Buat yang Lagi Renovasi, Ini Lho Rekomendasi Gunting Baja Ringan untuk Berbagai Kebutuhan! (2020)

Buat yang Lagi Renovasi, Ini Lho Rekomendasi Gunting Baja Ringan untuk Berbagai Kebutuhan! (2020)

Gunting baja ringan adalah alat konstruksi yang wajib kamu miliki di rumah. Tidak hanya untuk pekerja bangunan, gunting ini juga bermanfaat untuk kebutuhan rumah tangga sehari-hari seperti menggunting kawat atau seng. Yuk, simak rekomendasi gunting baja ringan terbaik dari BP-Guide berikut ini.

Baja Ringan Banyak Digunakan Sebagai Material Bangunan

Sumber gambar https://idea.grid.id

Pemakaian baja ringan di bidang konstruksi kini semakin umum saja. Baja ringan adalah material yang diperlukan untuk membuat rangka genteng, kusen, kanopi, dan masih banyak lagi. Ini karena baja ringan memang memiliki berbagai keunggulan yang sulit ditemukan di produk yang lain. Baja ringan sangat kokoh namun tipis, juga awet dan tahan lama karena tidak bisa dimakan rayap. Tidak heran kini baja ringan lebih disukai ketimbang bahan kayu.

Namun untuk mengubah baja ringan menjadi kusen jendela atau kanopi tentu diperlukan beberapa penyesuaian dalam bentuk dan ukurannya. Agar komposisinya pas yang rangka terbentuk sempurna, baja ringan harus digunting dan dipotong-potong. Cara mengguntingnya tidak sembarangan lho.

Diperlukan gunting khusus baja ringan untuk memotong material ini. Gunting baja ringan terbuat dari bahan Chrome Vanadium atau CR-V yang banyak digunakan di negara-negara Eropa. Gunting baja berkualitas memiliki tingkat kekerasan tinggi hingga mencapai 60 HRC. Dibandingkan dengan gerinda mesin. Selain itu, harga gunting baja ringan jauh lebih terjangkau dan bisa melakukan fungsi yang sama.

Keunggulan Gunting Baja Ringan

Praktis

Sumber gambar sunsky-online.com

Gunting baja ringan berbentuk mirip tang raksasa dengan mata pisau yang sangat tajam. Selain itu, gunting ini sangat fleksibel dan mudah dipindahkan. Jadi bisa dibawa kemana-nama tanpa kesulitan. Pada bagian pegangan gunting dilapisi bahan plastik yang halus agar tangan tidak terluka saat menggunakan gunting.

Gunting baja ringan juga bisa digunakan untuk memotong material lainnya seperti aluminium, kawat, seng, dan masih masih banyak lagi. Selain itu, bahan kulit juga bisa dipotong menggunakan gunting ini lho.

Hasil Potongan Rapi

Sumber gambar thewirecutter.com

Dengan penggunaan yang sangat efisien, gunting baja ringan memang membantu pekerjaan sehari-hari dan para pandai besi. Ada 3 jenis gunting baja ringan yang bisa ditemukan di pasaran. Yaitu gunting baja ringan mata lurus yang sangat umum, serta mata yang mengarah ke kiri atau kanan secara permanen untuk pemotongan sudut yang lebih presisi.

Soal harga, gunting baja ringan dijual dengan harga yang berbeda-beda tergantung dari ukuran mata pisaunya. Ketebalan material yang bisa dipotong oleh gunting baja ringan adalah 1.2 mm, sementara saat digunakan untuk memotong bahan stainless steel bisa mencapai ketebalan 0.7 mm.

Dapat Digunakan untuk Memotong Material Selain Baja Ringan

Sumber gambar forbes.com

Meski namanya adalah gunting baja ringan, gunting yang satu ini ternyata cukup serbaguna lho. Gunting baja ringan dapat digunakan untuk memotong bahan seng, aluminium, dan kawat. Selain itu, gunting juga bisa dipakai untuk memotong bahan kulit.

Gunting ini juga dirancang untuk memberikan kenyamanan pada penggunanya. Bagian pegangan memiliki bentuk khusus dengan lapisan plastik agar tidak terasa sakit di tangan. Geriginya pun tajam sehingga menghasilkan potongan yang sangat halus dan rapih. Memiliki gunting baja ringan tentu akan sangat meringankan pekerjaan mereka yang berkecimpung di dunia konstruksi.

