Ciptakan Kreasi Baju Indahmu dengan 10 Rekomendasi Gunting Kain dari BP-Guide (2020)

Ciptakan Kreasi Baju Indahmu dengan 10 Rekomendasi Gunting Kain dari BP-Guide (2020)

Gunting kain merupakan peralatan wajib dimiliki untuk yang gemar menjahit. Cek, yuk apa saja yang harus diketahui sebelum membeli gunting kain. Intip juga rekomendasi gunting dari kami, ya!

Miliki Gunting Kain Terbaik dan Ciptakan Aneka Baju Kreasi Terbaikmu

Jika kamu memiliki bakat dan memiliki cita-cita ingin menjadi desainer pakaian, maka mulailah belajar dari saat ini. Awali dengan menggunting kain lalu menggabungkannya dan memulai kreasi indahmu.

Pastikan gunting yang kamu gunakan adalah gunting khusus kain, ya. Sebab tak bisa sembarang gunting saja bisa digunakan. Jenis gunting bisa mempengaruhi hasil guntingan dan bisa memberi dampak juga pada pakaian yang akan kamu ciptakan nantinya.

Tips Memilih Gunting Kain

Perhatikan Bahan Gunting

Pertama-tama saat memilih gunting kain, cek dulu bahannya. Bahan gunting yang bagus menentukan kualitas gunting itu sendiri. Pilihlah gunting dari bahan stainless steel. Ini karena bahannya antikarat dan mudah dibersihkan. Gunting dari bahan yang kuat bisa jadi investasi kamu meski harganya sedikit lebih mahal dari gunting yang biasa saja.

Kamu bisa saja membeli gunting yang murah namun tentu kualitasnya biasa saja dan bikin kamu harus sering ganti gunting baru. Ini jelas pemborosan dan tidak efisien. Karenanya pastikan bahan guntingnya bagus dan kokoh supaya bisa digunakan dalam waktu yang lama, ya.

Pastikan Ukuran Gunting Sesuai Standar

Dalam memilih gunting kita tak bisa asal saja. Kita wajib menyesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya untuk gunting kain, maka salah satu standar penting dalam memilih gunting kain adalah ukuran yang pas dan sesuai standar. Kita butuh kenyamanan saat menggunting kain supaya hasil guntingannya bagus.

Maka dari itu pastikan gunting yang kamu gunakan memiliki ukuran 15 hingga 20 cm. Pastikan juga guntingnya memiliki pegangan melengkung sehingga bisa mempermudah kamu saat menggunting kain tanpa bikin tangan keseleo.

Jika Memungkinkan, Tes Dulu Ketajaman Gunting

Jika kamu membeli gunting di toko peralatan jahit, ada baiknya kamu mengetes dulu ketajaman guntingnya. Kamu toh tidak ingin rugi karena membeli gunting yang asal saja. Cobalah memotong kain yang disediakan untuk mencoba gunting sebelum kamu membelinya.

Jika kamu membeli secara online, ada baiknya kamu membeli produk yang sudah diulas oleh pembeli sebelumnya. Belilah di toko online tepercaya. Selain itu kamu bisa juga membaca review pembeli untuk mengetahui bagus tidaknya produk tersebut.

Rutinlah Merawat Gunting Kain agar Awet

Setelah memiliki gunting kain, jangan asal pakai lalu meletakkan begitu saja saat tak memakainya. Rutinlah merawat gunting supaya tetap awet dan tetap bagus saat dipakai.

Hindari memakai gunting kain untuk memotong kertas, plastik, bahkan bahan keras seperti seng. Hal ini hanya akan membuat gunting cepat tumpul.

Kamu bisa mengasah gunting saat dirasa sudah tak terlalu tajam. Asahlah gunting berlawanan arah dengan batu asahan lalu tajamkan dengan hati-hati.

10 Rekomendasi Gunting Kain untuk Anda Gunakan

Kenmaster Gunting Kain

Kenmaster Gunting Kain merupakan produk yang bisa kamu andalkan. Alat yang satu ini hadir dengan mata pisau yang tebal dan tajam.

Kamu bisa memakai gunting ini dengan nyaman karena pegangannya berbahan karet berkualitas. Produk ini memiliki lebar 103 mm dan panjang 185 mm. Gunting ini mampu memotong kain yang tebal sekalipun.

Harga Rp. 13.000-20.000

Gunting Kain Stainless Steel 10 Merek JLB K38

Selanjutnya gunakan Gunting Kain Stainless Steel 10 Merek JLB. Produk yang satu ini hadir dengan mata gunting yang tajam. Gunting ini terbuat dari zinc sehingga tahan lama digunakan.

