Nih, 8 Rekomendasi Alat yang Wajib Anda Punya jika Tertarik dengan Dunia Menjahit

Nih, 8 Rekomendasi Alat yang Wajib Anda Punya jika Tertarik dengan Dunia Menjahit

Mengisi waktu luang dengan menjahit adalah ide bagus yang bisa Anda pilih. Apalagi jika hasil karya itu bisa dijual dan mendapatkan untung. Semakin menyenangkan, bukan? Sebelumnya, Anda perlu tahu ada beberapa alat yang perlu dimiliki untuk terjun ke dunia menjahit. Simak rekomendasinya,

Menjahit Adalah Hobi yang Menyenangkan

Sumber gambar Shutterstock

Menjahit merupakan hobi yang sangat menyenangkan. Belajar menjahit cukup mudah dilakukan melalui media sosial, blog, ataupun les singkat selama 6 bulan. Dengan menjahit Anda dapat membuat baju cantik sendiri, memasang kancing yang lepas, memasang pita yang copot, serta bisa pula menjadi bisnis rumahan.

Jenis Alat Jahit

Alat Pengukur

Sumber gambar Shutterstock

Alat untuk mengukur dalam menjahit menggunakan penggaris dan pita ukur (meteran). Penggaris digunakan untuk membuat garis lurus. Ada berbagai varian penggaris seperti penggaris biasa, penggaris quilt, hingga penggaris khusus membuat pola.

Untuk pita ukuran (meteran) digunakan untuk mengukur proyek pakaian. Ada pula veterban yang digunakan sebagai pengukur letak bagian-bagian tertentu agar ukuran tepat dan tidak bergeser.

Alat untuk Membuat Pola

Sumber gambar Shutterstock

Untuk membuat pola, Anda dapat menggunakan alat seperti skala, buku kostum, penggaris pembentuk, pensil merah biru, kertas kopi atau kertas koran, dan kertas dorslag merah biru. Alat ukur skala digunakan untuk menggambar pola dalam ukuran kecil, sedangkan buku kostum digunakan untuk menggambar pola kecil.

Alat penggaris pembentuk dapat Anda gunakan untuk mempermudah dalam membentuk pola busana sedangkan pensil merah biru untuk mewarnai pola sekaligus membedakan pola depan dan belakang. Kertas kopi atau kertas koran dapat Anda gunakan untuk membuat pola besar sesuai dengan ukuran asli sedangkan kertas dorslag merah biru untuk menjiplak pola.

Alat Pemotong

Sumber gambar Shutterstock

Gunting merupakan alat pemotong kain yang memiliki banyak varian dengan penggunaan yang bisa disesuaikan. Varian gunting tersebut adalah gunting kain, gunting benang, dan gunting zigzag.

Untuk gunting kain umumnya digunakan untuk menggunting kain ataupun tekstil dengan salah satu pegangan berukuran cukup besar agar empat jari dapat masuk. Untuk menjaganya tetap tajam sebaiknya jangan gunakan untuk menggunting kertas ataupun benda lainnya.

Gunting benang dapat Anda gunakan untuk menggunting benang ataupun bagian-bagian yang sulit digunting dengan memakai gunting besar. Sedangkan gunting zigzag dapat Anda gunakan untuk menyelesaikan tepi bahan atau kampuh pada bahan yang tidak mudah bertiras.

Alat Memindahkan Pola

Sumber gambar Shutterstock

Untuk memindahkan tanda pola, Anda membutuhkan bantuan alat seperti kapur jahit atau pensil jahit, rader, dan karbon jahit.

Untuk kapur jahit atau pensil jahit dapat Anda pergunakan untuk memberi tanda pada bahan tekstil dan tanpa khawatir tidak bisa dihilangkan. Untuk menggunakannya sebaiknya jangan terlalu ditekan dan pakailah tipis-tipis saja.

Alat pemindah pola bernama rader dapat Anda gunakan juga untuk memberi tanda pada bahan dengan cara menekan karbon jahit. Untuk rader beroda tumpul sebaiknya pergunakan pada kain katun, georgete, tetoron dan lain-lain. Sedangkan rader beroda tajam digunakan untuk kain berbahan tebal sejenis corduray, dril, jeans, dan lain-lain.

Selain itu, karbon jahit dapat Anda gunakan untuk memindahkan tanda pola pada bahan dengan cara ditekan dan letakkan pada bagian tengah bahan.

Alat Pelengkap Lainnya

Sumber gambar Shutterstock

Dalam menjahit, Anda tak hanya harus menggunakan alat menjahit saja, namun juga menggunakan alat finishing berupa setrika, papan setrika, dan bantalan. Untuk setrika biasanya digunakan untuk mengepres serta menghaluskan pakaian agar lebih rapi dan licin.

