8 Rekomendasi Pen Tablet yang Bisa Digunakan untuk Menggambar (2019)

8 Rekomendasi Pen Tablet yang Bisa Digunakan untuk Menggambar (2019)

Pen tablet hadir memang diperuntukkan untuk Anda yang suka menggambar atau mengerjakan pekerjaan yang berhubungan dengan menggambar. Nah, kalau berencana membeli pen tablet baru, wajib baca dulu rekomendasinya di bawah ini.

Pen Tablet Banyak Digunakan oleh Mereka yang Suka Menggambar

Sumber gambar Shutterstock

Pen tablet sering digunakan oleh desainer untuk membuat berbagai macam desain. Dengan alat ini, pengguna bisa menggambar seperti di atas kertas, membuat sketsa, mengedit, dan mewarnai gambar. Perangkat keras atau input device computer ini memungkinkan Anda menggambar menggunakan tangan dan memasukkan hasil gambar atau sketsa tersebut ke dalam komputer.

Pen tablet memiliki nama lain yaitu graphic tablet, graphic pad, ataupun drawing tablet. Beberapa merek yang populer adalah Wacom, XP Pen, dan HUION.

Perhatikan Hal ini saat Membeli Pen Tablet

Pilih Ukuran yang Sesuai Penggunaan

Sumber gambar Shutterstock

Ketika membeli pen tablet, usahakan agar disesuaikan dengan posisi lengan saat menggambar. Hal ini dimaksudkan agar Anda merasa nyaman ketika menggambar dan mengurangi stres pada tangan dan pikiran. Untuk lengan yang bertumpu pada siku sebaiknya gunakan ukuran L, sedangkan yang bertumpu pada pergelangan tangan gunakan ukuran M atau S.

Sesuaikan juga dengan ukuran monitor. Untuk ukuran monitor kurang dari 15 inci sebaiknya gunakan pen tablet ukuran S, ukuran 16-24 inci pilihlah ukuran M, dan ukuran lebih dari 25 inci sesuai untuk pen tablet ukuran L.

Selain itu pilihlah pen tablet yang memiliki tombol switch (double click atau right click) dengan penggunaan secara wireless.

Pilih Sesuai Fungsi

Sumber gambar Shutterstock

Untuk membeli pen tablet sebaiknya pilihlah yang memiliki fungsi khusus agar lebih efisien saat bekerja. Fungsi wheel pada pen tablet dapat memudahkan dalam melakukan rotasi pada area kanvas dan memudahkan penyesuaian ukuran brush.

Selain itu pilihlah pen tablet yang memiliki fungsi touch yang praktis dan mudah mengaktifkan shortcut yaitu cukup dengan menyentuh dan menggeser permukaan saja.


Periksa Daya yang Digunakan Stylus dan Feel Penggunaannya

Sumber gambar Shutterstock

Stylus atau pen stylus merupakan alat berbentuk pena yang sering disebut sebagai pena bergerak dengan cara kerja diusap pada layar komputer. Pen jenis ini pertama kali diberi nama styalator dan dikembangkan oleh  inovator bernama Tom Diamond pada tahun 1957.

Pen stylus ada yang menggunakan baterai dan ada pula yang tidak. Pen stylus yang dilengkapi dengan baterai dan dapat diisi ulang dayanya cenderung memiliki bobot lebih berat. Pekerjaan Anda bisa terhambat jika daya baterainya habis. Anda bisa mengetahui bobot stylus dengan cara menggenggamnya.

Pilih yang Sesuai dengan Bujet

Pen tablet memiliki harga yang bervariasi. Pen tablet dengan ukuran medium memiliki harga di atas Rp 3 juta. Jika Anda termasuk pemula, maka pen tablet dengan harga di atas Rp 1 juta sudah sesuai.

8 Rekomendasi Pen Tablet dengan Harga Terjangkau

Wacom CTL-472 Redwood Small Pen Tablet

Sumber gambar Tokopedia

Wacom CTL-472 Redwood Small Pen Tablet merupakan pen tablet keluaran vendor Wacom yang sudah terkenal dan tepercaya. Pen tablet ini sangat mudah di-install, mudah digunakan, dan mendukung berbagai software seperti Autocad, Illustrator, Corel Draw, Photoshop, 3D max, dan lain-lain. Dengan penggunaan pen jenis ini dapat membantu mengatur tingkat takaran sesuai selera pengguna.

