Pangkas Tanaman dan Rumput Supaya Taman Lebih Indah dengan 10 Rekomendasi Gunting Tanaman dari BP-Guide (2020)

Pangkas Tanaman dan Rumput Supaya Taman Lebih Indah dengan 10 Rekomendasi Gunting Tanaman dari BP-Guide (2020)

Lengkapi peralatan berkebun Anda supaya tanaman jadi lebih indah dipandang. Salah satu alat yang wajib dimiliki adalah gunting tanaman. Cek jenisnya bersama kami dan juga rekomendasi produknya!

Rapikan Tanaman Secara Rutin Memakai Gunting

Memiliki taman yang indah tentu menjadi kebanggan tersendiri. Selain indah dipandang, taman juga bisa jadi pereda stres. Supaya taman tampak indah, selain menanaminya dengan aneka tanaman, Anda juga bisa menghiasnya supaya tampak artistik.

Salah satu cara menata taman supaya tampak artistik adalah dengan membentuk rumput, pohon, atau dahan tanaman seartistik mungkin. Anda bisa membentuknya bundar, kotak, atau persegi untuk pemula. Sementara yang sudah profesional bisa membentuk tanaman menjadi bentuk lain yang lebih rumit seperti bentuk hewan, benda, dan lain sebagainya.

Untuk membentuk aneka tanaman sesuai kreasi, Anda membutuhkan alat bernama gunting tanaman. Ini karena gunting tanaman memiliki fungsi berbeda dengan gunting biasa. Gunting untuk tanaman pun ada banyak jenis dan fungsinya.

Ini Dia 4 Jenis Gunting Tanaman yang Wajib Anda Tahu

Gunting Deluxe

Gunting deluxe adalah salah satu jenis gunting tanaman. Jenis gunting ini bisa dipakai untuk memotong ranting. Gunting deluxe bentuknya mirip tang dengan mata pisau tebal yang tajam dan kuat. Gunting yang satu ini terdiri dari deluxe anvil prunner, deluxe by-pass prunner, deluxe by-pass lopper, dan deluxe anvil lopper.

Fungsinya hampir sama, namun bentuk mata pisau dan ukurannya berbeda. Jenis anvil prunner umumnya memiliki lapisan karet untuk memangkas ranting berukuran kecil. Jenis deluxe by pass prunner biasanya dipakai untuk ranting keras karena memiliki mata pisau yang bergerigi.

Sementara itu, deluxe by-pass lopper memiliki mata pisau yang melengkung dan bisa memotong ranting di ketinggian. Gunting deluxe anvil lopper berfungsi untuk memotong ranting besar.

Swivel Grass Shear

Selanjutnya Anda juga perlu mengenal gunting tanaman jenis swivel grass shear. Produk yang satu ini sangat multifungsi karena bisa memangkas berbagai jenis tanaman. Jenis gunting ini bisa berputar 360 derajat sehingga mudah dioperasikan. Bentuknya memanjang sementara bagian ujungnya lancip. Biasanya gunting ini dipakai untuk merapikan tanaman yang tumbuh secara tidak beraturan.

Wavy Hedge Shear

Anda bisa juga memakai wavy hedge shear untuk memangkas dan mempercantik tanaman. Gunting yang satu ini memiliki mata pisau bergelombang. Ini supaya rumput bisa dipotong dengan pola tak beraturan.

Hasilnya adalah rumput akan memiliki ketinggian berbeda. Jenis gunting yang satu ini bisa mempercepat proses merapikan rumput di halaman. Gagang guntingnya fleksibel dan bisa diatur panjang pendeknya.

Gunting Rumput

Terakhir ada gunting rumput alias grass cutter. Fungsi gunting ini sama seperti namanya yakni untuk memotong rumput. Dengan mata gunting berbentuk lurus, bagian ujungnya tajam dan meruncing.

Bagian pegangan gunting umumnya berbahan kayu dengan diameter sesuai genggaman tangan. Gunting ini juga bisa dipakai memotong aneka tanaman lainnya yang tumbuh di dasar taman.

10 Rekomendasi Gunting Tanaman untuk Merapikan Tanaman

Gunting Dahan Tasco PS 136

Untuk mempercantik taman dan tanaman, Anda harus rajin memangkas dahan dan ranting tanaman. Ada Gunting Dahan Tasco PS 136 yang bisa Anda pilih. Produk yang satu ini memakai standar Jepang sehingga bisa dipastikan kualitasnya.

Guntingnya tajam dan tahan lama digunakan karena berbahan stainless steel. Ini merupakan jenis gunting deluxe by pass prunnes. Anda bisa memakainya untuk memotong ranting-ranting yang kecil namun bertekstur keras.

Harga Rp. 97.000-105.000

Tekiro Gunting Dahan Lurus

Berikutnya, ada gunting Tekiro Lurus yang bisa diandalkan. Gunting ini nyaman digunakan dengan panjang 15 cm. Produk ini tajam, kuat, dan awet sehingga tahan lama digunakan.

