30 Rekomendasi Para Ahli Pen Tablet yang Bisa Digunakan untuk Menggambar (2022)

30 Rekomendasi Para Ahli Pen Tablet yang Bisa Digunakan untuk Menggambar (2022)

Pen tablet hadir memang diperuntukkan untuk Anda yang suka menggambar atau mengerjakan pekerjaan yang berhubungan dengan menggambar. Nah, kalau berencana membeli pen tablet baru, wajib baca dulu rekomendasinya di bawah ini.

Pen Tablet Banyak Digunakan oleh Mereka yang Suka Menggambar

Sumber gambar Shutterstock

Pen tablet sering digunakan oleh desainer untuk membuat berbagai macam desain. Dengan alat ini, pengguna bisa menggambar seperti di atas kertas, membuat sketsa, mengedit, dan mewarnai gambar. Perangkat keras atau input device computer ini memungkinkan Anda menggambar menggunakan tangan dan memasukkan hasil gambar atau sketsa tersebut ke dalam komputer.

Pen tablet memiliki nama lain yaitu graphic tablet, graphic pad, ataupun drawing tablet. Beberapa merek yang populer adalah Wacom, XP Pen, dan HUION.

Perhatikan Hal ini saat Membeli Pen Tablet

Pilih Ukuran yang Sesuai Penggunaan

Sumber gambar Shutterstock

Ketika membeli pen tablet, usahakan agar disesuaikan dengan posisi lengan saat menggambar. Hal ini dimaksudkan agar Anda merasa nyaman ketika menggambar dan mengurangi stres pada tangan dan pikiran. Untuk lengan yang bertumpu pada siku sebaiknya gunakan ukuran L, sedangkan yang bertumpu pada pergelangan tangan gunakan ukuran M atau S.

Sesuaikan juga dengan ukuran monitor. Untuk ukuran monitor kurang dari 15 inci sebaiknya gunakan pen tablet ukuran S, ukuran 16-24 inci pilihlah ukuran M, dan ukuran lebih dari 25 inci sesuai untuk pen tablet ukuran L.

Selain itu pilihlah pen tablet yang memiliki tombol switch (double click atau right click) dengan penggunaan secara wireless.

Pilih Sesuai Fungsi

Sumber gambar Shutterstock

Untuk membeli pen tablet sebaiknya pilihlah yang memiliki fungsi khusus agar lebih efisien saat bekerja. Fungsi wheel pada pen tablet dapat memudahkan dalam melakukan rotasi pada area kanvas dan memudahkan penyesuaian ukuran brush.

Selain itu pilihlah pen tablet yang memiliki fungsi touch yang praktis dan mudah mengaktifkan shortcut yaitu cukup dengan menyentuh dan menggeser permukaan saja.


Periksa Daya yang Digunakan Stylus dan Feel Penggunaannya

Sumber gambar Shutterstock

Stylus atau pen stylus merupakan alat berbentuk pena yang sering disebut sebagai pena bergerak dengan cara kerja diusap pada layar komputer. Pen jenis ini pertama kali diberi nama styalator dan dikembangkan oleh  inovator bernama Tom Diamond pada tahun 1957.

Pen stylus ada yang menggunakan baterai dan ada pula yang tidak. Pen stylus yang dilengkapi dengan baterai dan dapat diisi ulang dayanya cenderung memiliki bobot lebih berat. Pekerjaan Anda bisa terhambat jika daya baterainya habis. Anda bisa mengetahui bobot stylus dengan cara menggenggamnya.

Pilih yang Sesuai dengan Bujet

Pen tablet memiliki harga yang bervariasi. Pen tablet dengan ukuran medium memiliki harga di atas Rp 3 juta. Jika Anda termasuk pemula, maka pen tablet dengan harga di atas Rp 1 juta sudah sesuai.

30 Rekomendasi Pen Tablet dengan Harga Terjangkau

Pen Tablet dengan Harga <1.000.000

1. Gaomon S620, Miliki Desain yang Simple

Memiliki desain tablet yang simple, produk ini mudah untuk digunakan oleh siapapun. Anda tidak hanya dapat meggunakannya sebagai pen untuk gambar, namun pen tablet ini juga cocok untuk kegiatan mengajar secara online ataupun jika Anda ingin menggunakannya untuk membantu kegiatan belajar secara online. Memiliki report rate 266 PPS, pen tablet dengan harga mulai dari Rp 650.000 ini dapat digunakan di windows 7 keatas, macOS 10.12 ke atas dan android 6.0 ke atas.