Rekomendasi Gunting Baja Ringan untuk Berbagai Kebutuhan

Gunting Baja Ringan Hollow Camel 10

Rekomendasi produk pertama datang dari merek Camel yang memang sudah terkenal kualitas dan bahannya. Camel adalah spesialis produk gunting. Gunting Baja Ringan Hollow Camel 10 bisa meringankan pekerjaan rumah sehari-hari, lho.

Dirancang khusus dengan mata gunting tajam, mudah disimpan, serta gagang yang terbuat dari bahan karet agar nyaman saat digunakan. Untuk menjaga keamanan, gunting ini juga dilengkapi dengan kuncian. Cocok untuk tukang baja ringan dan tukang aluminium.

Gunting bisa digunakan untuk menggunting besi hollow, dahan pohon, baja ringan, dan seng. Kemiringan 10 derajat pada gunting dapat memberikan potongan yang lebih presisi. Bisa langsung digunakan tanpa perlu listrik dan kabel.

Harga Rp. 34.900-49.000

Tekiro Aviation Snips

Tekiro Tools, merek yang sudah terpercaya di bidang perkakas rumah tangga ini dikenal dengan produknya yang memiliki kualitas tinggi dengan banyak macam untuk memenuhi kebutuhanmu. Tekiro Gunting Baja adalah salah satunya.

Gunting baja holo ringan ini memiliki ukuran 10 derajat. Dibuat dengan kekerasan dan presisi yang tinggi, awet dan tahan lama. Mata pisau terbuat dari perpaduan nikel dan besi, sementara pada pegangan terdapat warna ganda kuning dan hijau yang membuat genggaman semakin nyaman.

Mata pisau dilengkapi dengan kuncian tuas agar aman saat tidak digunakan. Perkakas yang satu ini bisa digunakan di rumah tangga atau oleh profesional.

Harga Rp. 70.000-85.000

Gunting Baja Ringan Krisbow

Siapa yang tidak kenal dengan merek Krisbow? Produk Krisbow baik itu untuk keperluan rumah tangga, elektronik, hingga alat-lata pertukangan sangat lengkap, dengan kualitas yang sudah terjamin.

Tidak ketinggalan Krisbow juga menghadirkan gunting baja ringan berkualitas. Dengan mata gunting yang terbuat dari bahan chrome molydenumalloy steel, ketajaman dan kekuatannya tidak perlu diragukan lagi. Daya potongnya 1.2 mm untuk besi rol dan 0.7 mm untuk stainless steel.

Gunting dengan snip pemotongan arah kanan ini bisa menghasilkan potongan mulai dari kurva ketat ke tegak. Penggunaannya sangat praktis, baik itu untuk keperluan sehari-hari atau untuk bangunan.

Harga Rp. 122.500-150.000

Gunting Baja Ringan Wipro 250mm

Gunting baja ringan tidak hanya bisa digunakan oleh tukang lho. Bentuknya yang praktis membuat gunting ini juga bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari. Gunting Baja Ringan Wipro adalah gunting berkualitas selanjutnya yang direkomendasikan oleh BP-Guide.

Gunting setebal 2050 mm ini hadir dalam warna kuning cerah sehingga sangat mudah ditandai. Gunting bertipe lurus ini mata pisaunya membengkok ke arah kiri. Dapat digunakan untuk menggunting holo, seng, hingga baja ringan.

Harga Rp. 122.500-246.000

Gunting Baja Ringan Fukuda

Hand tools atau perkakas tangan adalah alat yang banyak digunakan oleh para pekerja bangunan yang profesional. Praktis dan sangat serbaguna, gunting ini bisa memudahkan pekerjaan dan membuatnya selesai lebih cepat. Namun jika tidak hati-hati perkakas tangan bisa menyebabkan cedera.

Tidak terkecuali penggunaan gunting baja ringan. Oleh karena itu, saat menggunakan gunting ini disarankan memakai pelindung tangan untuk mencegah terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Gunting Hollow Fukuda 10 derajat ini dirancang untuk memberikan kenyamanan dan keamanan selama bekerja. Gunting seng ini bisa digunakan untuk keperluan ringan sehari-hari, juga oleh para tukang besi yang bekerja di konstruksi bangunan.

