10 Rekomendasi Tablet RAM 4 GB dengan Kualitas Terbaik dan Tips Agar Tablet Tidak Mudah Lag (2018)

10 Rekomendasi Tablet RAM 4 GB dengan Kualitas Terbaik dan Tips Agar Tablet Tidak Mudah Lag (2018)

Jika Anda berencana untuk membeli tablet dengan kapasitas RAM 4 GB, maka Anda sangat tepat berada di sini. Kali ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi tablet terbaik dengan kapasitas RAM yang super. Langsung saja simak rekomendasinya, ya!

Mengandalkan RAM Besar, Tablet RAM 4 GB juga Dibekali Spesifikasi yang Mumpuni

Sumber gambar home.bt.com

Saat akan membeli tablet, salah satu yang menjadi pertimbangan utama adalah besaran RAM-nya. Semakin besar RAM sebuah tablet, maka semakin cepat pula performanya dalam melakukan multitasking. Itulah mengapa RAM 4 GB banyak diminati. Tablet banyak digunakan untuk melakukan pekerjaan, menggantikan fungsi komputer. Tablet lebih fleksibel dan bisa dibawa ke mana saja, sehingga menyelesaikan pekerjaan pun menjadi lebih mudah.

Tips Merawat Android Supaya Tidak Gampang Lag

Rajin-rajin Clear Cache

Sumber gambar es.videoblocks.com

Jika tablet sering lag dan lemot, bisa jadi itu tidak berhubungan dengan spesifikasi tablet. Untuk mengatasi tablet yang lemot, rajin-rajinlah membersihkan cache. Cache adalah data yang dihasilkan dari aplikasi dan berbagai aktivitas yang dilakukan oleh tablet Anda. Banyak aplikasi dan browser yang bisa menghapus cache secara otomatis dalam jangka waktu tertentu, namun tetap saja penumpukan cache sangat mengganggu performa tablet Anda.

Uninstall Program yang Tidak Pernah Dipakai

Sumber gambar td.mediaroom.com

Banyaknya jumlah aplikasi yang diinstal di tablet juga mempengaruhi performa tablet Anda. Selain itu, baterai tablet juga cepat habis jika banyak aplikasi yang dipasang. Aplikasi biasanya berjalan di latar belakang dan menghabiskan banyak RAM.

Jika Anda memang membutuhkan banyak aplikasi, pasanglah aplikasi pembersih smartphone untuk meningkatkan kinerja tablet Anda. Dua aplikasi lain sangat Anda butuhkan adalah aplikasi untuk menghemat baterai dan aplikasi antivirus untuk menjamin keamanan tablet Anda.

Tutup Aplikasi yang Tidak Terpakai Lewat Task Manager

Sumber gambar s.aolcdn.com

Terlalu banyak membuka aplikasi dalam waktu bersamaan akan memakan RAM sehingga performa tablet akan semakin menurun. Tutup semua aplikasi yang tidak Anda gunakan agar tidak berjalan di latar belakang. Caranya adalah dengan menggunakan task manager. Jika tablet Anda tidak memiliki task manager bawaan, Anda bisa mengunduh aplikasi task manager.

Rekomendasi Tablet RAM 4 GB Terbaik 2018 yang Bisa Kamu Jadikan Pilihan

Asus Zenpad 3s 8.0 Z582KL

Sumber gambar ascii.jp

Asus Zenpad 3s 8.0 dibekali dengan ukuran RAM cukup besar, yaitu 3 GB dan 4 GB. Sementara untuk kapasitas penyimpanan internal adalah 32 GB dan 64 GB, dengan slot microSD hingga 128 GB. Tablet dengan ukuran layar 7.9 inch ini didukung dengan OS Android 7.1 Nougat, chipset Qualcomm Snapdragon 652, prosesor Octa Core, dan grafik Adreno 510.

Hadir dalam warna grey yang elegan, cocok untuk laki-laki atau perempuan. Tablet ini juga mudah dibawa kemana-mana karena bobotnya hanya 320 gram saja. Kamera utama tablet memiliki resolusi 13 MP dan kamera sekunder memiliki resolusi 5 MP. Dapatkan Asus Zenpad 3s 8.0 Z582KL dengan harga Rp 4.730.000 di bukalapak.

