10 Kerajinan Kayu untuk Dekorasi Ruangan agar Ruangan Makin Nyaman Dihuni (2020)

10 Kerajinan Kayu untuk Dekorasi Ruangan agar Ruangan Makin Nyaman Dihuni (2020)

Sumber gambar pixabay.com

Kerajinan kayu adalah kerajinan yang bisa menjadi dekorasi ruangan yang indah. Kamu wajib mengenali aneka jenis kayunya dulu agar tidak salah memilih kerajinan kayu untuk dekorasi. Setiap jenis kayu memiliki ciri tersendiri sehingga jika jadi dekorasi ruangan tentu bisa memberikan kesan yang menarik. Intip kelebihan kerajinan kayu sebagai dekorasi ruangan. Selain itu, cek juga rekomendasi kerajinan kayu yang bisa kamu pajang di rumah!

Yuk, Mengenal Aneka Jenis Kayu yang Cocok untuk Jadi Dekorasi Ruangan

Sumber gambar foorniture.com

Rumah menjadi tempat kita menghabiskan sebagian besar waktu. Kita beristirahat, bersantai, bekerja, dan lain sebagainya di rumah. Karena itu, kita harus membuat rumah kita nyaman untuk ditinggali. Agar rumah makin nyaman tentunya kita butuh untuk memastikan semua ruangan di rumah tertata dengan indah.

Rumah akan tampak lebih rapi dan indah jika kita menata dan memilih perabotnya dengan tepat. Untuk mendekorasi ruangan, kita bisa memakai perabot dari berbagai jenis bahan, salah satunya adalah kayu. Dekorasi rumah dari kayu banyak jenisnya dan setiap dekorasi tersebut tentu memberikan kesan yang menarik. Bahan kayu memang cocok untuk jadi aneka bahan dasar kerajinan tangan untuk dekorasi ruangan. Tingkat kesulitan pembuatan kerajinan tangan dari kayu memang tinggi. Kendati demikian, hasil kerajinan tangan dari kayu memiliki keindahan yang luar biasa sehingga bisa membuat hunian kita menjadi lebih estetik.

Ada banyak jenis kayu yang bisa digunakan sebagai jenis kerajinan tangan. Setiap jenis kayu memiliki ciri khas dan kegunaannya tersendiri. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mengenal aneka jenis kayu agar tidak salah dalam memilih kerajinan tangan kayu untuk dekorasi ruangan.

Jenis kayu pertama adalah kayu jati. Ini merupakan kayu yang banyak digunakan untuk membuat perabotan rumah maupun dekorasi ruangan. Kayu jati memiliki ciri awet dan kokoh. Kayunya memikiki daya retak rendah sehingga lebih tahan lama digunakan. Serat kayunya halus dengan tekstur agak kasar. Kayu jati memiliki warna cokelat muda sehingga bisa mudah diberi warna lainnya atau dibiarkan dengan warna aslinya karena tetap memiliki kesan indah.

Berikutnya ada jenis kayu mahoni yang banyak digunakan untuk bahan mebel dan alat olahraga. Kayu yang satu ini juga kerap digunakan untuk membuat alat musik. Kayu ini tidak tahan rayap. Kayu mahoni paling sering digunakan untuk kerajinan tangan.

Ada juga jenis kayu pinus yang jadi jenis kayu paling banyak digunakan. Kayu yang satu ini memiliki bobot ringan dengan harga terjangkau. Warna kayunya terang dan mudah ditimpa warna lainnya. Kayu ini kerap jadi bahan kerajinan kayu yang estetik dan bisa juga jadi perabot rumah minimalis.

Selanjutnya, ada kayu trembesi. Jenis kayu yang satu ini memiliki ciri warna putih di pinggiran dan warna cokelat di tengah. Perabot kayu ini sering digunakan untuk membuat meja atau furnitur lainnya.

Jenis kayu yang populer lainnya adalah kayu akasia. Kayu yang satu ini memiliki tampilan mirip kayu jati dengan warna cokelat. Serat kayunya menarik dan membuatnya mudah diproses. Kayu ini sedikit berbau dan rentan jamur serta rayap.

