7 Rekomendasi Tanaman Hias 2019 Ini Akan Menghijaukan dan Menyejukkan Rumah Sekaligus Menjadi Dekorasi yang Cantik dan Asri

7 Rekomendasi Tanaman Hias 2019 Ini Akan Menghijaukan dan Menyejukkan Rumah Sekaligus Menjadi Dekorasi yang Cantik dan Asri

Tanaman hias yang ditempatkan di beberapa sudut rumah dapat memberikan nuansa sejuk dan asri. Selain itu juga bisa menjadi bagian dari dekorasi rumah jika ditata dengan baik menggunakan pot yang cantik. Untuk rekomendasinya, bacalah artikel ini.

Tanaman Indoor Alias Houseplant Menjadi Populer di Seluruh Dunia

Sumber gambar www.lechuza.co.uk

Rumah adalah tempat yang bisa kita hias sesuka hati kita. Semakin indah rumahnya maka semakin nyaman kita tinggal di dalamnya. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menghias rumah supaya terasa lebih nyaman ditinggali. Salah satunya adalah menghiasi rumah dengan berbagai tanaman.

Meletakkan beberapa pot tanaman di dalam rumah akan memberikan kesan rumah yang lebih asri dan sejuk. Apalagi jika tanaman hiasnya berupa bunga, maka tentu saja rumah kita jadi lebih berwarna kala bunganya bermekaran. Selain itu, aroma bunga yang mekar tentu saja akan menambah nyaman suasana di rumah.

Saat ini tanaman indoor sudah sangat populer di seluruh dunia. Tanaman indoor kebanyakan dipelihara mereka yang hidup di perkotaan dan tidak memiliki lahan untuk berkebun. Nah, bersama BP-Guide, intip yuk alasan banyak orang memilih tanaman indoor di rumah mereka.

Kenapa Memilih Tanaman Indoor?

Mudah Dirawat

Sumber gambar www.cosmopolitan.co.id

Alasan pertama banyak orang memilih untuk memelihara tanaman indoor adalah karena jenis tanaman ini lebih mudah untuk dirawat. Tanaman hias semacam ini akan mudah untuk dibudidayakan dan diperbanyak. Jika masih ragu, kamu bisa mulai mencoba dari tanaman yang paling mudah, contohnya sukulen.

Ada banyak jenis dari tanaman sukulen, dan salah satunya adalah kaktus. Tanaman seperti kaktus cocok menjadi tanaman indoor. Mudah dirawat, karena tanaman semacam ini tidak butuh disiram setiap hari.

Meningkatkan Kesehatan Pernapasan

Sumber gambar www.lechuza.co.uk

Tinggal di daerah perkotaan memiliki kelebihan yakni fasilitasnya lengkap. Dari makanan hingga transportasi bisa terpenuhi dengan baik. Namun tinggal di perkotaan juga memiliki kekurangan, salah satunya adalah udara yang penuh polusi, apalagi jika rumahnya di pinggir jalan utama.

Bagi yang tinggal di perkotaan padat penduduk, memelihara tanaman indoor bisa menjadi pilihan tepat. Tanaman bisa meningkatkan kesehatan pernapasan penghuni rumah tersebut. Kamu bisa menghirup oksigen yang dikeluarkan tanaman, sementara tanamannya akan menghirup karbon dioksida yang kamu keluarkan saat bernafas.

Tanaman indoor juga bisa menyerap racun dalam rumah yang hadir dalam karpet, rokok, atau cat. Ini akan membuat udara di dalam rumah jadi lebih bersih dan segar.

Mood Booster

Sumber gambar www.houselogic.com

Tanaman indoor mampu memperbaiki kondisi psikologis seseorang. Dengan adanya tanaman di dalam rumah, maka pikiran bisa jadi lebih tenang. Saat tanamannya berbunga maka akan terlihat lebih cantik. Mata yang memandangnya akan terasa segar dan hati jadi lebih riang.

American Horticultural Therapy Association menyatakan bahwa tanaman indoor bisa memberi pengaruh pada kondisi kognitif seseorang. Selain bisa menjadi mood booster, tanaman indoor juga bisa meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Tanaman indoor juga bisa meningkatkan konsentrasi dan fokus serta bisa meningkatkan kemampuan mengingat.

Berbagai Tanaman Hias Indoor yang Masih Menjadi Tren di 2019 Ini

Fittonia

Sumber gambar www.tokopedia.com

Tanaman Hias Fittonia bisa kamu lirik sebagai tanaman hias untuk diletakkan di dalam rumah. Tanaman ini ditumbuhkan dari stek batang dan bisa tumbuh subur di daerah dataran rendah sampai dataran tinggi. Fittonia membutuhkan sedikit sinar matahari dan bisa berbunga beberapa kali dalam sebulan.

Tanaman ini akan mengeluarkan beberapa kuntum bunga dalam satu tanaman. Tidak memiliki aroma tertentu, tanaman bisa diletakkan dalam pot berdiameter 20 hingga 30cm. Memakai media tanam berupa tanah dan humus, kamu perlu menyiramnya sekali sehari. Tanaman yang ukurannya kurang dari 20cm ini bisa bertumbuh hingga 50cm. Kamu cukup memupuknya dengan pupuk NPK sebulan sekali supaya bunganya subur. Dapatkan tanaman ini di Tokopedia dengan harga Rp 30.000.

