Kidz Zaman Now Sudah Melek Gadget? Jangan Cemas! Buat Kegiatan Virtual Jadi Fun dan Tetap Edukatif dengan 10+ Tablet untuk Anak Berikut Ini

Kidz Zaman Now Sudah Melek Gadget? Jangan Cemas! Buat Kegiatan Virtual Jadi Fun dan Tetap Edukatif dengan 10+ Tablet untuk Anak Berikut Ini

Era teknologi membuat orang-orang semakin melek dengan inovasi dan kecanggihan gadget, tidak terkecuali anak-anak. Terpengaruh oleh kebiasaan orang dewasa di sekitarnya serta didorong oleh kebutuhan, kini anak-anak juga mulai menggunakan gawai mulai dari smartphone hingga tablet. Tentu saja, Anda harus tetap mengontrol agar kemudahan serta kecanggihan gadget tetap bersifat edukatif dan sesuai dengan usia buah hati. Oleh sebab itu, ada baiknya memilih tablet yang cocok untuk anak-anak seperti dalam referensi berikut ini.

Dengan Semakin Majunya Teknologi, Tablet Tidak Hanya Diperuntukkan bagi Orang Dewasa Saja, Melainkan juga untuk Anak-anak

Sumber gambar mashable.com

Pesatnya kemajuan teknologi pada akhirnya bakal menerpa seluruh individu, tak terkecuali anak-anak. Apalagi, teknologi secara global memang kian canggih, sehingga makin muda generasi kita, makin melek teknologi.

Perhatikan, deh, betapa anak-anak kecil saat ini sudah menggenggam gadget, mencari informasi di internet, menonton video kartun di Youtube, bahkan memiliki akun-akun di social media. Bukan hanya karena mereka terpengaruhi perkembangan zaman, tapi juga karena kita sebagai orang dewasa telah memperkenalkan perkakas teknologi itu kepada si kecil.

Lupakah Anda saat kehabisan akal menghentikan tangis anak-anak, lalu memutuskan untuk memutar video di Youtube sebagai jalan keluar? Momen itu barangkali pertemuan pertamanya dengan gadget dan internet.

Tentunya, kita harap, perkenalan si kecil dengan teknologi tidak semata agar mereka paham teknologi, tapi juga dapat menggunakannya sebaik mungkin sebagai sarana belajar, mencari informasi yang mereka butuhkan, juga untuk refreshing secukupnya.

Nah, agar Anda tak perlu merasa khawatir saat si kecil menggenggam gadget, sebaiknya pilihkan tablet untuk anak, perangkat teknologi yang ramah anak agar keperluan anak terpenuhi. Cukup untuk bermain game, browsing, gampang dipakai, serta tentu menjaga anak dari muatan negatif baik berupa gambar, video, atau tulisan. Dengan begitu, teknologi akan benar-benar membantu anak mengembangkan kinerja otaknya.

Tips Memilih Tablet yang Tepat untuk Anak

Desain

Bukan hanya keren atau tidaknya tablet, tapi perhatikan juga apakah tablet ini tidak terlalu berat untuk dibawa oleh si kecil, apakah bahan casing-nya aman, dan apakah kondisi dan bentuknya mudah digunakan bagi anak? Setelah itu, cari tablet sesuai warna kesukaan anak. Biasanya sih, anak-anak lebih suka warna-warna yang cenderung cerah dan menarik perhatian.

Daya Tahan Tablet

Sumber gambar www.androidauthority.com

Pastikan tablet untuk anak Anda memiliki kualitas yang sama bagusnya dengan tablet yang kerap dipakai orang dewasa. Belilah hanya tablet yang memiliki daya baterai paling tahan lama, karena anak sering lupa waktu saat sedang asyik menggunakan gadget.

Pastikan casing-nya juga berkualitas, yang tidak mudah rusak jika tak sengaja terjatuh saat anak bermain. Lebih bagus lagi jika tablet tersebut tahan air. Terakhir, jangan lupa lengkapi tablet untuk anak dengan aksesoris penting seperti layar anti-gores.