Kelebihan Kerajinan Bahan Kayu Sebagai Dekorasi Ruangan

Kokoh dan Ramah Lingkungan

Sumber gambar pixabay.com

Memilih kerajinan kayu sebagai dekorasi ruangan memiliki banyak kelebihan. Kayu memang jadi bahan baku yang daya tahannya kuat. Baik sebagai pajangan ataupun sebagai bahan interior rumah, bahan kayu bisa tahan hingga bertahun-tahun lamanya. Kayu tidak berkarat sehingga tidak cepat rusak. Ini membuat kamu tidak perlu mengganti perabot, pajangan, dan interior rumah yang terbuat dari kayu dalam jangka waktu yang lama dan tentunya kamu jadi lebih hemat.

Orang-orang memilih kerajinan dari kayu sebagai hiasan rumah juga karena bahannya terbilang ramah lingkungan. Kayu mampu melepas emisi karbon secara minimal sehingga lebih aman untuk kesehatan. Selain itu, kayu juga bisa menyerap panas sehingga udara di ruangan lebih terkesan adem jika kita banyak menempatkan elemen kayu baik berupa furnitur ataupun kerajinan tangan.

Teksturnya Memberi Kesan Estetik

Sumber gambar pixabay.com

Setiap jenis kayu yang digunakan untuk kerajinan tangan tentu memiliki tekstur tersendiri. Jika kamu ingin ruangan yang lebih menarik, maka kamu bisa menggunakan aneka kayu untuk dekorasi ruangan kamu. Telitilah memilih maka kamu akan menemukan aneka tekstur kayu yang unik dan menarik sehingga bisa memvisualisasikan gaya rustic modern pada ruangan.

Tekstur pada kayu bisa memberi kesan yang unik dan berbeda pada perabotan atau dekorasi ruangan. Makin alami teksturnya maka makin indah dipandang mata. Ini tentu bikin ruangan jadi terkesan lebih nyaman dihuni.

Mampu Mengurangi Stres

Sumber gambar pixabay.com

Pemakaian bahan kayu sebagai kerajinan tangan untuk dekorasi ruangan ternyata juga bisa mengurangi stres, loh. Ini karena bahan kayu bisa menghadirkan suasana alami pada ruangan. Semakin banyak elemen kayu dalam suatu ruangan maka semakin natural kesan yang didapatkan dari ruangan tersebut. Kesan adem yang didapat bisa membuat pikiran tenang dan bisa bikin kita jadi rileks. Selain itu, ini juga bisa meningkatkan produktivitas dan kreativitas kita juga.

Harganya Terjangkau

Sumber gambar www.arsitekhijau.com

Kerajinan kayu memiliki harga yang terjangkau dibanding kerajinan dari bahan lainnya. Untuk mendekorasi rumah, jangan ragu memakai kerajinan kayu. Ini karena meski harganya terbilang mahal jika dibanding lainnya namun tingkat keawetannya membuat kita tidak perlu lagi membeli kerajinan lainnya untuk menggantikan kerajinan kayu tersebut. Bisa dibilang harga kerajinan kayu cukup terjangkau mengingat kita tidak perlu beli kerajinan baru untuk waktu yang lama.

Bahan yang Adaptif

Sumber gambar pixabay.com

Kayu dikenal sebagai bahan yang adaptif alias bisa menyesuaikan dengan kondisi lingkungan. Bahan kayu merupakan bahan yang responsif terhadap temperatur, kelembapan udara, dan suara. Sifat kayu tersebut membuatnya bisa menyerap kelembapan udara dan melepaskan kadar air ke udara di mana pun ia diletakkan.

Kayu juga bukan merupakan penghantar panas yang baik. Ini membuat suasana dalam ruangan tidak akan pengap atau panas. Makin banyak kerajinan kayu atau perabot kayu di dalam ruangan maka keseimbangan temperatur dan kenyamanan dalam ruangan makin terjaga.

Ini Dia Rekomendasi Kerajinan Kayu untuk Hiasan Rumah

Lampu Petromak Listrik Dari Kerajinan Kayu Jati Asli

Lampu Petromak Listrik Dari Kerajinan Kayu Jati Asli ini merupakan pilihan pertama untuk kamu. Kerajinan kayu yang satu ini terlihat begitu estetik. Kamu bisa juga memakainya saat ada pemadaman listrik. Tentunya kerajinan ini juga bisa jadi pajangan klasik yang menarik di dalam ruangan. Terbuat dari bahan kayu jati yang kokoh dan kuat, tekstur kayunya alami dan membuatnya terkesan mewah. Ukuran produk ini adalah 26 x 39 cm. Dengan finishing cat plitur, tekstur asli kayunya makin terlihat jelas.

