10 Rekomendasi Lem Kayu yang Bisa Merekatkan dengan Kuat dalam Waktu Singkat (2021)

10 Rekomendasi Lem Kayu yang Bisa Merekatkan dengan Kuat dalam Waktu Singkat (2021)

Lem adalah bahan perekat yang pastinya dibutuhkan. Untuk memilih lem pun harus disesuaikan dengan bahan yang akan dilem. Sebab, beda bahan yang direkatkan maka beda pula perekat yang dibutuhkan. Untuk bahan kayu, kamu butuh lem khusus kayu. Ini karena lem kayu memiliki formula yang bisa merekatkan kayu dengan kuat dan erat sehingga bisa tahan lama digunakan. Intip rekomendasi lem kayu dari kami, ya!

Lem Kayu Penting Dimiliki di Rumah untuk Aneka Kebutuhan

Di rumah kita, pasti ada saja benda yang butuh direkatkan memakai lem kayu, entah itu meja, talenan, perabot, pajangan, kerajinan tangan, dan lain sebagainya. Lem kayu adalah lem yang bisa merekatkan aneka bahan kayu.

Awalnya, lem kayu terbuat dari bahan alami. Selanjutnya, teknologi membuat lem makin variatif. Ada banyak lem kayu yang menghadirkan fitur-fitur menarik sehingga bersifat serbaguna alias bisa digunakan untuk merekatkan banyak benda.

Kita tak pernah tahu kapan kita akan membutuhkan lem kayu. Kendati demikian, tak ada salahnya jika kita membeli lem kayu untuk berjaga-jaga suatu kali kita membutuhkannya.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Lem Kayu

Pilih dari Jenisnya

Ketika hendak memilih lem kayu, kamu harus kenali dulu aneka jenisnya. Lem kayu memiliki banyak jenis dan setiap jenisnya memiliki kelebihan tersendiri. Kamu wajib tahu bedanya agar tidak keliru saat memilih lem kayu.

Pertama ada lem kayu jenis PVA alias polyvinyl acetate. Lem yang satu ini paling umum ditemukan dan paling banyak digunakan. Kita biasa menyebutnya sebagai lem putih atau lem kuning. Ada banyak merek lem jenis PVA di pasaran dan harganya juga terjangkau. Kekurangan jenis lem ini adalah cepat kering sehingga kita sulit menghilangkan sisa-sisa di pinggiran benda yang direkatkan. Karena itu, sebaiknya kamu seka lem yang di luar area perekatan sebelum mengering agar tidak menyisakan noda.

Lalu, ada jenis lem polyurethane yang banyak digunakan untuk indoor maupun outdoor. Lem yang satu ini tahan air. Hasilnya cepat kering dan cepat mengeras. Daya rekatnya kuat dan pastinya rekatannya sempurna. Kekurangannya, kamu harus hati-hati mengaplikasikannya agar tidak keluar jalur yang direkatkan. Ini karena sisa lem akan meninggalkan noda.

Lem selanjutnya yang bisa digunakan untuk merekatkan kayu adalah lem epoxy. Lem jenis yang satu ini tahan air. Lemnya memiliki dua komponen yakni resin dan pengeras. Campur dulu kedua komponen sebelum mulai merekatkan. Jika sudah tercampur maka lem siap digunakan. Lem ini bisa bertahan pada temperatur yang tinggi. Ini membuatnya tak hanya cocok untuk media kayu melainkan juga cocok untuk besi, keramik, dan lainnya.

Lem cyanoacrylate glue adalah jenis lem kayu selanjutnya. Lem ini lebih cepat mengeras dan bisa digunakan untuk merekatkan sementara. Kalau ingin melepas rekatan lem, kamu cukup memakai palu atau alat lainnya untuk memecah lemnya. Terakhir, ada jenis lem hide glue. Jenis lem yang satu ini berbahan organik yakni dari kulit hewan.

Lem ada yang cair dan ada yang padat. Untuk digunakan, maka lem harus dipanaskan dulu. Pemakaiannya sama dengan lem PVA besanya, sisa lem di luar rekatan bisa dibersihkan dengan mudah.

Cek Daya Rekat dan Kecepatan Pengeringan

Hal lain yang perlu diperhatikan sebelum kamu memilih lem kayu adalah mengecek daya rekatnya. Kamu tentu tidak ingin sudah susah payah merekatkan dan ternyata lemnya kurang kuat. Pekerjaan kamu jadi sia-sia. Kamu bisa membaca banyak referensi atau membaca review pengguna merek lem yang akan kamu beli. Dengan begini, kamu tahu seberapa kuat daya rekat lem dan kualitasnya.