Kimunding (Fiddle Leaf Fig)

Sumber gambar shopee.co.id

Tanaman Hias Ketapang Biola Cantik fiddle leaf fig ini juga bisa banget untuk kamu pilih sebagai tanaman hias di dalam rumah. Hiasi rumah kamu dengan tanaman yang berukuran 40 hingga 60cm ini. Tanaman ini memiliki tampilan unik dengan daunnya yang lebar dan kaku. Daun tanaman tidak akan mudah berguguran walaupun sudah tua dan menguning.

Unik dan cantik, tanaman ini dinamakan biola karena daunnya yang menyerupai pinggul biola dan meliuk-liuk. Tanaman ini dikirim dari Malang, Jawa Timur. Kamu bisa membelinya di Shopee dengan harga Rp 100.000.

Philodendron Daun Hati

Sumber gambar www.tokopedia.com

Tanaman Philodendron Monstera ini tidak kalah unik jika ingin kamu jadikan tanaman indoor penghias rumah. Bentuk dan tekstur daun terbilang unik karena menyerupai bentuk hati. Hal yang menarik dari tanaman ini adalah fungsinya selain memperindah rumah juga bisa menjadi penyerap racun dalam ruangan.

Jenis tanaman rambat ini mampu membuat atmosfer dalam ruangan lebih segar dan nyaman. Kamu harus menatanya sebaik mungkin supaya rambatan tanaman tidak terkesan acak-acakan. Tanaman membutuhkan sinar matahari pada naungan teduh. Bisa ditanam dalam pot dengan diameter pot kisaran 20 hingga 30cm. Siramlah 2 kali sehari supaya tanamannya tetap sehat. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 70.000.

Maranta

Sumber gambar www.bukalapak.com

Maranta Leuconeura bisa kamu lirik sebagai tanaman hias indoor yang cantik. Bibit tanaman ini dijual dengan berat 500 gram. Tanaman ini memiliki daun dengan pola rumit. Unik dan bisa memanjakan mata yang melihatnya, tanaman ini sangat populer di berbagai negara.

Dengan tinggi kurang lebih 40cm, tanaman ini begitu rimbun daunnya. Letakkan di dalam rumah pada daerah dengan iklim dingin. Hindarkan dari sinar matahari langsung supaya daunnya tidak segera layu dan kering. Tanaman ini memerlukan banyak air, maka siramlah 2 kali sehari secara rutin. Dapatkan Tanaman Hias Indoor - Maranta Leuconeura Erythrophylla Herringbone ini di Bukalapak dengan harga Rp 140.000.

Pisang Hias

Sumber gambar www.tokopedia.com

Tanaman Hias Indoor Pisang Hias ini lebih dikenal dengan nama Calathea Lutea. Produk ini perlu diperhatikan tunasnya supaya tidak tumbuh secara berlebihan dan merusak penampilannya keseluruhan.

Kamu bisa memilih pisang hias yang ukurannya lebih kecil jika ingin menanamnya di dalam pot. Hadirnya tanaman ini di rumah akan memberikan kesan nuansa tropis di dalam rumah. Dapatkan segera Calathea Lutea Calatea Tanaman Hias Indoor Outdoor Pohon Pisang di Tokopedia dengan harga Rp 155.000.

Bird of Paradise (Strelitzia nicolai)

Sumber gambar www.bukalapak.com

Cendrawasih Bird Of Paradise ini adalah jenis tanaman indoor yang juga sayang untuk kamu lewatkan. Produk yang satu ini cocok sebagai tanaman hias di rumah yang bisa menjadi dekor. Bentuk tanamannya menyerupai bulu unggas sehingga terkesan begitu cantik. Struktur daunnya rapat dan terkesan rimbun.

Tanaman ini asalnya dari Afrika Selatan, namun karena kemiripannya dengan kecerahan warna burung maka disebutlah namanya Bird of Paradise. Dengan daun hijau kebiruan, tanaman ini tulang daunnya berwarna merah. Dapatkan Bibit Tanaman Hias - Cendrawasih Bird Of Paradise Bakalan Bonsai di Bukalapak dengan harga Rp 33.000.

Bunga Krisan

Tanaman Hias Bunga Krisan Pohon Indoor ini memiliki bunga yang cantik dan memiliki varian warna yang beragam. Kamu bisa membeli aneka warna untuk membuat rumah jadi lebih berkesan ceria.

Tanaman ini cocok diletakkan dalam pot dan mudah dirawat. Bunganya begitu rimbun sehingga sangat menyenangkan mata yang melihatnya. Makin bagus perawatannya maka kualitas bunganya juga akan makin cantik. Kamu bisa membeli bunga ini di Tokopedia dengan harga Rp 70.000.

From our editorial team

Saatnya Menjadikan Rumah Lebih Sejuk, Sehat, dan Hijau dengan Tanaman Hias

Kamu pnecinta dekorasi rumah pastinya sangat tertarik dengan ragam tanaman hias untuk indoor ini, bukan? Tidak hanya cantik tertata, tapi tanaman hijau ini juga memberikan efek sejuk dan sehat di dalam rumah. Dijamin kamu dan keluarga menjadi semakin betah dan nyaman berada di rumah.