Wacom CTL-472 Redwood Small Pen Tablet terbuat dari material kuat yang memiliki beragam keunggulan seperti level pressure 2048, resolusi 2540 lpi ,dan reading speed 133 pps. Selain itu pen tablet ini berukuran kecil, mudah dibawa, dan kompatibel dengan windows 7,8,10 atau Mac OS X.10.8.5 serta sudah dilengkapi dengan USB port.

Pen ini memiliki ukuran beragam mulai dari small sampai medium dan tidak memiliki express key, slot wireless, dan CD driver. Anda dapat membelinya di Blibli dengan harga Rp 645.000 atau di Tokopedia dengan harga Rp 599.000.

XP Pen G430 Smart Graphics Drawing Pen Tablet with Passive Pen - Black

Sumber gambar Blibli

XP Pen G430 Smart Graphics Drawing Pen Tablet with Passive Pen – Black merupakan pen tablet untuk profesional ataupun pemula. Pen tablet ini tidak menggunakan baterai, ringan, nyaman, dan efisien. Pengoperasiannya cukup mudah yaitu dengan menekan tombol ke mode menggambar/menghapus.

XP Pen G430 Smart Graphics Drawing Pen Tablet with Passive Pen – Black memiliki tingkat sensitivitas hingga 2048 dan kompatibel dengan Windows dan Mac. Selain itu pen tablet ini dilengkapi dengan USB port. Anda dapat membelinya di Blibli dengan harga Rp 467.220 dan di Jakartanotebook dengan harga Rp 351.900.

Huion H430P Drawing Pad Pen Tablet

Sumber gambar Blibli

Huion H430P Drawing Pad Pen Tablet keluaran dari perusahaan Cina bernama Shenzhen Huion Animation Technology Co., LTD, merupakan pen tablet tanpa kabel yang menggunakan baterai yang mudah diisi ulang. Kelebihan dari pen tablet Huion adalah memiliki ukuran bervariasi mulai dari A4, A5 dan A6 dengan spesifikasi lebih beragam. Selain itu harganya relatif lebih murah dengan kualitas lumayan bagus.

Huion H430P Drawing Pad Pen Tablet memiliki tingkat sensitivitas tekanan pena 4096. Pen tablet ini juga memiliki port USB yang bisa dilepas. Produknya kompatibel dengan Windows 7 atau lebih baru, Mac OS 10.11 dan semua program seni digital utama. Anda dapat membelinya di Blibli dengan harga Rp 525.000.

Genius Easy Pen i405X Graphic Tablet for Drawing and Painting

Sumber gambar Tokopedia

Genius Easy Pen i405X Graphic Tablet for Drawing and Painting merupakan pen tablet yang cukup mudah digunakan dengan fitur dan fasilitas pressure levels 2048. Pen ini sangat cocok untuk pemula, cukup awet, dan didesain khusus untuk menggambar atau membuat tulisan secara efisien.

Genius Easy Pen i405X Graphic Tablet for Drawing and Painting memiliki resolusi 2540 lpi yang bisa mendukung Windows 7/Vista/XP/2000, Mac OS 10.3.5+, dan kompatibel terhadap IBM PC/Pentium 23 atau lebih tinggi.

Dalam setiap pembelian paket ini berisi Easy Pen i450x tablet, cordless pen, extra pen tips, baterai AAA untuk pen, buku panduan, pen notice, PC driver E-manual, dan Mac driver E-manual. Anda dapat membelinya di Blibli dengan harga Rp 550.000 atau di Tokopedia dengan harga Rp 559.000.

Wacom CTL-4100 Intuos Pen-Tablet Small without Bluetooth

Sumber gambar Blibli

Wacom memiliki dua segmen pen tablet yaitu Intuos untuk pekerja profesional dan Bamboo untuk pengguna biasa. Ukurannya terdiri dari A4, A5, A6 dengan harga bervariasi.