Lenovo Tab 4 8 Plus

Sumber gambar www.lenovo.com

Lenovo kembali mengeluarkan tab dengan dua versi, yaitu WiFi only dan WiFi/LTE. Tersedia 2 varian kapasitas RAM dan memori yang bisa Anda pilih. Yaitu RAM 3 GB dengan memori 16 GB dan RAM 4 GB dengan memori 64 GB. RAM yang besar didukung prosesor Octa Core 2.0 GHz dengan chipset Qualcomm Snapdragon 625 untuk kerja cepat dan anti lemot.

Tablet dengan luas layar 8.0 inch ini sangat mudah dibawa ke mana saja. Beratnya hanya 300 gram saja. Kamera utama tablet ini memiliki resolusi 8 MP dan kamera sekunder 5 MP. Hadir dalam warna elegan Aurora Black dan Sparkling White. Lenovo Tab 4 8 Plus dijual di Amazon dengan harga Rp 2.934.615.

Lenovo Tab 4 10 Plus

Sumber gambar www.notebookcheck.net

Lenovo Tab 4 10 Plus diluncurkan pada bulan Mei 2017 dengan 2 pilihan RAM dan memori internal, yaitu RAM 3 GB dengan memori internal 16 GB atau RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB. Tablet ini juga mendukung slot microSD untuk memori internal hingga 256 GB. Kamera utama beresolusi 8 MP pada tablet ini memiliki beberapa fitr antara lain LED Flash, Autofocus, dan Geotagging.

Sementara kamera depannya beresolusi 5 MP. Dibekali dengan prosesor Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 dan chipset Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625, tablet dengan OS bawaan Android Nougat 7.0 ini mampu memberikan performa yang maksimal. Lenovo Tab 4 10 Plus dijual dengan harga Rp 3.966.194 di Amazon.

Samsung Galaxy Tab S3 9.7

Sumber gambar samsung.com

Salah satu kelebihan dari Samsung Galaxy Tab S3 adalah Signature Galss desain dengan frame metal yang memberikan kesan mewah dan elegan. Bentuknya ramping, mudah dibawa kemana saja. Tablet ini dibekali dengan RAM 4 GB dan memori interal 32 GB. Layar terang dengan panel AMOLED didukung performa yang maksimal dari perangkat ini.

Pada sektor kamera tablet ini juga unggul dengan kamera utama 13 MP dan kamera sekunder 5 MP. Sayangnya, meski tablet ini masuk ke dalam produk flagship Samsung, tidak ada fitur bawaan waterproof atau dustproof. SAMSUNG Galaxy Tab S3 9.7" (SM-T825) - Black bisa didapatkan di Bhinneka dengan harga Rp 9.359.000.

Xiaomi Mi Pad 3

Sumber gambar www.unbox.id

Satu lagi tablet dari Xiaomi untuk menunjang aktivitas Anda sehari-hari. Mi Pad 3 adalah penerus dari generasi sebelumnya yaitu Mi Pad 2. Dibekali RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB tanpa slot untuk memori eksternal. Tablet ini menggunakan CPU Hexa Core sebagai prosesor dan Chipset Mediatek MT8176.

Pada sektor kamera, tablet ini juga unggul dengan kamera utama yang memiliki resolusi 13 MP dan kamera sekunder yang memiliki resolusi 5 MP. XIAOMI MI PAD 3 64GB ROM 4GB RAM NEW ORIGINAL WIFI ONLY bisa didapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 4.600.000.

Xiaomi Mi Pad 4

Sumber gambar www.gizmochina.com

Dirilis pada Juni 2018, Xiaomi Mi Pad 4 menawarkan dua model berbeda, yakni WiFi only dan 4G LTE. Dikung oleh sistem oprasi terbaru Android Oreo 8.1, table ini didukung prosesor Octa Core 2.2 GHz dan chipset Qualcomm Snapdragon 660. Ada 2 pilihan RAM untuk tablet Xiaomi Mi Pad 4, yaitu 3 GB dengan memori internal 32 GB dan RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB.