Layar

Sumber gambar www.makeuseof.com

Daya tahan dan desain oke, tapi bagaimana dengan layar tablet? Ada baiknya Anda memilihkan tablet dengan ukuran layar yang tepat, memudahkan anak menggenggamnya, sehingga gampang pula dipakai.

Beberapa pendapat menyatakan ukuran layar yang pas adalah 7 inci, namun harus Anda pula apakah ukuran itu telah memberikan resolusi yang memadai? Karena, setidaknya anak-anak butuh gadget berukuran 1280x800 piksel untuk memenuhi kebutuhannya bermain game, mewarnai, membuat gambar, dan aktivitas lainnya pada tablet.

Sesuaikan dengan Kebutuhan Anak

Sumber gambar girisimciblog.com

Iya, tiap anak memiliki keperluan berbeda. Coba tilik lagi, apakah anak Anda gemar bermain game, atau sekadar berselancar menikmati video, atau aktivitas lainnya? Karena, spesifikasi untuk tiap kebutuhan bisa jadi berbeda.

Selain itu, perhatikan pula mana tablet yang cocok digunakan untuk anak seusia anak Anda. Yang jelas, Anda harus pastikan anak tidak mudah terpapar konten negatif dari aplikasi gadget maupun internet, karena ini bakal berimbas pada pertumbuhan masa depan anak Anda.

Parental Control

Sumber gambar www.phplens.com

Ini dia poin pertimbangan paling penting saat Anda memutuskan membelikan tablet untuk buah hati. Jangan lepaskan anak begitu saja, dampingi dan pantau penggunaan tablet oleh anak. Periksa apa saja yang ia buka di internet, aplikasi apa saja yang diunduh, dan pada siapa ia berkomunikasi melalui internet maupun aplikasi gadget.

Maka, kami usulkan tablet anak telah didukung oleh fitur parental controls yang bersifat preventif, menjaga anak dari muatan yang tidak sesuai dengan usianya. Toh, Anda juga punya hak untuk menunda pemberian gadget sampai si kecil lebih dewasa dan dapat dipercaya untuk menggunakan barang teknologi.

Meski demikian, Anda tak perlu cemas karena kami sudah siapkan rekomendasi tablet untuk anak sebagai bahan pertimbangan. Perhatikan spesifikasi dan harganya, lalu sesuaikan dengan kondisi Anda. Coba cek lagi, yang mana tablet terbaik untuk si kecil?

10 Rekomendasi Tablet yang Aman dan Nyaman Digunakan Si Kecil

Amazon Fire Kid Edition

Sumber gambar www.m.ibay.com.mv

Amazon Fire Kid Edition didesain khusus bagi anak-anak penyuka game. Tablet ini hadir dengan sistem operasi terbaik, yaitu prosesor Quad-Core 1.3 GHz, RAM 1 GB, kamera belakang berukuran 2 MP dan pada bagian depannya dilengkapi VGA. Sudah tersedia permainan yang seru bagi anak di rentang usia balita hingga usia pelajar.

Salah satu produknya adalah Amazon Fire 7 Kids Edition Tablet warna biru, dengan sistem OS Android, layar 7 inci yang tepat untuk ukuran anak, dan baterai tahan lama sampai 8 jam! Wah, si kecil bakal anteng bermain game tanpa ribut men-charge baterai. Amazone Fire Kid Edition Tablet ini memiliki memori 16 GB/1GB plus Proof Case.

Dilengkapi fitur Learn First, para orangtua bisa mengatur aplikasi apa saja yang bisa diakses. Uniknya, di Amazon FreeTime, social media dan internet tak bisa digunakan kecuali orangtua menyetujui pemakaiannya. Dapatkan produk ini di Blibli seharga Rp 1.725.996.

Epad Tablet Kids

Sumber gambar www.blibli.com

Tak semua yang berharga murah selalu minim kualitas, misalnya Epad Tablet Kids. Perangkat teknologi ini hadir dalam bentuk tablet untuk anak, dengan besar RAM 512 MB, dan memori internal sebesar 8 GB yang tentunya cukup besar untuk memuat permainan-permainan favorit si kecil. Di luar itu, ada fitur kamera depan dan belakang juga, lho.