Harga Rp. 650.000

2. Huion Inspiroy H640P, Sangat Nyaman Ketika Digunakan

Memiliki permukaan tablet yang halus nib yang berada pada stylus pen akan jauh lebih awet. Apabila permukaan tablet kasar, maka nib akan makin cepat aus dan akan makin merepotkan Anda ketika harus bekerja menggunakan pen tablet tersebut.

Meskipun Huion H640P ini memiliki permukaan yang halus, namun tetap nyaman ketika digunakan. Anda juga akan lebih hemat dengan membeli pen tablet seharga Rp 479.000 ini karena tidak harus mengganti ujung nib berulang kali.

Harga Rp. 479.000

3. Genius Easy Pen i405X Graphic Tablet for Drawing and Painting, Sangat Awet dengan Desain Khusus

Genius Easy Pen i405X Graphic Tablet for Drawing and Painting merupakan pen tablet yang cukup mudah digunakan dengan fitur dan fasilitas pressure levels 2048. Pen ini sangat cocok untuk pemula, cukup awet, dan didesain khusus untuk menggambar atau membuat tulisan secara efisien.

Genius Easy Pen i405X Graphic Tablet for Drawing and Painting memiliki resolusi 2540 lpi yang bisa mendukung Windows 7/Vista/XP/2000, Mac OS 10.3.5+, dan kompatibel terhadap IBM PC/Pentium 23 atau lebih tinggi.

Dalam setiap pembelian paket ini berisi Easy Pen i450x tablet, cordless pen, extra pen tips, baterai AAA untuk pen, buku panduan, pen notice, PC driver E-manual, dan Mac driver E-manual.

Harga Rp. 510.000

4. CTL-490 dari Merk Wacom, Miliki Kualitas yang Terbaik

Wacom merupakan merk pen tablet yang paling populer di pasaran apalagi untuk kalangan anak muda. Hal ini dikarenakan oleh kualitasnya yang sangat baik, namun dibanderol dengan harga lumayan terjangkau. Wacom CTL-490 tidak membutuhkan baterai. Selain itu, dengan ukuran.

152 x 95 mm dan tingkat tekanan hingga 1024, pen tablet ini cocok digunakan oleh pemula. Oleh karena itu, bagi Anda yang sangat butuh pentab murah sesuaibudget mu, Anda bisa melirik perangkat ini sebagai alat menggambar Anda.

Harga Rp. 700.000

5. Wacom CTL-472 Redwood Small Pen Tablet, Sangat Mudah Digunakan

Wacom CTL-472 Redwood Small Pen Tablet merupakan pen tablet keluaran vendor Wacom yang sudah terkenal dan tepercaya. Pen tablet ini sangat mudah di-install, mudah digunakan, dan mendukung berbagai software seperti Autocad, Illustrator, Corel Draw, Photoshop, 3D max, dan lain-lain. Dengan penggunaan pen jenis ini dapat membantu mengatur tingkat takaran sesuai selera pengguna.

Wacom CTL-472 Redwood Small Pen Tablet terbuat dari material kuat yang memiliki beragam keunggulan seperti level pressure 2048, resolusi 2540 lpi ,dan reading speed 133 pps. Selain itu pen tablet ini berukuran kecil, mudah dibawa, dan kompatibel dengan windows 7,8,10 atau Mac OS X.10.8.5 serta sudah dilengkapi dengan USB port. Pen ini memiliki ukuran beragam mulai dari small sampai medium dan tidak memiliki express key, slot wireless, dan CD driver.

Harga Rp. 775.000

6. Parblo A640 Free Batree Stylus Pen Tablet Drawing with 8192 Pressure Level, Miliki Desain yang Ramping

Parblo A640 Free Batree Stylus Pen Tablet Drawing with 8192 Pressure Level merupakan pen tablet yang dirancang khusus untuk menggambar dan memiliki area aktif 6 x 4. Pen ini memiliki sensitivitas tekanan dan 4 tombol yang dapat disesuaikan dengan karya seni. Pen tablet ini tidak menggunakan baterai, berbentuk ramping, dan bagus untuk area desktop terbatas.

