Ingin Memulai Berkebun Hidroponik? Ini 10 Rekomendasi Alat Hidroponik untuk Mendukung Hobi Anda (2019)

Ingin Memulai Berkebun Hidroponik? Ini 10 Rekomendasi Alat Hidroponik untuk Mendukung Hobi Anda (2019)

Berkebun hidroponik sedang menjadi tren saat ini, khususnya di kota besar. Sebab, dengan lahan yang sedikit bisa dimanfaatkan menjadi sebuah lahan yang produktif dengan hasil yang besar. Anda tertarik untuk mencoba budidaya hidroponik? Simak dulu tips dan rekomendasi BP-Guide berikut ini, yah.

Pernah Dengar Hidroponik? Apa Sih Sebenarnya?

Apa itu hidroponik? Hidroponik adalah cara membudidayakan tanaman dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah. Proses ini lebih memfokuskan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

Cara ini cocok diterapkan di daerah yang kering dan tidak memiliki pasokan air yang banyak, karena hidroponik menggunakan air dengan cara yang lebih efisien. Cara budidaya secara hidroponik ini dapat menghasilkan tanaman yang lebih sehat, karena tidak memerlukan herbisida ataupun pestisida yang beracun.

4 Macam Media Tanam Hidroponik

Rockwool

Rockwool adalah media tanam hidroponik yang menggunakan kombinasi berbagai batu, seperti batu basalt, batu bara, atau batu kapur yang dipanaskan pada suhu 1.600 derajat Celsius hingga meleleh menyerupai lava. Kemudian setelah dingin, batu akan berbentuk menjadi serat-serat, lalu akan dipotong sesuai kebutuhan.

Namun, perlu diketahui rockwool mengandung pH yang cenderung tinggi bagi beberapa jenis tanaman, sehingga memerlukan perlakukan khusus sebelum dijadikan media tanam.

Arang Sekam

Arang sekam adalah media tanam hidroponik paling populer dan paling sering digunakan karena merupakan media tanam yang steril, murah, dan efisien. Kelebihan dari media tanam ini adalah mengandung komponen kimiawi yang lengkap, seperti protein kasar, kadar air, abu, lemak, serat kasar, karbon, oksigen, karbohidrat, hidrogen, dan silika.

Untuk menjadikan aram sekam sebagai media tanam, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar, bahkan jika Anda tinggal di pedesaan, maka Anda bisa mendapatkannya secara cuma-cuma.

Serabut Kelapa

Serabut kelapa biasanya digunakan sebagai alat pencuci panci atau dijadikan sapu dan keset. Ternyata, serabut kelapa juga bisa dijadikan media tanam organik yang sangat populer dan mudah didapatkan. Awalnya penggunaan serabut kelapa mulai digunakan sebagai media tanam pertama oleh Dutch Platin yang ditemukan pada tahun 80-an.

Ternyata, serabut kelapa mampu menyimpan air hingga 73% atau 6 sampai 9 kali lipat dari volumenya, sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai media hidroponik yang dapat membuat intensitas penyiraman dapat berkurang.

Spons

Spons tidak hanya berguna sebagai alat pencuci piring atau mandi saja, ternyata spons juga bisa digunakan sebagai media bercocok tanam hidroponik. Spons memiliki bobot yang sangat ringan jika digunakan sebagai media bercocok tanam, sehingga sangat mudah dipindahkan.

Tetapi karena ringannya, spons juga membutuhkan pemberat, agar setelah disiram tanaman tetap menjadi tegak. Pertumbuhan tanaman menggunakan media spons dapat lebih prima dan lebih subur.

10 Rekomendasi Perlengkapan Hidroponik yang Anda Butuhkan untuk Memulai Hobi Ini

OEM Netpot Hidroponik [5 cm/10 pcs]

Sumber gambar www.blibli.com

OEM Netpot Hidroponik 5 cm/10 pcs adalah pot hidroponik yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi. Pot yang memiliki diameter atas 5,5 cm dan diameter bawah 3,5 cm ini didesain ergonomis.

Produk ini wajib Anda miliki untuk mendukung aktivitas berkebun hidroponik Anda. Pembelian produk ini dapat dilakukan di Blibli dengan harga hanya Rp 19.000 atau bisa juga di JD dengan harga hanya Rp 26.000.

Resun SP-1100 Pompa Air Hidroponik

Sumber gambar www.blibli.com

Resun SP-1100 Pompa Air Hidroponik adalah pompa air dari Resun yang memiliki daya 8 watt. Pompa yang memiliki bentuk ringkas dengan pengatur arus air ini memiliki motor yang terbungkus secara menyeluruh, sehingga kerjanya maksimal dan tidak mudah rusak.

Tidak hanya itu, pompa ini semakin tahan setelah pemakaian selama bertahun-tahun karena menggunakan material stainless steel dan rotor magnetik. Anda bisa mendapatkan pompa air dengan model SP-1100 ini di Blibli dengan harga Rp 115.000.

ArsyaFarmingShop Selang LDPE for Hidroponik Drip or NFT [5 mm/10 meter]

Sumber gambar www.blibli.com

ArsyaFarmingShop Selang LDPE for Hidroponik Drip or NFT 5 mm/10 meter adalah selang LDPE yang dapat digunakan untuk hidroponik drip. Selang yang memiliki diameter luar 5 mm ini dapat digunakan sebagai media untuk membangun sistem NFT skala rumahan hingga industri.

Terbuat dari bahan berkualitas, sehingga selang yang memiliki panjang 10 meter ini sangat kuat dan tahan lama. Anda bisa mendapatkan produk ini di Blibli dengan harga Rp 19.900.