Epad Biru Tablet for Kids telah dilengkapi Android Jellybean 4.2.2, dengan fitur WIFI, dan slot microSD. Selain permainan, aplikasi penunjang pendidikan juga bisa Anda dapatkan di sini, sehingga anak tetap mendapat pengetahuan baru. Anda juga bisa mengakses aplikasi dongeng bagi anak dan menjadikan hari-hari si kecil tidak membosankan. Harganya pun super terjangkau, hanya Rp 599.000 di Blibli.

Dragon Touch 7 inch Android Kids Tablet

Sumber gambar www.walmart.com

Anak Anda berusia di atas 3 tahun? Berarti, Dragon Touch 7 inch ini harus masuk ke daftar belanja. Hadir dengan desain yang cocok untuk anak-anak, tablet ini dilengkapi aplikasi terbaik bagi anak balita hingga pelajar, terutama aplikasi permainan yang edukatif dan merangsang daya kreatif si buah hati.

Dragon Touch 7-Inch Quad Core Android Kids memiliki ukuran 7 inci, dengan kerangka yang mudah digenggam, tidak berat, namun tetap kuat. Ini artinya, tablet Dragon Touch bakal tahan lebih lama meski terbentur atau terkena cairan akibat polah anak-anak yang cenderung banyak bergerak.

Layar ukuran HD dan mesin Quad Core-nya membuat gadget ini dapat memproses boot secara mudah, menjadikan anak-anak lebih puas saat menikmati video maupun bermain game. Tentunya, dalam tablet ini, orang tua diberikan kemudahan memantau dan mengarahkan anak untuk mengenal konten positif dan negatif. Dapatkan hanya di Amazon seharga Rp 1.526.000.

Samsung Galaxy Tab 3

Sumber gambar www.blibli.com

Merek satu ini barangkali lebih familiar di telinga Anda, bukan? Yap, Samsung juga menyediakan produk ramah anak, lho. Tablet ini cocok digunakan oleh anak Anda karena memiliki fitur special bernama Kids Mode, serta spesifikasi yang cocok dimiliki untuk anak-anak penyuka game dan aplikasi serupa.

Samsung Galaxy Tab 3 V Tablet warna putih ini sudah lengkap dengan OS Android 4.4 Kitkat, prosesor Quad Core 1.3 GHz, dan RAM 1 GB. Memori internalnya 8 GB, tapi biasanya Anda dapat menambahkan memori Samsung Galaxy ini sampai 64 GB. Kameranya berukuran 2 MP baik kamera depan maupun belakang, dengan layar sebesar 7 inci.

Bagaimana dengan baterainya? Tentu tangguh, karena menggunakan non-removable Li-lon 3600 mAh. Dapatkan tablet ini di Blibli seharga Rp 1.555.000.

Leapfrog Epic Kids Tablet

Sumber gambar hargadunia.com

Barangkali nama ini masih jarang bagi Anda, namun inilah salah satu perangkat elektronik yang tepat digunakan anak-anak, terutama usia 3 sampai 9 tahun. Ini karena Leapfrog Epic dirancang sesuai kebutuhan pemakainya, dengan bagian luar berbahan karet yang bisa dicopot.

Secara keseluruhan, spesifikasinya mirip dengan tablet sebelumnya, yakni layar berukuran 7 inci, kamera ukuran 2 MP, prosesor Quad-Core dan memori internal sebesar 8 GB. Namun, tablet anak satu ini punya banyak keunikan lain.

Leapfrog Epic 7” Android-based Kids Tablet 16 GB warna hijau ini didukung fitur khusus untuk Parental Control, sehingga memudahkan para orangtua mengawasi penggunaan tablet anak-anaknya. Leapfrog Epic Kids Tablet ini dikenal memiliki teknologi paling kekinian dibanding produk Leapfrog lainnya, karena didesain untuk mendukung masa perkembangan buah hati, memudahkannya belajar dan berkreasi sebebasnya.

Ini berkat fitur Just for Me Learning yang mengatur permainan-permainan bagi anak-anak Anda dan menghadirkan hanya permainan dan akses internet yang aman melalui situs khusus bernama LeapSearch.