Parblo A640 Free Batree Stylus Pen Tablet Drawing with 8192 Pressure Level kompatibel dengan Windows 7/8/10 dan Mac 10.85 atau lebih baru. Pen tablet ini mendukung perangkat lunak grafik seperti Photoshop, SAI, Painter, Illustrator, dan Clip Studio.

Harga Rp. 600.000

7. Huion H430P Drawing Pad Pen Tablet, Ukuran Bervariasi

Huion H430P Drawing Pad Pen Tablet keluaran dari perusahaan Cina bernama Shenzhen Huion Animation Technology Co., LTD, merupakan pen tablet tanpa kabel yang menggunakan baterai yang mudah diisi ulang. Kelebihan dari pen tablet Huion adalah memiliki ukuran bervariasi mulai dari A4, A5 dan A6 dengan spesifikasi lebih beragam. Selain itu harganya relatif lebih murah dengan kualitas lumayan bagus.

Huion H430P Drawing Pad Pen Tablet memiliki tingkat sensitivitas tekanan pena 4096. Pen tablet ini juga memiliki port USB yang bisa dilepas. Produknya kompatibel dengan Windows 7 atau lebih baru, Mac OS 10.11 dan semua program seni digital utama.

Harga Rp. 338.000

8. Veikk A15 Pro, Sangat Praktis Ketika Digunakan

Memiliki dua belas shortcut keys, pen tablet ini memiliki jauh lebih banyak shortcut keys dibandingkan pen tablet lain yang umumnya hanya memiliki empat hingga enam shortcut keys. Tersedia juga quick dial yang praktis dan dapat membantu Anda. Anda tidak perlu lagi repot untuk zoom in, zoom out, undo, dan lainnya dengan menggunakan mouse atau keyboard lagi. Harga dari pen tablet ini mulai dari Rp 575.000.

Harga Rp. 575.000

9. XP Pen G430 Smart Graphics Drawing Pen Tablet with Passive Pen - Black, Ringan Nyaman dan Efisien

XP Pen G430 Smart Graphics Drawing Pen Tablet with Passive Pen – Black merupakan pen tablet untuk profesional ataupun pemula. Pen tablet ini tidak menggunakan baterai, ringan, nyaman, dan efisien. Pengoperasiannya cukup mudah yaitu dengan menekan tombol ke mode menggambar/menghapus.

XP Pen G430 Smart Graphics Drawing Pen Tablet with Passive Pen – Black memiliki tingkat sensitivitas hingga 2048 dan kompatibel dengan Windows dan Mac. Selain itu pen tablet ini dilengkapi dengan USB port.

Harga Rp. 481.900

10. Veikk VK640, Tidak Memerlukan Kabel Apapun

Veikk VK640 ini memiliki kabel integrated atau kabel yang sudah terpasang pada body tablet sehingga Anda tidak perlu lagi repot untuk membawa kabelnya lagi dan mengeluarkannya dari tas apabila ingin digunakan.

Anda juga tidak perlu lagi khawatir jika kabel pen tablet Anda tertinggal. Dengan harga mulai dari Rp 430.000 pen tablet dengan report rate 250 PPS ini sudah bisa Anda miliki.

Harga Rp. 430.000

11. XP-Pen G640S Android, Tak Repot Cetak Dokumen

Pen tablet dari XP-Pen seri G640S ini sudah sinkron dengan Adobe Acrobat Reader DC sehingga tidak perlu lagi repot untuk mencetak dokumen yang harus Anda tanda tangani, Anda dapat manambahkan tanda tangan Anda langsung secara digital. Pengguna OS Windows, macOS, Linux, hingga Android, semuanya dapat menggunakan produk satu ini. pen tablet dengan report rate 266 RPS ini dapat Anda beli dengan harga mulai dari Rp 590.000.

Harga Rp. 590.000

12. Veikk A50, Miliki Banyak Fitur Canggih

Pen tablet dengan harga mulai dari Rp 587.000 ini sudah memiliki banyak fitur termasuk fungsi touch yang juga dapat dijadikan roller wheel. Fungsi touch tersebut pastinya akan memudahkan Anda untuk menebalkan atau menipiskan brush ketika menggambar. Pen tablet dengan ukuran L ini memiliki delapan tombol yang dapat Anda sesuaikan.