Beberapa fitur unggulan pada tablet ini antara lain adalah face regocnition dan one hand grip. Kamera utama memiliki resolusi 13 MP sedangkan kamera depan adalah 5 MP. Xiaomi Mi Pad 4 Wifi Ram 4GB Rom 64GB Original BNIB - Hitam bisa dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 3.340.000.

Asus Zenpad 3 8.0 Z581KL (2016)

Sumber gambar www.digitalponsel.com

Asus Zenpad 3 8.0 hadir dengan spesifikasi unggul, membuatnya mampu bersaing dengan tablet lainnya. Dari sisi desain, tablet ini sangat fashionbale dan elegan. Tablet ini mampu menghadirkan performa sempurna dengan prosesor Hexa Core dan Qualcomm MSM8956 Snapdragon 650.

RAM sebesar 4 GB didukung oleh memori internal 32 GB yang dapat diperluas melalui slot microSD hingga 256 GB. Dukungan koneksi 4G LTE memudahkan pengguna yang sering mengakses internet kapan saja dan di mana saja. Dapatkan tablet ini dengan harga Rp 3.550.000 di tokopedia.

Huawei MediaPad M3 8.4

Sumber gambar www.androidpolice.com

Tablet terbaru Huawei, MediaPad M3 8.4 memiliki tampilan layar yang luas dan lega, dilengkapi lapisan anti gores Scratch Resistant Glass. Dari segi spesifikasi, tablet ini dibekali dengan RAM GB dan dua pilihan memori internal yaitu 32 GB dan 64 GB yang dapat diperluas melalui slot microSD hingga 128 GB.

Sistem operasi emnggunakan Android Marshmallow 6.0, Chipset Qualcomm MSM8940 dan prosesor Octa Core. Kamera utama tablet memiliki resolusi 8 MP. Huawei MediaPad M3 Lite 10.1 ORIGINAL NEW BNIB 4G LTE di Bukalapak dengan harga Rp 5.800.000.

Asus Zenpad 3S 10 Z500M

Sumber gambar amazon.com

Asus kembali meluncurkan tablet berukuran besar dengan layar 9.7 inch. Tablet ini dibekali dengan RAM 4 GB dan pilihan memori internal 32 GB dan 64 GB, disertai slot microSD hingga 256 GB. processor Hexa Core 64-Bit yang dipadukan dengan chipset. Mediatek MT8176 mampu menghasilkan performa yang maksimal.

Fitur lain pada tablet ini antara lain adalah Quick Charge 3.0 yang mampu mengisi daya hingga 83% dalam waktu 30 menit, ruang penyimpanan Google Drive sebesar 100 GB, dan Non-removable battery 5900 mAh. ZenPad 3S 10 9.7 tersedia di Amazon dengan harga Rp 5.120.000.

Lenovo Yoga Tab 3 Pro (2016)

Sumber gambar www.lemoot.com

Lenovo Yoga Tab 3 adalah tablet dengan RAM 4 GB, memori internal 64 GB, dan slot micro SD hingga 128 GB. Tablet ini memiliki banyak keunggulan, seperti prosesor Quad Core 2.4 GHz untuk performa maksimal, dan GPU Intel HD Graphics untuk tampilan gambar yang lebih nyata. Dengan baterai Li-Po 10200 mAh, tablet ini dapat bertahan untuk waktu lama.

Fitur lain dari tablet ini adalah Quick Charge yang mampu mengisi baterai lebih cepat dari perangkat lainnya. Lenovo Yoga Tab 3 Pro - QHD 10.1" Android Tablet Computer (Intel Atom x5-Z8550, 4GB RAM, 64GB SSD, Projector) ZA0F0099US tersedia di Weshop dengan harga Rp 8.118.681.

From our editorial team

Berencana untuk Menggunakan Tablet Android?

Setiap merek tablet android memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, fungsi utama dari tablet-tablet yang direkomendasikan BP-Guide dapat mengakomodasi kebutuhanmu dalam beraktivitas. Apalagi ditunjang dengan kapasitas RAM 4GB yang akan memudahkan Anda untuk menggunakan berbagai aplikasi.