.247-100.000

Sealant 85 gr

Sealant 85 gr juga bisa jadi pilihan kamu. Produk yang satu ini dikemas dalam ukuran 80 gram. Lem plastik ini mudah dibawa kemana saja. Produknya praktis digunakan. Warna produk ini bening sehingga tidak meninggalkan residu saat digunakan. Lem ini bukan hanya bisa merekatkan plastik namun juga bisa merekatkan kayu, kaca, bahkan juga karet. Lem serbaguna ini diformulasikan dengan silikon berkualitas tinggi. ini membuat lemnya memiliki daya rekat yang sangat kuat.

Harga Rp. 15.000-45.000

Devcon Plastic Steel Epoxy

Devcon Plastic Steel Epoxy tidak boleh kamu lewatkan sebagai pilihan. Lem yang satu ini bisa menempelkan plastik hingga besi sekalipun. Produk ini terbilang serbaguna dengan daya rekat yang luar biasa. Lem yang satu ini bisa tahan air dan juga tahan bahan kimia. Produk ini bening dengan tekstur cair. Ini membuatnya tidak meninggalkan residu pada permukaan. Lem ini bisa dicat dan juga mudah nutuk diamplas. Dalam satu paket terdiri dari resin dan hardener yang harus dicampurkan. Pastikan untuk membersihkan dulu permukaan yang akan dilem agar hasilnya bagus.

Harga Rp. 24.000-33.000
From our editorial team

Lem Plastik Bisa juga Dipakai untuk Bahan Lain

Untuk merekatkan barang-barang berbahan plastik, kita butuh lem plastik. Namun uniknya, ada juga lem plastik yang tidak hanya bisa digunakan untuk barang plastik saja, loh. Sifatnya yang melekat kuat membuatnya juga bisa digunakan untuk merekatkan bahan lainnya. Beberapa bahan seperti kayu, kertas, kain, hingga karet kadang bisa juga direkatkan memakai lem plastik. Maka, agar lebih hemat, kamu bisa membeli lem plastik yang juga sekaligus bisa dipakai merekatkan bahan lainnya. Dengan memiliki lem plastik semacam ini, kamu jadi tidak butuh banyak lem lainnya di rumah.

Tag