Harga Rp. 587.000

13. Huion H320M, Miliki Kualitas Terbaik

Dengan harga Rp 775.000 produk ini memiliki kualitas yang sangat baik. Dengan desain dual purpose, produk ini dapat digunakan untuk menulis maupun menggambar. Desainnya yang tipis membuat tingkat sensitivitas dari produk ini cukup tinggi sehingga membuat kegiatan menggambar menjadi lebih mudah dan nyaman. Terdapat 11 shortcuts sehingga memudahkan Anda ketika sedang bekerja.

Harga Rp. 775.000

14. XP-Pen Deco 01 V2, Desain Simple dan Mudah Dibawa

Dengan desain yang simple dan mudah dibawa, pen tablet ini juga memiliki fitur dan kualitas yang bagus untuk menghasilkan gambar yang berkualitas. Tablet ini juga dapat tekoneksi dengan Android 6.0 keatas. Stylus pen dengan tekanan 8.192 ini juga sudah dilengkapi dengan fitur New Pen Stand yang dapat digunakan sebagai tempat pen ketika sedang jeda menggambar. Tablet dengan harga mulai dari Rp 800.000 juga memberikan bonus software anti gores dan sarung tangan.

Harga Rp. 800.000

Pen Tablet dengan Harga antara 1.000.000 – 5.000.000

15. Huion Inspiroy 1060P, Menggambar Lebih Leluasa

Pen tablet yang memiliki area menggambar luas ini dapat Anda gunakan agar leluasa saat menggambar. Bagian ujung dari pen tablet ini memiliki desain melengkung sehingga Anda dapat dengan nyaman meletakan pergelangan tangan Anda di atasnya. Report rate dari pen tablet ini diatas 220 PPS dengan tekanan 8.192 levels, Anda bisa memilikinya dengan harga mulai dari Rp 1.285.000.

Harga Rp. 1.285.000

16. Wacom CTL-4100 Intuos Pen-Tablet Small without Bluetooth, Pengoperasiannya Cukup Mudah

Wacom memiliki dua segmen pen tablet yaitu Intuos untuk pekerja profesional dan Bamboo untuk pengguna biasa. Ukurannya terdiri dari A4, A5, A6 dengan harga bervariasi.

Wacom CTL-4100 Intuos Pen-Tablet Small without Bluetooth merupakan pen tablet khusus untuk membuat sketsa, menggambar, melukis, dan mewarnai secara digital. Cara pengoperasiannya cukup dengan menghubungkan ke tablet.

Produk ini dapat mendukung Windows 7 atau yang lebih baru dan Mac 10.11 atau yang lebih baru. Dalam setiap pembeliannya Anda akan mendapatkan soft case, anti gores, dan proglove.

Harga Rp. 1.549.000

17. XP Pen Deco 03 Wireless Digital Graphics Drawing Pen Tablet, Miliki Desain yang dapat Diputar

XP Pen Deco 03 Wireless Digital Graphics Drawing Pen Tablet merupakan pen tablet yang memiliki tekanan kurang lentur sehingga tidak cocok untuk desainer kelas menegah ataupun atas.

XP Pen Deco 03 Wireless Digital Graphics Drawing Pen Tablet mempunyai desain yang dapat diputar di bagian depan dan samping serta bisa dikontrol tanpa gesekan.

Dilengkapi dengan 6 tombol express dengan kemampuan USB kabel dan nirkabel serta layar 10 x 5,62 inci yang memungkinkan Anda untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. Kecepatan maksimal laporan dari pen ini adalah 266 rps yang mampu bekerja lebih cepat dengan sensitivitas instan.

Harga Rp. 2.160.000

18. One Medium CTL-672 dari Merk Wacom, Miliki Teknologi Elektromagnetik

Produk yang satu ini mempunyai teknologi elektromagnetik yang bisa memudahkan Anda dalam hal mengontrol stylus. Stylus pen tablet ini mempunyai teknologi elektromagnetik yang telah dikembangkan Wacom untuk bisa menghasilkan garis yang lebih sangat akurat. Tentunya hal tersebut akan sangat memudahkan Anda untuk mengontrol stylus dengan lebih baik lagi.