Kecepatan pengeringan lem juga wajib jadi pertimbangan saat memilih lem. Lem yang keringnya lama baisanya lebih kuat. Ini karena bahan lem bisa meresap secara kuat ke dalam pori-pori kayu. Namun, biasanya lem yang merekat kuat, untuk memakaiya perlu diencerkan terlebih dulu dengan air.

Pilih Jenis Kemasan dan Ukurannya

Lem kayu hadir dalam berbagai jenis kemasan dan ukuran. Ada yang dikemas dalam ukuran sangat kecil, baik dalam bentuk tube atau kaleng kecil. Lalu ada juga yang dikemas dalam bentuk kaleng besar. Sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu akan lem tersebut.

Pastikan tidak membeli lem terlalu banyak jika kamu hanya memakainya sesekali saja. Lem kayu bisa saja mengering bila disimpan terlalu lama. Tentu sayang jika kamu menyisakannya terlalu banyak lem hingga kering karena tak terpakai.

Ini Dia Deretan Lem Kayu Terbaik untuk Kamu Gunakan

Lem Kayu Rajawali

Lem Kayu Rajawali merupakan lem kayu paling populer dan banyak digunakan masyarakat. Lem ini digunakan oleh mereka yang sudah profesional maupun mereka yang masih amatir. Kebanyakan, lem Rajawali dipakai untuk merekatkan furnitur. Lem ini juga bisa merekatkan kayu, multipleks, dan aneka interior ruangan. Waktu pengeringannya butuh waktu, namun daya rekatnya cukup kuat dan tidak mengecewakan. Untuk memakainya, cukup langsung oles pada permukaan yang hendak direkatkan. Ingat untuk memakai sarung tangan dan alat untuk mengaplikasikan lemnya.

Harga Rp. 16.000-23.000

Lem Uhu All Purpose Adhesive

Lem Uhu All Purpose Adhesive adalah lem cair yang mudah diaplikasikan. Lem yang satu ini hadir dalam berbagai ukuran di pasaran. Ada ukuran 7 ml, 20 ml, 35 ml, 60 ml, dan 125 ml yang tersedia. Produk ini bisa digunakan untuk merekatkan kayu, kulit, keramik, dan lainnya. Kamu bisa memakainya dalam keseharian.

Lem UHU adalah lem yang antikering dengan kualitas bagus. Lemnya bisa merekatkan dengan kuat. Warna lemnya sebening kristal, sehingga jika kering tak akan meninggalkan noda pada permukaan benda. Pastikan kamu merekatkan barang dalam keadaan kering. Sebab, jika barangnya basah maka akan sulit menempel lemnya. Jika ada residu segera bersihkan sebelum mengering. Namun, jika terlanjur kering, kamu bisa pakai aseton untuk menghilangkan nodanya.

Harga Rp. 6.500-19.000

Alteco Super Glue 110

Alteco Super Glue 110 adalah lem dengan ukuran mini yang banyak diandalkan. Lem ini cocok untuk merekatkan kerajinan bahan kayu. Bisa juga jika kamu pakai untuk merekatkan logam seperti aluminium, tembaga, keramik, dan lainnya. Lemnya cair sehingga mudah diaplikasikan. Produk ini mudah kering sehingga kamu harus cepat saat merekatkan bendanya sebelum terlanjut kering.

Waspadalah saat merekatkan benda. Ini karena kamu pasti tak mau lemnya mengenai jari atau bagian lain. Jika lem sudah merekat pada jari dan lainnya maka akan susah untuk dihilangkan. Ukuran lem ini adalah 3 gram.

Harga Rp. 3.000-6.000

Lem Epoxy Avian

Lem Epoxy Avian merupakan lem lain yang bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan. Lem terdiri dari dua komponen yang harus disatukan sebelum digunakan. Lem ini hadir dengan formulasi khusus yakni tanpa thinner. Ini membuat lemnya tidak meninggalkan bau yang menyengat dan mengganggu pernapasan.

Lem Avian ini bisa dipakai untuk merekatkan papan kayu pada kapal kayu, menyambung kerajinan tangan kayu, serta merekatkan kaca, logam, plastik, dan lainnya. Avian sudah lama dikenal kualitasnya, jadi kamu tidak perlu meragukan lem kayu yang satu ini. Kamu bisa aplikasikan lem dengan merata ke dua permukaan yang diinginkan. Tunggu sebentar lalu tempel satu sama lain dan biarkan hingga merekat kuat.

Harga Rp. 42.000-167.000

LEM PVAC PUTIH RAJAWALI 350 GRAM

LEM PVAC PUTIH RAJAWALI 350 GRAM menjadi lem yang pas untuk merekatkan kayu, tekstur tembok, koral, dan lain sebagainya. Lem yang satu ini bisa merekat kuat. Untuk mengaplikasikannya cukup oles lem tipis dan merata pada suatu permukaan benda yang akan direkatkan. Lalu tempel kedua benda yang akan direkatkan dan tunggu sampai kering.