Jirifarm hidroponik 08236-2x Media Tanam Rockwool [2 paket/50 pcs]

Sumber gambar www.blibli.com

Jirifarm Hidroponik 08236-2x Media Tanam Rockwool 2 paket/50 pcs adalah media tanam yang paling populer untuk budidaya tanaman sayur. Paket rockwool dari Jirifram ini memiliki keseimbangan kandungan air dan udara serta mudah menyerap air dan tidak kotor.

Sangat direkomendasikan untuk pembibitan ataupun produksi karena sifatnya yang bebas dari phatogen atau penyakit. Anda bisa mendapatkan produk ini di Blibli dengan harga Rp 24.000 atau bisa juga di Lazada dengan harga hanya Rp 22.000.

StarStore TDS Meter Alat Ukur Hidroponik

Sumber gambar www.blibli.com

StarStore TDS Meter Alat Ukur Hidroponik adalah alat ukur atau TDS meter yang dapat digunakan untuk mengukur Total Dissolve Solid. Total Dissolve Solid atau TDS adalah ukuran zat terlarut, baik zat organik maupun anorganik. TDS Meter yang memiliki range EC 0 - 9990 us/cm dan memiliki range TDS 0 - 9990 ppm ini dapat menggambarkan jumlah zat terlarut dalam Part Per Million (PPM) atau sama dengan milligram per Liter (mg/L).

Memiliki tiga fitur, pertama fitur hold yang bekerja untuk mengunci tampilan nilai agar dapat dibaca, fitur auto shut off yang dapat mati otomatis dalam 5 menit untuk menghemat daya, fitur automatic temperatur compensation yang dapat melakukan perhitungan yang disesuaikan dengan temperatur larutan. Anda bisa mendapat produk ini di Blibli dengan harga Rp 129.000.

OEM pH-009(i) Digital pH Meter

Sumber gambar www.blibli.com

OEM pH-009(i) Digital pH Meter adalah alat ukur yang dapat digunakan untuk mengukur keasaman atau alkalinitas dari cairan. Jika Anda ingin memulai berkebun hidroponik, pH meter menjadi salah satu kebutuhan primer yang wajib Anda miliki.

Alat ukur yang didesain minimalis dan praktis ini dapat membantu membuat tanaman tumbuh lebih optimal karena kadar pH-nya dapat terkontrol. Anda bisa mendapatkan pH meter ini dengan melakukan pembelian di Blibli dengan harga Rp 150.000.

JIRIFARM Hidroponik Dutch Bucket [14.5 L/Dengan Tutup dan Netpot]

Sumber gambar www.blibli.com

JIRIFARM Hidroponik Dutch Bucket 14.5 L/Dengan Tutup dan Netpot adalah dutch bucket yang dapat Anda gunakan untuk membuat sistem irigasi. Kotak yang memiliki dimensi 28 x 23 x 23 cm ini terbuat dari bahan plastik yang bisa didaur ulang.

Dilengkapi pula dengan cover dan netpot berdiameter 10 cm dan tinggi 10 cm, sehingga Anda bisa menggunakan untuk metode drip, sistem wick, ataupun flood and drain. Kotak irigasi ini sangat cocok untuk tanaman cabai, tomat, terong, dan sayuran buah lainnya. Anda bisa mendapatkan produk ini di Blibli dengan harga Rp 106.000.

Tora TR210002 Sprinkler PVC Air Taman

Sumber gambar www.blibli.com

Tora TR210002 Sprinkler PVC Air Taman adalah sprinkler yang terbuat dari bahan plastik yang berkualitas. Penyiram taman ini sangat praktis, Anda cukup meletakkannya di satu titik dan hubungkan dengan saluran air, setelah itu alat penyiram ini dapat berputar 360 derajat dan siramannya dapat menyebar secara merata.

Penyiram ini dapat membantu menyiram seluruh tanaman tanpa repot. Anda bisa mendapatkan produk ini di Blibli dengan harga Rp 40.000 atau bisa juga di Lazada dengan harga Rp 45.000.

Puriegarden Paket Hidroponik Sayuran Daun

Sumber gambar www.blibli.com

Puriegarden Paket Hidroponik Sayuran Daun adalah paket hidroponik untuk tanaman sayuran dari Puriegarden. Paket ini berisi rockwool, Ab Mix 1/2 pekat, 4 macam benih sayuran daun, dan 6 net pot bersumbu yang sangat Anda butuhkan untuk budidaya hidroponik. Anda bisa mendapatkan produk ini di Blibli dengan harga Rp 48.000 atau bisa juga dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 40.000.

OEM Nutrisi AB Mix Sayuran Buah Pupuk [250 g]

Sumber gambar www.blibli.com

OEM Nutrisi AB Mix Sayuran Buah Pupuk 250 g adalah nutrisi hidroponik AB-Mix yang dikemas secara ekonomis. Produk yang memiliki berat 250 gram ini dapat digunakan untuk pekatan stok 500 ml A dan 500 ml B atau untuk 100 liter larutan nutrisi siap pakai.

Nutrisi ini cocok untuk tanaman sayuran buah, seperti tomat, terong, cabai, mentimun, melon, dan sayuran/buah lainnya. Anda bisa mendapatkan produk ini di Blibli dengan harga Rp 22.000 atau bisa juga didapatkan dengan harga Rp 15.000 di Shopee.

From our editorial team

Hidroponik, Lebih Hemat Tempat dan Hasil Tanam Maksimal

Hidroponik menjadi jawaban bagi Anda yang suka bercocok tanam, namun tidak memiliki lahan yang luas. Dengan demikian, Anda tetap bisa menghasilkan tanaman yang bisa memberi tambahan pemasukan secara ekonomi, maupun untuk dikonsumsi sendiri. Alat-alat pendukung budidaya hidroponik dari BP-Guide di atas perlu untuk dipertimbangkan, yah.

Tag