Anda yang bekerja sebagai seorang editor foto tentunya akan sangat terbantu dengan adanya produk ini karena hasil dari edit foto bisa tampak lebih sangat rapi. Dengan selera anak muda yang pada saat ini sedang trendy, sangat menjamin kalau produk ini sangat memanjakan para pengguna berdasarkan hasil dari review dari berbagai macam kalangan pengguna khususnya para pengguna dewasa yang bergerak dalam bidang gambar menggambar.

Harga Rp. 1.300.000

19. VEIKK A30 Pen Tablet Drawing, Sangat Nyaman Ketika Digunakan

VEIKK A30 Pen Tablet Drawing merupakan tablet drawing cukup besar yang nyaman digunakan. Pen tablet ini dilengkapi dengan gesture touch dan easy touch keys yang dapat memperbesar ataupun memperkecil gambar dengan mudah. Seperti ke arah kiri ataupun kanan menyesuaikan ukuran brush. Area gambarnya pun sangat lebar dengan area aktif 10 x 6 inci. Resolusinya mencapai 5080 lpi.

VEIKK A30 Pen Tablet Drawing kompatibel terhadap sistem operasi Mac dan Windows dengan software Photoshop, SAI, AI, Autodesk Sketch Book, Komik Studio, Maya dan lain-lain. Pen tablet ini juga dilengkapi dengan intelligent passive pen, port antar muka tipe C, dan 8 nib yang bisa diganti.

Harga Rp. 1.068.000

20. Huion Kamvas 13, Mudah Dibawa Kemana Saja

Memiliki bobot yang ringan hanya seberat 980 gram serta bodynya yang tipis, pen tablet ini dapat dengan mudah Anda bawa kemanapun untuk bekerja atau ketika sedang traveling. Anda juga tidak perlu lagi repot membawa stylus stand yang terpisah, karena di dalam boks dari pen tablet seharga Rp 3.950.000 ini sudah tersedia stylus stand lengkap dengan alat pengganti ujung stylus.

Harga Rp. 3.950.000

Pen Tablet dengan Harga antara 5.000.000,00 – 10.000.000,00

21. Wacom Intuos Pro Paper Edition Large, Otomatis Ubah Sketsa Menjadi File

Produk yang sudah tidak perlu lagi diragukan kualitasnya ini memiliki kemampuan untuk secara otomatis mengubah sketsa kertas menjadi file digital ketika Anda menggambar. Pen tablet ini memberikan sensasi menggambar di atas kertas serta dapat menangkap setiap goresan secara digital untuk pekerjaan lebih lanjut di perangkat lunak Anda. Anda juga dapat menghubungkan pen tablet seharga mulai dari Rp 8.499.000 ini ke komputer Anda dan bekerja secara langsung pada aplikasi yang Anda gunakan.

Harga Rp. 8.499.000

22. Huion Kamvas 16, Beri Tampilan yang Tajam

Baru saja rilis di tahun 2021, pen tablet ini menawarkan banyak kelebihan untuk Anda yang baru saja mulai menggunakan pen tablet untuk bekerja. Tidak memiliki ukuran yang besar, tablet ini mudah untuk Anda bawa kemanapun.

Layar tablet yang HD dan meiliki sudut pandang penglihatan yang luas, layar dari tablet ini dapat memberikan tampilan yang tajam serta terbaik. Dengan sensitivitas stylus mencapai 8.192 tingkat, pen tablet seharga mulai dari Rp 6.500.000 ini memberikan sensasi menggambar dengan pen dan kertas sesungguhnya.

Harga Rp. 6.500.000

23. XP-Pen Artist Pro 16, Menggambar Lebih Stabil dan Nyaman

Pen tablet ini banyak digemari oleh banyak orang karena memiliki stylus dengan cip X3, sehingga kegiatan menggambar menjadi lebih stabil, nyaman, dan juga lebih akurat, tidak akan ada lagi terlihat kesalahan tulis, garis yang terputus, ataupun lag. Stylus ini juga jauh lebih awet serta lebih aman dari kerusakan dibandingkan dengan stylus lainnya. Harga dari produk ini mulai dari Rp 8.000.000.

Harga Rp. 8.000.000

24. Huion Kamvas 22 Plus, Miliki Akurasi Warna yang Tinggi

Pen tablet ini memiliki akurasi warna yang tinggi ketika Anda harus mengerjakan sebuah pekerjaan dengan banyak detail. Tablet ini dilengkapi dengan layar in-plane switching dengan teknologi quantum dot dimana warna objek pada layar tidak akan bergeser meskipun dipandang dari samping.