Ada pilihan warna gold dan silver. Gagang guntingnya terbuat dari besi dengan bentuk ergonomis sehingga membuat penggunanya nyaman saat menggunting.

Harga Rp. 71.000-91.000

Simanco Gunting Potong Bahan Kain

Jangan lewatkan juga untuk mencoba produk Simanco Potong Bahan Kain. Alat yang satu ini memiliki ukuran 8 inci dengan panjang 20 cm.

Selain tajam mata pisaunya, gunting ini juga nyaman digenggam. Produk ini mudah digerakkan sehingga kamu bisa mendapatkan hasil potongan bahan yang diinginkan.

Harga Rp. 59.000-119.000

Gunting Kain Flower Butterfly

Gunting Kain Flower Butterfly ini merupakan produk selanjutnya untuk kamu gunakan. Produk ini memiliki ukuran 9 inci.

Gunting ini cocok untuk digunakan sendiri di rumah maupun untuk keperluan konveksi. Mata pisaunya tajam dan licin.

Gunting ini mudah digunakan dan nyaman di tangan. Terbuat dari bahan stainless steel, produk ini antikarat dan tahan lama digunakan.

Harga Rp. 48.000-119.000

Gunting Kain Merek B&A

Gunting Kain Merek B&A ini tentu saja bisa jadi pilihan kamu selanjutnya. Gunting ini dibuat di Cina dengan kualitas yang mumpuni. Ada ukuran 8 inci hingga 9 inci yang bisa dipilih.

Produk ini bisa dipakai untuk memotong bahan kain, kaos, sifon, denim, hingga kulit. Gunting ini bisa mempermudah pengguna untuk memotong bahan karena mata pisaunya sangat tajam dan berkualitas tinggi.

Harga Rp. 46.000-66.000

De Xian Scissors Gunting Kain

Anda juga bisa menggunakan De Xian Scissors. Produk ini bisa juga dipakai untuk mendekor dan kerajinan tangan. Terbuat dari bahan stainless steel, mata pisaunya tajam dan runcing. Gunting ini memiliki panjang 9 cm.

Harga Rp. 30.000-60.000

Gunting Kain Shuaipu

Berikutnya, kamu bisa gunakan Gunting Kain Shuaipu. Produk ini terbuat dari baja yang tahan lama digunakan. Gagang guntingnya terbuat dari bahan logam yang antikarat. Ukurannya 9 inci dengan panjang 230 mm.

Harga Rp. 48.000-75.000

Gunting Kodok Grade AAA Gunting Kain

Gunting Kodok Grade AAA ini merupakan gunting kain yang tepercaya. Alat yang satu ini memiliki gagang dengan lapisan karet sehingga nyaman digunakan di tangan.

Mata pisaunya tajam dan anti karat sehingga tahan lama digunakan. Kamu bisa menggunakannya untuk bahan kain dan bahan lainnya.

Harga Rp. 14.000-42.000

Gunting Kain Gagang Bahan Plastik Dengan Tutup

Gunting Kain Gagang Bahan Plastik Dengan Tutup ini juga tak bisa dilewatkan. Produk ini hadir dengan wadah gunting sehingga lebih aman dibawa ke mana saja. Anda bisa memotong kain seperti kaos, sifon, denim, kulit, dan lainnya dengan gunting ini. Bagian mata pisaunya tajam sehingga mempermudah kegiatan memotong kain.

Harga Rp. 36.000-50.000

Gunting Potong Bahan Kain Elektrik - Electric Scissors FREIA FS-101

Gunting Potong Bahan Kain Elektrik FREIA FS-101 ini tak bisa dilewatkan. Alat yang satu ini bisa jadi pengganti gunting konvensional. Bobotnya ringan dan bentuknya simpel sehingga tak memakan banyak tempat.

Gunting ini nyaman digenggam dan aman digunakan. Sudut pisaunya bisa bekerja maksimal memotong aneka jenis kain. Tombol switch on dan off pada gunting ini memudahkan penggunaannya.

Harga Rp. 31.000-60.000
From our editorial team

Gunting Kain Jangan Digunakan untuk Memotong Bahan Lain

Jenis gunting di pasaran memang ada banyak. Namun tak banyak dari kita yang tahu bahwa setiap gunting memiliki fungsi sendiri. Gunting kain misalnya, alat ini hanya cocok untuk dipakai memotong aneka bahan kain mulai dari sifon, sutera, kaos dan lain sebagainya. Hindari memakai gunting kain untuk bahan lainnya supaya tetap awet dan tidak mudah rusak.

Tag