Harga Rp. 190.000-275.000

Kerajinan Kayu Kreatif Model Flip Kalender Kecil

Kalender merupakan salah satu kebutuhan kita untuk mengetahui tanggal dan bulan. Daripada memakai kalender bahan kertas yang kurang ramah lingkungan, kamu bisa memakai kerajinan dari kayu sebagai kalender. Ada Kerajinan Kayu Kreatif Model Flip Kalender Kecil yang bisa bermanfaat di rumah kamu. Pertama, kamu bisa memakainya sebagai kalender pada umumnya. Kedua, kalender handmade ini bisa jadi dekorasi ruangan yang indah loh. Kamu bisa menempatkannya pada meja kerja atau meja sudut ruangan.

Harga Rp. 103.831-135.300

Vas Bunga Hiasan Meja Dekorasi Ruangan Kerajinan Kayu Jati

Salah satu hiasan dekorasi yang wajib ada di rumah adalah vas bunga. Kamu bisa mengisinya dengan bunga artifisial atau bunga hidup. Nah, mengapa tidak memakai Vas Bunga Hiasan Meja Dekorasi Ruangan Kerajinan Kayu Jati sebagai pilihan? Produk yang satu ini dijual satu set berisi 3 vas. Kamu bisa menempatkannya berjajar atau bisa juga menempatkannya di ruangan terpisah. Ukuran vas bunga ini berbeda, ukuran yang besar adalah 27 x 10 cm, ukuran yang sedang 24 x 9 cm, dan ukuran yang kecil 21 x 8 cm. Vas ini terbuat dari bahan kayu jati asli dengan finishing cat plitur.

Harga Rp. 150.000

Bangku Ruang Tamu dan Meja Sudut Bangku Kayu Solid Kerajinan Kayu Tiga Dimensi Multifungsi

Bangku Ruang Tamu dan Meja Sudut Bangku Kayu Solid Kerajinan Kayu Tiga Dimensi Multifungsi ini juga bisa jadi pilihan kamu. Kerajinan kayu yang satu ini unik dan juga menarik. Kamu bisa memajangnya di berbagai ruang. Terbuat dari bahan kayu suar trembesi, produk ini utuh tanpa sambungan dan memang dibentuk 3 dimensi. Hadir dengan warna natural, produk ini terkesan begitu indah. Kamu bisa memakainya sebagai tempat duduk. Uniknya lagi, kamu juga bisa meletakkan pot tanaman di bagian atasnya jika tidak memakainya sebagai tempat duduk. Ini tentu akan jadi dekorasi ruangan yang menarik perhatian.

Harga Rp. 749.900

Kerajinan Kayu Jam Dinding Bentuk Jangkar Kapal

Jam dinding tentunya dibutuhkan di setiap ruangan. Agar kesan ruangan makin indah, kamu bisa lirik Kerajinan Kayu Jam Dinding Bentuk Jangkar Kapal sebagai pilihan. Kerajinan kayu yang satu ini terbuat dari bahan kayu jati. Dengan ukuran 35 x 41 x 5 cm, kerajinan yang satu ini begitu estetik kelihatannya. Dibuat oleh pengrajin yang sudah berpengalaman, kerajinan ini tidak hanya bisa berfungsi sebagai jam namun juga bisa jadi dekorasi ruangan. Tekstur kayunya terlihat jelas dan membuat kesan alaminya makin terpancar. Bentuknya yang unik yakni bentuk jangkar bikin kerajinan ini banyak menarik perhatian.

Harga Rp. 105.000-220.000

Kerajinan Kayu Asbak Rokok Bentuk Miniatur Pajangan Burung Merak

Kerajinan Kayu Asbak Rokok Bentuk Miniatur Pajangan Burung Merak adalah rekomendasi kami selanjutnya. Produk yang satu ini bisa jadi pajangan di ruang tamu. Letakkan saja di meja ruang tamu sehingga para tamu yang merokok juga bisa memakai pajangan ini sebagai tempat abu rokok agar tidak berceceran. Asbak yang satu ini dibuat oleh pengrajin kayu yang sudah berpengalaman sehingga desainnya begitu estetik. Ukuran asbaknya adalah 10 x 10 cm.