Sehingga Anda dapat lebih leluasa untuk berganti posisi ketika menggambar. Tablet dengan kaca matte yang antigores ini menghasilkan friksi serupa dengan kertas. Harga dari produk ini mulai dari Rp 7.999.000.

Harga Rp. 7.999.000

25. Artisul D16, Miliki Sensitivitas yang Tinggi

Memiliki layar sebesar 16 inci, produk ini menawarkan harga mulai dari Rp 6.649.000. Pen tablet ini dilengkapi dengan sensitivitas yang cukup tinggi yaitu mencapai 8192 levels dengan resolusi 5080 lpi. Pen tablet ini sudah dilengkapi dengan stand yang terbuat dari bahan alumunium didalamnya. Karena terbuat dari bahan alumunium, stand tersebut dapat kokoh menopang tekanan dari tablet.

Harga Rp. 6.649.000

26. Wacom Cintiq 16, Miliki Layar Sentuh

Cintiq 16 memiliki fitur layar sentuh sehingga Anda dapat menggunakan tablet ini dengan menggunakan tangan Anda. Pekerjaan Anda juga akan jauh lebih intuitif dan lincah ketika menggunakan monitor pen tablet ini. Selain itu pen tablet ini juga banyak digunakan oleh professional karena kapabilitasnya. Harga dari produk ini mulai dari Rp 9.600.000.

Harga Rp. 9.600.000

27. Xencelabls Pen Tablet, Miliki Desain Minimalis

Pen tablet ini fokus pada beberapa aspek yaitu desainnya yang minimalis, kelancaran pekerjaan, kenyamanan, dan juga penggunaan yang intuit. Bobot dari produk ini juga tak lebih dari 710,5gram sehingga sangat ringan dan mudah untuk dibawa kemanapun. Tablet ini juga sudah dilengkapi dengan Kensington NANO Lock yang dapat mengunci tablet ketika diikat ke kaki meja sehingga dapat mengantisipasi kemungkinan dicuri. Produk ini dapat Anda beli dengan harga mulai dari Rp 5.610.000.

Harga Rp. 5.610.000

Pen Tablet dengan Harga antara >10.000.000,00

28. Wacom Cintiq 22, Miliki Layar yang Besar

Pen tablet ini memiliki ukuran layar yang besar dan juga build quality yang dapat dibilang cukup baik. Stylus pen dari pen tablet ini juga memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi yakni 8.192 titik. Pen tablet dengan harga mulai dari Rp 14.999.000 ini juga sudah dilengkapi dengan stand di boks penjualan sehingga tablet dapat dimiringkan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Harga Rp. 14.999.000

29. XP-Pen Artist Pro 24, Perlihat Detail Gambar yang Jelas

Layar dengan besar 24 inci ini dapat memperlihatkan detail gambar dengan jelas tanpa perlu banyak melakukan zoom dan panning. Pen dari tablet ini juga dilengkapi dengan lapisan protector matte bawaan yang kesat dan mulus. Dengan harga mulai dari Rp 11.999.000 Anda juga sudah akan mendapatkan pen tambahan apabila pen pertama rusak atau hilang, sehingga Anda tidak perlu repot untuk membeli yang baru lagi.

Harga Rp. 11.999.000

30. Microsoft Surface Pro 7, Bisa Digunakan untuk Berbagai Aktivitas

Tablet PC dari Microsoft ini tidak hanya dapat digunakan layaknya tablet pada umumnya, Anda bisa menggambar hingga mengerjakan tugas seperti mengetik, browsing, bermain sosial media, dan masih banyak lagi hanya dalam satu tablet.

Produk ini menggunakan sistem operasi Windows 10 yang familiar bagi banyak orang. Untuk menggambar, tablet dengan harga mulai dari Rp 12.750.000 ini perlu membeli surface pen tambahan yang dijual terpisah.

Harga Rp. 12.750.000
From our editorial team

Pen Tablet untuk Desainer

Ragam pen tablet cukup banyak. Masing-masing didesain dengan kegunaan dan kelenturan berbeda pula. Nah, membeli pen tablet perlu disesuaikan dengan kegunaan dan juga tingkat kemudahan dalam pengoperasiannya. Semoga rekomendasi di atas bisa membantu Anda menemukan pen tablet yang sesuai.

Tag