Si kecil juga tak perlu khawatir tablet rusak, karena Leapfrog dipasangi teknologi LCD mutakhir yang tahan saat terkena air maupun gesekan. Untuk seluruh kualitas itu, Anda memang harus merogoh kocek lebih dalam, yakni Rp 3.158.000 dan beli hanya di Amazon.

Aldo T33

Sumber gambar id.priceprice.com

Mereknya memang belum beken, tapi teknologi dalam Aldo T33 pasti bikin Anda ingin segera memilikinya. Seperti tablet lain, layar Aldo T33 juga 7 inci dan dapat tersambung ke WIFI. Bedanya, tablet ini telah dilengkapi Capatitive Touchscreen, sehingga anak Anda dapat menggunakan 5 jari untuk bermain game menggunakan Aldo T33. Plus, sudah ada G-Sensor yang akan mempermudah penyesuaian desktop Anda.

Ukuran kameranya pun tak tanggung-tanggung, yakni dua kamera berukuran 5 MP dan 1.2 MP. Sebagai penyempurna, tablet yang didesain dengan Jelly Bean 4.1 ini memiliki prosesor 1 GHz, RAM sebesar 512 MB, memori internal sebesar 2 GB, Chipset Allwinner A10, serta slot untuk microSD sampai 32 GB. Baterainya berukuran 2000 mAh, cukup untuk menemani si kecil berekreasi sampai puas!

Tenang, Aldo T33 terkenal dengan harganya yang terjangkau. Anda bisa membelinya di Bukalapak seharga Rp 480.000 saja, lho! Tersedia dalam warna putih dan hitam. Tunggu apalagi?

Fisher Price Kids Learning Tablet

Sumber gambar www.orami.co.id

Tidak sedikit tablet yang didesain untuk membantu proses belajar anak, dan Anda tak perlu kesulitan mencarinya karena kini sudah ada Fisher Price Kids Learning Tablet.

Tablet ini bakal jadi piranti kesukaan anak-anak berusia 3 tahunan, karena menyediakan fasilitas belajar mengenal angka dan huruf, permainan-permainan seru serta macam-macam pilihan bacaan buat anak. Tanpa repot mengaturnya pun, tablet ini sudah menyediakan tampilan wallpaper kartun yang pasti disukai anak-anak.

Tertarik mencoba produk ini? Mungkin Anda perlu coba Fisher Price L&l Ss Tablet ini. Dengan warna abu-abu yang nampak keren, tablet untuk anak satu ini mampu menunjang edukasi serta mengasah kreativitas anak.

Dijamin si kecil tak akan bosan, karena sudah tersedia 100 macam lagu, nada, suara, serta frasa untuk dikenalkan pada anak Anda. Produk ini juga tidak mengandung bahan berbahaya BPA, jadi layak diberikan untuk anak. Dapatkan di Orami seharga Rp 242.919.

VTech Innotab Max

Sumber gambar www.argos.co.uk

Banyak yang berpendapat produk ini serupa dengan LeapFrog LeapPad Platinum, dan kenyataannya memang begitu. VTech Innotab Max memiliki layar sebesar 7 inci, dilengkapi memori dalam 8GB dan bisa Anda tambah menggunakan microSD. Bedanya dengan LeapFrog, tablet VTech ini dirancang menggunakan bumper dan flip yang lebih besar, sehingga lebih cocok digunakan untuk anak-anak.

Anda tinggal memilih warna apa yang disukai anak Anda, misalnya VTech InnoTab Max Kids Tablet warna biru ini. Segala jenis fitur-fitur pendidikan untuk anak bisa Anda dapatkan di VTech Learning Lodge. Tahukah Anda, aplikasi perpustakaan dengan 650 lebih konten pendidikan sudah ada di sini, lho!

Tentunya ada juga permainan seru yang membuat si kecil duduk tenang dan bereksplorasi. Makin seru dengan aplikasi VTech Kid Connect, salah satu dari 18 aplikasi yang tersedia di tablet ini. Aplikasi tersebut memfasilitasi anak untuk bermain dalam grup, saling bertukar teks, audio, foto maupun stiker yang lucu-lucu.