Harga Rp. 32.500-52.500

Gunting Baja Ringan Ingco

Ingco Tools adalah perusahaan yang memproduksi alat-alat teknik yang baru saja didirikan pada tahun 2016 di Medan, Sumatera Utara. Meski masih sangat baru, kualitas produk ini benar-benar tidak perlu diragukan lagi.

Gunting baja ringan dari Ingco memiliki kelebihan yang jarang ditemukan di gunting sejenisnya lho. Yaitu gunting yang bisa memotong 3 arah sekaligus: lurus bengkok, kiri, dan kanan. Kekuatan potongan gunting untuk stainless steel adalah 0.5 mm sementara untuk carbon staeel adalah 1.2 mm.

Dengan keunggulan ini, dijamin pekerjaan akan semakin mudah menggunakan gunting baja ringan Ingco.

Harga Rp. 70.000-77.000

Gunting Baja Ringan Muller

Mata pisau pada gunting baja ringan tidak dibuat dari bahan sembarangan, lho. Adalah Chrome Vanadium atau CrV, material yang umum digunakan untuk membuat berbagai macam alat-alat teknik. Bahan ini dapat memberikan tampilan mengkilap dan menguatkan bahan yang dipotong.

Gunting baja ringan Muller menggunakan bahan CrV untuk mata pisaunya. Ketajaman dan keawetan dari bahan ini tidak perlu diragukan lagi. Gunting bertipe Aviation Snip Straight ini bisa menghasilkan potongan lurus. Gunting ini bisa digunakan untuk memotong baja, hollow, dan seng ukuran 10".

Harga Rp. 55.000-64.000

Gunting Baja Ringan Multipro

Gunting baja ringan dari MultiPro adalah jawaban akan kebutuhan alat-alat teknik yang murah dan berkualitas. Gunting ini bisa dipakai untuk pekerjaan profesional seperti tukang besi, bisa juga digunakan di rumah.

Selain baja ringan, gunting juga bisa digunakan untuk memotong plat, seng, lembaran besi, karet, kulit, plastik tebal, jaring besi, dan masih banyak lagi. Pegangannya dirancang empuk dan nyaman, dengan Safety Latch untuk mengunci mata pisau ketika tidak digunakan. Gunting ini bisa menghasilkan kualitas pemotongan yang baik.

Harga Rp. 40.900-60.000

Gunting Baja Ringan Seng Krisbow KW0102119

Satu lagi gunting baja ringan dari Krisbow untuk memotong besi dan stainless steel. Gunting ini memiliki kekuatan potongan 1.2 mm untuk baja canai dingin dan 0.7 mm untuk stainless steel. Ada 3 jenis pilihan mata pisau berbeda yaitu hitam teroksidasi, plished, dan pasir hancur.

Semua komponen pada gunting telah dikeraskan agar daya tahannya semakin tinggi dan lebih awet. Gunting ini dapat memotong lurus, ke kiri, dan ke kanan. Beratnya hanya 0.25 kilogram saja, sehingga sangat nyaman ketika digenggam.

Harga Rp. 180.000-231.000

Gunting Baja Ringan Uniken

Gunting baja ringan terakhir datang dari brand Uniken. Gunting seberat 500 gram ini memiliki panjang 10 inch, bisa digunakan untuk memotong baja ringan, seng, dan hollow. Sangat serbaguna untuk pemotongan rangka galvalum yang kini banyak digunakan untuk atap rumah.

Terbuat dari bahan yang berkualitas, tidak perlu meragukan kekuatan dan keawetan gunting ini. Gunting bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari atau untuk para profesional yang bekerja di bidang konstruksi.

Harga Rp. 49.999-60.999
From our editorial team

Melengkapi Peralatan di Rumah Sangat Penting

Jika kamu berpikir bahwa memiliki perlatan seperti gunting baja ringan, tang, obeng, dan lain sebagainya itu tidak penting, kini saatnya kamu mengubah pikiran tersebut. Alat-alat ini akan sangat berguna buat berbagai kebutuhan yang tidak terduga. Pilih gunting baja ringan yang paling pas dengan kebutuhanmu dari rekomendasi BP-Guide di atas, ya.