Wacom CTL-4100 Intuos Pen-Tablet Small without Bluetooth merupakan pen tablet khusus untuk membuat sketsa, menggambar, melukis, dan mewarnai secara digital. Cara pengoperasiannya cukup dengan menghubungkan ke tablet. Produk ini dapat mendukung Windows 7 atau yang lebih baru dan Mac 10.11 atau yang lebih baru.

Dalam setiap pembeliannya Anda akan mendapatkan soft case, anti gores, dan proglove. Anda dapat membelinya di Blibli dengan harga Rp 1.300.000 dan di Tokopedia dengan harga Rp 1.095.000.

Parblo A640 Free Batree Stylus Pen Tablet Drawing with 8192 Pressure Level

Sumber gambar Blibli

Parblo A640 Free Batree Stylus Pen Tablet Drawing with 8192 Pressure Level  merupakan pen tablet yang dirancang khusus untuk menggambar dan memiliki area aktif 6 x 4. Pen ini memiliki sensitivitas tekanan dan 4 tombol yang dapat disesuaikan dengan karya seni. Pen tablet ini tidak menggunakan baterai, berbentuk ramping, dan bagus untuk area desktop terbatas.

Parblo A640 Free Batree Stylus Pen Tablet Drawing with 8192 Pressure Level  kompatibel dengan Windows 7/8/10 dan Mac 10.85 atau lebih baru. Pen tablet ini mendukung perangkat lunak grafik seperti Photoshop, SAI, Painter, Illustrator, dan Clip Studio. Anda dapat membelinya di Blibli dengan harga Rp 460.000.

VEIKK A30 Pen Tablet Drawing

Sumber gambar Blibli

VEIKK A30 Pen Tablet Drawing merupakan tablet drawing cukup besar yang nyaman digunakan. Pen tablet ini dilengkapi dengan gesture touch dan easy touch keys yang dapat memperbesar ataupun memperkecil gambar dengan mudah. Seperti ke arah kiri ataupun kanan menyesuaikan ukuran brush. Area gambarnya pun sangat lebar dengan area aktif 10 x 6 inci. Resolusinya mencapai 5080 lpi.

VEIKK A30 Pen Tablet Drawing kompatibel terhadap sistem operasi Mac dan Windows dengan software Photoshop, SAI, AI, Autodesk Sketch Book, Komik Studio, Maya dan lain-lain.

Pen tablet ini juga dilengkapi dengan intelligent passive pen, port antar muka tipe C, dan 8 nib yang bisa diganti. Anda dapat membelinya di Blibli dengan harga Rp 655.000 dan di Tokopedia dengan harga Rp 555.800.

XP Pen Deco 03 Wireless Digital Graphics Drawing Pen Tablet

Sumber gambar Blibli

XP Pen Deco 03 Wireless Digital Graphics Drawing Pen Tablet merupakan pen tablet yang memiliki tekanan kurang lentur sehingga tidak cocok untuk desainer kelas menegah ataupun atas.

XP Pen Deco 03 Wireless Digital Graphics Drawing Pen Tablet mempunyai desain yang dapat diputar di bagian depan dan samping serta bisa dikontrol tanpa gesekan.

Dilengkapi dengan 6 tombol express dengan kemampuan USB kabel dan nirkabel serta layar 10 x 5,62 inci yang memungkinkan Anda untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. Kecepatan maksimal laporan dari pen ini adalah 266 rps yang mampu bekerja lebih cepat dengan sensitivitas instan. Anda dapat membelinya di Blibli dengan harga Rp 1.840.000 atau di Tokopedia dengan harga Rp 1.800.000.

From our editorial team

Pen Tablet untuk Desainer

Ragam pen tablet cukup banyak. Masing-masing didesain dengan kegunaan dan kelenturan berbeda pula. Nah, membeli pen tablet perlu disesuaikan dengan kegunaan dan juga tingkat kemudahan dalam pengoperasiannya. Semoga rekomendasi di atas bisa membantu Anda menemukan pen tablet yang sesuai.

Tag