Si kecil juga bebas berinternet ria menggunakan WIFI, asal Anda tetap bantu mengontrol aktivitas internetnya. Rancangan fisik tablet ini pun kokoh, namun tetap ringan sehingga cocok digenggam si kecil. Soal resolusi gambar, tenang, levelnya sudah HDMI. Kamera tablet pyn dapat diputar hingga 180 derajat. Untuk seluruh fasilitas itu, Anda perlu menyiapkan Rp 2.310.000 dan membelinya di Amazon.

Leapfrog Leappad Platinum

Sumber gambar www.amazon.com

Ingin mengenalkan ilmu pengetahuan pada anak, melalui tablet mutakhir? Pilih LeapFrog LeapPad Platinum ini untuk anak Anda. Permainan-permainannya tak hanya menguji daya kreatif si kecil, tapi juga membantunya mengenal angka, huruf, dan warna. Ssst, ada lebih dari seribu permainan, lho!

LeapFrog LeapPad Platinum Kids Learning Tablet ini hadir dengan warna hijau yang catchy serta berdesain tangguh dan tipis. Layarnya memiliki ukuran 7 inci dan sudah beresolusi tinggi sehingga menghasilkan gambar yang jelas. Seperti produk LeapFrog lainnya, edisi ini juga dilengkapi Just For Me Learning, yang tentunya akan sangat bermanfaat jika diberikan sejak dini pada anak-anak.

Jadi, jika anak Anda berumur 3 sampai 9 tahun, tablet ini cocok Anda beli. Apalagi, Anda tak perlu khawatir karena internetnya hanya menyediakan konten yang tepat dikonsumsi anak-anak. Anda bebas mengontrol apa saja konten yang diakses, serta durasi waktu bermain si kecil.

Sudah tersedia memori sebesar 8GB, dengan kamera depan dan belakang serta aplikasi video, music player dan lain-lain. Dapatkan hanya di Amazon seharga Rp 3.353.000.

Advan Vandroid i7

Sumber gambar www.blibli.com

Merek yang satu ini barangkali sudah familiar bagi Anda. Advan dikenal luas berkat aneka perangkat teknologi yang ditawarkannya, baik itu berupa ponsel maupun tablet. Apalagi, Advan tergolong dinamis mengeluarkan produk baru yang seirama dengan tren. Terbukti, kali ini Advan mengeluarkan Advan Vandroid I7 dengan teknologi terkini.

Sama dengan tablet sebelumnya, Advan Vandroid I7 juga memiliki layar berukuran 7 inci, touchscreen dengan resolusi cukup besar, yakni 1024x600 pixel. Makin mudah menikmati gambar berkat 16 juta warna yang dikembangkan pada gadget ini.

Uniknhya, Advan Vandroid I7D Tablet ini disempurnakan dengan fitur Eye Pro, yang melindungi mata dari paparan radiasi atau rasa lelah berlebih. Tentu saja ini menjadikannya aman dan nyaman bagi buah hati, bukan?

Prosesor yang digunakan adalah Quad-Core, berkapasitas memori RAM 1 GB dan memori internal sebesar 8 GB, serta OS Android V 6.0 Marshmallow. Fitur standar lainnya adalah kamera depan dengan 2MP dan kamera belakang 5MP. Anda bisa mendapatkan Advan Vandroid I7D Tablet warna silver ini di Lazada seharga Rp 899.000.

From our editorial team

Batasi Waktu Pemakaian Gadget

Meski mengasyikkan dan edukatif, sebaiknya Anda membatasi waktu penggunaan gawai pada anak-anak. Ada baiknya jika anak-anak juga bersosialisasi bersama teman-teman sebaya dengan bermain di luar rumah. Kontrol aplikasi yang dipasang dan ajarkan pada anak tentang hal-hal yang boleh dan tidak boleh diakses. Beri pengertian dan konsekuensi jika anak melanggar agar buah hati Anda bisa tetap disiplin dalam menggunakan gadget.

Tag