Papan setrika umumnya dipakai sebagai tatakan menyetrika dan sebelum digunakan sebaiknya dilapisi dengan bahan tebal. Bantalan juga wajib digunakan untuk menyetrika bagian busana yang bulat seperti puncak lengan.

8 Rekomendasi Peralatan Jahit

Pita Ukur

Sumber gambar Tokopedia

Dalam menjahit membutuhkan pita ukur untuk mengukur panjang benda yang tidak lurus atau berkelok-kelok. Tali Meteran Jahit 150 cm / 1,5 m / 60 inci ~ Pita Meter Panjang adalah pita ukur yang memiliki kapasitas 150 cm. Anda dapat membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 3.000.

Kertas Dorslag

Sumber gambar Tokopedia


Kertas Dorslag Folio/100 memiliki ukuran 33 cm x 21,6 cm dan berisi 100 lembar. Tersedia varian warna biru, hijau, kuning, pink dan putih yang dapat dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 12.600.

Skala

Sumber gambar Tokopedia

Dalam jahit menjahit, Anda membutuhkan alat skala untuk menggambar pola dalam ukuran kecil. Hal ini dimaksudkan agar dapat membuat garis lurus dan memanjang pada pola. Skala Plastik Inch / 45 Cm POLARIS NO. 07 PL-02 dengan material plastik dapat menjadi pilihan tepat Anda. Skala ini memiliki panjang 40 cm yang dapat Anda beli di Tokopedia dengan harga Rp 4.000.

Gunting Bordir

Sumber gambar www.tokopedia.com



Gunting Bordir/Gunting Ujung Bengkok dapat menjadi pilihan Anda. Gunting ini berwarna pink dengan ukuran 4.5 inci atau setara dengan 11 cm yang dapat Anda beli di Tokopedia dengan harga Rp 9.500/pcs.

Rader

Sumber gambar Tokopedia



Murah Rader Jahit dapat Anda temukan di Tokopedia dengan harga Rp 7.200. Saat melakukan pembelian, cantumkan apakah ingin model yang bergerigi atau polos.

Karbon Jahit

Sumber gambar Tokopedia

Karbon jahit memiliki peranan penting dalam menjahit. Fungsi utamanya adalah untuk memberikan tanda pada kain, menjiplak pola pakaian, dan memindahkan tanda pola sehingga memudahkan dalam menjahit. Penggunaannya sangat mudah yaitu cukup dengan ditekan oleh reader.

Produk Best Seller HOT DEAL KARBON JAHIT di Tokopedia ini tersedia dalam warna merah, putih, biru muda, kuning dan hijau yang dapat Anda beli dengan harga Rp 10.000.

Needle Threader

Sumber gambar Tokopedia

Needle threader atau yang familiar disebut dengan pemasuk benang/mata nenek merupakan alat jahit yang berfungsi untuk memasukkan benang ke lubang jarum. Penggunaannya sangat mudah yaitu cukup memasukkannya ke lubang jarum, lalu masukkan benang, kemudian tarik.

Needle Threader - Alat Pemasuk Benang pada Jarum memiliki 2 fungsi yaitu memasang benang pada jarum dan memasang jarum ada mesin. Needle threader ini tersedia dalam warna biru dan putih yang dapat Anda beli di Tokopedia dengan harga Rp 20.000.

Bidal

Sumber gambar Tokopedia

Bidal merupakan alat jahit yang berfungsi untuk melindungi jari agar tidak terkena tusukkan jarum. Alat ini digunakan pada jari telunjuk yang memudahkan Anda dalam menjahit, menyulam, dan quilting. Umumnya bidal tersedia dalam berbagai macam ukuran, mulai dari standar, kecil, sampai besar.

Bidal Pelindung Pentutup Jari Saat Jahit Tangan finger timble dari material besi dengan warna silver dan panjang 17 mm dapat menjadi pilihan tepat. Bidal ini memiliki diameter lingkaran atas 11 mm pada bagian tutup dan diameter lingkaran bawah 18 mm sebagai tempat memasukkan jari. Anda dapat membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 2.500.

From our editorial team

Peralatan Menjahit untuk Menunjang Pekerjaan Anda

Jika ingin menekuni dunia menjahit, jangan lupa siapkan peralatan penunjangnya. Ada berbagai alat yang bisa dipilih. Alat-alat tersebut dibutuhkan kehadirannya untuk menunjang aktivitas baru Anda.