Harga Rp. 50.000

Fasahaya Hiasan Dinding Poster Kayu Leaf Dekorasi Rumah 15x30 LF50

Fasahaya Hiasan Dinding Poster Kayu Leaf Dekorasi Rumah 15x30 LF50 ini tidak boleh ketinggalan untuk dimiliki. Produk yang satu ini bikin penampilan rumah jauh dari kata biasa saja. Suasana rumah jadi bisa lebih nyaman dan terlihat indah. Hiasan kayu ini bisa dipajang di atas meja yang menempel ke dinding atau bisa juga dipajang di atas televisi. Siapa saja yang melihatnya jadi lebih tenang. Ada banyak poster menarik yang bisa dipilih.

Ukuran produk ini adalah 15 x 30 cm. Bahan kayunya memakai kayu MDF dengan ketebalan 6 mm. Produk ini dilapis art cartoon 210 sebagai bahan posternya. Untuk finishing-nya memakai varnish glossy decoupage sehingga membuatnya terkesan mewah dan menarik.

Harga Rp. 8.000-90.000

Tempat Wadah Aqua Gelas Kerajinan Kayu Jati Asli Ukir Ukiran Cukit

Tempat Wadah Aqua Gelas Kerajinan Kayu Jati Asli Ukir Ukiran Cukit ini tentu bisa jadi pilihan berikutnya. Produk yang satu ini sangat cocok diletakkan pada meja ruang tamu. Jika ruangan kamu bernuansa natural atau vintage, tentunya wadah minum gelas ini akan cocok mendukung tema ruanganmu. Terbuat dari bahan kayu jati, produk ini kokoh dan tahan lama digunakan. Ukuran diameternya 38 cm dengan tinggi 12 cm. Kerajinan tangan ini dibuat secara manual dan bukan buatan mesin atau pabrik.

Harga Rp. 115.000-150.000

Kerajinan Kayu Miniatur Delman Dokar Andong Kereta Kuda

Kerajinan Kayu Miniatur Delman Dokar Andong Kereta Kuda ini juga bisa jadi pilihan kamu selanjutnya. Produk yang satu ini cocok jadi pajangan di dalam ruang tamu atau ruang kerja. Terbuat dari bahan kayu jati, kerajinan tangan ini dibuat oleh pengrajin yang sudah profesional di bidangnya. Ukuran produk ini adalah 50 x 15 cm. Bentuknya begitu detail dan menarik perhatian.

Harga Rp. 150.000-250.000

Toples Bentuk Buah Manggis Kerajinan Kayu Jati

Toples Bentuk Buah Manggis Kerajinan Kayu Jati ini tentu bisa jadi pajangan yang menarik dan fungsional. Ini akan sangat menarik perhatian jika diletakkan di ruang tamu. Toples ini bisa jadi wadah kue kering atau permen. Bentuk buah manggisnya begitu detail karena dibuat oleh para pengrajin kayu yang profesional. Terbuat dari bahan kayu jati, toplesnya kokoh dan tidak mudah rusak. Ukuran toples ini adalah 12 x 15 cm.

Harga Rp. 75.000-155.000
From our editorial team

Kerajinan Kayu Mudah Dirawat

Jika memilih kerajinan kayu sebagai dekorasi ruangan maka kamu wajib juga untuk merawatnya agar lebih awet. Furnitur kayu atau kerajinan kayu mudah untuk dirawat kok. Kamu hanya perlu memperhatikan kondisi ruangan dan menjaga kebersihan kerajinan kayu tersebut. Pastikan ruangannya memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga tidak lembap sehingga kerajinan kayu milik kamu jadi terbebas dari gangguan rayap atau jamur. Untuk membersihkan kerajinan kayu juga cukup mudah, kamu cukup membersihkan dengan kemoceng dengan rutin untuk menghilangkan debunya. Jika perlu, sesekali kamu bisa memakai lap yang sedikit dibasahi untuk membersihkan kerajinan dari kayu tersebut.