Terbuat dari bahan chrome vanadium, produk ini memiliki tampilan mengkilap yang indah. Gunting ini tahan karat sehingga Anda bisa menggunakannya dalam beberapa tahun ke depan.

Harga Rp. 35.000-72.000

Tekiro Gunting Dahan Bengkok

Jangan lewatkan juga Tekiro Gunting Dahan Bengkok. Gunting yang satu ini hadir dalam ukuran 8 inci dengan panjang 21 cm. Gagangnya dilapisi karet.

Mata pisaunya dijamin tajam dan bisa menggunting dahan serta ranting yang keras. Terbuat dari bahan chrome vanadium, gunting ini antikarat dan tahan lama digunakan.

Harga Rp. 51.000-70.000

Gunting Dahan Wipro 3143

Gunting Dahan Wipro 3143 ini juga bisa jadi pilihan selanjutnya. Produk yang satu ini memiliki ukuran 8 inci. Bagian mata pisaunya bengkok sehingga mempermudah memotong ranting.

Anda juga bisa memakainya untuk membentuk tanaman, memotong dahan daun, buah dan bunga. Terbuat dari stainless steel yang anti karat, gunting ini tajam dan kuat.

Gagangnya memiliki desain yang nyaman dipegang. Gunting juga memiliki pengunci sehingga aman saat disimpan.

Harga Rp. 100.000-130.000

Gunting Ranting Dahan Bunga Handgrip 8.5 Ultra Prohex

Gunting Ranting Dahan Bunga Handgrip 8.5 Ultra Prohex ini merupakan produk berikutnya untuk Anda. Gunting ini dihadirkan oleh Prohex yang dikenal sebagai merek kelas menengah berkualitas tinggi.

Gunting yang satu ini didesain di Jerman dan diproduksi di China. Produk ini bisa diandalkan untuk merangkai bunga, memetik buah, untuk kebutuhan bercocok tanam hingga untuk keperluan stek.

Harga Rp. 97.000-142.000

Gunting Tanaman Ken Master

Jangan lewatkan juga Gunting Tanaman Ken Master. Produk yang satu ini bisa Anda pakai untuk merawat kebun, membentuk ranting pohon, menghias tanaman, memotong rumput, dan lainnya.

Bahan gunting ini terbuat dari stainless steel yang tahan lama karena antikarat. Bodinya kuat dengan mata pisau yang tajam.

Harga Rp. 63.000-107.000

Gunting Tanaman Sabotan 3 Posisi

Gunting Tanaman Sabotan 3 Posisi tentu tak bisa dilewatkan. Gunting yang satu ini dihadirkan oleh Sellery. Bentuknya mirip gunting pada umumnya dengan mata pisau memanjang dan berujung lancip.

Alat yang satu ini bisa diputar sampai 360 derajat untuk memudahkan Anda memangkas. Gunting ini adalah alat praktis untuk merapikan tanaman yang tumbuh secara tidak beraturan.

Harga Rp. 64.000-131.000

Wavy Blade Hedge Shears

Wavy Blade Hedge Shears bisa jadi pilihan Anda selanjutnya. Panjang keseluruhan adalah 52 cm dan panjang mata pisaunya 22 cm. Terbuat dari bahan berkualitas, gunting ini tahan lama digunakan. Gunting ini nyaman dipakai dan tidak membuat tangan cepat pegal.

Harga Rp. 127.000-178.000

Gunting Rumput 3 Posisi Prohex

Gunting Rumput 3 Posisi Prohex adalah pilihan tepat untuk Anda. Hadir dengan warna kuning, gunting ini memakai bahan stainless steel untuk mata pisaunya.

Panjang mata pisau 13 cm dan panjang gunting keseluruhan adalah 35 cm. Gunting ini mudah diatur sehingga bisa digunakan dalam posisi horizontal, miring, maupun tegak. Pegangannya ergonomis sehingga kita jadi nyaman memakainya.

Harga Rp. 54.000-80.000

Krisbow Anvil Cutter Flower Shears

Krisbow Anvil Cutter Flower Shears ini tentu bisa jadi pilihan yang tepat. Gunting ini tebuat dari bahan berkualitas dengan ukuran 8,5 inci.

Berbentuk mirip tang, gunting ini bisa memotong ranting kecil dan lunak. Pada salah satu mata guntingnya terdapat karet sehingga memudahkan penggunaan untuk memotong dahan.

Harga Rp. 273.000-315.000
From our editorial team

Gunting Tanaman Memiliki Banyak Jenis

Bagi yang awam dalam hal berkebun, pasti mengira gunting untuk tanaman bisa pakai gunting apa saja. Kenali aneka gunting tanaman sebelum Anda membeli, ya. Dengan begini, Anda bisa mendapatkan gunting yang sesuai dengan kebutuhan.

Tag