Lem yang satu ini bisa juga diencerkan dengan air 5-10 %. Dengan diencerkan dahulu, proses pengeringan sedikit lama namun hasilnya akan sangat kuat.

Harga Rp. 6.500-11.500

Crona Lem Kayu 234

Crona Lem Kayu 234 juga bisa kamu gunakan untuk aneka jenis kayu. Gunakan juga lem yang satu ini untuk merekatkan keramik, kertas, multipleks, dan lain sebagainya. Lem ini cepat kering dan daya rekatnya sangat kuat. Produk sangat unggul karena tahan panas.

Untuk mengaplikasikan, kamu bisa siapkan dua bahan yang akan direkatkan. Pastikan permukaan bahan sudah sama-sama kering dan rata. Pastikan tidak ada celah yang melebihi 0,5 mm agar perekatan bisa sempurna. Oleskan lem ke satu permukaan hingga merata. Selanjutnya tekan dengan permukaan lain yang akan direkatkan. Tekan dengan kuat sampai sisa lem meleleh keluar dari sambungan. Bersihkan lelehan lem di sekitarnya agar tidak membeku dan meninggalkan noda.

Lem ini cocok untuk para pengrajin kayu. Formulanya cocok untuk finger jointing, laminating, dan assembling. Produk ini waktu keringnya adalah 1,5 jam. Ada ukuran 250 g, 600 g, 4 kg, 10 kg, 20 kg, dan 40 kg yang bisa dipilih.

Harga Rp. 26.000-28.000

Lem Kayu Crossbond X4

Lem Kayu Crossbond X4 terbuat dari bahan dasar polyvinyl acetate. Berkat bahan dasar tersebut, lemnya bisa merekat kuat dalam waktu singkat. Daya tahan rekatannya sangat tahan lama. Kamu bisa mengaplikasikannya tidak hanya pada kayu namun juga pada bambu hingga rotan.

Lem ini dimodifikasi dengan bahan inner cross linker. Ini membuatnya hemat dan praktis untuk berbagai keperluan. Mulai dari mengelem kertas, tripleks, dan lainnya. Produk ini tidak beracun dan ramah lingkungan. Lemnya cepat kering yakni bisa kering dalam waktu 60 menit saja. Lem ini tahan air dan juga tidak larut.

Harga Rp. 60.000-90.000

Aica Aibon Lem

Aica Aibon Lem adalah perekat serbaguna yang bisa kamu miliki di rumah. Tak hanya merekatkan kayu namun juga bisa merekatkan logam, plywood, beton, karpet, dan lain sebagainya. Produk ini tersedia dalam kemasan 70 gram. Lemnya mudah diaplikasikan dan juga mudah disimpan. Daya rekatnya kuat dan cepat keringnya.

Harga Rp. 8.000-12.000

Lem Presto WRG 600

Lem Presto WRG 600 jelas bisa jadi pilihan yang tepat. Lem yang satu ini hadir dengan formula khusus yang membuatnya mampu merekatkan bahan yang terbuat dari kayu. Ikatan antar molekulnya lebih kuat, sehingga lem juga tahan air. Lem putih ini bisa merekatkan dengan cepat tanpa ribet. Produk ini bisa digunakan untuk penyambungan, penebalan, hingga perakitan. Cukup 5 sampai 10 menit maka lem segera kering dan merekat kuat.

Harga Rp. 35.000-39.500

FOX Lem Putih PVAc

FOX Lem Putih PVA adalah rekomendasi terakhir kami. Lem putih ini tergolong ringan sehingga banyak digunakan dalam kebutuhan sehari-hari untuk merekatkan pajangan, kerajinan tangan, furnitur yang pecah, dan lain sebagainya. Ada banyak ukuran dan kemasan yang tersedia sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Lem ini mudah digunakan dan aman. Kamu cukup aplikasikan langsung pada media kayu tanpa tambahan lainnya. Kamu bisa memakainya untuk kayu, rotan, kertas, dan media lainnya. Produk tersedia dalam ukuran 150 g, 350 g, 400 g, 500 g, 600 g, 800g, hingga 1 kg.

Harga Rp. 5.000-8.000
From our editorial team

Pilih Lem Kayu Multifungsi

Lem kayu memang sejatinya dikhususkan untuk kayu. Namun, tak ada salahnya juga jika kamu membeli lem kayu yang memiliki fungsi ganda dan tak hanya bisa merekatkan kayu. Kamu bisa memilih yang bisa merekatkan kertas, keramik, rotan, besi, dan lainnya. Memiliki lem kayu jenis multifungsi akan sangat menguntungkan. Kamu jadi tak perlu membeli beragam lem lainnya untuk merekatkan benda lainnya. Cukup satu lem untuk berbagai kebuhan sehingga lebih hemat dan praktis.